10 Desain Taman Toga Kreatif dan Mudah Dibuat

Taman Toga Kreatif

Taman toga adalah taman yang ditanami dengan tanaman obat keluarga. Taman toga kreatif dapat dibuat dari lahan pekarangan kosong di rumah. Untuk memanfaatkan lahan kosong meskipun kecil, bisa disulap sebagai taman bermain atau dijadikan toga, bukan sekadar tanaman hias yang menghibur mata.

Jenis tanaman obat keluarga yang bisa ditanam ada bermacam-macam. Antara lain seperti jahe, kunyit, daun sirih, temulawak, kemangi, dan banyak lagi tanaman herbal lainnya. Taman toga bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin mempunyai kebun bahan masakan sekaligus herbal di rumah.

10 Ide Desain Taman Toga yang Memberikan Keindahan Sekitar

Taman toga tidak hanya memberikan keindahan tampilan di sekitarnya. Memiliki taman toga di halaman rumah dapat memberikan manfaat bagi kesehatan keluarga. Bila tertarik untuk membuat taman toga di rumah, berikut ini contoh desain taman toga kreatif minimalis yang bisa dijadikan referensi.

1. Taman Toga Lahan Sempit

Keterbatasan lahan dewasa ini turut menjadi kendala untuk menciptakan taman di rumah. Persoalan ini dapat diatasi dengan cara membuat taman toga kreatif. Misalnya seperti membuat rak untuk pot tanaman. Penggunaan rak tanaman untuk tempat pot tentu tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk tetap dapat merasakan manfaat toga.

2. Taman Toga Minimalis

Desain taman toga minimalis juga cocok dan menarik untuk diterapkan di rumah yang mempunyai lahan kecil. Sesuai dengan sebutannya, taman toga ini tidak memerlukan penataan yang rumit. Karena minimalis, maka tak membutuhkan lahan yang luas.

Baca Juga:  10 Warna Cat Untuk Teras Rumah Agar Tampil Menawan

Anda bisa memanfaatkan sudut kosong di halaman rumah untuk menaruh pot. Lalu tempatkan tanaman obat pilihan dalam pot berukuran kecil hingga besar. Nah jadilah taman toga menarik.

3. Taman Toga Kreatif

Agar taman toga tampak menarik menghibur mata, bisa dihias layaknya tanaman hias pada umumnya. Anda dapat mengatur dan menata bebatuan hias, rumput cantik, dan hiasan lain untuk memperindah visual taman.

4. Taman Toga Vertikal

Konsep taman vertikal bisa menjadi alternatif yang tepat jika ingin membuat taman toga. Agar pot-pot tertata dengan rapi, buatlah rak pot tanaman dari bahan besi khusus sebagai tempatnya.

Taman toga vertikal cukup menggunakan dinding yang kosong dan tidak memerlukan lahan yang luas. Bila tidak ada tembok, bisa dibuat dinding dari bahan bambu yang disusun secara vertikal.

5. Taman Toga Rak Bambu

Tanaman obat biasanya digunakan sebagai ramuan herbal untuk pengobatan tradisional. Taman toga kreatif juga dapat dibuat dari rak bambu. Ini merupakan pilihan tepat untuk memiliki taman toga yang tertata rapi. Desain rak tanaman bambu ini juga bisa diterapkan pada lahan sempit.

6. Taman Toga Daur Ulang

Barang bekas pun bisa dimanfaatkan jadi taman toga, lho. Misalnya seperti bekas kemasan minyak goreng, botol air mineral, wadah tabung cat, kaleng susu, dan lainnya. Wadah barang bekas tersebut bisa didaur ulang sebagai media pot tanaman obat keluarga.

Cara ini bisa jadi pilihan menarik bagi yang ingin menekan biaya pembuatan taman toga. Sebab tak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membeli pot-pot tanaman. Selain itu juga dapat membantu mengurangi adanya sampah plastik.

7. Taman Toga Pot Bata

Desain pot bata juga termasuk taman toga vertikal. Bagi yang mementingkan aspek visual, bentuk taman ini bisa jadi alternatif. Pot batu bata memiliki nuansa klasik dan tradisional sehingga dapat memberi karakteristik yang berbeda pada taman toga.

Namun, pot dari bata cenderung mempunyai bobot yang lebih berat. Oleh karena itu pada bentuk seperti di gambar, harus menggunakan pengait yang cukup kuat untuk menahan beban pot.

Baca Juga:  10 Model Teras Rumah Panjang yang Enak Buat Nyantai

8. Konsep Garden House

Taman yang berisi aneka jenis tanaman obat bisa menciptakan keindahan sekitar halaman rumah. Untuk desain taman toga kreatif bagi yang mempunyai halaman luas, bisa mengaplikasikan konsep garden house. Kelebihannya bisa menampung berbagai macam jenis tanaman obat dalam jumlah banyak.

Syaratnya harus memiliki sebidang lahan yang cukup luas. Kumpulan tanaman disusun dengan rapi dan disesuaikan dengan kelompoknya. Untuk tanaman yang tidak boleh terkena sinar matahari langsung akan berbeda penanganannya agar tetap dapat terkena air hujan.

9. Konsep Taman Rooftop

Konsep taman rooftop cocok bagi yang memiliki lahan terbatas pada rumahnya. Atap rumah bisa dibuat lahan baru untuk dijadikan sebagai taman toga. Hal ini termasuk kemajuan dalam bidang arsitektur yang mempunyai kelebihan dapat menghemat ruang.

Desain rooftop dapat diaplikasikan jika rumah beratap datar. Karena perlu menggunakan media khusus untuk menciptakan vegetasi yang baik di atas atap.

10. Taman Toga Bebatuan

Taman Toga juga dapat dibuat kreasi desain menggunakan batu-batuan dengan sedikit lahan di pekarangan rumah. Taman Toga bisa dihadirkan sebagai oase di tengah-tengah kumpulan batu yang sudah ditata sedemikian rupa.

Selain tampak menarik, perawatannya pun tidak sulit karena tak banyak vegetasi yang perlu dirawat. Desain konsep bebatuan ini juga dapat diaplikasikan jika mempunyai kolam ikan di rumah.

Tips Membuat Taman Toga Kreatif

Aneka macam tanaman obat yang ditanam bisa memberikan manfaat untuk kesehatan keluarga. Pembuatan taman toga perlu mempersiapkan beberapa langkah. Di bawah ini sejumlah tips yang dapat dilakukan.

  • Tentukan jenis tanaman obat yang memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.
  • Pastikan lahan untuk menanam tersebut memiliki akses air yang mudah diperoleh dan sinar matahari yang cukup.
  • Perhatikan dengan teliti seluruh tahapan perawatan masing-masing tanaman obat mulai dari menanam bibit.
  • Sesudah bibit ditanam, lakukan penyiraman secara rutin.
  • Pupuklah tanaman obat secara teratur sesuai informasi yang didapat.
  • Berikan perlindungan pada tanaman dari hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman.
  • Perhatikan perkembangan masing-masing tanaman obat.
  • Persenjatai diri dengan informasi yang cukup mengenai tahapan perawatan tanaman obat.
Baca Juga:  10 Desain Rumah Minimalis 2023, Bisa Jadi Rekomendasi Anda!

Manfaat Membuat Taman Toga Kreatif

Ada sejumlah alasan mengapa Anda harus membuat taman tiga kreatif di rumah. Taman toga memiliki banyak kelebihan jika dirawat secara tekun. Simak beberapa manfaat taman toga berikut ini.

  • Sebagai pengobatan tradisional keluarga.
  • Toga herbal memiliki kandungan yang bagus bagi tubuh.
  • Membantu menjaga kesehatan keluarga dengan mengonsumsi tanaman obat yang tersedia.
  • Memudahkan dalam mencari obat herbal ketika sakit, tidak perlu susah-susah dalam mencarinya di luar sana.
  • Menambah keindahan tampilan sekitar halaman rumah.
  • Dapat dijadikan sebagai hobi yang menyenangkan.
  • Mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan kimia dan efek sampingnya.

Biaya Pembuatan Taman Toga Kreatif

Pembuatan taman toga bisa dibuat dengan minim biaya jika ditanam di media tanah. Untuk membuat taman toga di pekarangan atau halaman rumah, perlu menyiapkan anggaran dana yaitu:

  • Biaya pengadaan alat dan bahan seperti pot, tanah, cetok, alat penyiram tanaman, dan lainnya.
  • Biaya pembelian bibit tanaman obat-obatan.
  • Biaya pembelian pupuk.

Nah seperti itulah contoh desain taman toga kreatif yang mudah dibuat di halaman rumah dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Sebelum mengaplikasikan konsep taman toga, Anda perlu menganalisa ruang dan lahan agar dapat membuat taman dengan maksimal.


Berbelanja bahan bangunan online lebih mudah dan hemat dengan marketplace bahan bangunan. Dengan Ukur.com, Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan bahan bangunan Anda di satu tempat, dengan harga terbaik, proses pengiriman yang cepat dan mudah, dan garansi untuk semua produk bahan bangunan.

Hanya di UKUR yang berani memberikan harga terjangkau bersamaan layanan pemasangan. Ukur – Situs Jual Beli Bahan Bangunan Terlengkap.