9 Model Lubang Angin di Atas Pintu Terbaru

model lubang angin di atas pintu

Bangunan yang mempunyai sirkulasi udara lancar atau model lubang angin di atas pintu disebut bangunan yang sehat . Terdapat beberapa elemen yang diperlukan untuk memperlancar sirkulasi udara di dalamnya. Salah satunya yaitu model lubang angin di atas pintu atau roster. Elemen sirkulasi udara yang satu ini cocok digunakan untuk bangunan di daerah tropis seperti Indonesia.

Pemilihan model lubang angin diatas pintu tidak boleh sembarangan. Alangkah baiknya bila menyesuaikan dengan gaya hunian. Bisa juga disesuaikan dengan desain daun pintu dan jendela. Selain untuk sirkulasi udara, penentuan model lubang angin di atas pintu juga berkaitan dengan estetika.

Lubang angin kerap difungsikan sebagai dekorasi ruangan karena memiliki desain yang menarik dan unik. Sebelum membahas bermacam model lubang angin di atas pintu, terlebih dahulu mengetahui apa saja manfaat diperlukannya lubang angin pada dinding bangunan.

Inilah Manfaat Lubang Angin dalam Sebuah Bangunan

Keberadaan Lubang angin memiliki peranan penting dalam sebuah bangunan. Lubang angin di atas pintu mempunyai banyak fungsi dan manfaat. Berikut ini sejumlah fungsi dan manfaat adanya lubang angin pada bangunan.

1. Membantu Proses Sirkulasi Udara

Ventilasi rumah memiliki peranan penting dalam proses sirkulasi udara. Makin banyak ventilasi yang terdapat dalam sebuah bangunan, makin baik pula bagi penghuninya. Bermacam jenis ventilasi rumah, salah satunya adalah lubang angin.

Baca Juga:  10 Model Teras Rumah Panjang yang Enak Buat Nyantai

Lubang angin bisa memaksimalkan proses sirkulasi udara. Pertukaran udara dan cahaya yang berlalu lalang menjadi lebih baik dan optimal. Lubang angin di atas pintu berguna untuk mengalirkan udara dari dalam dan luar ruangan.

2. Meminimalisir Kelembaban di Rumah

Lubang angin yang ditempatkan pada dinding bangunan bisa membuat bagian dalam rumah terasa sejuk, karena angin dari luar yang masuk. Tidak hanya itu, adanya cahaya yang masuk melalui lubang angin juga penting.

Manfaat adanya lubang angin, udara dan cahaya jadi bisa masuk ke dalam, sehingga suhu ruangan akan stabil. Hal ini akan meminimalisir lembab di dalam ruangan. Selain itu juga dapat mengatasi aura sumpek dan pengap dari dalam ruangan.

3. Membuang Polisi Udara

Polusi udara dari dalam ruangan bisa berasal dari apa saja, dan tanpa disadari meninggalkan bau tidak enak. Oleh karena itu, kehadiran lubang angin di atas pintu akan membantu membuang polusi udara, terutama di ruang tamu dan area foyer.

Adanya lubang angin berfungsi sebagai jalan keluarnya polusi dari dalam hunian. Selain itu, lubang angin juga berguna sebagai jalan masuk sinar matahari.

Model Lubang Angin di Atas Pintu yang Sering Digunakan

UKUR menyediakan berbagai model lubang angin diatas pintu dengan variasi desain yang unik. Anda akan menemukan model lubang angin yang paling tepat untuk desain hunian dengan harga terjangkau.

Apabila masih bingung mencari inspirasi desainnya. Berikut ini kami sajikan ragam pilihan model lubang angin di atas pintu.

1. Kotak Kecil Beraturan

Model lubang angin di atas pintu berbentuk persegi beraturan banyak digemari oleh pemilik rumah. Desain kotak seperti ini akan menambah kesan estetika. Selain itu juga mampu mengalirkan udara dengan efisien.

2. Memanjang di Atas Pintu

Anda bisa memilih model lubang angin diatas pintu dengan gaya memanjang. Hal ini bertujuan supaya sirkulasi udara dan cahaya lebih lancar dan tercukupi.

Baca Juga:  Floor Hardener: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kelebihannya

Biasanya model memanjang seperti ini diletakkan pada area depan hunian dengan posisi rumah tamu pintu tengah. Lubang angin dibuat panjang berawal dari jendela bagian kiri ke jendela bagian kanan.

3. Sesuai dengan Lebar Pintu

Desain lubang angin di atas pintu bisa disesuaikan dengan lebar pintu. Hal ini akan mencerminkan gaya yang presisi. Model seperti ini bisa Anda aplikasikan agar tampilan hunian makin sedap dipandang mata.

4. Model Elegan

Anda bisa memiliki lubang angin di atas pintu dengan kesan elegan. Inilah pentingnya menyelaraskan model lubang angin diatas pintu dengan tampilan rumah dan desain bangunan.

Jika hunian memiliki kesan dan aura elegan, bisa mencoba model lubang angin kotak kecil tetapi tidak beraturan. Misalnya bisa mengaplikasikan dua lubang di atas pintu, dan satu lubang lainnya di bagian atas jendela.

5. Model di Atas Pintu Kamar

Model lubang angin diatas pintu tidak hanya digunakan untuk pintu depan saja. Tetapi juga bisa menerapkannya untuk area pintu kamar. Biasanya, lubang angin pintu kamar bukan hanya sebagai sirkulasi udara saja. Melainkan bisa untuk akses pipa atau kabel AC.

6. Model Sederhana

Desain lubang pintu dengan model sederhana juga sering digunakan oleh pemilik hunian. Walaupun tergolong sederhana namun mampu memberi intensitas masuknya udara dan cahaya yang cukup. Disamping itu, modelnya pun seragam dengan tampilan rumah.

7. Model Terbaru

Ragam model lubang angin yang sudah disebutkan sebelumnya bersifat permanen. Nah Anda juga bisa mengusung desain lubang angin di atas pintu yang terbaru bergaya kekinian.

Model lubang angin rumah yang moderen dan terkini bisa dibuka dan ditutup sesuai keinginan. Meski begitu, tampilannya tetap oke dan terasa indah.

8. Model Klasik

Miliki lubang angin atas pintu dengan sentuhan klasik dan gaya unik. Pemilihan desain yang satu ini layak Anda pertimbangkan, karena keunggulannya yang khas ornamen klasik. Tentu saja dapat membuat hunian makin mempesona.

Baca Juga:  6 Inspirasi Model Pagar Baja Ringan Modern Desain Terbaru

9. Model Kekinian

Model lubang angin diatas pintu dengan desain kekinian bisa dibuat sedemikian rupa agar tampak berbeda. Desain yang ideal benar-benar terkonsep.

Contohnya membuat model dengan gaya memanjang yang saling terhubung antara lubang angin di atas jendela dan di atas pintu. Hal ini bisa dilakukan bilamana letak pintu berdekatan dengan jendela.

Jenis Lubang Angin di Atas Pintu Terbaik untuk Rumah Anda

Lubang angin atau roster merupakan alternatif ventilasi selain pintu dan jendela. Roster terbaik untuk rumah Anda tentunya yang paling banyak digunakan dan cocok dipakai di Indonesia. Terdapat enam jenis lubang angin jika ditinjau dari material bahan yang digunakan untuk membuatnya. Berikut ini beberapa jenis roster yang sering digunakan:

  • Lubang angin beton atau batako.
  • Lubang angin kayu.
  • Lubang angin keramik.
  • Lubang angin tanah liat.
  • Lubang angin batu alam.
  • Lubang angin GRC.

Beli Roster di UKUR, Banyak Ragam Pilihan

Daftar model dan jenis lubang angin tersebut adalah produk yang tersedia di UKUR untuk kategori roster. Roster yang murah dan paling banyak digunakan masyarakat adalah dari bahan beton atau batako.

UKUR menyediakan berbagai jenis dan model lubang angin diatas pintu yang bebas Anda pilih. Dengan harga bersahabat dan penawaran menarik dari UKUR. Pastinya akan membuat Anda menikmati kemudahan berbelanja roster terbaik dengan lebih hemat.  

Itulah 9 model lubang angin diatas pintu dan manfaatnya. Anda bisa memilih lubang angin yang sesuai dengan kebutuhan di UKUR, tentunya berdasarkan desain rumah dan bujetnya. Di luar manfaat yang akan diperoleh penghuni rumah dengan adanya roster, nilai keindahan juga patut diperhatikan.