Cara Membuat Railing Tangga Besi Hollow Sendiri yang Mudah

Cara Membuat Railing Tangga Besi Hollow Sendiri yang Mudah

Pagar pembatas tangga atau yang juga dikenal dengan istilah railing besi hollow adalah salah satu bagian desain tangga yang dibuat sebagai pengaman tangga. Meskipun terlihat sederhana, namun cara membuat railing tangga besi hollow tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Pasalnya, elemen ini memiliki fungsi untuk mencegah pengguna tangga jatuh saat naik atau turun tangga. Pada ulasan kali ini, kami akan khusus membahas detail mengenai cara buat railing tangga besi hollow ini.

4 Cara Membuat Railing Tangga Besi Hollow

Dalam pembuatan pagar batas tangga besi hollow, terdapat 4 langkah utama yang dapat Anda ikuti, yaitu:

1. Mengukur Panjang Tangga

Jarak railing tangga diukur dari anak tangga teratas ke anak tangga terbawah, sepanjang diagonal nya. Untuk pagar batas tangga yang dipasang di dinding, Anda wajib menambahkan 5-10 cm di bagian ujung, yang nantinya akan berfungsi sebagai returns atau ends, yakni bagian yang dipegang selama penggunaan railing.

2. Menentukan Desain

Desain
Foto : Pinterest

Saat ini, railing besi hollow tersedia dalam banyak model atau desain, mulai dari model minimalis, model daun, dan masih banyak lagi. Anda dapat menentukan desain pagar pembatas tangga yang paling sesuai dengan interior ruangan atau budget Anda.

3. Menyiapkan Material

Jika Anda telah melakukan pengukuran railing dan menentukan desain yang ingin Anda gunakan, cara membuat railing tangga besi hollow selanjutnya adalah melakukan pembelian material. Mulai dari bahan besi hollow, bracket, return, sekrup, serta lem besi.

Dalam bagian ini, kami juga mengingatkan agar Anda mengetahui ukuran besi hollow yang peruntukannya untuk pagar pembatas tangga. Ukuran besi hollow yang paling umum digunakan adalah ukuran 40×40 dengan ketebalan 1.6 mm.

Baca Juga:  5 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air yang Benar

4. Pemasangan Railing Tangga

Setelah penyiapan material selesai, Anda dapat memulai proses pemasangan railing tangga besi hollow, seperti berikut:

a. Pemotongan Ujung Railing Tangga

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam pemasangan railing tangga besi hollow adalah memotong ujung railing tangga Anda. Jika Anda tidak menggunakan returns, maka Anda dapat memotong railing secara miring, guna membuat permukaan potongan vertikal.

Selain itu, panjang pagar batas tangga yang standar bergantung pada letak braket nya. Dalam hal ini, railing tangga Anda harus memanjang 10-25 cm dari bracket.

b. Pemasangan Bracket

Selanjutnya adalah pemasangan bracket. Pada bagian ini, Anda dapat menggunakan stud finder untuk menemukan tepi kancing dinding yang tepat, dimana Anda akan memasangkan bracket.

Pasang ketiga sekrup ke stud dinding dengan salah satu posisinya sedikit miring. Selanjutnya, pasang bracket di bagian atas dan bawahnya, serta atur rail di atasnya. Ulangi proses ini hingga semua braket terpasang dengan aman.

c. Penempatan Railing di Atas Braket

Setelah pemasangan bracket selesai, Anda dapat mulai menempatkan railing di atas braket. Pegang railing pada posisinya di dinding dan amankan pegangan tangan ke braket dengan menempatkan sekrup di lubang, pada bagian bawah railing.

d. Pemasangan Returns

Untuk pemasangan returns, Anda dapat menempatkan tepi miring returns ke ujung railing. Ujung returns harus dalam posisi berstandar pada dinding dan membentuk pegangan tangan.

Selanjutnya, gunakan lem besi pada bagian tepi miring returns yang dipotong. Tahan posisi tepi miring returns yang Anda lem selama beberapa menit untuk memastikan returns terpasang sempurna.

Fakta lain perihal besi hollow, yakni bisa menjadi pilihan untuk jenis bahan konstruksi lainnya, seperti kanopi dan rel pintu geser. Sama halnya dengan pagar pembatas tangga, instalasi atau cara membuat kanopi dari besi hollow juga termasuk sederhana.

Sedangkan untuk pintu geser, cara membuat rel pintu geser dari besi hollow memang tidak terlalu sederhana, namun hal tersebut akan sebanding dengan ketahanan yang bahan ini tawarkan.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Rekaman CCTV yang Terhapus Otomatis
Railling Tangga
Foto : Pinterest

Inspirasi Model Railing Tangga Besi Hollow

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, terdapat banyak model railing tangga besi hollow yang dapat Anda jadikan pilihan untuk interior ruangan, sebagai berikut:

1. Model Minimalis

Jika interior ruangan Anda bergaya minimalis, maka model railing tangga minimalis tentunya akan sangat cocok untuk desain interior Anda. Pada model pagar pembatas tangga ini, besi hollow memiliki bentuk memanjang dan menjadi pegangan tangan. Sedangkan, besi kecil tersusun vertikal sejajar mengikuti besi hollow memanjang.

2. Model Daun

Desain pagar pembatas tangga besi hollow lainnya adalah model daun. Model ini memiliki sentuhan seni dengan menghadirkan besi hollow berbentuk daun yang tersusun vertikal mengikuti pegangan tangga. Pegangan tangga pada model pagar pembatas tangga ini sendiri biasanya terbuat dari kayu.

3. Model Persegi Panjang

Desain pagar pembatas tangga besi hollow yang terakhir adalah model persegi panjang. Pada model ini, besi hollow juga tersusun secara vertikal mengikuti pegangan tangga. Uniknya, besi hollow yang tersusun vertikal ini memiliki bentuk persegi panjang.

Keunggulan Railing Tangga Besi Hollow

Sebelum membahas mengenai panduan cara membuat railing tangga besi hollow, kami akan sedikit mengedukasi Anda tentang mengapa besi hollow ini kerap menjadi pilihan untuk pagar batas tangga.

Ketimbang jenis pagar batas tangga lainnya, pagar batas tangga besi hollow memiliki sejumlah kelebihan dari berbagai aspek. Adapun beberapa kelebihan yang kami maksud adalah meliputi:

Kekuatan – Railing dari besi hollow memiliki kekuatan yang sangat baik. Pasalnya, besi hollow sendiri adalah material logam yang cukup kuat.

Ketahanan terhadap korosi – Railing besi hollow juga memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi. Hal ini karena, besi hollow memang dilapisi dengan lapisan anti korosi seperti galvanis dalam proses pembuatannya.

Perawatan yang mudah – Perawatan jenis pagar batas tangga dari besi hollow termasuk dalam kategori mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu membersihkan pagar batas tangga secara berkala demi menjaga tampilannya dan ketahanannya terhadap korosi.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Tungau Kasur: Tips Efektif dan Mudah

Harga yang terjangkau – Jika membandingkan dengan pagar batas tangga dari material lain, harga railing tangga besi hollow termasuk sangat terjangkau. Sehingga, jenis pagar batas tangga ini sering sekali menjadi pilihan untuk konstruksi rumah dengan anggaran ekonomis.

keunggulan
Foto : signaturemetalworks.com

Cara Perawatan Railing Tangga Besi Hollow

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, perawatan railing tangga jenis ini termasuk mudah, yakni seperti berikut:

  • Lakukan Pembersihan Secara Berkala: Anda dapat menggunakan kain lap untuk membersihkan penumpukan debu di permukaan railing tangga.
  • Pencucian Berkala: Pencucian ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan deterjen. Selanjutnya, gosokkan air sabun tersebut dengan menggunakan spons atau kain lap ke seluruh permukaan railing.
  • Pengecatan ulang: Jika cat railing tangga telah mulai memudar atau terkelupas, maka Anda dapat melakukan pengecatan ulang. Hal ini untuk menjaga kemampuan anti korosi dari besi hollow. Sebelum melakukan pelapisan ulang, lakukan pengamplasan terlebih dahulu untuk menghilangkan faktor karat.
jual railing tangga
Dapatkan railing tangga berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Telah Paham tentang Cara Membuat Railing Tangga Besi Hollow?

Penggunaan besi hollow untuk railing tangga saat ini semakin sering menjadi pilihan. Hal tersebut terbilang wajar, apabila mengingat bahwa bahan ini memang memiliki ketahanan yang baik, bobot ringan dan juga tahan terhadap korosi.

Jika Anda tertarik memasang jenis pagar batas tangga ini, cara membuat railing tangga besi hollow yang mudah yakni mulai dari mengukur panjang tangga hingga pemasangan returns.

Sedangkan untuk penyediaan pagar pembatas tangga besi hollow, Ukur dapat menjadi solusi untuk Anda. Ukur sendiri adalah sebuah marketplace bahan bangunan terpercaya yang telah beroperasi sejak tahun 2020 dan telah memenuhi ribuan kebutuhan proyek konstruksi.

Marketplace ini sendiri menyediakan berbagai bahan bangunan dan elemen interior seperti lantai, dinding & plafon, sanitary, furniture, hingga railing tangga dan perkakas dengan harga terjangkau. Proses pengiriman di Ukur pun sangat cepat, sehingga penyediaan bahan konstruksi Anda menjadi lebih hemat waktu.