7 Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar di Rumah, Mudah!

7 Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar di Rumah, Mudah!

Walau Anda bukan seorang ahli elektronik, tapi dengan mempelajari cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung, Anda bisa hemat hingga ratusan ribu. Karena tidak semua kipas yang tidak berfungsi harus Anda bawa ke tempat reparasi atau buang untuk beli baru, ada kalanya Anda bisa perbaiki sendiri.

Sayangnya tak semua berani ambil risiko, karena tidak punya ilmunya. Untungnya dengan beberapa cara ini, Anda bisa coba perbaiki sendiri kipas angin yang tiba-tiba berhenti berputar!

Kemungkinan Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar

Sebelum mempelajari cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa berputar, ada baiknya Anda mempelajari penyebab yang biasa terjadi pada kasus serupa. Sehingga dari hal tersebut Anda bisa membuat diagnosis yang tepat. Adapun untuk penyebabnya bisa jadi karena:

  • Penggunaan kipas yang terlalu Anda forsir tanpa berhenti, sehingga dapat mengurangi masa guna dari kipas tersebut.
  • Beberapa pengguna juga terlalu kasar dalam menggunakan kipas, bahkan tak sedikit yang jarang melakukan perawatan dengan benar.
  • Kipas penuh debu atau tersangkut kotoran seperti benang pada as kipas, sehingga bisa menghambat mesin berjalan.
  • Kerusakan pada bearing dan dinamo juga bisa jadi penyebab kipas berhenti bekerja.
  • Kabel yang terputus hingga sambungan yang salah setelah reparasi juga bisa jadi kendala.
  • Terkena tumpahan air juga bisa menjadi penyebab korsleting yang membakar jalur listrik. Sehingga kipas tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.
Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar
Source image: freepik.com

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

Sebenarnya jika kipas angin Anda tiba-tiba berhenti, kemungkinan terjadi kerusakan fatal cukup kecil. Jika tidak ada gejala seperti ledakan atau asap yang mengepul, maka kerusakan masih bisa Anda coba tangani sendiri. Tentunya Anda perlu treatment yang tepat seperti:

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang, Mudah dan Ampuh

1. Identifikasi Masalah Terlebih Dahulu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengidentifikasi masalah terlebih dahulu. Setidaknya Anda harus menganalisa apa sumber masalah yang menimpa kipas angin tersebut. Anda bisa mulai dengan menelusuri penggunaan kipas, apakah pemakaian normal, apakah pernah terbentur, atau pernah ketumpahan air.

Coba nyalakan dan dengarkan apakah mesin masih beroperasi, apakah masih ada putaran pada dinamo, apakah ada suara berdengung, atau mungkin ada suara percikan listrik. Melakukan analisa mendalam sebelum melakukan pembongkaran, adalah cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa berputar yang paling bijak!

2. Bongkar Kipas dan Bersihkan

Kemudian, Anda coba bongkar bagian baling-baling kipas angin, lalu bersihkan dari debu yang membandel. Biasanya, ada kotoran yang menghalagi putaran kipas, yang membuatnya menjadi tak berfungsi dengan normal. Terutama bagian as atau poros baling-baling dan dinamo luar.

Untuk komponen yang tidak terhubung dengan mesin atau kelistrikan, Anda bisa cuci lalu keringkan. Coba kembali setelah baling-baling Anda pasang, tanpa memasang covernya. Jika mesin berjalan normal, maka itu artinya masalah tersebut memang benar karena kotoran yang sudah Anda bersihkan.

Periksa Kondisi Kabel
Source image: freepik.com

3. Periksa Kondisi Kabel

Langkah berikutnya pada cara memperbaiki kipas angin tidak berputar adalah memeriksa kondisi kabel. Jika Anda mengerti kelistrikan, periksa masing-masing jalur listrik pada bagian mesin menggunakan avometer. Namun, jika Anda masih pemula, coba periksa apakah ada kabel yang terputus atau tidak.

Periksa dengan sedikit memberikan tarikan pada kabel, lalu lihat apakah kabel putus atau kendur. Jika ada kabel yang benar-benar putus, coba sambungkan kembali kabel tersebut. Tapi jika Anda merasa awam karena harus memasangkannya ke PVC menggunakan solder, berarti cara satu-satunya adalah memanggil teknisi.

4. Coba Beri Pelumas pada Poros

Selain membersihkan komponen dari debu yang membandel, Anda juga perlu memberikan pelumas mesin pada bagian poros baling-baling kipas. Langkah ini akan membantu mengurangi gesekan mesin saat kipas angin Anda gunakan.

Baca Juga:  Cara Membuat Plamir Tembok yang Benar untuk Dinding Cantik!

Pemberian pelumas ini juga ampuh sebagai cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung, tentunya Anda harus hati-hati saat memberikan pelumas agar tidak mengenai mesin. Anda bisa menggunakan pelumas khusus mesin seperti singer (oli untuk mesin jahit), atau kalau terpaksa gunakan minyak kayu putih.

Coba putar baling-baling tanpa menyalakan mesin, apakah terasa berat atau ada terganjal sesuatu. Lihat apakah ada komponen yang Anda rasa kurang tepat pemasangannya, terjadi aus, atau longgar. Pasang komponen (tanpa cover), lalu coba nyalakan kembali.

Cek Bearing dari Keausan
Source image: freepik.com

5. Cek Bearing dari Keausan

Kipas yang sudah berumur tua biasanya memiliki sparepart yang sudah tidak optimal lagi. Bukan tidak mungkin jika pada beberapa komponen memiliki penurunan fungsi, karena keausan atau kerusakan.

Salah satunya adalah bearing yang menjadi alat bantu putar dari baling-baling kipas angin. Untuk itu, cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa berputar juga wajib memeriksa komponen satu ini.

Periksa apakah bearing masih berfungsi secara normal, amati apakah ada kerusakan pada komponen tersebut. Jika serasa tidak normal atau rusak, maka ada baiknya Anda ganti komponen tersebut dengan yang baru.

6. Periksa Bagian Dinamo

Cara berikutnya yang perlu Anda coba lakukan adalah memeriksa komponen dinamo yang menjadi tenaga penggerak kipas angin. Dinamo menjadi mesin penggerak, yang merubah tenaga listrik jadi tenaga gerak.

Jika Anda menggunakan kipas secara terus menerus, bukan tidak mungkin jika terjadi kerusakan pada dinamo. Anda bisa bongkar bagian dinamo dengan menggunakan peralatan yang memadai.
Periksa kondisi stator (as kipas). gerigi penggerak, lilitan, dan juga magnet. Jika ada komponen yang rusak, maka jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Sayangnya, cara memperbaiki kipas angin tidak berputar pada tahapan pemeriksaan dinamo sebenarnya butuh keahlian dan pengalaman khusus. Sehingga, jangan asal bongkar tanpa didampingi ahli, bila perlu Anda bisa langsung menyerahkan pengecekan pada teknisi atau tempat reparasi terdekat.

Bagian Dinamo Kipas Angin
Source image: biaya.info

7. Bawa ke Tempat Reparasi atau Beli Baru

Jika Anda sudah menyerah atau tidak menemukan sumber masalah dan kipas angin tetap tidak menyala, maka cara terakhir pastinya membawa ke tempat reparasi. Tanyakan pada teknisi apakah ada kendala pada kipas angin, serta jika butuh penanganan maka tanyakan berapa perkiraan biayanya.

Baca Juga:  4 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari, Sangat Ampuh!

Apabila biaya perbaikan terlalu mahal, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli produk baru. Pastikan untuk membeli produk berkualitas, pada tempat atau platform terpercaya. Memilih produk dan tempat terbaik akan membantu Anda mendapatkan kipas yang awet, bagus, dan tahan lama.

Tips Merawat Kipas Angin

Setelah mempelajari cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung, ada baiknya Anda juga mempelajari tips perawatan kipas angin yang benar. Berikut ini tipsnya:

  • Menggunakan kipas angin dengan bijak serta menentukan posisi yang jauh dari air dan anak kecil.
  • Rajin membersihkan kipas, setidaknya pada bagian luarnya setiap hari dan bagian dalam 1 sampai 2 bulan sekali.
  • Hindari penggunaan kipas angin dengan kasar, seperti memukul atau membanting kipas angin.
  • Sesuaikan spesifikasi kipas dengan kebutuhan, karena jika kipas kecil maka Anda jangan berharap mampu berdampak pada area yang luas.
kipas angin
Butuh Kipas Angin baru? Yuk cari pilihannya dan beli di UKUR!

Sudah Tahu Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar?

Dari penjelasan cara memperbaiki kipas angin yang tidak bisa berputar di atas, kini Anda tahu bahwa perawatan dan penggunaan kipas angin yang tidak tepat dapat berdampak pada kesehatan perangkat tersebut. Selain itu, pemilihan perangkat sedari awal Anda membeli, akan berdampak pada umur dan kualitas produk.

Untuk itu, Anda harus memilih produk berkualitas, serta membeli dari sumber terpercaya seperti UKUR.com. Singkatnya, UKUR adalah marketplace yang melayani jual beli barang konstruksi dan interior secara online.

Dengan UKUR, Anda juga bisa menemukan berbagai barang elektronik untuk kebutuhan rumah maupun kantor, contohnya seperti AC dan perkakas. Anda juga bisa mencari furniture, perlengkapan keamanan, dan masih banyak lagi.

Selain barang-barang berkualitas, Anda juga akan mendapat harga terbaik hingga garansi yang menguntungkan. Jangan sampai ketinggalan, ya!