4 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari, Rapi dan Anti Kusut!

cara menyimpan jilbab di lemari

Jilbab adalah salah satu bagian penting dari wanita perempuan, khususnya wanita Muslim. Pastinya banyak dari mereka yang memiliki koleksi jilbab berbagai warna dan model. Namun, sayangnya tidak semua wanita Muslim tahu bagaimana cara menyimpan jilbab di lemari yang benar.

Jika Anda pernah atau mungkin sedang mengalami masalah tersebut, maka tenang saja. Artikel ini akan beri tips cara menata dan menyimpan jilbab di lemari agar tetap rapi dan tidak kusut. Simak di sini!

Contoh Lemari Khusus Jilbab

Menyimpan jilbab perlu perhatian khusus di mana seharusnya Anda menempatkannya di ruang tersendiri, sehingga tetap rapi dan bisa Anda cari dengan mudah. Saat ini, ada berbagai macam lemari khusus jilbab dengan desain tertentu sesuai kebutuhan, yaitu:

1. Lemari Jilbab Gantung

Lemari Jilbab Gantung
Foto: Lazada

Seperti namanya, lemari jilbab gantung merupakan lemari seperti selayaknya desain lemari pakaian minimalis modern namun di dalamnya terdapat gantungan khusus untuk menggantung jilbab-jilbab. Gantungan dapat menempel di bagian dinding lemari, pintu lemari, atau ada di antara dinding lemari tersebut.

Lemari jilbab gantung memberikan kemudahan dalam menyusun jilbab dan membuatnya mudah diakses saat Anda membutuhkannya. Dengan demikian, Anda dapat menjaga jilbab-jilbab Anda tetap rapi dan terorganisir dengan baik dalam satu tempat.

2. Lemari Khusus Jilbab Sekat

Lemari Khusus Jilbab Sekat
Foto: Tokopedia

Lalu, ada lemari jilbab sekat yang mana merupakan lemari yang memiliki sekat-sekat kecil untuk space penyimpanan jilbab. Khusus desain lemari sekat, Anda dapat memanfaatkan sekat di dalamnya untuk mengklasifikasikan jenis hijab yang Anda miliki dengan beberapa cara menata jilbab di lemari secara khusus.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Semen yang Benar untuk Bangun Rumah

Mulai dari warna, model, jenis bahan hingga frekuensi penggunaannya. Semakin sering suatu jilbab Anda pakai, maka biasanya jilbab mungkin akan Anda letakkan di tempat yang jangkauannya paling mudah dan cepat.

Cara Menyimpan Jilbab Segi Empat di Lemari

Cara Menyimpan Jilbab Segi Empat di Lemari
Foto: Blibli.com

Setiap wanita pastinya ingin bisa menata jilbab segi empat maupun pashmina di dalam lemari serapi mungkin. Selain memudahkan dalam mencari jilbab, tata letak yang baik juga membantu menjaga agar jilbab selalu dalam keadaan rapi ketika Anda pakai. Berikut ini beberapa cara menyimpan jilbab di lemari yang benar:

1. Cara Menyimpan Jilbab Segi Empat di Lemari

Cara Menyimpan Jilbab Segi Empat di Lemari
Foto: Pinhome

Untuk menyimpan jilbab segi empat di dalam lemari, Anda perlu trik khusus agar jilbab tidak menjadi kusut. Cara menyimpan jilbab segi empat di lemari adalah dengan menyetrika hijab dan menunggu hingga dingin sebelum dilipat.

Kemudian, lipat jilbab dengan membiarkan bagian tengah jilbab tidak terlipat. Caranya dengan membuat lipatan ke arah dalam atau tengah di mana bagian ujung kanan dan kiri hijab Anda bawa atau tarik ke tengah sehingga terbentuk dua lipatan.

Ulangi langkah tersebut untuk memastikan bahwa bagian tengah jilbab tidak muncul lipatan. Namun, sebisa mungkin hindari jumlah lipatan yang terlalu banyak karena tumpukan lipatan saat penyimpanan dapat memberikan kesan kusut pada jilbab.

2. Cara Menata Jilbab di Lemari dengan Digulung

Cara Menata Jilbab di Lemari dengan Digulung
Foto: BukaReview

Sejumlah jenis jilbab atau bahan tertentu mungkin cenderung berkerut dengan mudah jika tersimpan dalam keadaan terlipat. Nah, menyimpan jilbab dengan cara digulung adalah salah satu tips untuk menghindari adanya bekas lipatan pada jilbab. Caranya adalah lipat jilbab yang sudah Anda setrika menjadi tiga bagian.

Lalu, gulung jilbab menjadi kecil dengan meletakkan karton maupun kardus yang sudah Anda bentuk seperti tabung di bagian tengah. Selain membuat lemari Anda tampak terlihat rapi, Anda juga dapat mencari jilbab yang sedang Anda butuhkan dengan mudah agar sesuai dengan baju Anda.

3. Cara Menyimpan Jilbab Segi Empat di Lemari dengan Digantung

Cara Menyimpan Jilbab Segi Empat di Lemari dengan Digantung
Foto: Berita 99.co

Selain digulung, meletakkan jilbab di lemari jilbab gantung juga bisa menjadi solusi untuk menghindari adanya bekas lipatan pada jilbab atau harus kerja dua kali karena harus menyetrika jilbab sebelum Anda pakai. Semakin lama durasi penyimpanan tentu akan membuat jilbab-jilbab Anda tampak lebih kusut karena bekas lipatan.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC yang Mudah dan Tepat

Tips ini dapat Anda lakukan menggunakan gantungan baju. Anda cukup lipat jilbab menjadi dua bagian, kemudian gantung jilbab dengan hanger dan simpan di lemari khusus jilbab atau di lemari pakaian biasa.

Selain menggunakan hanger pakaian biasa, Anda juga dapat menggunakan hanger jilbab yang dirancang khusus dengan banyak lubang. Model hanger ini memungkinkan Anda untuk menggantung beberapa jilbab pada satu gantungan, sehingga Anda bisa menghemat ruang di dalam lemari.

Cara menyimpan jilbab segi empat di lemari akan lebih baik apabila Anda memberi sedikit ruang antara jilbab satu dengan yang lain, sehingga Anda tetap bisa melihat koleksi jilbab dengan mudah. Dalam satu gantungan Anda dapat memanfaatkannya untuk menggantung beberapa hijab agar lebih hemat tempat.

4. Cara Menata Jilbab di Lemari Bersekat

Cara Menata Jilbab di Lemari Bersekat
Foto: beautynesia.id

Cara ini bisa Anda lakukan apabila Anda suka mengklasifikasikan koleksi jilbab agar memudahkan Anda saat akan menggunakan kembali jenis hijab tersebut. Klasifikasi hijab dapat Anda lakukan berdasarkan:

  • Frekuensi penggunaan: Tujuannya adalah untuk memudahkan saat pengambilan jilbab-jilbab andalan dan tidak khawatir merusak tatanan jilbab lainnya.
  • Jenis bahan dan model: Penyimpanan jilbab berdasarkan jenis bahan mempengaruhi output dari jilbab yang Anda simpan. Mengingat karakter dari bahan yang beragam, ada yang mudah kusut dan ada yang aman-aman saja meski Anda simpan bertumpuk dalam jangka waktu lama.
  • Warna dan motif: Cara menyimpan jilbab di lemari ini mengharuskan Anda untuk mengelompokkan jenis jilbab dengan warna yang senada. Misalnya dari warna rose, dusty pink, hingga baby pink. Begitu seterusnya untuk warna-warna yang lain.

Pastikan Anda memiliki lemari bersekat yang memadai untuk menampung semua koleksi jilbab Anda. Lemari bersekat memiliki sekat-sekat vertikal atau horizontal yang memungkinkan Anda untuk memisahkan jilbab dengan baik.

Baca Juga:  5 Cara Pasang Karpet Lantai agar Tidak Menggelembung

Anda dapat memilih lemari dengan rak terbuka atau dengan pintu, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Selain itu, untuk memudahkan pencarian, Anda dapat menambahkan label atau penanda pada setiap sekat, misalnya, dengan menggunakan stiker berwarna atau kertas dengan tulisan kategori jilbab.

Sudah Tahu Cara Menyimpan Jilbab di Lemari dengan Rapi?

Bagaimana, cara menyimpan jilbab di lemari agar tetap rapi itu mudah, bukan? Pada intinya, menyimpan jilbab dapat Anda lakukan pada jenis lemari apa pun mulai dari yang berbahan plastik maupun kayu. Cukup dengan menyetrika jilbab dan mengatur lipatan jilbab agar tidak bertumpuk, Anda bisa selalu menjaga jilbab kesayangan tetap rapi dan tidak kusut.

Selain itu, dengan mengenali karakteristik jilbab, Anda jadi lebih paham mana jenis koleksi jilbab yang sebaiknya Anda simpan menggunakan cara menata jilbab di lemari dengan konsep terlipat atau tergantung. Anda tidak perlu lagi repot untuk menyetrikanya dan jilbab akan selalu ready saat akan Anda gunakan. Perlu diingat juga perawatan terhadap lemari juga wajib anda perhatikan. Misalnya anda perlu mencegah rayap di lemari, membersihakan debu, dan lain sebagainya.

jual lemari minimalis
Beli lemari minimalis berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Beli Lemari Khusus Jilbab Anda di Ukur

Jika Anda berencana untuk membeli atau mengganti lemari jilbab lama Anda, maka pertimbangkan untuk membelinya secara online di UKUR. Sebagai marketplace material konstruksi hingga furniture terbaik di Indonesia, UKUR memiliki banyak pilihan jenis lemari khusus untuk menyimpan jilbab Anda. Baik itu lemari jilbab gantung maupun rak. Berbagai pilihan ukuran dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan kalau anda berencana meletakan lemari di bawah tangga, pilihan yang cocok juga ada loh.

Bukan hanya menawarkan harga termurah, UKUR juga menjual barang dengan material terbaik sehingga sudah pasti terjamin kualitasnya. Sudah banyak pelanggan yang percaya dengan UKUR hingga sering melakukan repeat order.