Marmer Travertine: Keunggulan, Karakteristik, dan Jenis-Jenisnya

Marmer Travertine: Keunggulan, Karakteristik, dan Jenis-Jenisnya

Desain interior adalah hal yang harus Anda pikirkan dan rencanakan untuk memaksimalkan fungsi estetika dalam suatu ruangan. Salah satu contoh interior yang bisa membuat ruangan menjadi lebih indah adalah penggunaan material lantai. Jika Anda ingin kesan mewah dan elegan, bisa memakai marmer travertine.

Material pelapis lantai memang cukup banyak macamnya. Namun, sebagian orang menyukai bahan marmer yang berasal dari batuan alam. Hal itu karena marmer memiliki sejumlah kelebihan seperti tahan lama dan motifnya cantik. Khususnya, untuk jenis travertine. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang material tersebut.

Apa Itu Marmer Travertine?

Travertine adalah jenis granit atau batu alam yang bisa Anda aplikasikan penggunaannya pada tiga elemen ruang meliputi plafon, lantai, hingga dinding bangunan. Asal muasal travertine berawal dari proses pengendapan kalsium karbonat dari mata air mineral yang umumnya mata air panas.

Anda bisa menemukan pengendapan batu alam ini di gua kapur atau sumber air panas. Proses itulah yang menyebabkan travertine memiliki corak berserat dengan variasi warna beragam mulai dari putih, krem, maupun cokelat. Pengaplikasian material travertine bisa untuk area indoor maupun area outdoor.

Zaman sekarang, para arsitek memakai marmer travertine ke dalam arsitektur modern seperti lantai bangunan, fasad, dan dinding. Hal itu karena batu alam ini mempunyai karakteristik yang kuat untuk meninggalkan kesan indah pada bangunan.

Biasanya, negara-negara di Timur Tengah seperti Meksiko, Turki, atau Italia adalah penyumbang tambang terkenal untuk menghasilkan travertine.

Baca Juga:  Canon vs Epson Printer, Mana Pilihan yang Lebih Baik?

Marmer impor ini memiliki permintaan yang cukup tinggi di pasaran lantaran orang-orang menginginkannya sebagai material pelapis desain ruangan yang mewah.

Secara komersial, batu alam travertine terjual dalam bentuk lembaran slabs yang memiliki ukuran sekitar 2 x 200 x 300 cm. Harga material ini bisa jadi lebih mahal daripada material batu alam lainnya. Namun, kualitas juga mempengaruhi mahal atau murahnya marmer. Semakin bagus kualitasnya, semakin mahal pula biayanya.

Pengunaan Marmer Travertine di Kamar Mandi Mewah
Foto: Dluxeinternacional.com

Keunggulan Marmer Travertine untuk Lantai Rumah

Setelah memahami apa itu marmer travertine pada pembahasan sebelumnya, Anda bisa beralih ke materi keunggulan material batu alam satu ini. Pada dasarnya, marmer memiliki beberapa jenis berdasarkan klasifikasi tertentu. Misalnya marmer statuario, ordinario, hingga travertine yang unggul sebagai material pelapis lantai rumah berikut.

1. Anti Slip

Keunggulan dari batu alam ini adalah memiliki tekstur anti slip. Apalagi, jika Anda menggunakan material ini sebagai pelapis lantai di area luar ruangan seperti teras. Secara alami, travertine mempunyai tekstur berupa permukaan berpori atau tidak rata yang meminimalisir Anda terpeleset karena licin.

Nah, karena sifatnya yang anti slip itulah membuat material ini cocok Anda gunakan sebagai pelapis lantai kolam renang maupun kamar mandi. Jangan lupa, Anda bisa menambahkan finishing lanjutan agar permukaan lantai tidak terlalu licin.

2. Awet

Berikutnya, marmer pada umumnya adalah batu alam yang populer karena memiliki daya tahan lama atau awet. Mengenai ketahanan travertine sendiri sudah pernah dibuktikan oleh beberapa bangunan bersejarah yang mampu bertahan lebih dari puluhan tahun, contohnya Colosseum di Italia.

3. Anti Panas

Marmer travertine juga mempunyai sifat anti panas sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika menginjakkan kaki di atas permukaan lantai meski terkena paparan sinar matahari. Anda tidak wajib memakai alas kaki dan bisa langsung bersentuhan dengan permukaan travertine yang rasanya tetap sejuk.

4. Mudah Dibentuk

Kebutuhan pemasangan material travertine pada lantai hunian masing-masing individu pastilah berbeda. Ada yang menginginkan ukuran kecil, sedang, hingga besar. Untungnya, keunggulan travertine sebagai lantai marmer adalah kemudahannya untuk dipotong dan dibentuk.

Baca Juga:  Pilih Cat vs Wallpaper Dinding, Catat Plus Minusnya!

Jadi, Anda bisa mengkreasikan sesuka hati bagaimana potongan travertine pada lantai. Apalagi, pemasangan travertine untuk lantai juga mudah dan bisa menempel dengan baik. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan sifat batu alam satu ini yang mudah dibentuk untuk membuat dekorasi seperti ukiran untuk menghias dinding.

Marmer Travertine Menambah Estetika
Foto: Movenpick Hotel

5. Menambah Estetika Bangunan

Keunggulan marmer travertine utamanya sebagai penambah estetika bangunan. Anda akan mendapatkan kesan elegan dan mewah pada desain interior yang mengaplikasikan batu alam ini sebagai pelapis lantainya. Hal ini mendapat dukungan dari warna batu travertine yang beragam dan dengan corak yang unik.

Karakteristik Marmer Travertine

Sebelum memutuskan untuk memakai material batu alam sebagai pelapis lantai rumah, Anda perlu mengenal karakteristiknya terlebih dahulu. Baru setelahnya Anda bisa menilai apakah travertine merupakan batu alam yang cocok untuk Anda aplikasikan pada desain hunian.

1. Tingkat Kelicinan

Anda perlu teliti dalam memasang travertine sesuai tempatnya. Jika Anda menggunakan material ini sebagai dinding, maka permukaan yang licin tidak terlalu menjadi masalah. Namun, beda cerita jika Anda pakai untuk lantai dapur dan kamar mandi.

Permukaan travertine yang licin bisa Anda kurangi risikonya dengan melakukan finishing khusus. Finishing ini bertujuan sebagai sentuhan lanjutan supaya pemakaian lantai bisa lebih aman.

2. Tingkat Kekuatan atau Kekerasan

Karakteristik marmer travertine berikutnya adalah memiliki skala 4 sampai 5 pada skala Mohs yang berfungsi mengukur tingkat kekerasan dari batu alam. Karena memiliki tingkat kekerasan yang lumayan tinggi menyebabkan jenis marmer ini tahan lama. Skala travertine sama seperti batuan limestone.

3. Permukaan yang Berlubang

Ciri terakhir adalah permukaan material berlubang. Jika Anda perhatikan, pada permukaan batu alam ini terdapat lubang-lubang yang memiliki ukuran berbeda. Anda bisa menentukan apakah material tersebut bagus atau tidak berdasarkan lubangnya. Semakin sedikit lubang travertine, maka kualitasnya semakin bagus.

Baca Juga:  7 Daftar Merk Sofa Terbaik di Indonesia, Berkualitas dan Terkenal!
Permukaan Marmer Travertine Memiliki Lubang
Foto: Freepik

Jenis-Jenis Marmer Travertine

Bagi Anda yang berminat menggunakan travertine sebagai material pelapis lantai, sebaiknya mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Setiap jenis material mempunyai karakteristik yang berbeda.

1. Travertine Onyx

Jenis Onyx memiliki pola yang sangat unik sehingga cocok Anda pasang di area dalam hunian. Selain itu, pilihan warna Onyx juga beragam yang bisa Anda pilih sesuai konsep hunian.

2. Travertine Noce

Apakah Anda suka konsep hunian klasik? Kalau begitu Noce adalah pilihan jenis batu alam yang cocok. Material ini memiliki warna beige soft dengan pola sejajar yang menonjolkan kesan klasik dan natural.

3. Travertine Romano

Selanjutnya, marmer travertine Romano meninggalkan kesan mewah yang natural pada interior rumah. Batu alam Romano memiliki warna coklat sehingga tampak lebih teduh, hangat, dan alami.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Tertarik Menggunakan Marmer Travertine untuk Lantai Rumah?

Anda mungkin sudah mempertimbangkan ingin menggunakan marmer travertine untuk keperluan lantai rumah. Pada dasarnya, batu alam ini bisa memberikan kesan klasik dan mewah. Selain itu, Anda perlu rutin membersihkannya. Jadi, penting untuk mengetahui cara menghilangkan noda putih di lantai yang menempel.

Sebab, kondisi lantai yang bersih akan meningkatkan estetika hunian Anda. Bagi yang tertarik membeli travertine bisa melalui Ukur.com. Ukur.com merupakan marketplace terpercaya yang menawarkan berbagai macam produk meliputi dinding dan plafon, pintu dan jendela, serta lantai seperti material travertine.

Temukan produk terbaru dari merchant Ukur.com yang menyediakan berbagai macam kebutuhan bangunan Anda. Selain menyediakan material, Ukur.com juga menawarkan jasa pemasangan. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi situs resmi Ukur.com.