Apa Itu Kristalisasi Marmer? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya

Apa Itu Kristalisasi Marmer? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya

Kekuatan dan keindahan alami marmer telah membuatnya menjadi pilihan material paling indah dan tahan lama untuk pembuatan lantai dan berbagai elemen desain interior lainnya. Namun, untuk mempertahankan penampilan dan menjaga kualitas lantai marmer, Anda perlu melakukan beberapa tahapan kristalisasi marmer.

Apa itu kristalisasi marmer? Bagaimana cara kristalisasi lantai marmer dan keuntungan melakukannya untuk interior rumah? Ketahui jawaban selengkapnya di artikel ini, yuk!

Apa Itu Kristalisasi Marmer?

Apa Itu Kristalisasi Marmer?
Foto: Cleaning Service

Kristalisasi marmer adalah suatu proses pemulihan dan perawatan permukaan marmer yang melibatkan penggunaan bahan-bahan kimia dan mesin khusus untuk mengembalikan kilau alami marmer. Serta memperkuat struktur marmer dari keausan dan kerusakan.

Khusus pada upaya kristalisasi lantai marmer, mesin poles akan meratakan permukaan marmer, menghilangkan goresan, dan noda yang mungkin telah terbentuk seiring waktu. Umumnya dengan tahapan penggosokan, pengampelasan, serta pengerasan lapisan kristal mikroskopis pada permukaan lantai.

Cara Kristalisasi Lantai Marmer

Berdasarkan definisi apa itu kristalisasi marmer, tahapan melakukannya memerlukan perhatian khusus dan kehati-hatian. Berikut adalah panduan tahapan demi tahapan cara melakukan kristalisasi lantai marmer yang harus Anda pahami dan praktikkan dengan benar:

1. Penempatan Tanda Peringatan

Sebelum memulai pekerjaan, penting untuk menempatkan warning sign atau tanda peringatan agar orang tahu dan berhati-hati dalam menghindari berjalan di area yang sedang dalam proses pengerjaan marmer.

2. Persiapan Alat dan Bahan

Setelah itu, siapkan alat-alat dan bahan-bahan untuk mengkristalisasi lantai marmer. Mulai dari bubuk marmer (marmer powder), air, mesin floor polisher, vacuum cleaner kering dan basah, pad beserta pad holder, lap, tapas, dan floor squeegee.

Baca Juga:  15 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari, Terbukti Manjur!

Apabila semua alat dan bahan sudah siap, buat bahan campuran obat pengkilap marmer dengan mencampurkan bubuk marmer dan air sesuai petunjuk komposisi penggunaan. Pastikan campuran teraduk secara merata.

3. Pengaplikasian Campuran ke Lantai Marmer

Tahapan kristalisasi marmer selanjutnya adalah membersihkan permukaan lantai dari debu atau kotoran menggunakan vacuum cleaner. Lanjutkan tahap pembersihan awal dengan mengepel lantai supaya semakin terjamin bersih.

Apabila sudah bersih, tuang campuran obat secara perlahan ke lantai marmer yang ingin terpoles. Pastikan penuangan campuran dilakukan sedikit demi sedikit dengan hati-hati sesuai dengan area yang akan dikerjakan. Tujuannya adalah agar hasil pemolesan bisa lebih rata dan rapi.

4. Pemakaian Mesin Poles dan Proses Pengkilapan

Setelah itu, gunakan mesin floor polisher dengan pad untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan marmer. Mulailah dari samping kiri ke kanan lantai dengan gerakan yang merata, pastikan tindihan yang baik antar area. Ulangi langkah ketiga dan keempat hingga mencapai tingkat mengkilap yang Anda inginkan.

5. Proses Pembersihan

Apabila Anda yakin bahwa lantai sudah mengkilap sesuai kebutuhan, bilas lantai menggunakan mesin floor polisher dengan pad dan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa bubuk marmer. Lakukan cara kristalisasi lantai marmer ini sampai permukaan lantai bersih dari semua residu.

6. Pengeringan Lantai

Lantai harus dikeringkan agar tidak licin. Gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan lantai dan menyerap air yang mungkin ada. Setelah proses pengeringan selesai, lantai marmer akan terlihat lebih mengkilap.

7. Langkah-langkah Penyelesaian

Sebagai tahap terakhir, pastikan tidak ada sisa bubuk marmer di lantai atau dinding. Jangan lupa gulung kembali semua kabel mesin yang digunakan dan kembalikan perabotan ke posisi semula setelah pengerjaan selesai. Bersihkan, keringkan, dan simpan semua mesin dan peralatan dengan aman.

Baca Juga:  Serupa Namun Tak Sama! Ketahuilah 8 Perbedaan Granit dan Marmer

Saran dari kami, lakukan proses ini setelah lantai marmer Anda telah melewati tahapan stripping untuk memastikan kebersihan total lantai. Lalu, untuk hasil yang optimal dan kilau marmer yang tetap terjaga, tahapan kristalisasi marmer ini sebaiknya Anda ulangi setiap 6 bulan sekali.

Bila perlu, lakukan pula dry-buffing setelah pengerjaan untuk memastikan hasil yang maksimal. Proses dry-buffing ini akan memastikan penyerapan optimal bahan kristalisasi marmer ke dalam pori-pori lantai marmer. Begitu selesai, lantai marmer akan memancarkan kilau yang memukau.

Manfaat Melakukan Kristalisasi Lantai Marmer

Manfaat Melakukan Kristalisasi Lantai Marmer
Foto: HES Indonesia

Marmer bukan hanya tentang keindahan visualnya, ada banyak manfaat marmer yang lebih mendalam yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari apa itu kristalisasi marmer untuk interior lantai:

1. Kilau Alam yang Memukau

Dengan melakukan setiap tahapan cara kristalisasi lantai marmer, Anda bisa menghilangkan goresan atau noda membandel pada permukaan lantai dan menghidupkan kembali kilau alami batu marmer. Sehingga, Anda berkesempatan menciptakan atmosfer mewah dan memukau di dalam ruangan.

Efek ini memberikan kesan estetika yang mengagumkan, menciptakan ruang yang tampak lebih berkelas dan indah. Apa itu kristalisasi marmer tidak hanya sekadar memperindah, tetapi juga menciptakan pengalaman visual yang mempesona, menghadirkan keanggunan, dan keindahan alami pada setiap sudut ruangan.

2. Daya Tahan yang Meningkat

Proses ini tak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga meningkatkan kekuatan struktural marmer dalam jangka panjang. Bahan kristalisasi yang menyerap ke dalam pori-pori lantai marmer akan memperkuat daya tahan marmer terhadap keausan, goresan, dan kerusakan yang biasa terjadi sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, lantai yang telah menjalani proses kristalisasi akan tetap mempertahankan estetika dan kualitasnya. Serta membuatnya menjadi pilihan yang lebih tahan lama dan menghemat biaya pemeliharaan.

3. Perawatan yang Mudah

Lantai marmer yang telah melalui tahapan kristalisasi marmer akan jadi jauh lebih mudah dirawat di masa depan. Dengan lapisan permukaan yang lebih halus dan tahan terhadap noda, membersihkan lantai marmer menjadi tugas yang lebih mudah dan lebih cepat.

Baca Juga:  10+ Rekomendasi Merk Closet Duduk Terbaik dan Terjangkau

Permukaan yang mengkilap dapat mencegah kotoran dan noda menempel dengan mudah, memungkinkan Anda membersihkannya dengan efisien, bahkan hanya dengan mengepelnya. Hasilnya adalah lantai marmer yang tetap bersih, berkilau, dan menawan dengan perawatan yang seminimal mungkin.

Jual Marmer Onyx
Dapatkan marmer onyx berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Siap Mencoba Kristalisasi Marmer?

Pada intinya, kristalisasi marmer menjadi solusi terbaik untuk memulihkan keindahan lantai marmer yang mulai tampak kusam. Dengan memberikan kilau baru pada lantai marmer, Anda tidak hanya meningkatkan nilai estetika ruangan tetapi juga memperpanjang umur lantai tersebut.

Apakah Anda memiliki lantai marmer yang tampak kusam dan memerlukan penyegaran? Jika Anda tertarik untuk mencoba proses di atas, maka pertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional kristalisasi marmer terbaik seperti UKUR.

Tim ahli yang anda temukan di UKUR telah berpengalaman dalam melakukan cara mengkilapkan marmer yang kusam. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kembali kilau alami lantai marmer dan mempercantik ruangan Anda dengan biaya terjangkau.

Jika Anda baru saja memutuskan untuk memperindah rumah atau ruangan Anda dengan lantai marmer yang elegan, maka belilah lantai marmer dari website commerce UKUR. Anda bisa menemukan beragam pilihan warna, tekstur, dan pola lantai marmer yang sesuai dengan gaya interior rumah Anda.

Selain lantai, Anda juga menemukan dan membeli banyak jenis bahan bangunan dan kebutuhan interior rumah. Baik itu kebutuhan dinding dan plafon, pintu dan jendela, sanitary, furniture, hingga peralatan elektronik. Tentu saja semua alat dan bahan pembangunan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau!