Mengenal Jenis Batu Marmer yang Biasa Digunakan untuk Lantai

Jenis Batu Marmer yang Biasa Digunakan untuk Lantai

Ada berapa jenis batu marmer yang sering digunakan sebagai material lantai? Batuan marmer memang kerap digunakan sebagai lantai rumah karena daya tahannya yang kokoh, tidak gampang tergores, dan coraknya estetik. Walaupun harganya cukup mahal, tetapi minat orang tidak turun untuk membeli dan menggunakannya.

Nah, kalau Anda ingin mengenal seluk-beluk marmer dan jenis-jenisnya, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Apa Saja Jenis Batu Marmer untuk Lantai?

Bingung mencari lantai marmer terbaik? Coba deh Anda kenali jenis-jenis marmer yang untuk interior rumah dalam penjelasan di bawah ini supaya ketemu jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Marmer Onyx

Marmer Onyx
Foto : freepik

Rekomendasi jenis batuan marmer yang bagus untuk lantai rumah adalah marmer motif Onyx. Jenis marmer ini opsi favorit bagi para pengrajin karena karakteristik batuannya yang lunak dan gampang diukir.

Marmer Onyx memiliki motif batuan yang estetik, serta didominasi oleh warna cream, sehingga motifnya menyerupai batu Onyx. Tidak cuma itu saja yang membuat marmer ini makin unik tetapi jenis Onys terbuat dari campuran mineral silika, moganite, cryptocrystalline, dan chalcedony, yang membuat lapisannya terlihat transparan.

Menariknya, lantai dari marmer Onyx bisa tembus cahaya saat tersorot oleh lampu atau sinar matahari. Wajar sajalah kalau marmer ini merupakan piliha populer di kalangan arsitek untuk memberi sentuhan mewah lewat tampilan lantai rumah.

2. Ocean Grey

Ocean Grey
Foto : globalstonecenter

Mengapa jenis marmer ini dinamai sebagai Ocean Grey? Ternyata, motif gelombang abu-abu yang tampak pada permukaan marmer berwarna putih telah menginspirasi pemberian nama pada jenis batuan marmer yang satu ini.

Baca Juga:  Floor Hardener: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kelebihannya

Motif marmer Ocean Grey sebenarnya cukup simpel, tapi bisa memancarkan kesan elegan. Mungkin karena alasan itu, marmer Ocean Grey cocok unutk berbagai konsep dan dekorasi rumah.

Umumnya, harga marmer jenis ini adalah Rp500.000,00 per slab sehingga Anda perlu membayar harga marmer per meter yang tidak murah jika ingin memakai jenis Ocean Grey.

3. Marmer Star White

Marmer Star White
Foto : pinterest

Seperti namanya, marmer star white cenderung didominasi oleh warna putih dan sedikit corak abu-abu. Belakangan, marmer Star White memang cukup populer dan makin banyak peminatnya.

Material ini memiliki karakteristik yang kuat dan tidak gampang retak, sehingga sering digunakan juga untuk melapisi meja dapur. Warnanya yang putih juga bisa menambah kesan bersih dan fresh untuk interior dapur.

Selain sebagai pelapis meja, marmer Star White juga bisa berfungsi sebagai material lantai rumah, khususnya yang bergaya industrial.

4. Marmer Cipolin

Marmer Cipolin
Foto : shopee

Nah, kalau Anda termasuk salah satu orang yang suka dengan desain interior yang tidak ribet dan sederhana, atau berkonsep minimalis, maka marmer Cipolin wajib masuk daftar material yang harus Anda beli.

Ciri khas paling menonjol dari marmer Cipolin ini adalah warnanya yang gelap. Lalu, permukaan materialnya juga tampak berlapis-lapis seperti lapisan kue, sehingga menimbulkan motif yang abstrak, sekaligus estetik.

Tidak jarang para arsitek memakai batuan marmer ini sebagai countertop dapur atau alas meja dapur. Tetapi, Anda tetap bisa menggunakan marmer Cipolin untuk lantai rumah kok.

5. Marmer Breccia

Marmer Breccia
Foto : kaunited

Kalau Anda bandingan jenis-jenis batu marmer sebelumnya, Marmer Breccia yang satu ini cenderung lebih menunjukkan kesan cerah, fresh, dan ceria saat Anda gunakan sebagai material lantai rumah. Kok bisa? Salah satu alasannya adalah karena warna dan motifnya dominan warna oranye.

Baca Juga:  12 Jenis Engsel Pintu Terbaik dan Cara Memasangnya

Marmer Breccia memiliki karakteristik permukaan yang cenderung kasar. Tekstur ini juga yang menonjolkan perbedaan marmer Breccia dengan jenis marmer lainnya, bahkan menjadi salah satu ciri khasnya yang paling melekat.

Karakteristik Breccia ini yang juga bisa menambah kecantikan rumah Anda.

6. Marmer Ornamental

Marmer Ornamental
Foto : pinterest

 

Ternyata, pemakaian marmer Ornamental sebagai elemen dan material bangunan sudah berlangsung sejak era peradaban Yunani Kuno, lo. Tapi, tidak ada salahnya Anda aplikasikan marmer ini untuk rumah bergaya klasik dan Victorian.

Karakteristik marmer Ornamental yang agak kasar, berwarna cerah, dan memiliki corak berbentuk simetris bisa menambah kesan elegan dan mewah pada rumah Anda.

Selain berfungsi sebagai material lantai ruang tamu, marmer Ornamental juga bisa berfungsi sebagai bahan ukiran patung. Maka, Anda bisa memanfaatkan batuan marmer ini sebagai elemen dekorasi rumah Anda.

7. Marmer Shell

Marmer Shell
Foto : pinterest

Di antara semua jenis batu marmer untuk material bangunan, marmer Shell memiliki patokan harga yang paling mahal. Eh, jangan protes dulu! Kalau Anda cek coraknya yang langka dan unik, wajar saja produsen dan penjual membanderol marmer ini dengan harga yang sangat tinggi.

Anda bisa melihat fosil-fosil kerang dan makhluk laut lainnya di lapisan batuan marmer Shell tersebut sehingga menambah nilai jualnya.

Bukan hanya unggul dari segi motif dan warna, tetapi marmer Shell juga mampu menahan daya berat marmer hingga tujuh kali lipat bobotnya. Tidak heran kalau marmer ini terbilang sangat awet dan anti retak.

8. Marmer Limestone

Marmer Limestone
Foto : pinterest

Tidak kalah populer dari jenis marmer lainnya, marmer Limestone juga memiliki banyak peminat, karena coraknya yang menarik. Di samping itu, marmer ini sangat gampang dibersihkan dan anti lumut.

Baca Juga:  Wood Filler: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat untuk Finishing Kayu

Mayoritas orang sering menggunakan Limestone untuk melapisi lantai kolam renang atau kolam ikan. Walaupun Anda jarang menguras kolam renang, tetapi marmer ini tidak akan memicu pertumbuhan jamur atau lumut.

9. Marmer Volakas

Marmer Volakas
Foto : pinterest

Rekomendasi jenis marmer untuk lantai yang terakhir adalah marmer Volakas. Batuan marmer ini merupakan hasil galian material dari Yunani yang diimpor ke Indonesia, sehingga harga jualnya cukup mahal.

Marmer ini memancarkan pesona elegan dan anggun, karena dominan warna putih dengan sedikit motif goresan abu-abu. Pantulan cahaya akan membuat lantai marmer Volakas terlihat kian estetik, sehingga akan mempercantik tampilan interior di rumah Anda.

Karakteristik dan corak marmer ini cenderung cocok dipakai untuk material lantai, countertop dapur, tangga, alas meja, dan penutup dinding. Bahkan, marmer Volakas juga bisa berfungsi sebagai insulasi suara karena sifatnya yang kedap suara.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Sudah Tahu Jenis Batu Marmer untuk Lantai?

Perhatikan material marmer yang mau Anda beli guna mencegah resiko salah memilih corak, warna, atau karakteristik marmer untuk interior rumah Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali jenis-jenis batuan marmer yang lazim untuk lantai rumah.

Umumnya, jenis batu marmer untuk lantai harus kokoh, anti retak, dan memiliki motif menarik. Kemudian, pilihlah marmer yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Temukan berbagai jenis marmer untuk kebutuhan lantai rumah, lengkap dengan harganya melalui situs web Ukur! Anda juga bisa memilih kebutuhan plafon, kusen pintu dan jendela, perkakas, furniture, dan elektronik untuk kebutuhan pembangunan rumah atau renovasi sekaligus! Dapatkan potongan harga dan voucher menarik setiap kali pembelian yang Anda lakukan . Yuk, nikmati kemudahan belanja kebutuhan bangunan di Ukur. com!