Mengenal GRC, Konstruksi Modern yang Memiliki Banyak Fungsi

Mengenal GRC, Konstruksi Modern yang Memiliki Banyak Fungsi

GRC adalah salah satu bahan konstruksi bangunan modern yang saat ini sedang populer. Bahan konstruksi bangunan ini juga dikenal dengan beton bertulang serat kaca. Keberadaan bahan bangunan ini bisa membuat rumah Anda terlihat modern dan estetik. Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Bahan Bangunan GRC

GRC merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Concrete. Di Indonesia, konstruksi bangunan ini dikenal sebagai beton bertulang yang berserat kaca. Sebab, bahan konstruksi modern ini terbuat dari campuran beton, air, serat kaca, pigmen, aditif, dan bahan lainnya.

Selain memiliki tampilan menarik, GRC juga bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang membuat konstruksi bangunan ini berbeda dengan bahan bangunan lainnya.

Tampilan dan ciri khas tersebutlah yang membuat GRC menjadi pilihan utama pemilik rumah untuk menggunakannya. Rumah akan terlihat cantik, lebih modern, dan berbeda dengan lainnya.

Kelebihan Bahan Bangunan GRC
Source: bursabangunan.com

Kelebihan Bahan Bangunan GRC

Tidak hanya bisa mempercantik rumah, alasan lain kenapa bahan konstruksi GRC menjadi favorit banyak orang adalah bahan bangunan ini memiliki berbagai kelebihan, antara lain:

1. Kuat dan Tahan Lama

Kelebihan pertama adalah lebih kuat dan tahan lama. Karena GRC mampu menahan beban yang berat, sehingga cocok menjadi pilihan utama sebagai dinding bangunan atau rumah.

Selain itu, juga bisa tahan lama karena sifatnya yang tahan terhadap berbagai cuaca dan korosi. Nah, kelebihan dinding GRC ini terletak pada daya tahannya terhadap air yang tidak menimbulkan rembesan yang menembus dinding.

Penggunaan GRC di iklim tropis seperti Indonesia memang sangat tepat. Selain tahan dengan air, material ini juga tahan terhadap sinar matahari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dinding akan rusak saat terjadi perubahan cuaca.

Baca Juga:  10 Perekat Hebel Terbaik yang Bagus untuk Konstruksi Lebih Kuat

Menariknya lagi, dinding rumah yang menggunakan material GRC lebih halus, sehingga membuat rumah Anda terlihat lebih rapi. Tidak hanya tahan terhadap berbagai cuaca, dinding dengan material konstruksi ini juga tidak mudah terbakar.

Meski begitu, perawatan dinding yang menggunakan bahan GRC ternyata sangat mudah. Sebab, Anda hanya perlu mengganti panelnya jika sudah rusak.

2. Fleksibel dan Ringan

Kelebihan lainnya dari GRC adalah materialnya yang fleksibel dan ringan. Meski terbuat dari campuran beton, beratnya lebih ringan dari beton konvensional. Bahkan, material konstruksi ini 80% lebih ringan dari cladding beton.

Karena beratnya yang ringan, maka akan memudahkan proses pengiriman serta pemasangannya.

3. Tampilan yang Menarik

Tampilan yang menarik menjadi salah satu ciri khas dari GRC. Jika dibandingkan dengan material bangunan lainnya, material konstruksi ini memang memiliki tampilan yang lebih beragam.

Anda bisa memesan bentuk dan warna GRC sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, batu alam, terakota, kayu, panel halus, dan beton pracetak. Penampilan inilah yang nantinya membuat rumah Anda lebih modern, menarik, dan berbeda.

Penampilan GRC yang menarik, cocok Anda jadikan sebagai material bangunan indoor maupun outdoor.

4. Harga Terjangkau

Jika membandingkannya dengan bahan bangunan lainnya, harga material GRC lebih terjangkau. Hal ini akan membuat Anda lebih berhemat saat membangun atau merenovasi rumah.

Harga GRC board berukuran 1,2 x 2,4 dan tebal 4mm sekitar Rp55.000,00. Untuk jenis versaboard dengan ukuran dan tebal yang sama, harganya mencapai Rp60.000,00. Sedangkan untuk jenis silika sebesar Rp51.000,00.

Selain membuat Anda jadi lebih berhemat, murahnya harga GRC juga bisa membuat Anda mengalokasikan sisa budget untuk keperluan rumah lainnya.

Kekurangan Dinding GRC

Di balik kelebihannya, material GRC juga memiliki kekurangan seperti material dinding rumah lainnya. Berikut beberapa kekurangan dari dinding dengan material konstruksi ini yang perlu Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum membelinya:

  • Biaya custom lebih mahal, karena Anda harus memesan bentuk dan warnanya pada pabriknya secara langsung.
  • Ketersediaan sangat terbatas, sehingga Anda harus melakukan pre order, jika ingin memesan dalam jumlah yang banyak.
  • Pembuatan harus dilakukan di pabrik dan dilakukan oleh pekerja yang handal, agar kualitasnya terjamin.
Baca Juga:  Batako vs Hebel, Mana yang Paling Kuat untuk Membangun Rumah?

Beberapa kekurangan di atas bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan GRC sebagai bahan bangunan utama pada dinding atau bagian rumah lainnya.

beli partisi grc di ukur

Beli partisi grc di Ukur, Bisa Cicilan 0%!

Contoh Pengaplikasian GRC pada Rumah

Seperti penjelasan sebelumnya, keutamaan dari GRC adalah bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan rumah. Kebutuhan tersebut, seperti:

1. Cladding Exterior

Pertama, Anda bisa memanfaatkan bahan bangunan tersebut sebagai cladding exterior atau dinding rumah. Untuk kebutuhan satu ini, Anda harus memilih GRC yang memiliki ketebalan 8-12 mm.

Jika ingin menambahkan nilai estetika pada rumah, Anda bisa memilih bentuk yang memiliki nilai seni, seperti relief. Selain itu, pemasangan material GRC ini juga harus tepat dan rapi, agar hasilnya sesuai dengan harapan Anda.

2. Kubah

Pembuatan kubah juga bisa menggunakan material GRC. Sebab, bentuk kubah dengan material konstruksi ini lebih presisi, karena melalui proses percetakan.

Selain kubah, bahan ini juga bisa Anda gunakan untuk penutup plafon, penutup lantai, tiang bangunan, menara, hingga roaster.

Papan GRC juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat berbagai furniture, seperti meja, kursi, dan lainnya. Bahkan, material ini juga menjadi bahan utama membuat patung, pot bunga, dan dekorasi lainnya.

Pengaplikasian GRC pada Rumah
Source: pinhome.id

3. Sunscreen

Anda bisa mengatur cahaya matahari dan udara yang masuk ke rumah menggunakan material GRC sebagai sunscreen.

GRC menjadi bahan utama arsitektur modern untuk pembuatan sunscreen dalam rumah. Alasannya adalah karena proses pemasangan material tersebut lebih mudah dan efisien terhadap berbagai cuaca, salah satunya sinar matahari.

Bentuknya yang beragam akan menambah nilai estetika dalam ruangan rumah Anda nantinya. Sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan dengan jumlah yang pas, akan membuat Anda nyaman berada di dalam rumah.

Baca Juga:  Apa Itu Plint Lantai, Kegunaan, Jenis, dan Cara Pasangnya

4. Plafon

Dari banyaknya jenis material plafon rumah, salah satu bahan yang menjadi favorit arsitek dan kontraktor adalah GRC. Materialnya yang ringan dan tahan terhadap air inilah yang membuatnya cocok menjadi plafon rumah Anda. Selain itu, nilai estetika ruangan akan semakin menonjol berkat material konstruksi ini.

Jika ingin tampilan plafon berbeda dari plafon lainnya, Anda bisa memesan bentuk GRC pada pabriknya secara langsung. Jangan lupa memesan sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan! Sebab, pembuatan material konstruksi ini yang sifatnya custom, membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jadi, sebelum melakukan pemesanan, Anda harus mengukur luas plafon setiap ruangan, agar jumlah papan GRC tepat. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa memesan lebih banyak dari kebutuhan untuk berjaga-jaga jika terjadi kerusakan saat pemasangan.

Sudah Lebih Paham Tentang Bahan Bangunan GRC?

Memiliki rumah yang cantik, modern, dan kokoh adalah impian semua orang. Salah satu cara untuk mewujudkan impian tersebut adalah menggunakan material bangunan berkualitas seperti material GRC.

Tampilan GRC yang modern dan tahan lama menjadi salah satu alasan kenapa material bangunan tersebut semakin populer dan menjadi pilihan utama para kontraktor.

Jika Anda ingin merubah suasana rumah jadi lebih modern dan estetik, GRC adalah pilihan yang paling tepat. Nah, Anda bisa mendapatkannya di marketplace Ukur.com sesuai kebutuhan dengan harga terbaik. Selain itu, Ukur juga berani memberikan penawaran harga terbaik sekaligus jasa pemasangan!

Tak hanya Glassfiber Reinforced Concrete, Anda juga bisa menemukan material Lantai, Dinding & Plafon, Pintu & Jendela, Material Konstruksi lainnya, hingga Elektronik. Jadi, beli produk di Ukur.com dan Anda bisa memenuhi kebutuhan hunian Anda.