Ukuran Kursi Bar yang Tepat dan Tips Memilihnya

Ukuran Kursi Bar yang Tepat dan Tips Memilihnya

Ukuran kursi bar minimalis biasanya bisa disesuaikan ketinggiannya agar pas dengan kebutuhan. Hal tersebut terjadi karena biasanya jenis kursi ini memiliki tuas. Umumnya, bagian-bagian kursi bar adalah sandaran, pijakan kaki, dan tempat duduk yang tinggi.

Jenis kursi ini tidak cuma digunakan di kafe, Anda bisa memakainya untuk membuat bar kecil di rumah. Keindahan ruang makan pasti akan bertambah asalkan desain kursi yang Anda pilih selaras dengan konsep. Yuk, simak tips memilih dan ukurannya di sini!

Apa Itu Kursi Bar?

Kursi yang biasa disebut bar tools ini biasa untuk duduk dan menikmati makanan ringan atau minuman, sehingga bantalan kursi di atasnya bisa dibilang agak kecil. Terdapat sandaran kaki di bagian bawah kursi tempat Anda dapat mengistirahatkan kaki untuk menambah kenyamanan.

Jika Anda punya mini bar di dapur rumah, kursi ini merupakan perabot pelengkap yang penting. Kursi bar akan terlihat sempurna di samping area meja bar yang tinggi.

Tips Memilih Ukuran Kursi Bar yang Tepat

Jika ingin memakai semua furnitur yang Anda beli bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama, maka jangan ambil keputusan pembelian secara sembarangan. Termasuk saat Anda memilih kursi bar. Berikut beberapa tipsnya:

1. Bahan / Material

Anggaran Anda mungkin menjadi kendala dalam memilih kursi bar berkualitas terbaik. Umumnya, bahan yang berkualitas untuk kursi ini memang agak mahal. Hanya saja, ini akan menjadi investasi jangka panjang yang baik.

Bahan terbaik akan menghasilkan kursi bar yang kuat, bergaya, dan tahan lama. Kebanyakan kursi ini akan menggunakan bahan kayu, metal, atau plastik. Anda sebaiknya pilih sesuai selera dan budget.

Baca Juga:  Ukuran Parket Kayu dan Harganya di Pasaran

2. Cari Fitur yang Diinginkan

Penting untuk Anda sadari bahwa ada beberapa macam bar tools yang dapat meningkatkan kenyamanan. Kursi ini tersedia dalam dua jenis, yaitu kursi dengan sandaran tangan atau dengan sandaran punggung dan kaki. Carilah fitur yang benar-benar membuat Anda sukai.

Ada pula jenis kursi kayu berputar yang menyerupai kursi kantor. Serta kursi dengan jok kayu sederhana berlapis kain dan bantalan agar lebih nyaman.

Selain itu, terdapat bangku yang dapat disesuaikan ketinggian dan panjangnya. Namun, model ini berguna jika Anda sering berpindah-pindah duduk. Lewat kursi ini, Anda bisa menggunakan kursi adjustable yang praktis.

3. Sesuaikan dengan Tinggi Meja

Ingat! Tidak semua bar tools bersifat adjustable. Jadi, jika khawatir terlalu pendek dan menyulitkan Anda mengambil benda dari meja, coba pastikan ukuran kursi bar dan meja dulu sebelum membeli. Anda sebaiknya mengukur jaraknya dari permukaan lantai ke permukaan meja.

Setelah mengetahui ukurannya, maka Anda bisa memilih mana ukuran kursi yang paling pas. Sebagai patokan pasti, Anda bisa pilih kursi punya perbedaan sekitar 25-30 cm lebih rendah dari meja.

4. Pastikan Lebarnya

Ketika mendesain dapur dari awal, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah berapa banyak kursi yang perlu digunakan. Selain itu, pastikan dulu dapur memiliki cukup ruang untuk menaruhnya.

Lebar ideal meja bar untuk setiap kursi adalah antara 50 dan 75 sentimeter. Serta memiliki tambahan 12 hingga 15 sentimeter untuk lengan dan ruang akses per kursi.

5. Pilih Warna yang Anda Mau

Sebenarnya, warna sama sekali tidak penting saat memilih kursi. Namun, karena kursi adalah hiasan di rumah Anda, tentu tidak ada salahnya kalau Anda mempertimbangkan warna.

Kebanyakan bar tools memiliki warna netral dan hanya memiliki satu corak. Hal tersebut membuat bangku tidak terlihat murahan dan memungkinkannya cocok di berbagai tempat.

Baca Juga:  5 Inspirasi Model Plafon Triplek Ruang Tamu Minimalis

Namun, Anda harus tetap memperhatikan warna dan coraknya. Siapa tahu Anda bisa menemukan sesuatu yang sesuai dengan gaya rumah. Anda juga bisa memilih warna atau pola yang mencolok, ini menjadi cara membuat kursi menjadi titik fokus dalam ruangan.

ukuran kursi bar
Foto: Freepik

Ukuran Kursi Bar Sesuai dengan Bahannya

Agar semakin mantap, Anda bisa meninjau ukuran dan referensi bahan kursi berikut ini untuk menghindari pengambilan keputusan yang salah:

1. Ukuran Kursi Kayu

Kursi ini memiliki desain yang tegas, simpel, dan minimalis dengan sandaran yang tidak terlalu tinggi. Anda dapat menggunakannya untuk memasang minibar di rumah dengan gaya Skandinavia. Kesan dapur akan jauh lebih unik dan natural dengan adanya kursi ini.

Ukuran kursi bar kayu ini adalah 75 cm. Biasanya, meja dengan tinggi sekitar 107–110 cm cocok menjadi pasangannya. Anda bisa pilih kursi dengan bantalan sofa yang empuk atau kayu seutuhnya.

2. Ukuran Kursi Industrial

Estetika industri menjadi semakin populer belakangan ini. Buat Anda yang ingin memberikan kesan lebih maskulin pada ruangan, desain ini juga cocok untuk Anda terapkan. Anda pilih kursi dengan warna hitam.

Kemudian, di atas meja, Anda bisa memajang dekorasi lampu gantung bergaya industrial yang terbuat dari rangkaian garis. Ini akan membuat ruangan tetap terasa luas sekaligus memberikan kesan nyaman pada mini bar.

Ukuran tempat duduk untuk mini bar industrial paling cocok adalah sekitar 102–109,5 cm. Ini juga menjadi pilihan paling tepat kalau Anda punya tinggi meja antara 120 dan 125 cm. Jika mengubah ketinggian kursi dengan lebih mudah, Anda bisa pilih kursi yang memiliki tuas.

3. Ukuran Kursi Outdoor

Tidak hanya di ruang makan, Anda bisa menggunakan kursi bar di area luar rumah. Agar terlihat lebih simpel, Anda bisa pilih kursi tanpa sandaran. Ini juga akan mempermudah Anda jika ingin memindah-mindahkannya.

Baca Juga:  Apa Itu Galvanis? Pengertian dan 3 Jenis Metode Galvanisasi

Kursi minimalis ini cocok untuk meja dengan tinggi berkisar antara 96 ​​hingga 110 cm, karena tingginya sekitar 76 cm. Kursi ini bisa terbuat dari berbagai bahan, contohnya seperti dudukan berbahan kayu dan kaki dari besi.

4. Ukuran Kursi Besi

Jenis kursi besi cocok untuk Anda yang ingin menciptakan kesan maskulin dan minimalis dalam ruangan. Ukuran kursi bar besi dengan tinggi 87 cm bisa jadi pilihan jika Anda menyukai kursi yang lebih besar.

Anda juga bisa menggunakan ukuran ini untuk meja bar yang tingginya antara 107 hingga 110 cm. Pilihlah kursi dengan dudukan busa jika ingin waktu bersantai bersama keluarga lebih nyaman.

5. Ukuran Kursi Marmer

Anda mau ciptakan kesan mewah dan elegan pada dapur? Coba pilih kursi bar dengan bahan marmer. Jika meja bar Anda sudah menggunakan marmer, pilih bar tools yang memiliki warna dan corak senada.

Anda bisa pilih kursi dengan sandaran yang tidak terlalu tinggi 73-81 cm. Ukuran ini akan sangat cocok dengan meja dengan tinggi 105 cm sampai 110 cm.

jual kursi bar
Dapatkan kursi bar berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Lebih Paham Mengenai Ukuran Kursi Bar?

Ukuran kursi bar bukanlah aspek yang boleh Anda abaikan saat merancang dan memilih perabot untuk ruang bar. Anda bisa pilih bahan yang paling sesuai dengan konsep ruangan agar terlihat selaras dan tidak bertabrakan.

Jika tertarik untuk membeli, Anda bisa mendapatkan kursi dengan kualitas terbaik di Ukur.com. Selain untuk mencari kursi, Anda bisa membeli aneka kebutuhan rumah lainnya, seperti furniture, dinding & plafon, hingga fasad & atap.

Pengiriman barang juga terjamin dan cepat. Jika membutuhkan jasa pemasangan profesional, Ukur.com juga siap menyiapkannya untuk Anda. Gimana? Tertarik untuk belanja kebutuhan bagunan? Yuk, segera kunjungi Ukur.com dan check out baranya sekarang!