Jenis CCTV Rumah Terbaik, Perhatikan Karakteristiknya!

Jenis CCTV Rumah Terbaik, Perhatikan Karakteristiknya!

Tingkat kejahatan yang memprihatinkan pasti mendorong Anda untuk memberikan keamanan terbaik bagi keluarga. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan memasang CCTV. Namun sebelumnya, Anda perlu tahu dulu apa saja jenis CCTV terbaik dan tentunya recomended untuk keamanan rumah Anda.

Perlu Anda ketahui pula, CCTV yang biasa terpasang pada kantor dan rumah tidaklah jauh berbeda. Anda cukup mempertimbangkan pemilihannya berdasarkan budget dan kualitas yang ada. Simak saja artikel berikut ini agar Anda bisa menemukan pilihan terbaik.

Mengenal Karakteristik CCTV yang Berkualitas

Sebelum mengetahui apa saja jenis CCTV, Anda perlu mengenali karakteristik apa saja yang membuat kamera pengintai ini berkualitas. Berikut ini adalah 4 karakteristik yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli CCTV, yaitu:

1. Mampu Mengantarkan Informasi Warna Berskala Real Time

Salah poin penting dari output CCTV adalah bagaimana pengguna bisa mengenali objek dengan baik. Hal ini dapat tercapai apabila Anda memilih CCTV yang mampu menampilkan informasi warna secara real time dan akurat. Terlebih bagi tempat-tempat yang kurang pencahayaannya, sehingga objek tetap jelas.

2. Memiliki Detail yang Lengkap

Semakin lengkap detail yang tertangkap oleh layar, semakin lengkap pula informasi yang bisa Anda peroleh dari CCTV.

Oleh karena itu pastikan membeli kamera pengintai yang bukan hanya memiliki pencitraan hitam putih, tetapi juga mampu menangkap objek secara detail. Khususnya pada kasus pencurian akan sangat berguna.

Baca Juga:  Tips Menemukan Kombinasi Cat Rumah Warna Cream dan Orange

3. Tahan Terhadap Cuaca Ataupun Getaran

Karakteristik jenis CCTV satu ini sangat perlu Anda perhitungkan khususnya saat membeli kamera untuk outdoor. CCTV outdoor sudah pasti lebih rawan terkena cuaca ataupun getaran, sehingga membeli jenis yang cocok adalah keputusan yang tepat.

4. Memiliki Pengalaman Visual yang Baik

CCTV adalah kamera pengintai yang semestinya mampu menghasilkan visual baik karena nilai jual benda ini memang terletak pada bagian kameranya. Itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk membeli jenis terbaik yang memang mampu menghasilkan output gambar maksimal.

Jenis CCTV yang Cocok untuk Hunian Anda

Setiap keluarga pasti menginginkan kenyamanan dari CCTV yang mereka beli. Tentu sangat wajar mengingat benda elektronik satu ini semestinya juga bisa menjadi investasi jangka panjang. Berikut ini 7 jenis yang bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kebutuhan, yaitu:

1. Jenis CCTV Bullet Camera

Jenis CCTV Bullet Camera
Foto: ebay.co.uk

Sesuai dengan namanya, kamera pengintai satu ini memang memiliki bentuk bulat dan tampak memanjang mirip tabung.

Anda bisa menempatkannya pada tempat-tempat, seperti kantor, toko, mall, dan juga rumah dengan posisi berada di outdoor karena memang memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca dan getaran.
Bahkan, jenis CCTV untuk rumah satu ini sudah dilengkapi dengan fitur waterproof dan juga bentuk yang kokoh, sehingga aman untuk segala cuaca.

Kelebihan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan objek yang fokus pada area tertentu secara terus menerus.

2. Jenis CCTV Dome Camera

Jenis CCTV Dome Camera
Foto: velacctv.com

Kelebihan yang cukup menonjol dari CCTV ini adalah memiliki kelengkapan lampu inframerah, sehingga mampu menghasilkan visual yang maksimal bahkan pada tempat-tempat yang minim cahaya sekalipun.
Bentuknya mirip seperti setengah lingkaran dan fungsinya memang lebih maksimal untuk sistem keamanan.

Dome Camera terbilang model yang sangat modern dan cukup banyak digunakan oleh publik.
Pasalnya, kecanggihannya yang mampu diintegrasikan dengan sistem keamanan lebih besar, semisal NVR (Network Video Recorder) dan DVR (Digital Video Recorder) yang berfungsi merekam serta menyimpan video.

Baca Juga:  Kenali Apa itu Bahan Partikel Board, Karakteristik, Hingga Jenisnya

3. Jenis CCTV PTZ Camera

Jenis CCTV PTZ Camera
Foto: ebay.co.uk

Hampir mirip dari segi bentuk degan CCTV dome, kamera jenis ini memiliki kelebihan yang cukup banyak.

Kelebihan pertama bisa dilihat dari namanya, yakni PTZ yang merupakan singkatan dari Pan (kemampuan rotasi horizontal), Tilt (kemampuan rotasi vertikal) dan Zoom (kemampuan memperbesar gambar).

Kebanyakan pengguna memilih menempatkan PTZ Camera di tempat parkir outdoor, bandara, ataupun pusat perbelanjaan.

Alasannya karena jangkauan dari CCTV ini terbilang luas. Meski begitu, Anda juga bisa menggunakannya di rumah karena kamera ini juga termasuk fleksibel.

4. Jenis CCTV Day and Night Camera

Jenis CCTV Day and Night Camera
Foto : Pinterest

Jenis kamera CCTV ini memiliki kelebihan dalam kemampuan penangkapan cahaya. Bahkan saat keadaan backlight pun atau lensanya terkena cahaya terik matahari, alat ini tetap mampu merekam objek dengan jelas.

Artinya, tidak ada nada perbedaan gambar antara pagi, siang, ataupun malam apabila Anda menggunakan alat ini.

Selain itu, Day and Night Camera juga termasuk CCTV tanpa internet, sehingga Anda tidak harus berlangganan wifi untuk mengoperasikannya. Ukurannya yang mini juga membuat pemasangan CCTV ini menjadi lebih fleksibel.

5. Jenis CCTV IP Camera

Jenis CCTV IP Camera
Foto : Pinterest

Kepanjangan dari kamera satu ini adalah Internet Protocol Camera, sehingga salah satu kelebihannya adalah dapat terhubung ke koneksi internet.

Dengan begitu, Anda bisa mengawasi secara real time apa saja gambar yang tertangkap dalam CCTV tersebut dan memasangnya di tempat yang mudah terlihat.

Anda bisa melihat contohnya pada toko-toko yang biasanya menempatkan layar pengawasnya di dekat kasir, sehingga pihak kasir juga bisa mengetahui apabila ada kejadian yang ganjal.

Selain itu, dari segi kualitas gambar yang dihasilkan, kamera ini mampu menghadirkan tampilan yang jernih.

Baca Juga:  Kayu Solid: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

6. Jenis CCTV HD Camera

Jenis CCTV HD Camera
Foto: walmart.com

Kelebihan CCTV HD Camera terletak pada hasil gambarnya yang HD. Biasanya, kamera CCTV akan menangkap gambar seadanya atau bisa dibilang memiliki kualitas yang rata-rata.

Namun, teknologi high definition yang ada di dalamnya akan membuat gambar lebih terang. Terlebih jenis CCTV ini merupakan keluaran terbaru.

Berdasarkan spesifikasi yang melekat pada jenis kamera pengintai ini, Anda bahkan tidak hanya bisa memasangnya di rumah, tetapi juga cocok untuk kebutuhan bisnis seperti toko, kantor, atau lahan parkir.

Pada cara cek kendaraan kena tilang CCTV jenis kamera inilah yang mampu menangkap detail nomor kendaraan.

7. Jenis CCTV Explosion-Proof

Jenis CCTV Explosion-Proof
Foto : Pinterest

Jika Anda memiliki tempat atau lahan berbahaya, seperti tempat penambangan, kilang minyak, atau pabrik, sangat disarankan untuk menggunakan jenis satu ini.

Alasannya karena ada fitur explosion proof yang memungkinkan kamera ini tahan terhadap ledakan.
Kamera yang bisa tersambung pada koneksi internet juga akan membuat Anda lebih mudah, apabila ingin melakukan pengawasan secara real time.

Meski kamera ini cocok untuk tempat-tempat berbahaya, Anda tetap bisa memasangnya sebagai keamanan di dalam rumah.

Sudah Lebih Mengenal Karakteristik dan Jenis-Jenis CCTV?

Melalui pengetahuan soal jenis CCTV yang bagus, Anda bisa memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Untuk pembeliannya, Anda bisa mempercayakan pada Ukur.com. Di marketplace ini Anda bisa menemukan berbagai jenis jenis CCTV dan harganya yang sangat terjangkau dan berkualitas.

Selain itu, ada juga garansi resmi dan layanan pengiriman yang cepat. Selain CCTV, Anda juga bisa membeli segala kebutuhan rumah, seperti Kulkas, Mesin Cuci, Furniture hingga Sanitary. Cuma Ukur.com yang berani kasih murah untuk produk berkualitas. Dapatkan kebutuhan hunian Anda di Ukur.com hari ini!