10 Ide Renovasi Rumah Subsidi Bergaya Modern

renovasi rumah subsidi

Renovasi rumah subsidi adalah salah satu cara yang dapat Anda coba jika tidak puas dengan desainnya saat ini. Sebenarnya, konsep dan perpaduan warna yang digunakan elok dipandang. Biarpun begitu, sedikit melakukan pembaruan bisa menambah keindahan tampilan eksteriornya.

Tidak dipungkiri, rumah subsidi seringkali memiliki keterbatasan ruang dan fasilitas. Namun, dengan ide renovasi yang kreatif dan terencana baik, rumah subsidi bisa menjadi lebih dari sekadar tempat berteduh. Dari memaksimalkan ruang penyimpanan, memperbarui desain interior, hingga menambahkan elemen-elemen yang meningkatkan kualitas hidup.

Rekomendasi di bawah ini bisa Anda terapkan untuk mewujudkan renovasi rumah subsidi dengan kesan hunian yang Anda inginkan. Untuk itu, jangan lewatkan pembahasan berikut ya.

10 Ide Renovasi Untuk Rumah Subsidi

1. Renovasi Rumah Subsidi Bagian Teras Rumah

teras rumah subsidi
Source image: Sumber: instagram.com/rumanesia

Bagian depan rumah ini biasanya berisikan lahan kosong sehingga sayang bila tidak dimanfaatkan untuk membuat teras. Tidak perlu berukuran besar, Anda bisa membuat teras berukuran sedang dilengkapi dengan meja, tempat duduk, dan tanaman. Alangkah baiknya jika Anda memilih tanaman berbunga sehingga mempercantik tampilan rumah.

2. Ganti Warna Cat Temboknya

cat tembok rumah subsidi
Source image: bengkuluekspress.disway.id

Hal ini sangat mudah dilakukan karena alat yang dibutuhkan sederhana, yakni kuas dan cat kaleng. Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan motif cat unik agar rumah Anda semakin menarik. Pastikan cat yang Anda pilih tidak terlalu mencolok sehingga nyaman dipandang dan sesuai dengan warna tembok lingkungan sekitar.

Baca Juga:  Mengenal 8 Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Ciptakan Taman Mungil

taman mungil
Source image: permatamutiara.com

Selain teras, Anda bisa memaksimalkan tanah sisa menjadi taman mungil. Keberadaannya juga berguna untuk daerah resapan air dan memberi kesan alami dengan nuansa hijau asli dari tanaman. Tak heran bila rumah yang memiliki taman tampak lebih sejuk dan indah.

4. Gunakan Atap Kanopi

kanopi rumah subsidi
Source image: Pinterest

Atap kanopi bisa menjadi solusi untuk meningkatkan nilai estetika fasad rumah Anda lho. Terlebih jenis atap ini dapat Anda manfaatkan sebagai pelindung teras rumah dari curah hujan yang tinggi, panas matahari, dan tempat menyimpan kendaraan pribadi. Sangat multifungsi bukan? Variasinya juga sangat banyak.

5. Pasang Pagar Besi

pagar besi untuk rumah subsidi
Source image: inspirasi.sobatbangun.com

Ide selanjutnya adalah memasang pagar besi. Selain menambah tingkat keamanan, pembatas pekarangan ini juga dimanfaatkan untuk memberikan kesan elegan dan modern. Meskipun demikian, memilih pagar tidak boleh sembarangan karena harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

6. Berikan Sentuhan Material Batu Alam

batu alam untuk rumah subsidi
Source image: www.pinterest.com

Seperti yang kita ketahui, batu alam sangat cocok dijadikan dekorasi konsep hunian apapun. Jenis batuan yang dapat diaplikasikan juga bermacam-macam sehingga anda tidak akan kehabisan pilihan. Ada batu templek, marmer, sabak, granit, andesit, koral dan masih banyak lagi. Beda jenis tentu beda pula patokan harganya.

7. Kebun Sayur Hidroponik

rumah tanaman hidroponik
Source image: www.kompas.com

Apakah Anda suka mengkonsumsi sayuran? Membuat kebun hidroponik di depan rumah bisa menjadi solusinya. Bila hasil panennya melimpah dapat Anda ubah menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Tampilan rumah Anda juga semakin istimewa dan menyegarkan karena keberadaan kebun tersebut.

8. Pasang Pagar Roster

rumah subsidi dengan pagar roster
Source image: lamudi.co.id/journal

Pagar roster bisa menjadi alternatif terbaik untuk mempercantik tampilan fasad hunian Anda. Dengan harga yang ekonomis, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Ditambah model roster saat ini sangat beragam sehingga pilihannya tidak terbatas dan mampu menghasilkan kesan rumah yang elegan.

9. Membuat Kolam Ikan Mini

kolam ikan dirumah kecil
Source image: Instagram.com/tiyahijanaw

Gemar memelihara ikan, tapi tidak punya aquarium? Tenang, Anda bisa membuat kolam Ikan berukuran kecil untuk memanfaatkan lahan rumah yang terbatas. Keberadaan kolam juga dapat membuat rumah Anda tampil menarik dan lebih natural. Apalagi gemercik airnya mampu menciptakan suasana yang menenangkan.

Baca Juga:  Apa Itu Kalsiboard, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

10. Tambahkan Tempat Mencuci

tempat cuci dalam rumah
Source image: desain.id/blog/dapur

Ide renovasi ini juga bisa Anda terapkan karena memudahkan proses penjemuran pakaian. Namun, Anda harus memasang kanopi dan pagar terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk mencegah tampias hujan agar mesin cuci Anda tidak mengalami kerusakan.

5 Keuntungan Renovasi Rumah Subsidi

Pada hakikatnya, tiap orang pasti menginginkan tempat tinggal berkualitas di tengah kenaikan harga properti saat ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah menyediakan program rumah subsidi yang memiliki beragam kelebihan. Apa saja? Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Persyaratannya Mudah

Tahukah Anda? Renovasi rumah subsidi tidak sesulit yang Anda pikirkan. Apalagi jika Anda mengetahui apa saja ketentuannya. Menurut peraturan Kemenpera Nomor 3 Tahun 2014, persyaratan yang harus dilengkapi pembeli sebagai berikut.

  • WNI yang berusia minimal 21 tahun dan mempunyai NPWP.
  • Berpenghasilan tetap maksimal Rp 4.000.000,00 untuk rumah tapak dan Rp. 7.000.000,00 untuk rumah sejahtera susun.
  • Siapkan PPH dan SPT.
  • Pembeli tidak memperoleh bantuan pemerintah mengenai kepemilikan rumah dan tidak memiliki hunian pribadi lainnya.

2. Harganya Bersahabat

Besar kecilnya harga rumah yang ditawarkan, tentu sangat berpengaruh dengan anggaran biaya yang Anda miliki bukan? Dengan memilih rumah subsidi, Anda bisa menghemat pengeluaran dan mewujudkan impian untuk memiliki hunian pribadi. Fasilitas yang ditawarkan juga menarik, yakni rumah dilengkapi dua kamar dan toilet.

Harga tiap unitnya mencapai 100 juta hingga 200 jutaan dan bisa dibayar secara berkala dengan sistem angsuran. Namun, perlu Anda ingat kembali patokan tersebut dapat berubah kapan saja. Setidaknya Anda mengetahui kisaran harganya dan mulai menabung dari sekarang.

3. Masa Angsurannya Cukup Panjang

Kelebihan selanjutnya terletak pada masa angsurannya yang mencapai 20 tahun. Jumlah cicilannya juga cukup terjangkau, yakni berkisar Rp 800.000,00 hingga Rp 1.000.000,00.

Dengan begitu, Anda bisa melunasi pembayaran rumah ini walau pendapatan Anda Rp 4.000.000,00. Menariknya, bunga cicilannya tidak mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu.

4. Bangunan Bermutu Tinggi

Walaupun patokan harganya tergolong terjangkau, kualitas bangunannya juga tidak perlu diragukan lho. Salah satu penyebabnya karena rumah ini sudah memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Dimana sertifikat itu berfungsi untuk menyatakan suatu bangunan layak dan aman digunakan.

Baca Juga:  4 Inspirasi Lantai Marmer Mewah dan Elegan untuk Rumah

5. Uang Muka Tidak Terlalu Tinggi

Bukan rahasia lagi, jaminan uang muka memang selalu dibutuhkan untuk pembelian aset properti, seperti tanah dan rumah. Namun, Anda tidak perlu khawatir DP rumah ini karena hanya 10% dari harga keseluruhannya.

Pengembang yang tidak menggunakan sistem ini juga ada. Biarpun begitu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai kebijakan yang berlaku.

7 Tips Merenovasi Rumah Subsidi

1. Tentukan Prioritas

Sebelum memulai, buat daftar kebutuhan dan keinginan Anda. Apakah Anda memerlukan ruang kerja di rumah? Ataukah lebih memprioritaskan dapur yang lebih luas? Dengan mengetahui apa yang menjadi prioritas, Anda bisa lebih fokus dalam mengeksekusi rencana.

2. Manfaatkan Setiap Sudut Ruang

Di rumah subsidi, setiap sentimeter sangat berharga. Gunakan furnitur multifungsi atau rak terbuka untuk memaksimalkan ruang. Bahkan, sudut-sudut yang biasanya kosong bisa dimanfaatkan sebagai area penyimpanan atau dekorasi.

3. Pilih Warna yang Tepat

Warna dapat mempengaruhi persepsi ruang. Untuk rumah yang tidak terlalu besar, warna-warna cerah seperti putih atau krem bisa membuat ruangan tampak lebih luas dan cerah.

4. Pilih Material yang Berkualitas

Walaupun anggaran terbatas, jangan mengorbankan kualitas material. Ini adalah investasi jangka panjang yang nantinya akan menghemat biaya perawatan.

5. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang baik tidak hanya membuat rumah Anda terlihat lebih menarik, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih nyaman. Pertimbangkan untuk menambah atau mengganti sumber cahaya agar lebih efisien dan estetis.

6. Jangan Abaikan Area Eksterior

Tidak hanya interior, perhatikan juga eksterior rumah. Sebuah taman kecil atau bahkan hanya beberapa pot tanaman bisa menambahkan keindahan dan nilai pada rumah Anda.

7. Konsultasikan dengan Profesional

Jika Anda merasa kesulitan atau memerlukan masukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior. Mereka bisa memberikan solusi yang efisien dan kreatif sesuai anggaran Anda.


Berbelanja bahan bangunan online lebih mudah dan hemat dengan marketplace bahan bangunan. Dengan Ukur.com, Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan bahan bangunan Anda di satu tempat, dengan harga terbaik, proses pengiriman yang cepat dan mudah, dan garansi untuk semua produk bahan bangunan.

Hanya di UKUR yang berani memberikan harga terjangkau bersamaan layanan pemasangan. Ukur – Situs Jual Beli Bahan Bangunan Terlengkap.