5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama

5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama

Pintu kamar mandi adalah salah satu elemen penting dalam desain interior kamar mandi yang sering kali diabaikan. Padahal pemilihan jenis bahan pintu kamar mandi yang bagus dan tepat adalah keputusan penting untuk merancang dan memperbarui kamar mandi Anda.

Kondisi ini semakin nyata saat ini karena selain berfungsi sebagai pembatas ruang pribadi, pintu kamar mandi juga telah berperan dalam estetika keseluruhan ruangan. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat beberapa bahan yang bagus untuk pintu kamar mandi di rumah Anda.

5 Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik

Layaknya memilih interior ruangan lainnya, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan jenis bahan pintu yang terbaik untuk kamar mandi Anda. Sebab, memilih bahan pintu kualitas baik dan jenis yang tepat akan mengurangi kemungkinan rusak dalam jangka waktu pendek. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Material Kayu

Jenis bahan pintu kamar mandi yang satu ini termasuk jenis yang paling mudah Anda jumpai. Tapi, sebelum memutuskan untuk menggunakan kayu sebagai pintu kamar mandi atau toilet, Anda perlu memperhatikan jenis kayunya.

Pintu Kamar Mandi Berbahan Kayu
Pintu Kamar Mandi Berbahan Kayu (Foto: freepik.com)

Ada tiga jenis kayu yang cocok dijadikan material pintu kamar mandi Anda, yakni kayu inti padat, kayu inti berongga, dan kayu solid. Ketiganya memiliki banyak perbedaan secara kualitas usia, ketahanan, dan harganya.

Kayu solid, seperti kayu jati atau cedar, memiliki inti kayu paling baik untuk Anda gunakan sebagai furniture berat, termasuk sebagai pintu. Pasalnya, kayu solid memiliki ketahanan terhadap air yang baik dan paling awet dari pada dua jenis lain.

Dengan demikian, kayu telah menjadi bahan yang bagus untuk pintu kamar mandi karena memberikan kesan ruangan yang hangat dan elegan. Kendati begitu, penggunaannya jauh lebih cocok sebagai pintu kamar mandi kering.

Baca Juga:  Jangan Salah! Kenali 8 Perbedaan Besi dan Baja Berikut Ini

Jadi, jika Anda menggunakan pintu kayu untuk kamar mandi basah dan ukuran ruangan yang kecil, sebaiknya gunakan pintu dari material lain. Sehingga, pintu kayu bisa digunakan untuk pintu kamar mandi yang ukurannya lumayan luas dan diletakkan pada sisi yang jauh dari cipratan air.

Sebagai tips tambahan, Anda mungkin juga bisa melapisi sisi dalam pintu dengan bahan akrilik, aluminium, atau fiber yang memiliki sifat anti air. Termasuk pelapisan ulang dan pengecatan berkala untuk melindungi pintu dari kerusakan akibat air.

2. Aluminium

aluminium
Pintu Kamar Mandi Berbahan Aluminium

Alumunium sebagai jenis bahan pintu kamar mandi sering kali menjadi pilihan bagi mereka yang mencari cara praktis dalam pemilihan material kamar mandi. Sifat alumunium yang anti air, ringan, dan harganya yang lebih murah membuat banyak orang memilih menggunakan pintu dari material ini.

Keberadaannya paling sering Anda temukan pada kamar mandi basah di banyak perumahan atau tempat umum. Kendati alumunium memiliki sifat yang anti air, tapi ketahanannya terhadap air untuk jangka panjang bisa menimbulkan karat. Terlebih lagi alumunium termasuk bahan yang rawan tergores dan penyok.

Apabila lapisan anti air pada alumunium tergores, maka akan memudahkan material ini untuk berkarat seiring waktu. Tak hanya itu, pemasangan bahan alumunium ini juga termasuk lebih sulit. Sebagai tips penggunaan pintu aluminium, pastikan Anda memasangnya dengan presisi karena pintu alumunium lebih mudah berderit.

3. PVC (Polyvinyl Chloride)

pvc
Pintu Kamar Mandi Berbahan Pvc

Boleh jadi PVC juga merupakan salah satu bahan yang bagus untuk pintu kamar mandi. Pasalnya, material PVC bersifat tahan air, tak mudah berkarat, dan minim terjadi pelapukan. Sehingga, pintu berbahan PVC bisa menjadi pilihan terbaik untuk segala jenis kamar mandi.

Baca Juga:  Kayu Solid: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Dalam penggunaan jangka panjang, bahan pintu kamar mandi PVC ini mungkin mengalami kerusakan seperti warna yang memudar dan kerusakan fisik. Akan tetapi, Anda hanya cukup mengganti daun pintunya saja dan tak perlu mengganti kusen atau bingkainya.

Walaupun terkesan unggul, pintu berbahan PVC terbuat dari material plastik yang kurang ramah lingkungan. Selain itu, harga dari bahan ini juga tergolong lebih mahal daripada alumunium. Belum lagi desain pintu PVC ini biasanya juga tidak begitu variatif.

Apabila Anda tertarik menggunakan bahan PVC sebagai pintu kamar mandi rumah, pastikan kamar mandi berada di dalam ruangan. Karena biasanya pintu berbahan PVC lebih cocok untuk toilet restoran, kafe, dan tempat umum lainnya.

4. Bahan uPVC

upvc
Pintu Kamar Mandi Berbahan uPvc

Jika Anda lihat sekilas, bahan uPVC ini hampir sama dengan PVC karena material dasarnya sama-sama terbuat dari bahan plastik. Hanya saja, bahan uPVC ini terbuat dari olahan plastik turunan yang jauh lebih padat dan lebih kokoh daripada PVC.

Ketahanan material ini membuat uPVC juga sering diklaim sebagai jenis bahan pintu kamar mandi yang bagus untuk berbagai kebutuhan. Baik itu untuk kamar mandi kering maupun basah yang terletak di indoor maupun outdoor.

Pintu uPVC juga tidak mudah memudar, menyusut, dan rusak. Tak hanya itu, desain pintu berbahan uPVC ini juga jauh lebih variatif dan aesthetic.

5. Fiberglass

fiberglass
Pintu Kamar Mandi Berbahan Fiberglass

Bagi Anda yang menginginkan desain kamar mandi mewah, maka fiberglass adalah rekomendasi bahan pintu kamar mandi yang terbaik. Material fiberglass merupakan kaca yang memiliki sifat anti air dan tidak akan terjadi korosi. Inilah mengapa sering kali fiberglass menjadi pembatas area shower pada kamar mandi kering.

Jenis kaca fiberglass berbeda dengan kaca jendela. Material ini adalah kaca padat yang lebih kokoh, sehingga sering menjadi elemen pelengkap daun pintu pada kamar mandi minimalis.

Baca Juga:  Mengenal Ukuran Besi Hollow, Fungsi, Jenis, dan Keunggulannya

Anda juga sangat mungkin melakukan kreasi jenis-jenis pintu menggunakan bahan fiberglass. Tak perlu khawatir, karena bahan fiberglass ini memiliki beberapa variasi transparan hingga variasi buram yang anti tembus pandang.

belanja pintu kamar mandi
Belanja pintu kamar mandi terlengkap dengan cicilan 0% hanya di Ukur!

Menggunakan jenis bahan pintu kamar mandi dengan material fiberglass memberikan kesan elegan dan mewah pada ruangan, termasuk kamar mandi. Tapi sering kali sisi yang terkena air meninggalkan bercak noda bekas sabun dan air yang mungkin akan sulit Anda bersihkan.

Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa membersihkan pintu fiberglass dengan cairan aseton di atas kain katun. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan juga air hangat. Beberapa toko biasanya juga menyediakan cairan pembersih khusus fiberglass.

Mana Bahan yang Bagus untuk Pintu Kamar Mandi Rumah Anda?

Sebagai penutup artikel ini, pahamilah bahwa saat Anda menggunakan bahan yang bagus untuk pintu kamar mandi, Anda perlu mengenali fungsi kamar mandi yang tersedia di rumah tersebut. Anda harus mempertimbangkan apakah kamar mandi tersebut akan Anda gunakan secara pribadi atau umum.

Begitu pula dengan jenis kamar mandi kering atau basah, biaya, dan desain juga perlu menjadi pertimbangan. Pemilihan bahan ini akan lebih mudah apabila Anda mencarinya di platform terpercaya yang menyediakan berbagai kebutuhan material dan interior rumah.

Salah satunya adalah UKUR yang telah menjadi platform jual beli online yang menyediakan berbagai kebutuhan material bangunan untuk pintu dan jendela, dinding dan plafon, hingga furnitur. Anda tak perlu khawatir dengan proses transaksinya karena UKUR menyediakan transaksi online yang aman dan praktis.

UKUR juga telah bekerja sama dengan berbagai layanan ekspedisi terpercaya di Indonesia. Sehingga, barang pesanan Anda akan dikirim dengan aman dan terjamin sampai tepat waktu. Menarik sekali, bukan?