Cara Membersihkan Sofa Kain, Praktis & Efektif Basmi Noda Bandel!

Cara Membersihkan Sofa Kain, Praktis & Efektif Basmi Noda Bandel!

Sofa kain Anda tampak kusam? Tenang aja, ada cara membersihkan sofa kain yang praktis dan efektif buat basmi noda membandel. Sofa kain memang jadi salah satu furniture rumah andala untuk bersantai, kumpul keluarga, dan menjamu tamu. Jadi, nggak heran kalau debu mudah menempel di furniture satu ini.

Masalahnya, debut tersebut akan akan buat sofa jadi terlihat kusam. Anda juga akan merasa tak nyaman duduk dalam waktu lama. Karena itu, melakukan perawatan rutin penting untuk membuat noda membandel pada sofa terhempas. Lantas, gimana sih tips membersihkan sofa kain yang kotor? Yuk, simak ulasan berikut ini!

8 Cara Membersihkan Sofa Kain

Sofa berbahan kain mudah terkena debu dan menyerap noda bekas tumpahan makanan atau minuman. Terkadang sebagian orang tak menyadarinya, sehingga membiarkan sofa menjadi kusam. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membersihkan sofa yang kotor melalui alat dan bahan, berikut ini:

1. Vacuum Cleaner Membersihkan Hingga ke Serat Terselubung

Vacuum Cleaner Membersihkan Hingga ke Serat Terselubung
Source image: freepik.com

Paparan debu yang nempel di sofa bisa berakibat buruk buat kesehatan Anda dan keluarga. Nah, cara bersihkan sofa pertama adalah pakai vacuum cleaner. Idealnya, jenis vacuum cleaner yang cocok adalah handheld. Jenis ini akan buat Anda bergerak lebih bebas dan leluasa saat memakainya.

Cara ini cukup praktis dan efektif buat angkat debu di permukaan dan celah sofa. Tentu saja, Anda perlu perhatikan cara pakainya agar debu dan kotoran terhisap maksimal. Pastikan buat membersihkan secara menyeluruh setiap sudut dan celah sempit. Usahakan buat membersihkannya minimal seminggu sekali.

Baca Juga:  15 Cara Menghilangkan Rayap di Lemari, Terbukti Manjur!

2. Tisu Basah Buat Menghilangkan Noda Sekali Usap

Tisu Basah Buat Menghilangkan Noda Sekali Usap
Source image: ameera.republika.co.id

Kalau sofa Anda terkena tumpahan minuman secara tidak sengaja. Maka, cukup pakai tisu basah buat seka bagian sofa yang terkena noda cairan. Tisu basah punya tekstur lembut dan nggak mudah merusak kain sofa.

Ingat! Jangan biarkan noda cairan terlalu lama menempel di sofa. Karena makin lama, Anda akan lebih kesulitan membersihkan dan timbul bau apek.

3. Campuran Air dan Cuka Menghempaskan Noda Bandel

Campuran Air dan Cuka Menghempaskan Noda Bandel
Source image: SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN

Selain debu, noda membandel kerap menempel pada sofa. Nah, cara membersihkan sofa kain yg kotor lainnya adalah dengan bahan dapur, seperti air dan cuka. Bahan tersebut bisa hilangkan noda membandel pada permukaan sofa, seperti tinta dan krayon.

Caranya cukup praktis, Anda cuma perlu campurkan air dan cuka dalam botol semprot. Lalu, semprotkan cairan tersebut ke bagian bercak noda dan gosok secara perlahan dan lembut pakai kain lap bersih. Kalau sudah selesai, semprotkan pengharum ruangan atau parfum buat menghilangkan bau cuka.

4. Alkohol Menghempaskan Bakteri Jahat

Alkohol Menghempaskan Bakteri Jahat
Source image: thespruce.com

Alkohol juga bisa membunuh perkembangbiakan bakteri jahat dan menghilangkan noda di permukaan sofa yang terkena noda cairan. Caranya adalah dengan menyemprotkan alkohol pada bagian yang kotor. Lalu, diamkan sejenak hingga alkohol menguap dan sofa menjadi kering.

5. Pasta Gigi Memudarkan Noda Ringan

Pasta Gigi Memudarkan Noda Ringan
Source image: freepik.com

Pasta gigi juga bisa membersihkan sofa, lho. Gimana sih cara pakainya? Anda bisa mengeluarkan isi pasta gigi, kemudian oleskan pada bercak noda. Diamkan sejenak sekitar 3 sampai 5 menit. Setelah itu, usap lembut pakai kain lap yang bersih.

6. Baking Soda Menghilangkan Bau Apek

Source image: freepik/partystock

Cara membersihkan sofa kain berikutnya adalah pakai baking soda. Bahan ini juga berfungsi buat menghilangkan bau tak sedap dan noda membandel. Sebelum itu, Anda sebaiknya lepaskan bantalan kursi dan sisihkan untuk dibersihkan secara terpisah.

Baca Juga:  Ketentuan Jarak Sumur dan Septic Tank, Mengapa Penting?

Pertama, taburkan soda kue pada pelapis vacuum cleaner. Lalu, oleskan pakai sikat lembut pada kain sofa. Diamkan baking soda menyerap aroma apek selama satu jam atau tunggu semalaman. Terakhir, pakai pelapis vacuum cleaner buat membersihkan serat kotoran yang terangkat.

7. Air Sabun untuk Bercak Noda Kotor

Air Sabun untuk Bercak Noda Kotor
Source image: Cleanipedia.com

Cara aman membersihkan sofa adalah dengan memanfaatkan air sabun. Anda bisa gosok bercak noda kotor dengan sikat dan air sabun. Sebaiknya, usap perlahan dan lembut. Serta hindari menyemprot air sabun mandi langsung pada permukaan sofa karena akan merusak bahan kain.

8. Deterjen Cair Menghilangkan Noda Kusam

Deterjen Cair Menghilangkan Noda Kusam
Source image: shopee.co.id

Keringat tubuh, debu, noda cairan yang membandel akan buat sofa kusam dan penuh bakteri. Lalu, gimana sih cara bersihkan sofa dengan maksimal? Anda bisa coba pakai deterjen cair.

Cukup siapkan campuran deterjen cair dengan air hangat dan usap perlahan bagian yang kotor. Jika sulit, Anda bisa pakai sikat yang lembut agar nggak merusak kain sofa.

Tips Membersihkan Sofa

Selain menerapkan cara-cara di atas, Anda sebaiknya tahu beberapa tips bersihkan sofa agar tidak salah perawatan. Apa saja? Ini penjabarannya:

1. Ketahui Kode pada Label Sofa

Ketahui Kode pada Label Sofa
Source image: hydroclean.id

Sebelum membersihkan, Anda perlu pastikan cara tersebut aman agar tidak merusak kain sofa. Anda bisa tahu cara perawatan sofa terbaik lewat kode pada label. Karena biasanya setiap sofa punya kode tertentu. Lantas, kode apa saja yang tertera pada label sofa berbahan kain? Ini beberapa di antaranya:

  • (X): Ini adalah kode untuk perawatan kain sofa pakai vacuum cleaner atau jasa profesional.
  • (W): Kode perawatan kain sofa pakai produk berbahan dasar air.
  • (S): Perawatan kain pakai dry cleaning atau pelarut bebas air. Tujuannya buat menghilangkan noda dan kotoran.
  • (Ws): Perawatan kain pelapis bisa Anda bersihkan pakai produk berbasis air dan pelarut.
Baca Juga:  Panduan Cara Melihat Rekaman CCTV di HP dan Komputer

2. Siapkan Alat dan Bahan

Setelah mengetahui kode perawatan sofa, Anda perlu siapkan beberapa alat dan bahan. Misalnya, vacuum cleaner, kain lap mikrofiber, cuka, air sabun, deterjen, alkohol dan lainnya. Sediakan sesuai perawatan kode kain sofa yang ditentukan.

3. Keringkan Secara Optimal

Kalau pakai pembersih cair, diamkan sofa sampai kering. Anda bisa pakai hair dryer atau kipas angin. Namun, lebih baik keringkan sofa secara alami dengan paparan sinar matahari. Hanya saja, hindari menjemur sofa terlalu lama di bawah terik sinar matahari. Anda bisa buka ventilasi udara agar angin membantu pengeringan.

Sudah Tahu Cara Membersihkan Sofa Kain?

Nah, itu dia ulasan soal cara membersihkan sofa kain dari noda membandel dan tipsnya. Hindari hal yang dapat merusak kualitas kain sofa dan jangan pakai bahan pelarut yang dapat memudarkan warna kain. Akan jauh lebih baik kalau Anda terapkan cara dan tips di atas secara rutin buat hasil lebih maksimal.

Nah, kalau Anda merasa sofa masih tetap terasa kotor meski sudah dibersihkan berulang kali, mungkin beli yang baru bakal jadi solusi terbaik. Anda bisa beli furniture seperti sofa lewat marketplace Ukur.com. Seluruh produknya sangat berkualitas dengan garansi.

Pengiriman produknya juga tepat waktu dan praktis. Anda bahkan bisa dapat layanan pemasangan buat setiap produk. Tersedia berbagai jenis produk lain, seperti Furniture, Perkakas, Elektronik, Safety, dan lainnya. Nggak perlu ragu! Yuk, kunjungi situsnya dan buruan beli produknya!