10 Desain Kos kosan Kecil, Bisa Menambah Passive Income!

desain kos kosan kecil

Desain kos kosan kecil adalah referensi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan interest pelanggan dan menghasilkan pendapatan tambahan. Bagi sebagian orang, mendesain rumah kos itu tidak mudah karena Anda harus memperhatikan tiap detailnya. Terlebih jika Anda ingin bisnis ini bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Desain yang ciamik akan menarik calon pelanggan. Apalagi jika letaknya strategis, tempatnya terawat, dan kebersihannya terjaga setiap waktu. Bukan tidak mungkin banyak pelanggan yang ingin mendaftar tinggal di indekos Anda.

10 Ide Desain Kos Kosan Kecil Minimalis Sederhana

Akan tetapi, untuk mewujudkan konsep yang berbeda dan tampil menarik tentu membutuhkan pemilihan desain yang tepat. Lantas, ide rancangan mana yang cocok diaplikasikan? Berikut beberapa rekomendasinya desain kos kosan kecil.

1. Desain Kos kosan kecil dengan Tanaman Hias Merambat

Jika Anda tertarik mengusung konsep indekos yang asri dan menyejukkan mata, Anda bisa mencoba desain yang satu ini. Dengan meletakkan tanaman merambat pada dinding depan yang digunakan sebagai pembatas, aksen natural bisa Anda dapatkan.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan menjalarnya tanaman tersebut. Sebab tidak akan mengganggu kenyamanan Anda karena dapat ditata sedemikian rupa.

2. Desain Rumah Kos dengan Taman

Siapa yang tidak terpikat jika taman berada di tengah area kos-kosan? Meskipun ukurannya kecil namun efeknya besar. Di samping itu keberadaan taman di sini juga berfungsi sebagai tempat berinteraksi sosial antar tetangga kamar. Supaya lebih nyaman Anda juga dapat menambahkan bangku untuk tempat duduk.

Baca Juga:  10 Inspirasi Desain Kantor Minimalis Yang Bikin Nyaman

3. Desain Rumah Kos Modern

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak desain indekos yang bisa disesuaikan dengan budget Anda sekarang. Salah satunya desain modern ini. Dengan konsep yang tidak monoton, tentu rumah kos Anda tampil lebih menawan daripada yang lain.

4. Desain Rumah Kos Industrial

Desain tempat tinggal industrial memang lagi trend saat ini, terlebih dikalangan anak muda. Tak hanya itu, konsep ini juga bisa diaplikasikan untuk beragam jenis bangunan lho. Mulai dari cafe tongkrongan, rumah, kos-kosan, hingga toko depan hunian. Sangat menarik bukan? Apalagi desainnya terlihat santai dan simpel.

5. Desain Rumah Kos yang Lebih Sehat

Bila target pasar Anda generasi milenial maka desain ini cocok Anda terapkan. Menghadirkan tempat tinggal sementara yang memiliki ruang terbuka dengan dekorasi tanaman hijau, tentu menjadi nilai plus tersendiri. Selain mendapatkan kesejukan alami, para penghuni juga merasa lebih nyaman karena area kos-kosan Anda menyehatkan.

6. Desain Rumah Kost Minimalis

Konsep minimalis memang mudah diaplikasikan sehingga mudah menyatu dengan berbagai tipe hunian. Terlebih jika ukuran indekos Anda tidak terlalu besar. Menariknya desain ini sangat efektif untuk meningkatkan daya tarik eksterior bangunannya. Tak heran jika banyak orang menyukai rancangan ini.

7. Desain Rumah Kos Kontemporer

Ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari bisnis rumah kos? Anda bisa mengusung konsep kontemporer. Desain ini banyak digemari karena tidak ketinggalan zaman. Biasanya peminatnya para pekerja kantoran yang menyukai desain elegan dan berkelas.

8. Desain Rumah Kost Lantai 1

Jika anggaran biaya yang Anda miliki saat ini sangat terbatas, bangun bisnis rumah kos tidak bertingkat saja. Meskipun demikian, Anda bisa menambahkan partisi di setiap unitnya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga privasi setiap orang.

Baca Juga:  Tips Memilih Cat Kamar Yang Bagus untuk Tidur Nyenyak

9. Desain Rumah Kos Kombinasi Warna

Pemilihan cat tembok untuk rumah kost tentu tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan mempengaruhi tampilan visualnya. Namun, akan sangat aesthetic jika Anda pandai mengkombinasikan variasi warnanya. Dengan begitu, para penghuni tidak akan merasa bosan.

10. Desain Rumah Kos Bersekat

Desain ini sangat cocok untuk kos-kosan yang berukuran mungil. Selain bisa memaksimalkan tempat, model ini juga cukup menarik. Apalagi jika Anda menambahkan ornamen yang pendukung nilai estetikanya. Menanam tanaman hias juga bisa Anda lakukan agar tampak lebih fresh dan memesona.

Tips Menciptakan Kos-kosan Kecil yang Nyaman dan Aman

Pada saat memulai bisnis rumah kos, pastinya ada banyak aspek penting yang tidak boleh dilupakan. Berikut hal-hal yang patut Anda perhatikan bila ingin menciptakan tempat kos yang nyaman dan aman.

1. Sediakan Ruang Publik atau Komunal

Bagi sebagain orang, menghabiskan waktu seharian di dalam kamar itu sangat membosankan. Salah satu penyebabnya karena butuh interaksi sosial dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, tentu hal tersebut sangat penting bukan?

Maka dari itu, membuat ruang komunal di tempat kos-kosan Anda juga perlu. Apalagi manfaatnya sangat banyak, seperti mengurangi rasa bosan, meningkatkan ikatan pertemanan, dan membuat para penghuni indekos Anda nyaman.

2. Ciptakan Area Parkiran yang Cukup Lapang

Permasalahan tentang area parkir tempat kos yang minim kerap kali membuat pusing para pemiliknya. Bagaimana tidak? Sebab hal tersebut bisa memengaruhi penghuni dan pemilik kos-kosan.

Coba Anda bayangkan, bila harus meninggalkan kendaraan Anda di tempat yang tidak aman, tentu tidak bisa tenang bukan? Terlebih jika terjadi pencurian. Oleh sebab itu, buatlah tempat parkir yang cukup luas agar penataan kendaraan lebih mudah dan terlindungi dari maling.

3. Lengkapi Tiap Kamar dengan Jendela

Seperti yang Anda ketahui, jendela mempunyai banyak fungsi sehingga bisa menambah kenyamanan kamar kos Anda. Ada baiknya bila dipasang ke arah lingkungan luar indekos. Sebab komponen ini mempermudah terjadinya sirkulasi udara dan tidak membuat kamar pengap. Tak lupa pasang teralis jendela agar keamanannya terjaga.

Baca Juga:  Folding Gate: Pengertian, Keunggulan dan Jenisnya

4. Keberadaan Dapur

Layaknya tempat tinggal pada umumnya, keberadaan dapur menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, kebanyakan orang yang memilih tinggal di kos-kosan ingin belajar hidup hemat sehingga tidak mau menghamburkan uang untuk membeli makanan dari luar setiap hari.

Tak heran jika memasak di dapur bisa menjadi solusi dan dapat menjaga kesehatan tubuh karena tidak kecanduan mengkonsumsi makanan cepat saji. Di samping itu, kegiatan memasak juga membuat para penghuni lebih akrab dan betah. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kebersihannya agar tidak menjadi sarang tikus.

5. Ruang Void

Meskipun tidak wajib ada, ruang void juga dibutuhkan untuk melengkapi rumah kos bertingkat. Keberadaan ruang ini juga memiliki beragam manfaat, seperti melancarkan sirkulasi udara agar lebih sejuk dan memberikan pencahayaan alami untuk area tertentu yang tidak mendapatkan sinar matahari. Multifungsi bukan?

6. Sediakan Gudang

Untuk menghindari terjadinya penumpukan barang pada tempat yang tidak semestinya, keberadaan gudang juga patut Anda pertimbangkan. Mengingat banyak sekali rumah kos di Indonesia yang tidak memiliki gudang sama sekali/seadanya.

Akibatnya, banyak barang yang tak terawat dengan baik sehingga memenuhi semua ruang. Selain itu, juga memengaruhi kondisi rumah karena semakin berantakan.

7. Tambahkan Taman

Meski area ini tidak banyak dimanfaatkan untuk beraktivitas setiap harinya, tetapi keberadaan taman bisa meningkatkan daya tarik kos-kosan Anda. Terlebih jika didesain semenarik mungkin. Anda juga dapat menambahkan kolam ikan kecil untuk menambah keindahannya.


Dapatkan produk bahan bangunan dari marketplace Ukur.com, Anda bisa memilih dari berbagai macam produk bahan bangunan dari berbagai toko terpercaya, dan Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik untuk bahan bangunan yang Anda butuhkan. Proses pengiriman cepat dan mudah, dan Anda juga bisa mendapatkan garansi untuk semua produk bahan bangunan.