Apa Itu PVC? Berikut Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya!

Apa Itu PVC? Berikut Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya!

Banyak benda di sekitar kita yang terbuat dari material PVC. PVC adalah kependekan dari polyvinyl chloride yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat pipa, karpet, botol minum, hingga pembungkus kabel. Lantas, sudahkan Anda paham apa itu PVC?

Material tersebut mempunyai kegunaan yang banyak dalam kehidupan sehari-hari, sebaiknya Anda tidak melewatkan pembahasan untuk mengenalnya lebih dalam!

Pengertian PVC

Polyvinyl chloride merupakan jenis polimer termoplastik yang banyak digunakan oleh konstruksi atau perusahaan yang memproduksi barang-barang rumah tangga.

Bahkan, data menunjukkan bahwa polyvinyl chloride menduduki posisi ketiga pada kategori jenis polimer termoplastik yang paling banyak digunakan di dunia, setelah polyethylene dan polypropylene.

Alasan mengapa banyak yang menggunakan material polyvinyl chloride, yaitu sifatnya yang padat, tidak berbau, daya tahan yang baik, dan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan yang lain.

Apa saja Kelebihan Bahan PVC?

Kelebihan Bahan PVC
Source: nrs.com

Kelebihan material tersebut cukup beragam, sehingga tidak heran jika bahan mentah ini dipakai untuk memproduksi berbagai produk. Berikut ini adalah daftar dan ulasan singkat tentang kelebihan polyvinyl chloride.

1. Ringan

PVC adalah material yang fleksibel dengan sifat yang ringan. Alasannya, material utama polyvinyl chloride berasal dari sisa minyak bumi yang ditambahkan dengan plasticizer. Tambahan tersebut membuat sifatnya lebih ringan, lentur, dan fleksibel.

Mengingat sifatnya yang ringan, maka wajar saja kalau banyak yang memanfaatkannya sebagai material dasar pembuat plafon rumah. Alhasil, plafon rumah pun menjadi tahan lama dan tidak mudah jebol karena bobotnya yang ringan.

2. Tahan Air

Tak hanya bersifat ringan, polyvinyl chloride juga tahan air sehingga sering digunakan untuk membuat perabotan dan peralatan yang sering terpapar air, seperti pipa, dan pintu kamar mandi. Material plastik ini tidak akan rapuh seperti kayu meskipun terendam air dalam waktu lama.

Baca Juga:  Apa Itu Galvanis? Pengertian dan 3 Jenis Metode Galvanisasi

Selain itu, benda yang terbuat dari polyvinyl chloride juga aman dari serangan rayap sehingga lebih awet dan tahan lama.

3. Perawatan Mudah

Kelebihan lainnya dari PVC adalah perawatan yang mudah. Untuk merawat barang atau peralatan yang menggunakan material polyvinyl chloride, Anda bisa membersihkannya hanya dengan kain halus atau sponge yang ditambahkan detergen. Gunakan pula detergen atau sabun supaya lebih bersih dan bebas kuman.

Seka atau gosok menggunakan kedua bahan tadi supaya benda polyvinyl chloride lebih bersih dan bebas kuman. Selanjutnya, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering agar tidak meninggalkan bekas noda air. Proses pembersihannya semudah itu, lo!

4. Tampilan Elegan

Perabotan yang menggunakan bahan dasar polyvinyl chloride, biasanya tampak elegan dengan warna-warna menarik. Umumnya, warna dasar PVC adalah putih sehingga lebih mudah untuk dicampur dengan warna lain untuk menghasilkan beragam variasi warna.

Rumah yang menggunakan plafon polyvinyl chloride juga punya tampilan yang terlihat lebih mewah dan elegan. Bahkan, bangunan rumah-rumah modern lebih banyak yang menggunakan jenis plafon PVC.

5. Kuat dan Tahan Tekanan Tinggi

Meskipun bobotnya ringan, kelebihan PVC adalah kuat dengan daya tahan yang juga tinggi. Kedua sifat tersebut membuat perabotan atau barang yang menggunakan material dasar polyvinyl chloride tidak akan mudah rusak atau hancur ketika mendapatkan benturan keras.

Tak hanya kuat terhadap benturan, material polyvinyl chloride juga anti korosi karena tidak menggunakan campuran logam. Sifatnya yang kuat dan tahan terhadap tekanan tinggi inilah yang membuat PCV layak diandalkan untuk membuat pipa.

Umumnya, pipa PVC lebih sering dimanfaatkan untuk saluran air karena anti korosi, tidak mudah bocor, dan cocok untuk arus air yang kuat.

6. Tahan Segala Cuaca

Paparan sinar matahari dan guyuran hujan dapat menyebabkan perabotan menjadi mudah lapuk dan rusak. Namun, berbeda dengan perabotan yang terbuat dari material PVC karena lebih tahan dengan segala cuaca.

Baca Juga:  Jangan Salah Pilih! Kenali 7 Perbedaan Marmer dan Keramik

Oleh sebab itu, jika Anda membutuhkan perabotan atau peralatan outdoor, pastikan memilih yang terbuat dari bahan dasar PVC. Material ini kuat terhadap sengatan sinar UV dan air hujan yang sering kali menjadi penyebab korosi.

beli produk plafon bahan pvc di ukur

Beli plafon bahan pvc di Ukur, Termurah, Terlengkap, dan Bisa Cicil 0%!

7. Harga Terjangkau

Kelebihan yang tidak kalah menarik dari PVC adalah harganya lebih hemat daripada peralatan yang terbuat dari logam atau kayu. Selain itu, kualitas barang-barang yang menggunakan polyvinyl chloride juga tidak kalah bagus dengan barang yang menggunakan material plastik bermutu.

8. Isolator Listrik yang Baik

PVC ini banyak digunakan untuk membungkus kabel karena merupakan isolator yang baik. Alasannya, polyvinyl chloride tidak mengandung logam sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Dengan begitu, kabel yang dibalut dengan material PVC akan lebih aman dari risiko arus pendek atau korsleting.

9. Tahan Terhadap Bahan Kimia

Polyvinyl chloride biasa digunakan untuk membuat botol plastik atau wadah plastik lainnya. Pasalnya, material ini mempunyai ketahanan yang baik terhadap bahan-bahan kimia. Bahan-bahan kimia seperti alkali, minyak, dan asam yang rentan merusak pun bisa diatasi dengan penggunaan polyvinyl chloride.

Ketahanannya untuk menampung zat-zat kimia ini tentu memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan. Lingkungan tidak akan tercemar dengan zat-zat kimia berbahaya karena material tersebut minim risiko bocor atau rusak karena bahan-bahan kimia.

4 Kekurangan Bahan PVC

Meskipun polyvinyl chloride mempunyai banyak kelebihan tetapi material ini juga punya beberapa kekurangan. Ada setidaknya empat kekurangan yang perlu kamu perhatikan jika berniat menggunakan material tersebut.

1. Proses Daur Ulang Susah

Kekurangan pertama dari PVC adalah proses daur ulang yang mahal dan rumit. Proses memisahkan polyvinyl chloride dari bahan adiktifnya sangat sulit dilakukan. Proses daur ulang yang susah dan rumit ini tentu memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

2. Tidak Tahan Terhadap Suhu Tinggi

Biasanya, perabotan atau peralatan yang menggunakan material polyvinyl chloride tidak tahan terhadap suhu tinggi karena stabilitas termal pada PVC masih terbatas. Akibatnya, perabotan tersebut akan berubah bentuk atau meleleh.

Baca Juga:  Kelebihan Kayu Jati Sebagai Bahan Bangunan Hingga Furniture

3. Dampak Lingkungan

Selain proses daur ulang yang sulit, proses pembakaran atau pembuatan PVC ternyata menghasilkan gas hidrogen klorida yang merupakan jenis gas beracun. Keberadaan gas hidrogen klorida ini pun dapat membahayakan kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia dalam kurun waktu tertentu.

4. Sulit Diperbaiki

Walaupun material PVC mengantongi banyak kelebihan seperti tidak mudah korosi dan tidak mudah hancur, tetapi material ini sulit diperbaiki jika rusak. Oleh sebab itu, jika perabot atau peralatan berbahan tersebut rusak, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kondisi tersebut tentunya menjadi kekurangan, karena tidak cuma bisa menyebabkan pemborosan, tapi limbah atau bekas produknya pun bisa mencemari lingkungan karena sulit diurai dan didaur ulang.

Pemanfaatan Bahan PVC
Source: interlineindonesia.com

3 Contoh Pemanfaatan Bahan PVC

Pemanfaatan material ini sangat beragam, baik dalam skala industri besar maupun kebutuhan hidup sehari-hari.

Industri Tekstil

Manfaat polyvinyl chloride untuk industri tekstil yaitu bahan anti air seperti penutup tas, jas hujan, juga baju APD.

Bahan Bangunan

Banyak material bangunan yang memerlukan perabotan tahan air dan anti korosi yang menggunakan bahan PVC. Contoh material tersebut antara lain pipa, atap, dan plafon.

Kabel Listrik

Umumnya, kabel listrik menggunakan bahan polyvinyl chloride sebagai pelapisnya karena merupakan isolator yang baik.

Masih Tertarik Menggunakan PVC?

Melihat ulasan di atas, rupanya PVC adalah material yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari tekstil hingga konstruksi bangunan. Meskipun material ini memiliki berbagai kekurangan, tetapi Anda tepat bisa memanfaatkanya dengan bijak untuk berbagai kebutuhan rumah Anda.

Lengkapi berbagai kebutuhan peralatan dan perabitan rumah tangga Anda dengan produk berbahan polyvinyl chloride yang bermutu. Anda bisa menemukan beragam variasi produk dan pilihan ukuran serta kualitas di UKUR.com.

Dengan harga yang kompetitif dan cakupan wilayah layanan yang luas, Anda bisa memenuhi kebutuhan rumah dan bangunan sambil rebahan!