10 Cara Membuat Rak dari Besi Hollow Sendiri untuk Rak Jualan

10 Cara Membuat Rak dari Besi Hollow Sendiri untuk Rak Jualan

Lemari pakaian adalah salah satu elemen penting dalam sebuah rumah yang bisa digunakan untuk menyimpan dan mengorganisasi pakaian atau barang-barang pribadi lainnya. Tapi, daripada membuang budget untuk membeli rak, akan lebih seru dan berkesan jika Anda mempelajari cara membuat rak dari besi hollow sendiri.

Selain desain lebih fleksibel, Anda juga bisa menghemat budget dengan membangun sendiri daripada membeli produk yang sudah jadi. Jadi, dari mana sebaiknya memulai? Mari kita pelajari 10 langkah pembuatannya yang tercantum dalam artikel ini!

10 Cara Membuat Rak dari Besi Hollow

Rak dari Besi Hollow
Foto : kobaran.com

Membuat rak sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan, selain memuaskan hasrat pribadi, barang DIY ini bisa jadi ladang rezeki Anda. Tidak percaya? Yuk, coba buat karya Anda dengan 10 cara membuat rak dari besi hollow sendiri ini:

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat rak adalah menyiapkan seluruh peralatan yang Anda butuhkan. Terutama alat untuk pengukuran, pemotongan, dan juga pengelasan. Setidaknya ada beberapa peralatan utama dan pendukung yang harus Anda siapkan, mulai dari:

  • Spidol atau alat tulis penanda lainnya.
  • Meteran dan penggaris siku.
  • Mesin las dan bijih las.
  • Bor listrik dan mata bor (ukuran bisa Anda sesuaikan dengan sekrup).
  • Waterpass.
  • Gerinda atau mesin potong (pilihan yang lebih tepat sesuai dengan peralatan Anda, sehingga akan menghasilkan pemotongan yang lebih presisi).
  • Amplas (bisa pakai mata gerinda khusus pengamplasan).
  • Kuas atau mesin kompresor dan set spray (untuk pengecatan).
  • Cat finishing (biasanya menggunakan cat anti bocor untuk menghindari karat).
  • Kertas atau laptop (untuk perhitungan cara buat rak dari besi hollow yang lebih presisi, baik secara manual maupun digital).
Baca Juga:  Begini Cara Pasang Marmer Lantai yang Benar dan Tipsnya

Peralatan-peralatan tersebut tak harus Anda beli, misalnya Anda bisa pinjam milik tetangga atau saudara, atau bahkan Anda bisa menyewa. Jika Anda punya dana, maka lebih baik Anda bisa menyewa atau meminjam workshop yang memiliki peralatan lebih lengkap dan proper. Sesuaikan saja dengan kemampuan, ya.

2. Siapkan Bahan Material Pembuatan Rak

Setelah peralatan sudah Anda siapkan, tahapan cara membuat rak dari besi hollow sendiri berikutnya adalah menyiapkan dan menentukan bahan yang akan Anda gunakan. Setidaknya Anda punya daftar material yang Anda butuhkan terlebih dahulu sebelum membuat desain dan memprediksi kebutuhan. Misalnya seperti:

  • Besi hollow yang mana ukuran besi hollow bisa disesuaikan dengan perkiraan kebutuhan desain, lebihkan 1 atau 2 meter untuk serep.
  • Alas rak (bisa menggunakan berbagai material mulai dari multiplex, triplex, lembar kayu, papan, kaca, atau jenis material lainnya).
  • Besi siku beserta sekrup atau baut (bebas ingin pakai ring atau tidak, sesuaikan dengan kebutuhan).
  • Atribut pendukung lainnya seperti roda sliding, roda rak, pegangan, dan atribut pendukung lainnya.

3. Buat Desain Rak Sesuai Keinginan

Desain Rak
Foto : Pinterest

Mulailah cara buat rak dari besi hollow dengan menggambar desain atau sketsa rak yang Anda inginkan. Rancang dan tentukan bentuk dengan kondisi dan konsep ruang, serta lokasi yang Anda pilih. Desain dan ukuran bisa Anda sesuaikan kebutuhan, karena Anda buat sendiri jadi fleksibilitas kreasi sesuai imajinasi Anda.

Setelah desain kasar terwujud, bagi Anda yang punya basis IT dan desain grafis yang baik bisa mengkonversi gambar desain dalam bentuk digital menjadi 3D. Banyak AI tools yang bisa membantu membuat desain 3D sesuai imajinasi Anda, sehingga akan melengkapi cara membuat rak dari besi hollow yang Anda lakukan.

4. Mengukur dan Memotong Besi Hollow

Gambaran desain beserta ukurannya sudah beres, kini saatnya Anda beralih ke proses pengukuran dan pemotongan besi. Dalam tahapan cara membuat rak dari besi hollow sendiri ini, penggunaan meteran, penggaris siku, spidol, harus bermain aktif untuk mengukur rangka besi yang tepat.

Sehingga, nantinya rak bisa berdiri kokoh sempurna melalui pemotongan yang tepat dan lurus. Potong satu per satu menggunakan mesin potong, agar tidak tertukar beri tanda dengan spidol. Potong sesuai alur garis yang sudah Anda buat, dan usahakan presisi.

Baca Juga:  Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek Sederhana

5. Selesaikan Rangka Utama Terlebih Dahulu

Pisahkan bagian-bagian yang telah terpotong sesuai dengan bagian masing-masing. Prioritaskan pekerjaan pada bagian rangka utama terlebih dahulu, seperti mengawali dari bagian terbesar atau rangka penopang, kemudian lanjutkan ke bagian-bagian rangka yang lebih kecil.

6. Mulai Tahapan Pengelasan

Setelah bagian-bagian sudah dikelompokkan, langkah selanjutnya adalah memulai tahapan pengelasan yang mana merupakan tahap paling krusial dalam cara buat rak dari besi hollow. Pastikan pengelasan sesuai urutan prioritas, serta tiap sisi harus memiliki sudut yang presisi sesuai arahan desain yang Anda buat.

Lakukan pengelasan dengan rapi dan hati-hati, serta posisikan tiap sambungan dengan tepat sasaran. Setelah pengelasan selesai, jangan lupa amplas bagian benjolan sisa las atau bagian yang runcing. Pastikan untuk melakukan pengelasan pada dudukan besi siku agar bisa lebih paten saat Anda satukan.

7. Aplikasikan Cat Anti Bocor

Sebelum membuat bagian alas rak atau atribut tambahan lainnya, Anda bisa melapisi rangka dengan cat anti bocor. Lapisan cat ini akan memberikan perlindungan ekstra pada besi hollow, agar memiliki umur yang lebih panjang dan terhindar dari karat.

Walaupun pada dasarnya jenis besi hollow memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap karat, namun pemberian cat juga akan memperkuat dan memperindah rak yang Anda buat. Anda bisa sesuaikan warna dengan konsep ruang dan desain yang Anda buat.

8. Siapkan Material Pendukung

Material
Foto : alu.com

Langkah selanjutnya dalam cara membuat rak dari besi hollow adalah menyiapkan material pendukung. Tentunya material ini berhubungan dengan alas rak dan atribut tambahan sesuai dengan desain yang Anda buat sebelumnya.

9. Ukur dan Potong Sesuai Ukuran Rangka

Setelah material pendukung (bagian alas) siap, mulailah tahapan pengukuran dan pemotongan sesuai dudukan rak yang Anda buat. Pastikan Anda menyisakan sedikit ruang untuk mengantisipasi pemuaian material terhadap suhu. Pastikan juga memberikan lubang sesuai dudukan siku yang Anda siapkan.

10. Finishing dengan Penyekrupan

Jika sudah terpotong, maka Anda tinggal rakit rak dan sesuaikan dengan desain. Anda juga bisa menambahkan lapisan plitur, cat, atau kertasive untuk memperindah alas atau atribut lainnya. Proses ini sebenarnya mirip dengan cara membuat lemari pakaian dari besi hollow.

Baca Juga:  Tips Menemukan Kombinasi Cat Rumah Warna Cream dan Orange

Kelebihan Rak dari Besi Hollow

Sebenarnya alasan utama menggunakan rak dari material ini cukup sederhana, tentunya adalah karena banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Material lebih awet, tahan lama, dan tentunya anti rayap.
  • Besi hollow juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.
  • Material lebih fleksibel dan mudah Anda bentuk, serta tersedia dan cukup mudah Anda temukan.
  • Proses pengelasan membuat sambungan besi lebih kokoh dan tahan lama.
  • Perawatannya termasuk lebih sederhana daripada jenis besi lainnya.
  • Proses pembuatan termasuk cukup singkat.

Kekurangan Rak dari Besi Hollow

Walaupun besi hollow punya daya tahan yang cukup tinggi, namun daya tahan terhadap beban cukup terbatas. Beban terlalu berat mudah membuatnya meleyot atau berubah bentuk.

Ukurannya juga tidak terlalu panjang, umumnya panjang per lembar sekitar 6 meter. Sehingga lebih cocok untuk pembuatan skala atau ukuran rak kecil, sedangkan rak besar harus Anda siasati dengan teknik penyambungan yang baik.

belanja besi hollow galvanis
Temukan besi hollow galvanis terlengkap di Ukur, Harga Termurah & Bisa cicil 0%!

Siap Mencoba Cara Membuat Rak dari Besi Hollow Sendiri?

Dari penjelasan tersebut, ternyata cara membuat rak dari besi hollow sendiri itu tidak terlalu sulit, asalkan ada peralatan yang memadai serta memiliki kemauan dan tekad yang besar. Anda hanya perlu membuat desain dan mengukur, memotong sesuai arahan desain, lalu merakit dan menyambungkannya dengan pengelasan.

Nah, untuk mendukung pembuatan rak sendiri di rumah, ada baiknya Anda membeli peralatan dan material yang berkualitas. Pastikan memilih platform dan supplier terbaik seperti UKUR. Karena berbagai kebutuhan peralatan elektronik, kelistrikan atau MEP, dan material konstruksi lengkap ada di satu tempat!

Anda juga tidak perlu khawatir dengan harga barang yang terjual di sana, karena semuanya punya harga terjangkau di kelasnya. UKUR menyediakan banyak pilihan pembayaran dari bank terpercaya di Indonesia secara debit maupun dengan cicilan 0%. Sehingga, transaksi akan lebih aman, cepat, dan praktis!