Cara Membuat Lemari Pakaian dari Besi Hollow dan Kelebihannya

Cara Membuat Lemari Pakaian dari Besi Hollow dan Kelebihannya

Lemari pakaian adalah salah satu komponen penting dalam sebuah rumah yang berguna untuk menyimpan dan mengorganisir pakaian sekaligus berperan dalam desain interior rumah. Mempelajari cara membuat lemari pakaian dari besi hollow, bisa jadi solusi menghabiskan waktu yang berfaedah.

Apalagi pembuatan lemari baju dari besi hollow akan membantu meningkatkan estetika dengan model yang bisa Anda desain sendiri. Lalu, kenapa harus rangka hollow? Bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak artikel ini untuk tahu semua jawabannya!

7 Cara Membuat Lemari Pakaian dari Besi Hollow

Lemari Pakaian dari Besi Hollow
Foto : Pinterest

Untuk proses pembuatan lemari pakaian rangka besi hollow sebenarnya sama dengan cara membuat rak dari besi hollow. Bedanya kalau lemari lebih lengkap dengan pintu dan dinding lemari. Setidaknya ada beberapa tahapan yang akan Anda lakukan, diantaranya adalah:

1. Membuat Desain Lemari Baju

Tahapan pertama adalah membuat desain lemari yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep ruang dan fitur yang Anda inginkan. Apakah itu lemari 2 pintu, 3 pintu, atau lemari tanpa pintu seperti walk in closet. Anda bisa mencari ide lemari baju dari besi hollow dari internet, bebas saja!

Selain desain, Anda juga perlu memperkirakan simulasi lokasi penempatan lemari, serta memperkirakan ukuran yang sesuai dengan simulasi penempatan dan desain yang Anda buat. Anda bisa membuat sketsa kasar, lalu memperkirakan ukurannya.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda juga bisa menerapkannya pada aplikasi 3D, sehingga bisa Anda gabungkan dengan teknologi VR. Tujuannya adalah agar simulasi lebih real dan bisa Anda revisi secara langsung sebelum pengerjaan.

2. Siapkan Potongan Besi Hollow

Langkah berikutnya dalam cara membuat lemari pakaian dari besi hollow adalah menyiapkan potongan besi hollow. Melalui desain yang sudah Anda buat, Anda bisa menyesuaikan ukuran besi hollow sesuai kebutuhan desain.

Baca Juga:  7 Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Toren Tanpa Pompa

Gunakan alat bantu dan ukur dengan presisi agar bentuk lemari sesuai desain yang Anda buat. Karena pada dasarnya aspek utama pada lemari baju dari besi hollow adalah rangkanya, sehingga ukuran dan postur harus seimbang dan sesuai dengan simulasi desain.

3. Las Rangka Lemari

Setelah besi hollow sudah terpotong sesuai kebutuhan, mulai rangkai dan rekatkan hingga menjadi rangka besi hollow dengan teknik pengelasan. Karena basis rangkanya menggunakan besi, maka pengelasan jadi solusi terbaik daripada penggunaan sekrup atau paku.

Lakukan pengelasan dengan hati-hati dan teliti, lalu jangan lupa untuk mengamplas sudut penyambungan menggunakan gerinda agar lemari pakaian rangka besi hollow lebih rapi. Siapkan juga besi dudukan yang sudah Anda beri lubang untuk menyekrup multiplex sebagai alas atau dinding rak.

Untuk sisa bahan yang ada, Anda bisa mempelajari cara membuat rel pintu geser dari besi hollow, lho. Selain rel, Anda bisa memanfaatkan sisa material yang ada untuk membuat furniture atau kelengkapan lemari lainnya.

4. Beri Warna pada Rangka Lemari

Sebelum memasang multiplex pada lemari baju rangka besi hollow, Anda bisa terlebih dahulu memberikan warna pada rangka rak menggunakan cat epoxy. Tujuannya agar lapisan cat tidak merusak atau tercecer ke multiplex. Sesuaikan warna dengan desain dan konsep ruang yang Anda gunakan.

5. Potong Multiplek Sesuai Ukuran

Sambil menunggu cat mengering, Anda bisa lanjutkan cara membuat lemari besi dengan memotong dan menyatukan multiplex yang akan Anda pasang. Dari sinilah pembuatan desain yang rinci dan teliti akan berguna. Pasalnya, pengukuran yang salah akan meningkatkan risiko material terbuang.

Pastikan untuk mengukur dan membuat pola potong agar lebih presisi. Manfaatkan juga beberapa alat pendukung seperti waterpass, meteran, spidol, dan peralatan lainnya. Pastikan pula menggunakan mesin pemotong gerinda atau alat pemotong kayu agar hasil potongan lemari baju dari besi hollow lebih rapi dan presisi.

6. Beri Lapisan Kertasive

Sebelum memasang multiplex sesuai cara membuat lemari pakaian dari besi hollow, ada baiknya lapisi multiplex dengan kertasive. Produk ini sebenarnya mirip dengan wallpaper atau skotlet.

Baca Juga:  Ingin Membuat Plafon Tripleks Tampil Rapi? Begini Cara Jitunya!

Jadi, Anda tinggal potong dan sesuaikan ukuran potongan multiplex yang Anda pasang. Manfaatkan pola potong untuk meningkatkan presisi, serta gunakan bentukan hot gun sembari sedikit Anda tarik saat pemasangan agar hasil lebih rapi.

7. Finishing

Langkah terakhir adalah menyatukan seluruh bagian lemari pakaian rangka besi hollow. Mulai dari memasang dan menyekrup multiplex dengan rangka hollow hingga memasang berbagai atribut lain yang sudah Anda siapkan.

Misalnya seperti gagang pintu, engsel, dan berbagai atribut lainnya. Bersihkan dan amplas bagian tajam, dan lemari pun jadi!

Kelebihan Menggunakan Lemari Baju dari Besi Hollow

Kelebihan Menggunakan Lemari Baju dari Besi Hollow
Foto : Pinterest

Tutorial cara membuat lemari pakaian dari besi hollow bukan tanpa alasan, pasalnya lemari dari bahan ini memiliki beberapa kelebihan seperti:

1. Daya Tahan Tinggi

Lemari pakaian rangka besi hollow yang Anda buat akan memiliki daya tahan yang lebih tinggi daripada lemari kayu. Sehingga, Anda tidak perlu risau lemari akan rusak saat Anda pindahkan, atau bahkan jika Anda produksi massal sebagai produk yang Anda pasarkan.

2. Sambungan Lebih Kuat dengan Pengelasan

Seperti yang Anda tahu, cara membuat lemari pakaian dari besi hollow dengan teknik pengelasan lebih baik dan lebih sempurna daripada dengan paku atau skrip. Bahkan, setelah pengamplasan, sambungan akan terlihat lebih alami dan tampak memang memiliki bentuk seperti itu sedari awal.

3. Memberikan Kesan Lebih Kekinian

Mempelajari cara membuat lemari pakaian dari besi hollow juga akan membantu meningkatkan estetika ruangan sesuai keinginan Anda. Karena desain yang Anda buat sendiri akan lebih fleksibel dan bisa cocok tersinkronisasi dengan konsep ruang yang Anda inginkan. Hal ini tentunya membuat kesan lebih kekinian dan menarik.

4. Cocok untuk Berbagai Kombinasi

Selain itu, cara membuat lemari besi dari besi hollow juga bisa Anda kombinasikan dengan berbagai material, salah satunya adalah dengan multiplex yang cukup mudah Anda bentuk. Anda juga masih bisa mengkombinasikan berbagai material seperti kaca, kayu, atau berbagai material lainnya.

5. Lemari Baju dari Besi Hollow Lebih Awet

Karena ketahanannya yang tinggi serta sambungannya yang kuat sempurna, lemari dari bahan ini akan lebih awet dan tahan lama. Bahkan dengan perawatan sederhana, Anda bisa membuat lemari tetap indah dengan bentuk yang masih sama. Cukup rajin bersihkan saja serta pilih tempat yang strategis.

Baca Juga:  4 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari, Rapi dan Anti Kusut!

6. Rangka Anti Rayap

Kelemahan lemari kayu biasanya adalah rangka dan bagian kaki yang mudah keropos karena dimakan rayap. Untungnya, rangka dari besi hollow tidak disukai rayap, sehingga secara material lebih unggul dari jenis rangka rak pada umumnya. Multiplex yang terlapisi kertasive juga memberi perlindungan pada serangan rayap.

7. Tidak Mudah Berkarat

Walaupun menggunakan bahan dasar besi, namun keuntungan menerapkan cara membuat lemari pakaian dari besi hollow adalah memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap karat.

Apalagi jika Anda melapisi rangka dengan cat anti bocor, pastinya ketahanan terhadap karat juga akan meningkat. Hal inilah yang banyak orang cari dan berusaha mempelajari cara pembuatannya.

jual besi hollow
Dapatkan aneka jenis besi hollow berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Sudah Tahu Cara Membuat Lemari Pakaian dari Besi Hollow?

Dari penjelasan keuntungan dan cara membuat lemari pakaian dari besi hollow di atas, terlihat bahwa pemilihan besi hollow untuk menjadi rangka rak adalah salah satu pilihan yang tepat. Karena daya tahannya yang lebih tinggi terhadap karat dan rayap, sehingga membuat rangka lemari lebih awet.

Desain lemari baju dari besi hollow yang Anda buat sendiri juga bisa lebih fleksibel dan Anda sesuaikan dengan konsep ruangan. Namun Anda perlu memilih material pendukung dan peralatan terbaik, sehingga proses cara membuat lemari besi bisa lebih efisien.

Pastikan membeli produk dari supplier atau platform terpercaya seperti UKUR. Berbagai kebutuhan seperti material bangunan dan furniture, perkakas pendukung, hingga peralatan elektronik tersedia lengkap.

Belum lagi transaksi hanya dari smartphone, pastinya akan lebih memudahkan para Anda berbelanja tanpa keluar rumah. Tentunya UKUR juga memberikan layanan pengiriman yang handal dan terpercaya ke seluruh Indonesia. Yuk, coba sekarang!