Cara Mengatasi Pencurian: Memahami, Strategi, dan Peran CCTV

Cara Mengatasi Pencurian: Memahami, Strategi, dan Peran CCTV

CCTV tidak cuma memungkinkan pemantauan secara visual saja, melainkan juga menjadi salah satu cara mengatasi pencurian. Ketika potensi pelaku dalam melakukan aksi kejahatan terekam CCTV, maka aksi pencurian pun akan menurun secara signifikan.

Memahami Pencurian: CCTV Sebagai Mata-Mata Utama

CCTV merupakan singkatan dari “Closed-Circuit Television”. Istilah ini mengacu pada sistem pengawasan secara visual menggunakan kamera yang terhubung dengan monitor untuk mengawasi daerah tertentu. CCTV adalah teknologi yang beroperasi dalam jaringan tertutup.

Anda harus tahu kalau teknologi ini awalnya bertujuan untuk keamanan dan pengawasan industri saja. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaan CCTV pun meluas ke berbagai bidang. Termasuk bidang keamanan publik, transportasi, bisnis, hingga rumah tangga.

Lantas, gimana sih cara mengatasi pencurian dengan CCTV? CCTV terdiri dari beberapa komponen utama. Mulai dari kamera, kabel, monitor, serta perangkat perekam.

Kamera CCTV biasanya dipasang pada lokasi yang ingin dipantau secara strategis. Gambar yang direkam oleh kamera akan dikirimkan melalui jaringan nirkabel ke monitor. Jadi, Anda pun bisa memantau gambar secara real-time atau langsung pada monitor.

Dalam beberapa sistem, teknologi pengenalan wajah dan deteksi gerakan bisa Anda gunakan. Tujuannya adalah untuk memberikan fitur keamanan tambahan sebagai solusi pencurian. Intinya, CCTV memiliki peranan sangat signifikan dalam meningkatkan keamanan dan pengawasan.

CCTV dan Pencurian: Mencegah dan Merekam

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa, CCTV banyak orang pakai sebagai salah satu cara mengatasi pencurian. Keberadaan CCTV bisa mencegah potensi pelaku kejahatan dalam melakukan tindakan kriminal. Sebab, pelaku kejahatan menyadari bahwa mereka bisa terdeteksi dan teridentifikasi dengan mudah.

Baca Juga:  Apa Itu Plywood? Fungsi, Jenis, dan Keunggulannya

Selain itu, CCTV juga menyediakan bukti visual yang kuat dalam hal penyelidikan kriminal. Rekaman dari kamera CCTV bisa menjadi bukti dalam mengidentifikasi pelaku, kronologi kejadian, hingga fakta penting lainnya untuk kepentingan pihak penegak hukum.

Kesimpulannya, salah satu cara mencegah pencurian yang paling efektif pada zaman modern seperti saat ini adalah dengan menggunakan CCTV.

Strategi Mencegah Pencurian dengan CCTV

Kamera CCTV jadi cara ampuh untuk membuat Anda merasa nyaman dan aman. Tapi, karena lokasi pemasangan CCTV ini di outdoor, Anda butuh menentukan lokasi pemasangan yang tepat. Nah, berikut ini adalah strategi yang bisa Anda lakukan pada CCTV sebagai cara mengatasi pencurian yang tepat:

1. Pasang CCTV pada Ketinggian yang Tepat

Pasang CCTV pada Ketinggian yang Tepat
Foto: komputer.dk

CCTV outdoor harus dipasang di ketinggian tertentu. Hal tersebut bertujuan agar CCTV tak mudah diraih orang. Tingginya pemasangan CCTV yang paling baik adalah sekitar 2 sampai 3 meter dari objek pengawasannya.

Kamera yang terlalu rendah memang mudah orang rusak. Sementara peletakan kamera yang terlalu tinggi juga nggak akan bagus. Sebab, ini akan menurunkan kualitas pandangan dan sensitivitas dari motion detection.

2. Rutin Periksa Notifikasi

Perangkat CCTV yang terhubung dengan ponsel tentu bakal sering dapat notifikasi soal apa yang sedang terjadi. Karena itu, Anda harus rutin buat mengecek setiap notifikasi yang masuk.

Sebab, CCTV punya fitur motion detection serta motion tracking. Jadi, kalau ada gerakan yang mencurigakan, CCTV akan secara real-time memberikan notifikasi ke ponsel Anda.

3. Pilih CCTV dengan Desain Anti-Theft

Buat Anda yang mau beli CCTV sebagai cara mengatasi pencurian. Sangat disarankan untuk pilih jenis CCTV yang pemasangannya pakai sekrup. Selain itu, pilih CCTV dengan desain anti-theft atau anti pencurian.

Baca Juga:  10 Perekat Hebel Terbaik yang Bagus untuk Konstruksi Lebih Kuat

Sebenarnya, kebanyakan kamera nirkabel sudah punya alarm internal. Jadi, akan bunyi otomatis kalau ada orang yang melepasnya.

4. Gunakan CCTV Nirkabel

Gunakan CCTV Nirkabel
Foto : Pinterest

Salah satu cara mencegah pencurian adalah dengan menggunakan CCTV nirkabel. CCTV yang sudah wireless sangat cocok buat pemakaian outdoor. Selain mudah dipasang, CCTV ini juga mudah disembunyikan. Jadi, orang yang mau berbuat jahat pun tak akan bisa mematikan CCTV karena nggak pakai kabel.

5. Gunakan Penyimpanan Cloud

Ada dua pilihan jenis penyimpanan dalam CCTV, yakni penyimpanan dengan menggunakan memori lokal dan Cloud. Penyimpanan lokal artinya hasil rekaman akan tersimpan di kartu SD atau harddisk. Tapi, Anda harus tahu kalau kartu SD serta CCTV bisa dicuri untuk menghilangkan bukti rekaman.

Sementara penyimpanan Cloud, persentase kemungkinan buat hilang lebih kecil. Sebab, rekaman video dari CCTV bakal langsung terunggah secara online. Jadi, seluruh rekaman akan tersimpan secara rapi tanpa tertimpa dengan file yang baru. Anda pun bisa mencoba cara melihat rekaman CCTV dengan lebih mudah.

Menjaga Harta Benda Anda: Peran CCTV dalam Mencegah Pencurian

CCTV nggak cuma memungkinkan Anda memantau secara visual, melainkan juga bisa menciptakan efek penghalang kalau ada pencuri yang mau melakukan tindakan kriminal merugikan. Lantas, gimana sih peranan CCTV sebagai cara mengatasi pencurian? Berikut uraiannya:

1. Pengawasan secara Real Time

Pengawasan secara Real Time
Foto: liputan6

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, CCTV memungkinkan Anda melakukan pengawasan secara real-time. Anda pun bisa mengambil tindakan sesegera mungkin kalau memang terdeteksi ada perilaku yang mencurigakan. Tentu saja, hal ini bisa mencegah terjadinya pencurian maupun penyalahgunaan data.

2. Bukti Forensik

Salah satu keuntungan pakai CCTV sebagai alat keamanan adalah bisa merekam semua kejadian secara detail. Rekaman ini bahkan bisa Anda pakai jadi bukti forensik dalam penyelidikan kasus pencurian maupun penyalahgunaan data.

Selain itu, bukti visual juga bisa membantu pihak berwenang dalam mengidentifikasi pelaku, serta memvalidasi kejadian sebenarnya.

Baca Juga:  4 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari, Rapi dan Anti Kusut!

3. Notifikasi

CCTV yang terpasang pada tempat-tempat yang strategis punya penerangan cukup. Pencahayaan yang baik menjadi salah satu cara mengatasi pencurian karena pelakunya akan mudah terlihat.

Selain itu, notifikasi mengenai pengawasan dari CCTV akan jadi penghalang tindak kriminal yang cukup efektif. Ada banyak sekali notif yang bisa Anda pakai pada fitur CCTV. Mulai dari motion detection, motion tracking, hingga notifikasi pada monitor maupun gadget yang Anda pakai untuk memantau.

4. Pengaman Akses Data CCTV

Data dari CCTV harus Anda amankan dengan baik. Sebab, pengaturan hak akses, enkripsi data, serta pemantauan keamanan server jadi langkah penting dalam mencegah penyalahgunaan data, terlebih oleh pihak internal.

Jadi, CCTV bukan cuma jadi alat pemantau visual, melainkan juga jadi alat perlindungan yang kuat terhadap potensi pencurian, serta penyalahgunaan data.

Sudah Tahu Peran CCTV untuk Mencegah Pencurian

Itu dia penjelasan soal cara mengatasi pencurian dengan menggunakan CCTV. Lewat pengawasan secara real-time, adanya rekaman forensik, hingga pengamanan akses data yang tepat. Maka, CCTV ini bisa membantu Anda dalam mencegah sekaligus mengurangi ancaman adanya tindakan kriminal.

Intinya, apapun jenis dan merk CCTV yang Anda pakai, fungsinya tetap sama, yakni untuk mencegah terjadinya pencurian. Namun, Anda sebaiknya tetap pilih tempat beli CCTV terpercaya buat menjamin kualitas produk. Kalau tertarik beli berbagai macam jenis dan merk CCTV terbaik, Anda bisa belanja di Ukur.com.

Marketplace satu ini juga menyediakan berbagai produk elektronik, seperti TV, kulkas, mesin cuci, kipas angin, printer, air purifier, hingga exhaust fan. Hanya di Ukur.com Anda bisa memilih banyak produk berkualitas dengan harga bersahabat. Yuk, belanja sekarang!