5 Rekomendasi Water Heater Gas Terbaik Saat Ini

Cara Memilih dan 5 Rekomendasi Water Heater Gas Terbaik

Apa Anda sedang mencari water heater gas terbaik untuk kebutuhan penghangat air yang praktis? Di era modern ini, faktor kepraktisan dan kenyamanan merupakan hal yang paling utama, seperti halnya Anda mendapatkan akses air hangat untuk sekedar melepas penat.

Dengan water heater, Anda dapat memperoleh air hangat yang memberi efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Jenisnya pun beraneka macam. Ada yang menggunakan tenaga listrik, gas, hingga tenaga surya.

Pada artikel kali ini hanya akan membahas penggunaan water heater bertenaga gas sebagai sumbernya. Simak penjelasan selengkapnya!

Apa itu Water Heater Gas?

Dewasa ini, orang akan cenderung untuk memasang water heater di rumah mereka. Sebab, alat tersebut mempunyai manfaat yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari.

Water heater atau pemanas air memastikan penggunanya dapat menikmati air hangat untuk keperluan mandi, mencuci tangan, hingga mencuci pakaian. Tak ayal, water heater sekarang menjadi alat elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki oleh sebagian besar keluarga.

Sayangnya, alat elektronik ini dapat mengonsumsi daya listrik yang tidak sedikit. Dalam proses pemanasan water heater bahkan menghabiskan daya listrik hingga kilowatt, atau sekitar lebih dari 1 kW hanya dalam waktu 10-20 menit.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat alternatif lain yang sumbernya bukan dari listrik, salah satunya berasal dari tenaga gas.

Sesuai dengan namanya, jenis ini menggunakan Liquefied Petroleum Gas (LPG) dan Liquefied Natural Gas (LNG) untuk memanaskan air, sekaligus memberikan keuntungan dalam hal efisiensi energi dan kemampuan memanaskan air dengan lebih cepat.

Water Heater Gas Jadi Alternatif Terbaik
Source image: freepik.com

Mengapa Water Heater Gas Jadi Alternatif Terbaik?

Ketimbang pakai yang jenis listrik, berikut adalah alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan water heater gas, yaitu:

  • Efisiensi energi: Water heater gas cenderung lebih efisien ketimbang yang menggunakan energi listrik. Maka tak heran jika pemanas air ini tidak banyak mengonsumsi energi secara keseluruhan alias hemat biaya listrik bulanan.
  • Awet: Secara umum, jenis ini cenderung awet karena mempunyai komponen yang tahan terhadap korosi dan keausan.
  • Lebih cepat: Proses memanaskan air dari pemanas air gas jauh lebih cepat ketimbang water heater listrik. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama ketika hendak mandi atau mencuci menggunakan air hangat.
  • Keterjangkauan bahan bakar: LPG dan LNG merupakan bahan bakar dari water heater gas yang umumnya lebih terjangkau ketimbang memakai listrik. Jadi, biaya operasional jangka panjangnya lebih hemat.
Baca Juga:  Sandwich Panel: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cara Memilih Water Heater Gas Terbaik

Penting untuk membeli water heater gas yang sudah jelas kualitasnya agar Anda tidak menyesal belakangan.

Biasanya terdapat sejumlah faktor yang menentukan kualitas barang sehingga ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda demi mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Kualitas: Tentunya sebagai pelanggan, kita menginginkan kualitas yang terbaik. Oleh sebab itu, cobalah untuk mencari informasi sejumlah brand khusus water heater yang sekiranya sudah terpercaya kualitasnya selama bertahun-tahun.
  • Kapasitas: Berapa kapasitas yang Anda perlukan? Apakah untuk rumah pribadi, untuk keperluan tempat usaha, atau yang lainnya? Anda bisa menentukan kapasitas water heater yang cocok untuk memenuhi kebutuhan air hangat tanpa pemborosan energi.
  • Keamanan: Pastikan water heater memiliki fitur keamanan yang memadai, semisal sensitivitas sensor, pengaman beku, dan pengaman kebocoran gas. Sejumlah fitur tersebut juga memberikan perlindungan tambahan bagi Anda dan keluarga.
  • Garansi: Faktor ini tentu sangat penting karena garansi dapat mempermudah Anda untuk mengklaim dukungan teknis dan perbaikan jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada produk.

5 Rekomendasi Merk Water Heater Gas Terbaik

Bingung mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Tak usah khawatir, terdapat rekomendasi merk water heater gas yang bagus untuk Anda.

1. Wasser Water Heater

Wasser Water Heater
Source image: blibli.com

Rekomendasi pertama jatuh pada produk bernama Wasser Water Heater yang mengadopsi fitur pengaman ODS system, overheat limiter, dan flame failure safety device.

Beberapa fitur tersebut memungkinkan alat dapat mematikan api secara otomatis, menutup aliran gas secara otomatis, mencegah kerusakan komponen, serta menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam unit pemanas air.

Baca Juga:  12 Jenis Pintu Rumah beserta Karakteristiknya

Produk tersebut memang dirancang sebegitu canggih, praktis, aman, dan ekonomis. Apalagi Wasser Water Heater dapat menggunakan air keran biasa. Selain itu, penggunaan energi gas pada produk ini juga sangat hemat dan dapat Anda terapkan pada keran air pencampur hanya dengan memutar flame.

2. Ariston SGA 200

Ariston SGA 200
Source image: tokopedia.com

Pilihan selanjutnya yaitu produk Ariston SGA 200 yang cocok Anda gunakan untuk segala kebutuhan, baik itu untuk rumah pribadi maupun tempat usaha. Produk yang satu ini mempunyai kapasitas 195 liter dengan rentang suhu mulai dari 35 hingga 70 derajat celcius yang didukung tekanan maksimal 8 bar.

Anda dapat menggunakan bahan bakar LPG maupun LNG untuk mengoperasikan water heater dari brand ini. Adapun penggunaan LPG membutuhkan sekitar 0.795 kg/jam sedangkan penggunaan LNG sekitar 1.068 liter/jam.

3. Modena Rapido Inox CG-6V

Water heater gas dari Modena Rapido Inox CG-6V mempunyai material terbaik karena terbuat dari stainless steel sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Produk ini dapat memanaskan air dengan cepat pada tekanan air rendah, yaitu 0.015 mpa. Selain itu, fiturnya dilengkapi oleh pengaman flame out safety yang memberi perlindungan dari risiko kebakaran.

Water heater ini memiliki kapasitas 6 liter per menit dengan rentang temperatur suhu sekitar 30 hingga 70 derajat celcius. Rata-rata pemakaian tenaga pemanas gasnya sebesar 1 kg/jam dan tekanan maksimal air 0,8 bar.

Lebih lanjut, ukuran dari Modena Rapido Inox CG-6V memiliki desain yang cukup ringkas dengan dimensi 30x12x44 cm.

4. Rinnai RU199iN Condensing Tankless

Rinnai RU199iN Condensing Tankless
Source image: amazon.com

Rinnai RU199iN Condensing Tankless menyediakan air panas tanpa henti dengan kecepatan 11 galon per menit. Water heater ini tidak terus-menerus memanaskan dan hanya mulai menghangatkan air ketika Anda menyalakannya.

Baca Juga:  13 Daftar Harga Antena TV Digital Indoor Terbaik 2023

Model tankless mungkin tampak kurang kuat, namun sebenarnya tidak demikian. Produk ini justru dirancang untuk bertahan hingga 20 tahun. Selain itu, pemanans air ini juga tersedia dalam berbagai pilihan, seperti yang menggunakan gas alam atau propana serta versi indoor maupun outdoor.

5. Miba Gas Water Heater

Terakhir, Anda bisa mempertimbangkan opsi Miba Water Gas Heater yang memiliki keunggulan dalam penggunaan advanced karena mampu menghasilkan tekanan air ke angka yang sangat kecil.

Water heater jenis ini juga memiliki fitur sensor otomatis gas dan tombol untuk cuaca panas maupun dingin sehingga suhu akan disesuaikan dengan musim.

Dengan kapasitas air 6 liter per menit, pemanas air ini sudah cukup fleksibel lantaran instalasinya terbilang sangat mudah sehingga Anda dapat melakukannya sendiri tanpa memerlukan ahli. Apalagi secara tampilan, terlihat menarik dan sangat elegan karena terbuat dari bahan kaca yang didesain sedemikian rupa.

water-heater
Mandi lebih menyenangkan dengan water heater terbaik dari UKUR

Miliki Water Heater Gas Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda!

Sudahkah Anda menemukan model water heater gas terbaik yang tepat? Jika iya, Anda bisa memasukkannya ke dalam wishlist sekarang juga!

Mencari berbagai jenis water heater semakin mudah dengan adanya Ukur.com yang merupakan marketplace untuk keperluan peralatan rumah tangga Anda.

Tidak hanya water heater, berbagai macam produk lainnya seperti furniture, peralatan safety, hingga barang elektronik lainnya juga tersedia secara lengkap. Pengiriman produknya pun cepat dan mudah, karena telah bekerjasama dan terintegrasi dengan layanan ekspedisi ternama di Indonesia.