Mengenal 8 Manfaat Marmer dalam Kehidupan Sehari-hari

manfaat marmer

Marmer merupakan salah satu material bangunan yang mematok harga cukup fantastis. Pada dasarnya, marmer terbuat dari lapisan mineral batuan yang mengalami pengkristalan alami selama ratusan tahun. Alhasil, setiap jenis batuan marmer memiliki corak dan warna khas. Lantas, apa saja manfaat marmer dalam kehidupan sehari-hari?

8 Manfaat Marmer

Sudah tahu apa manfaat marmer dalam keseharian? Kalau belum, coba Anda perhatikan ulasan berikut ini agar bisa mengenal tentang berbagai manfaat batuan marmer:

1. Lantai Bangunan

Lantai Bangunan
Foto: Artha Beton

Batuan marmer memang sering difungsikan sebagai lantai rumah yang cantik. Beberapa bangunan bergaya minimalis, industrial, maupun klasik pasti memakai batuan marmer sebagai interior lantai rumah mereka.

Bukan hanya untuk mempercantik interior rumah, lantai marmer juga kerap dipakai untuk lantai bangunan lain. Contohnya seperti apartemen, perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan. Kesan unik sekaligus estetik bisa Anda peroleh saat menggunakan lantai dari batuan marmer.

Manfaatnya sebagai lantai rumah juga didasari dari karakteristiknya yang kokoh, tidak gampang retak, dan anti licin. Sehingga tidak akan menimbulkan potensi bahaya ketika penghuni rumah berjalan di atasnya.

2. Furniture

Furniture
Foto: Rumah.com

Siapa bilang batuan marmer cuma bisa difungsikan sebagai lantai marmer saja? Buktinya, Anda bisa memanfaatkan batu alam ini untuk bahan pembuatan furniture, lho. Kok bisa?

Beberapa furniture rumah seperti meja tamu, kursi, meja makan, dan lain sebagainya sering memanfaatkan marmer sebagai bahan dasar pembuatannya. Furniture berbahan marmer tentu akan menimbulkan kesan yang lebih mewah ketimbang furniture yang terbuat dari kayu atau logam.

Maka dari itu, dari segi harga pun akan jauh lebih mahal. Tentu saja, patokan harga yang tinggi sudah sesuai dengan kualitas bahannya yang kokoh dan anti gores. Jadi, jauh lebih awet saat Anda pakai sebagai furniture rumah.

Baca Juga:  HMR Board Material Favorit untuk Lemari? Ini Penjelasannya!

3. Batu Nisan

Batu Nisan
Foto: BigGo

Sejatinya, marmer termasuk salah satu jenis batu pualam yang mengandung lapisan-lapisan mineral hasil dari pengendapan fosil-fosil makhluk hidup. Oleh sebab itu, batuan ini memiliki corak dan warna marmer yang variatif, tergantung dari proses pembentukannya.

Di antara berbagai batuan marmer yang tersedia, marmer jenis solid surface adalah yang paling sering dipakai untuk material batu nisan. Jenis marmer ini merupakan marmer buatan yang terbuat dari campuran bahan resin dan akrilik.

Salah satu manfaat batu marmer solid surface untuk batu nisan adalah bisa mempercantik dan membuat tampilan makam tidak terlalu menyeramkan. Lagipula, jenis marmer ini cukup tahan akan terik matahari dan curah hujan. Sehingga lebih awet saat dipakai sebagai batu nisan.

4. Dekorasi Rumah

Dekorasi Rumah
Foto: Kibrispdr.org

Berkaitan dengan interior rumah, batuan marmer juga bisa Anda pakai sebagai bahan untuk membuat dekorasi. Beberapa contoh dekorasi rumah yang memakai batuan marmer sebagai material pembuatannya adalah guci, patung, dan tempat perapian.

Marmer merupakan salah satu material bangunan yang gampang dibentuk, dipahat, maupun diukur. Jadi, merupakan hal yang lazim kalau material ini orang pakai sebagai bahan dasar pembuatan dekorasi karena sifatnya yang gampang menyerap cat.

Bahkan, dekorasi dari batuan marmer sudah ada sejak zaman dahulu, lebih tepatnya di era peradaban Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Salah satu dekorasi peninggalan kuno yang paling terkenal di dunia adalah Patung Artemis yang terbuat dari batuan marmer berwarna putih.

5. Alat Terapi Tubuh

Alat Terapi Tubuh
Foto: Tokopedia

Tak cuma bermanfaat di bidang bangunan, potongan marmer juga bisa Anda manfaatkan sebagai alat penunjang terapi. Mungkin Anda belum familier dengan manfaatnya yang satu ini. Padahal, batu panas yang ditaruh di atas marmer bisa dipakai sebagai alternatif pengobatan, lho.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Smart TV 43 Inch Terbaik 2023, Fitur Melimpah!

Alat terapi tersebut ampuh buat meredakan nyeri dan pembengkakan tubuh akibat kelelahan. Kok bisa? Permukaan marmer yang panas disinyalir mampu memperlancar aliran darah yang tersumbat. Jadi, terapi ini bisa mengurangi resiko terserang sakit-penyakit.

Bahkan, lapisan marmer yang panas juga bisa berguna untuk meredakan penyumbatan saluran napas seperti sinus dan pilek.

6. Bahan Pupuk Tanaman

Bahan Pupuk Tanaman
Foto: 88 Bangunan

Tahukah Anda, bahwasanya batuan marmer bisa bermanfaat sebagai bahan pembuatan pupuk tanaman. Ternyata, memanaskan batu marmer dalam jangka waktu lama bisa menghilangkan kandungan karbon dioksida yang terdapat di dalam kalsit.

Buat yang belum tahu, kalsit adalah kandungan mineral karbonat yang terdapat dalam lapisan marmer. Kalau dipanaskan dalam suhu tinggi, kalsit akan menguap dan menyisakan kandungan kalsium oksida atau zat kapur.

Nah, zat inilah yang berfungsi sebagai bahan pembuatan pupuk tanaman dan bisa meningkatkan hasil pertanian. Manfaat marmer ini bisa jadi salah satu solusi buat menyuburkan tanaman di rumah.

7. Dinding Rumah

Dinding Rumah
Foto: Aliexpress

Bangunan-bangunan bergaya klasik kerap memakai batuan marmer sebagai lapisan untuk bagian dindingnya. Alhasil, kesan elegan dan mewah akan langsung terpancar dari tampilan interior bangunan.

Menariknya, beberapa bangunan kuno seperti The Pantheon yang ada di Roma juga memakai marmer sebagai interior dindingnya. Pasalnya, pemanfaatan marmer untuk bangunan bukan hanya bisa menambah kesan mewah, tapi juga bisa buat suhu ruangan jadi lebih adem.

Batu marmer memang merupakan salah satu material penyerap panas yang baik. Selain itu, proses kristalisasi marmer yang berlangsung selama ratusan tahun telah membuat materialnya lebih kokoh dan tahan banting. Itulah alasan mengapa marmer sering dipakai sebagai dinding bangunan.

8. Material Konstruksi Bangunan

Material Konstruksi Bangunan
Foto: Tokopedia

Siapa yang tidak tahu kalau pemanfaatan marmer untuk bangunan sudah berlangsung sejak zaman Romawi Kuno? Seperti yang Anda tahu, beberapa bangunan seperti Katedral, Candi Proserpina, The Pantheon, dan Kolom Trajan memakai marmer sebagai bahan untuk konstruksinya.

Baca Juga:  6 Jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

Batu marmer memang terkenal awet, sehingga orang sering memakainya untuk material konstruksi bangunan sejak zaman peradaban kuno. Di samping itu, cara membersihkan batu marmer juga cukup gampang karena permukaannya mengkilap.

Walaupun begitu, Anda tetap perlu memperhatikan risiko kerusakan yang bisa terjadi pada material marmer. Salah satu kerusakan yang berpotensi muncul adalah permukaan yang retak. Oleh sebab itu, pilihlah jenis marmer yang kokoh dan mampu menahan beban berat agar tidak mudah rusak.

Sehingga, Anda bisa menghindari risiko berbahaya yang mungkin terjadi saat menggunakan material marmer untuk konstruksi bangunan di kemudian hari.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Sudah Tahu Apa Saja Manfaat Marmer?

Umumnya, orang mengenal marmer sebagai material pembuatan lantai rumah. Padahal, marmer juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Manfaat marmer yang variatif tentu membuat daya jualnya menjadi lebih tinggi. Beberapa material bangunan yang memakai marmer kerap mematok harga mahal daripada material bangunan lain.

Lantas, Anda mau memanfaatkan marmer untuk apa? Kalau sudah tahu, Anda bisa beli material marmer di situs web Ukur.com! Harganya dijamin lebih murah karena ada diskon yang bisa Anda klaim di setiap pembeliannya. Pengirimannya juga terjamin aman dan ada layanan pemasangan yang bisa Anda manfaatkan.

Sembari membeli material marmer, Anda bisa sekaligus membeli material bangunan lain seperti kusen pintu, dinding dan plafon, perkakas, besi, atau elektronik. Tunggu apa lagi? Yuk, check out kebutuhan material bangunan Anda sekarang!