Menampilkan 1-10 dari 118 hasil Tampilan
Brudo BL PC8 Kabel Power [8 Awg/ 1 m]
Rp 75.000
SM Audio Bros
Jakarta Utara
Kabel 4 AWG Kabel Audio Kabel Grounding Kabel Negatif Kabel 4AWG
50%
Rp 3.900.000
Rp 7.800.000
Rena kinanti
Jakarta Selatan
5 Terjual 2
Kabel awg 16
Rp 7.350
King Wijaya Elektronik
Denpasar
Kabel AWG 18 STEELE 100 Meter dengan Tungkul - kabel serabut - cable - Biru
20%
Rp 201.000
Rp 251.500
Florens Electric
Jakarta Pusat
kabel awg-20 k 50meter kabel awg20 awg 20 50m bagus
Rp 297.100
Gaptech Solution
Jakarta Barat
Kabel Awg-22 80Meter Kabel Awg 22
31%
Rp 260.000
Rp 375.000
Adisah Store
Jakarta Barat
kabel awg 22 kabel audio speaker video / kabel serabut elektro 1x22
Rp 3.500
TOLIBA
Jakarta Barat
KABEL AWG 24 2X18 HITAM STRIP
Rp 206.800
Letsbuy Store
Jakarta Barat
Kabel awg 24
Rp 1.575
King Wijaya Elektronik
Denpasar
Kabel Momentum 4 awg / Kabel Power Mobil
Rp 599.000
Lembaran Variasi
Jakarta Barat
Kabel One Subwoofer Speaker 12 awg audio Mobil
1%
Rp 243.540
Rp 246.000
Hariman Variasi Official Store
Surabaya
Kabel AWG 18~Kabel Serabut Tunggal~TINNED CU~Tembaga Putih~Permeter
Rp 4.000
Angelleo Store
Tangerang

Jual Kabel AWG Murah Online Terbaik & Terlengkap


Kabel AWG (American Wire Gauge) adalah satu set standar ukuran kabel yang digunakan untuk menentukan berapa ketebalan pada setiap pasangan kabel. Ini merupakan cara abstrak dan mudah untuk memeriksa bagaimana jumlah arus listrik yang diteruskan melalui sebuah sistem kelistrikannya.


Kebanyakan orang tidak punya pengetahuan tentang bagaimana menggunakan kabel AWG, namun penting untuk belajar agar dapat mengerti spesifikasi dan fungsi mereka dengan benar. Dengan demikian, Anda akan mampu menggunakannya secara efektif untuk tujuan apapun di mana keperluannya terlihat.


Apa itu Kabel AWG


Kabel AWG (American Wire Gauge) dikembangkan pada tahun 1857 oleh S. R. Brown dan T. B. Stowell sebagai standar untuk ukuran kawat logam yang berbeda, termasuk tembaga, baja, aluminium, dan lain-lain. Sampai saat ini masih digunakan di banyak negara di dunia sebagai cara untuk menentukan ukuran pasangan kabel yang sesuai dengan jumlah arus listrik tersebut melalui masing-masing pasangan itu sendiri. 


Kabel AWG adalah salah satu metode standar yang disepakati secara internasional untuk mendefinisikan ketebalan atau diameter kawat kelistrikannya dan akan memastikan bahwa setiap pasangan kabel harus memiliki penampang minimal tertentu agar dapat menahan aliran arus listrik tertentu tanpa merasa panas atau rusak akibat beban berlebihan ketika diputuskan ke titik loadnya nanti.


Selain itu, perlu diingat bahwa semakin besarnya angka gauge pada suatu set kabel berarti semakin tipis diameter tiap helainya atau hanya lebih sedikit tungku pada setiap pasangan itu sendiri.


Ukuran dan Penomoran Kabel AWG


Kabar AWG (American Wire Gauge) adalah standar internasional yang digunakan untuk menentukan berapa banyak tungku pada setiap pasangan kabel. Ukuran Kabel AWG, disebut juga "gauge", ditentukan oleh diameter fisik intiner kawat di mana semakin besarnya angka gauge maka akan semakin tipis diameter tiap helainya atau hanya lebih sedikit tungku pada setiap pasangan itu sendiri. Penomoran ini mempermudah pengguna untuk dengan mudah mendeteksi ukuran dan ketebalan apa yang dipilih untuk tujuan tertentu sesuai dengan spesifikasi teknisnya.


Penomoran Kabel AWG sangat penting bagi para ahli kelistrikan saat memilih suatu wire agar sistem listriknya bekerja secara efektif tanpa risiko panas atau rusak akibat arus listrik berlebihan. 


Setelah mengetahui ukurannya, mereka harus memastikan bahwa nilai resistance-nya tidak melebih batas toleransinya terhadap kebutuhannya, sebelum mereka mulai melaksanakannya di lapangan nanti. Dengan demikian, Penomoran Kabel AWG merupakan cara cepat dan efektif bagi para ahli elektronika dalam menentuka suatu wire yang sesuai dengan spesifikasi teknisnya.


Mengenali Jenis Kabel AWG


Kabel AWG (American Wire Gauge) tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, yang berkisar antara 0000 atau 4/0 kepada


Setiap kabel memiliki titik nilai resistansi listrik dan arus minimal tertentu sesuai dengan angka gauge-nya masing-masing. Pemilihan kabel ini sangat penting bagi para ahli elektronika untuk menjamin bahwa kawat akan bekerja secara efektif tanpa risiko panas atau kerusakan akibat arus listrik berlebihan pada saat diputuskan ke titik loadnya nanti.


Selain itu, sebuah wire harus memenuhi spesifikasi teknis lainnya seperti temperatur minimum penggunaannya; serta ketebalan maksimum atau diameter fisik intiner kawat agar dapat melalui suatu pasangan tanpa merasa panas ketika dioperasikan di tempat yang lebih rendah suhu ruangan normal nantinya. 


Oleh karena itulah mengapa Penomoran Kabel AWG sangat penting bagi setiap ahli kelistrikan untuk mendeteksinya dengan mudah dan cepat sebelum mulai melaksanananya di lapangan nanti demi menghindari kerugian akibat rusaknya wire tersebut sendiri pada saat digunakannya nanti.


Kelebihan utama dari Kabel AWG adalah ukurannya yang mudah dibaca dan diingat. Hal ini bagus untuk para ahli kelistrikan agar dapat dengan mudah memilih wire yang sesuai dengan spesifikasi teknisnya tanpa risiko rusaknya wire tersebut pada saat digunakannya nanti.


Cara Menggunakan Kabel AWG


1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menghubungkan kabel AWG adalah memastikan bahwa arus listrik yang akan dilewatkan melalui sistem kelistrikannya tidak melebihi nilai toleransinya. Ini penting untuk mencegah kerugian akibat panas atau rusaknya wire tersebut pada saat digunakannya nanti. Untuk itu, pastikanlah untuk memilih jenis dan ukuran kabel AWG yang tepat sesuai dengan spesifikasi teknisnya agar dapat menahan arus listrik di dalam pasangan itu tanpa merasa panas ketika diputuskan ke titik loadnya nantinya.


2. Setelah Anda memastikan bahwa kabel AWG sudah sesuai dengan spesifikasi teknisnya, langkah berikutnya adalah memastikan bahwa semua bagian dari sistem kelistrikan bekerja secara efektif dengan baik tanpa risiko overload. Hal ini dimaksudkan agar tegangan tetap stabil saat aliran arus listriknya lewat di setiap pasangan wire-wire tersebut sendiri. Mengatur besarnya arus listrik inilah yang disebut sebagai "Keseimbangan Tegangan" atau Voltage Drop dalam penggunaan Kabel AWG ini nantinya.



Dapatkan Kabel AWG Terbaik di UKUR


UKUR merupakan marketplace toko bahan bangunan online di Indonesia yang jual Kabel AWG berkualitas dari berbagai jenis. Temukan tipe atau model Kabel AWG yang tepat dan nikmati kemudahan belanja produk berkualitas di UKUR.


Aneka pilihan Jenis Kabel seperti Kabel Tray, Kabel Utp, Kabel Stp, Kabel Jumper, dan Kabel AWG terbaik sesuai keinginan Anda tersedia lengkap disini. Semua produk dijamin siap memenuhi kebutuhan anda. Belanja di UKUR juga ada banyak promo dan diskon, pasti hemat beli Kabel AWG online di UKUR.


Nikmati beberapa keuntungan beli Kabel AWG online di UKUR berikut ini:


• Banyak pilihan jenis dan tipe

• Mudah menemukan Kabel AWG murah berkualitas

• Promo dan diskon bikin anda lebih hemat

• Pengiriman cepat dan mudah

• Bisa cicil 0% dari berbagai bank

• Produk bergaransi


Yuk cek produk Kabel AWG yang ada. Nikmati murah dan praktisnya belanja di UKUR.


Brudo BL PC8 Kabel Power [8 Awg/ 1 m] Rp 75.000
Kabel 4 AWG Kabel Audio Kabel Grounding Kabel Negatif Kabel 4AWG Rp 7.800.000
Kabel awg 16 Rp 7.350
Kabel AWG 18 STEELE 100 Meter dengan Tungkul - kabel serabut - cable - Biru Rp 251.500
kabel awg-20 k 50meter kabel awg20 awg 20 50m bagus Rp 297.100
Kabel Awg-22 80Meter Kabel Awg 22 Rp 375.000
kabel awg 22 kabel audio speaker video / kabel serabut elektro 1x22 Rp 3.500
KABEL AWG 24 2X18 HITAM STRIP Rp 206.800
Kabel awg 24 Rp 1.575
Kabel Momentum 4 awg / Kabel Power Mobil Rp 599.000
Kabel One Subwoofer Speaker 12 awg audio Mobil Rp 246.000
Kabel AWG 18~Kabel Serabut Tunggal~TINNED CU~Tembaga Putih~Permeter Rp 4.000