Cara Mengatasi Maling pada Malam Hari dengan Langkah Praktis

Strategi Menggunakan CCTV

Setiap orang pasti menginginkan tinggal di lingkungan yang aman, tentram, dan nyaman. Namun, tidak bisa dipungkiri kriminalitas seperti maling masih terus bermunculan. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi maling pada malam hari. Bagaimana langkahnya? Simak artikel ini sampai tuntas!

Apa Itu CCTV?

Apa Itu CCTV?
Foto: Wikipedia

Closed Circuit Television atau yang biasa dikenal dengan CCTV adalah alat pengawasan yang memberikan perlindungan pada tempat-tempat yang Anda miliki. CCTV memiliki bentuk seperti kamera yang menyorot area sekitar tempatnya berada. Biasanya, CCTV terletak pada sudut dinding maupun pada tiang.

Karena merupakan circuit television, kamera yang ada pada CCTV perlu terhubung dengan sinyal agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, ada juga CCTV tanpa internet. CCTV sendiri dapat memberikan informasi kejadian secara real time lewat handphone maupun laptop secara private.

Jadi, hanya pemilik CCTV saja yang mempunyai file rekaman tersebut. Anda juga dapat melihat kejadian yang terjadi pada tanggal tertentu sesuai dengan keinginan selama listrik menyala. Sebab, jika listrik Anda padam, CCTV juga akan padam.

Keuntungan Memiliki CCTV untuk Mengatasi Maling pada Malam Hari

Keuntungan Memiliki CCTV untuk Mengatasi Maling pada Malam Hari
Foto: Blog Banten Kamera

Malam hari merupakan waktu yang lengah, sehingga kebanyakan maling mulai melancarkan kejahatannya. Nah, memasang CCTV di rumah akan menjadi cara mengatasi maling pada malam hari paling ampuh. Selain itu, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut:

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password CCTV yang Lupa: Solusi Mudah

1. Mencegah Maling Masuk ke Rumah

Mencegah Maling Masuk ke Rumah
Foto: iPrice

Keuntungan pertama, yaitu dapat mencegah maling masuk ke rumah. Ini bisa terjadi apabila Anda memasang CCTV di tempat yang strategis di halaman rumah atau bisa juga Anda letakkan di pojok teras dan menghadap ke arah jalan.

Jadi, maling akan dengan mudah mengetahui bahwa rumah Anda telah terpasang CCTV. Kelemahan maling adalah takut ketahuan. Jadi, saat mengetahui rumah Anda memiliki CCTV, kemungkinan besar maling akan mengurungkan niatnya.

2. Memberikan Rasa Aman

Keuntungan kedua menerapkan cara mengatasi maling pada malam hari satu ini, yaitu dapat memberi dan meningkatkan rasa aman. Apabila tinggal di daerah yang rentan dan sering ada maling, maka adanya CCTV tak akan membuat Anda begitu khawatir. Karena Anda dapat memantau keadaan rumah kapanpun dan dimanapun.

Anda juga dapat mempersiapkan tindakan-tindakan preventif dengan menjebak maling atau yang lain. Jika memiliki keperluan di luar, Anda juga akan lebih tenang meninggalkan rumah dengan memasang CCTV sebagai pemantau.

3. Memudahkan Penjagaan Rumah

Keuntungan ketiga tak hanya berguna bagi Anda, namun berguna juga bagi satpam perumahan. Apabila Anda tinggal di perumahan dan telah terintegrasi dengan setiap CCTV pada setiap rumah, tentu akan memudahkan satpam menjaga perumahan lebih maksimal.

Cara Meningkatkan Keamanan dengan CCTV pada Malam Hari

Setelah mengetahui apa saja keuntungan memiliki CCTV sebagai cara mengatasi maling pada malam hari. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan keamanan dengan CCTV di malam hari.

Tips yang dapat Anda gunakan, yaitu memilih letak CCTV di tempat strategis dan area mana saja yang ingin Anda awasi. Apakah Anda akan mengawasi area halaman, ruang tamu, dapur, atau tempat yang lain? Hal tersebut perlu Anda tentukan terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Sembari menentukan, Anda dapat mengira-ngira area mana saja yang akan diawasi oleh CCTV. Sedikit tips, pastikan Anda meletakkan di tempat-tempat yang sekiranya agak sepi dan kurang dari penjagaan. Karena area seperti itulah yang lebih rawan maling.

Baca Juga:  5 Inspirasi Model Plafon Triplek Ruang Tamu Minimalis

Manfaat Merekam Kejadian Maling dengan CCTV

Meskipun Anda telah memasang CCTV sebagai cara mengatasi pencurian, maling yang nekat akan tetap saja melakukan aksinya. Tenang, upaya Anda memasang CCTV tetap tidak akan sia. Berikut merupakan manfaat merekam kejadian maling dengan CCTV:

1. Memudahkan Identifikasi Maling

Meski maling tetap saja berniat melakukan aksinya, kamera CCTV akan membantu Anda mengetahui wajah atau ciri-ciri pelaku dengan lebih mudah. Karena CCTV merekam semua tindakan dan perilaku yang dilakukan oleh maling secara real time.

Lewat bukti-bukti tersebut, tentu akan memudahkan Anda untuk melaporkan adanya tindakan kriminalitas kepada pihak yang berwajib.

2. Mengumpulkan Bukti

Ketika menerapkan cara mengatasi maling pada malam hari memakai CCTV, yaitu memudahkan Anda mengumpulkan bukti. Tak hanya gerak gerik saja, barang apa yang diambil maling juga terekam dalam kamera CCTV.

Hal tersebut akan menjadi bukti yang kuat bagi Anda untuk proses pengajuan ganti rugi. Sehingga, Anda dapat meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi mengingat maling selalu mengambil barang-barang berharga milik korban.

Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi, CCTV juga semakin canggih. Seperti dapat merekam audio, dapat menangkap video dengan kualitas yang jernih yang tidak hanya berwarna hitam putih, dan lain sebagainya.

Karena, Anda sebaiknya lebih selektif ketika ingin membeli CCTV. Pastikan produk yang Anda pilih memiliki resolusi tinggi, seperti 1080p. Sehingga gambar akan terlihat lebih tajam.

3. Mempercepat Penyelidikan

Setelah melaporkan kepada pihak yang berwajib dengan bukti-bukti yang Anda miliki. Maka, pihak berwajib atau kepolisian akan melakukan penyelidikan. Jika barang bukti sudah terkumpul, tentu penyelidikan tidak akan memakan waktu yang lama.

Strategi Menggunakan CCTV untuk Mencegah Kejahatan pada Malam Hari

Strategi Menggunakan CCTV untuk Mencegah Kejahatan pada Malam Hari
Foto: Blibli.com

Strategi atau cara mengatasi maling pada malam hari, yaitu dengan lampu sensor CCTV. Sensor aktif ini merupakan fitur terbaru yang dimiliki oleh beberapa jenis CCTV. Fitur ini berupa lampu dan akan otomatis menyala jika mendeteksi gerakan dan mulai merekam aktivitas yang sedang berlangsung.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC yang Mudah dan Tepat

Sensor lampu CCTV ini akan menjadi cara mengetahui ada maling paling ampuh. Sebab, Anda akan mendapatkan notifikasi jika ada pergerakan yang mencurigakan dan keberadaan orang pada jam-jam tertentu, seperti tengah malam.

Fitur canggih dari CCTV lainnya, yaitu menggunakan lampu sorot yang berkamuflase. Jadi, lampu tersebut tidak akan begitu terlihat. Namun, dengan otomasi-otomasi yang ada, lampu akan tetap menyala pada beberapa skenario. Hal tersebut juga akan mengelabui maling yang mengira tidak ada CCTV.

Lewat hal ini, Anda bisa bergerak cepat dengan menghubungi pihak yang berwajib atau mengusir para maling tersebut.

Sudah Tahu Cara Tingkatkan Keamanan Malam Hari dengan Tindakan Cerdas?

Kesimpulannya, menggunakan CCTV bisa Anda coba sebagai cara mengatasi maling pada malam hari. Tak perlu berjaga dengan ekstra, Anda tetap bisa beristirahat dan CCTV akan membantu mengamankan rumah. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan alarm dengan tujuan untuk membuat si maling panik.

Nah, apabila ingin mencari dan memasang CCTV pada rumah, Anda dapat mengunjungi website Ukur.com. Ini merupakan marketplace yang menjual berbagai bahan bangunan, furniture, dan elektronik rumah terlengkap.

Tak hanya menyediakan beberapa jenis CCTV seperti CCTV Ezviz C3n Outdoor 2mp, CCTV Imou Bullet 2e Outdoor, CCTV Imou Ranger 2d Indoor. Ukur.com juga menyediakan kabel CCTV, harddisk CCTV, dan keperluan lainnya. Beragam opsi pembayaran juga tersedia, lho. Tunggu apalagi? Yuk, beli kebutuhan Anda di Ukur.com!