7 Cara Memasang Vinyl Lantai yang Benar

7 Cara Memasang Vinyl Lantai yang Benar

Lantai vinyl memang cukup awet dan tahan terhadap kerusakan. Jadi, tak heran kalau akhir-akhir ini Anda melihat lantai vinyl banyak direkomendasikan oleh desainer interior untuk kebutuhan rumah. Ternyata, cara memasang vinyl lantai juga tidak sulit asal Anda tahu langkahnya dengan benar. Yuk, cari tahu di sini!

Bagaimana Cara Memasang Vinyl Lantai yang Tepat?

Pasang vinyl lantai sangatlah mudah. Tergantung kebutuhan, Anda bisa melakukan pemasangan sendiri atau menyewa layanan instalasi. Kalau ingin melakukannya sendiri, coba simak petunjuk cara pasang vinyl secara lengkap berikut ini:

1. Tentukan Layout

layout lantai
Mengecek lantai dengan menentukan layout ruangan (Foto: Freepik)

Hal terpenting waktu memasang lantai vinyl adalah menentukan tata letak atau layoutnya. Anda harus memastikan ruangan mana yang paling cocok untuk memasang lantai vinyl.

Sebaiknya Anda tidak melewatkan untuk melakukan langkah ini lebih dulu sebelum membeli lantai vinyl. Karena dengan menentukan tata letak, Anda akan lebih mudah dalam memilih jenis dan jumlah lantai vinyl yang dibutuhkan.

Selain itu, pastikan kalau lantai tempat pemasangan vinyl tak berlubang atau retak. Kalau memang ada bagian yang nggak rata, maka Anda bisa lakukan penambalan dulu pakai semen.

2. Menyesuaikan Ukuran Vinyl

Sebaiknya Anda tentukan ukuran vinyl sebelum memasangnya. Memastikan ukuran vinyl juga akan membantu Anda lebih berhemat. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan pita pengukur untuk mengukur luas lantai. Pada langkah ini, sebaiknya lakukan dengan teliti.

Anda akan lebih mudah menentukan berapa banyak vinyl yang dibutuhkan dengan langkah ini. Jangan lupa Anda juga perlu menyiapkan vinyl tambahan kalau terjadi sesuatu diluar ekspektasi.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Handal Cara Mengetahui CCTV Hidup atau Mati

3. Membersihkan Area dan Keluarkan Furniture

Cara memasang vinyl lantai flooring selanjutnya adalah dengan membersihkan area lebih dulu. Agar dapat menghilangkan debu di lantai, pastikan Anda sudah menyapu atau menggunakan vacuum cleaner sampai ke celah-celah sempit. Meski langkah ini terlihat sepele, jangan sampai Anda melewatkannya, ya.

Sebab, langkah ini akan buat pemasangan lantai vinyl di rumah jadi lebih cepat. Waktu pemasangan, jangan lupa juga buat mengeluarkan semua perabotan dan lepas engsel pintu. Cara ini sangat disarankan agar proses pengaplikasian lantai vinyl bisa selesai dengan lebih mudah.

4. Mengisi Celah Keramik

celah keramik
Pakai floor compound untuk meratakan permukaan keramik agar vinyl tidak bergelombang (Foto: Freepik)

Mengisi celah di antara ubin keramik terlebih dahulu sebelum mulai memasang lantai vinyl juga jadi aspek yang penting. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah lantai vinyl bergelombang setelah pemasangan.

Anda bisa memasang nat di sela-sela ubin keramik dengan pakai floor compound. Setelah kompon mengering, kembali dan ratakan kembali permukaannya. Ingat! Anda bisa mulai memasang lantai vinyl kalau komponen sudah benar-benar kering.

5. Pemasangan Vinyl

pasang vinyl
Pemasang vinyl sendiri (Foto: courtina.id)

Anda bisa mengoleskan lem pada lantai dan juga vinyl. Nah, setelah semua perekat terpasang secara merata, Anda boleh menyelesaikan proses pemasangan lantai vinyl. Kalau perlu, Anda bisa pakai garis pedoman agar pemasangan lebih rapi.

Pasang vinyl lantai, lalu gunakan palu untuk memastikan pemasangan sudah pas dan merekat kuat. Sehingga tidak akan mudah bergeser. Anda juga bisa pakai rolling pin untuk menekan lantai vinyl.

Selain itu, Anda bisa pakai handuk lembab dalam proses pemasangan untuk menghilangkan noda lem di lantai. Ingat! Pemasangan ini harus Anda lakukan dengan hati-hati agar lantai vinyl tidak rusak.

6. Pemotongan Vinyl yang Berlebih

potong vinyl
Memotong vinyl lantai yang berlebihan (Foto: Freepik)

Cara memasang vinyl lantai selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan. Sebab, biasanya akan ada lantai vinyl yang terlalu panjang. Anda bisa memakai cutter, serta berikan perhatian khusus saat melakukan proses pemotongan ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Lemari Pakaian dari Besi Hollow dan Kelebihannya

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan karena akan berdampak pada tampilan ruangan nantinya. Nah, kalau kesalahan pemotongan tidak bisa dihindari, Anda bisa pakai lantai vinyl cadangan yang sudah disiapkan sebelumnya.

7. Finishing

Finishing merupakan langkah terakhir dalam cara pasang vinyl lantai. Anda perlu memastikan tidak ada gelombang dan semua lantai vinyl terpasang dengan benar selama proses ini. Kalau memang ada yang bergelombang, oleskan perekat ke permukaan. Lali, tekan-tekan agar lantai tidak menggumpal dan tahan lama.

Selain itu, sebaiknya tunggu hingga perekat benar-benar kering sebelum meletakkan furniture di ruangan tempat lantai vinyl terpasang.

Nah, kalau sudah memastikan bahwa pemasangan sempurna dan kering. Maka, Anda bisa menata barang-barang di dalam ruangan kembali. Namun, posisikan setiap barang dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada lantai vinyl. Kemudian, Anda bisa pasang kembali pintu yang sebelumnya dilepas.

Kelebihan Vinyl Lantai

Setelah mengetahui cara memasang vinyl lantai, Anda masih ragu buat memasangnya? Biar nggak galau, coba kenali dulu kelebihannya berikut ini:

1. Tahan Lama

Lantai vinyl bisa bertahan 10 hingga 20 tahun kalau perawatannya baik. Anda akan merasakan kelebihan ini kalau membeli lantai vinyl bermutu tinggi yang diproduksi dengan baik. Lantai vinyl berkualitas memiliki struktur yang cocok buat ruang tamu, dapur, dan kamar tidur.

2. Perawatan Mudah

Perawatan lantai vinyl cukup mudah. Anda bisa menyapu dan mengepelnya layaknya lantai keramik agar tetap bersih. Namun, pastikan nggak ada benda tajam atau pasir yang dapat menggores lantai. Sebab, benda-benda ini dapat menimbulkan bekas lecet yang mengurangi daya tariknya.

Selain itu, lantai vinyl punya lapisan aus yang sangat membantu meningkatkan ketahanan terhadap noda. Noda bau bisa hilang cuma dengan pembersih lantai dan air hangat.

Baca Juga:  Begini Cara Pasang Marmer Lantai yang Benar dan Tipsnya

3. Pemasangan Mudah

Dibandingkan dengan lantai parket, cara memasang vinyl lantai lebih mudah. Apalagi kalau Anda bandingkan dengan pemasangan parket yang umumnya memang butuh ongkos lebih.

Kalau belum pernah memasang lantai ini sebelumnya, Anda harus menyewa seorang profesional untuk membantu pemasangan. Mereka juga akan melakukan beberapa langkah pemasangan yang baik untuk memastikan lantai rata.

beli lem vinyl lantai di Ukur
Perkuat lantai vinyl Anda dengan lem berkualitas dan terlengkap di Ukur!

4. Tahan Air dan Udara Lembab

Bahan pembuatan lantai vinyl bersifat tahan air. Anda bisa dengan aman menggunakan lantai ini pada ruangan di rumah yang punya tingkat kelembapan tinggi. Vinyl juga tak licin dan berbahaya, cocok buat Anda yang punya anak aktif di rumah.

5. Penampilan Menarik

Seperti pembahasan sebelumnya, lantai vinyl tersedia dalam berbagai desain untuk memenuhi selera semua orang. Replika yang terbuat dari kayu merupakan salah satu motif yang banyak penggemarnya.

Lewat butiran dan warna yang hampir sama seperti kayu asli, vinyl akan berikan kesan yang menarik dan hangat pada rumah. Lantai vinyl bisa jadi solusi tepat buat Anda yang mau pakai lantai kayu tapi punya budget terbatas.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Memasang Vinyl Lantai?

Vinyl memang akan jadi solusi praktis untuk tampilan rumah cantik asalkan Anda merawatnya dengan rutin. Kalau tertarik pakai lantai vinyl, Ukur.com punya banyak pilihan desain yang data mempercantik rumah Anda. Harga vinyl lantai di Ukur.com juga bersahabat dan Anda bisa pilih mana yang paling sesuai dengan budget.

Buat Anda yang mau memodifikasi rumah, di sini juga tersedia berbagai material berkualitas. Seperti lantai decking atau WPC dengan pilihan harga dan kualitas yang bervariasi. Tersedia juga berbagai kebutuhan rumah seperti furniture, elektronik, pintu & jendela, serta masih banyak lagi.

Ukur.com juga menyediakan jasa pemasangan buat Anda yang tidak ingin repot memasangnya sendiri. Nggak perlu ragu-ragu. Yuk, buat tampilan rumah semakin menarik dan nyaman dengan bahan material berkualitas dari Ukur.com!