Mengenal Jenis Jenis Lantai Rumah dan Keunggulannya

Mengenal Jenis Jenis Lantai Rumah dan Keunggulannya

Jenis jenis lantai rumah memang beraneka ragam, Anda bisa kebingungan dalam memilih kalau tak memahami karakteristik berbagai jenisnya. Maka dari itu, artikel ini akan menyuguhkan Anda informasi berbagai jenis lantai rumah yang banyak digunakan dan bisa Anda jadikan pertimbangan.

Jenis Jenis Lantai Rumah

Ketika merencanakan membangun rumah, Anda akan sadar bahwa ternyata ada banyak pilihan jenis lantai dan membuat bingung. Namun, nggak perlu khawatir lagi. Berikut adalah beberapa jenis material lantai rumah yang mungkin sesuai dengan budget, kebutuhan, dan bahkan estetika rumah baru Anda:

1. Lantai Keramik

Keramik
Foto : Pinterest

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan lantai jenis ini. Sebab, ini merupakan jenis lantai rumah yang banyak digunakan karena motifnya cukup beragam dan membuat rumah jadi lebih hidup.

Selain itu, lantai ini juga banyak dipilih orang karena pemasangannya tidak terlalu rumit dengan harga terjangkau, serta dapat ditemukan di toko bangunan manapun.

Lantai keramik juga sangat serbaguna. Tidak hanya menjadi pelapis lantai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai material penutup dinding, agar dinding terhindar dari jamur dan tidak mudah lembab.

Lantai ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu keramik halus dan keramik kasar. Perbedaannya adalah penggunaannya di luar (outdoor) atau di dalam (indoor). Anda harus memahami kebutuhan terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih jenis lantai keramik.

Kesalahan memilih keramik bisa berakibat fatal. Lantai yang terlalu halus jika ditempatkan di outdoor akan membuat permukaannya sangat licin ketika musim hujan, sehingga orang akan mudah terpeleset.

Keramik cocok digunakan di kamar mandi karena materialnya tidak menyerap air dengan tekstur kasar agar tidak licin. Namun, lantai ini juga sebenarnya tidak cocok untuk dipasang di kamar karena akan mudah pecah ketika suhunya tidak stabil.

Baca Juga:  Mengenal 10 Jenis Kursi, Kegunaan, dan Tips Pemilihannya

Lalu, mungkin Anda juga akan mengalami kejadian seperti lantai keramik tertumpahan cat atau lem. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan bekas cat di lantai dan juga cara menghilangkan lem di lantai. Salah satunya dengan memakai minyak esensial. Jadi, lantai akan tetap kinclong.

2. Lantai Plester

Lantai Plester
Foto : alvera.co.id

Ini merupakan salah satu dari jenis jenis lantai rumah paling murah karena pengerjaannya hanya perlu melakukan penggosokan hingga halus dan mengkilap. Warna yang muncul juga tidak akan jauh dari pencampuran warna semen dan pasir. Jadi, kemungkinan akan cenderung gelap.

Anda bisa menggunakan lantai ini terlebih dahulu ketika budget harus dialokasikan ke kebutuhan yang lain terlebih dahulu. Jika menggunakan lantai ini, Anda bisa menutupnya dengan vinyl roll untuk membuat warna semennya tertutup sampai bisa mengganti lantai.

3. Lantai Karpet

Karpet
Foto : manningtoncommercial.com

Lantai ini merupakan pilihan tepat kalau Anda ingin merasakan kehangatan ketika kaki melangkah di rumah. Karpet tersebut akan dipasang secara permanen untuk menjadi penutup dan pelapis permukaan lantai.

Lantai ini memiliki banyak desain dengan berbagai macam motif yang Anda bisa sesuaikan dengan gaya interior ruangan. Anda juga bisa memilih warna karpet lantai yang bagus agar sesuai dengan ruangan dan selera.

Selain itu, penggunaan yang tepat akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan tentu saja hangat. Meskipun demikian, Anda harus tahu bahwa penggunaan jenis karpet lantai di area basah, seperti kamar mandi akan membuatnya berjamur dan lembab karena menyerap banyak air.

Selain itu, tidak disarankan untuk memasangnya di kamar karena debu dan kotoran bisa bersarang dan akhirnya akan lebih mudah terhirup, terutama anak-anak. Banyak rumah memang tidak mau memakai material lantai ini karena perawatannya tidak mudah. Jika salah merawat, maka akan banyak bawa dampak buruk.

Baca Juga:  Jenis CCTV Rumah Terbaik, Perhatikan Karakteristiknya!

4. Lantai Kayu

Parket
Foto : twitter.com

Jenis material lantai satu ini masih jadi kegemaran banyak orang karena kesannya alami dan bisa membawa suasana hangat di dalam ruangan. Nah salah satu dari jenis material kayu adalah parket.

Parket merupakan lantai dengan bahan dasar kayu dari berbagai jenis. Material satu ini sering digunakan menjadi lantai rumah karena tampilannya alami dan natural. Sehingga, rumah akan terasa sangat asri dan nyaman.

Lantai parket ini juga terbagi lagi menjadi tiga macam, yaitu terbuat dari kayu solid dan dipotong potong berdasarkan ukuran yang diinginkan. Lalu, ada juga lantai parket laminating flooring yang terbuat dari serbuk kayu. Terakhir adalah parket sintetis yang terbuat dari biji plastik dan akan membentur serat dan motif kayu.

Lantai ini sangat cocok buat Anda yang mau rumah terlihat kekinian, namun tetap nyaman dan membuat betah lama-lama di rumah. Materialnya juga berasal dari material kayu yang tidak disukai rayap, sehingga Anda tidak perlu khawatir lantai rumah Anda habis dimakan rayap.

5. Lantai Marmer

Marmer
Foto : Pinterest

Marmer merupakan salah satu jenis batuan yang terbentuk dalam kurun waktu ratusan tahun dan tidak dapat diperbaharui. Pengolahannya dari bentuk batu menjadi lantai juga memerlukan proses yang sangat rumit dan panjang.

Oleh karena itu, lantai dengan material ini akan sangat mahal. Selain itu, marmer memiliki tekstur khas dengan motif berbeda-beda. Pemasangannya juga menyesuaikan ruangan, meskipun satu marmer memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang lantai biasa.

Salah satu jenis jenis lantai ini juga sangat kuat dalam menahan beban berat. Selain itu, material jenis ini tahan dengan api. Marmer sendiri memiliki sifat yang dingin sehingga bisa membuat ruangan Anda terasa sejuk.

Baca Juga:  Rekomendasi CCTV Tanpa Kabel Beserta Harga dan Kelebihannya

Meskipun begitu, marmer memiliki kelemahan. Kelemahannya yang paling utama adalah jika ada goresan, maka akan mudah terlihat. Anda sebaiknya tidak memasangnya di area outdoor karena akan membuat lantai mudah berjamur dan memudar.

Namun, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Sebab, jika perawatannya tepat, Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah tersebut. Selain itu, marmer juga akan menambah harga jual rumah. Jadi, sangat cocok sebagai investasi.

6. Lantai Granit

Granit
Foto : Pinterest

Tidak jauh berbeda dengan marmer, granit merupakan batuan yang berasal dari alam dan membutuhkan ratusan tahun untuk terbentuk. Perbedaannya adalah granit berasal dari batuan alami magma yang mendingin di bawah tekanan ekstrim selama ratusan tahun.

Oleh karena itu, harganya pun lebih mahal daripada marmer. Jenis material lantai ini hadir dengan berbagai macam warna, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kemauan. Namun, warna apa saja akan bisa membuat ruangan terasa lebih mewah.

belanja keramik lantai online
Lengkapi material bangunan Anda dengan produk Keramik Lantai di UKUR!

Jenis Lantai Rumah Apa yang Ingin Anda Gunakan?

Setelah mengetahui berbagai macam jenis jenis lantai, sekarang Anda bisa memilih lantai mana yang cocok untuk hunian. Sebaiknya beli lantai mana yang memang sanggup untuk Anda rawat secara maksimal. Sehingga bisa awet dan tahan lama.

Kalau sudah memutuskan, Ukur.com adalah solusi tepat mencari material lantai yang cocok untuk Anda. Marketplace ini menyediakan berbagai jenis material lantai yang bisa Anda sesuaikan dengan budget.

Selain itu, Ukur.com juga menyediakan furniture, alat elektronik, dan bahkan pintu dan jendela. Ukur.com bahkan menyediakan jasa oengukuran dan pemasangan. Jadi, Anda tidak akan kerepotan mencari tukang lain. Tidak usah bingung lagi. Yuk, kunjungi Ukur.com, lakukan konsultasi jika perlu, dan beli barangnya sekarang!