Cara Memasang GRC untuk Dinding Secara Benar dan Aman

Cara Memasang GRC untuk Dinding Secara Benar dan Aman

Cara memasang GRC untuk dinding menjadi informasi yang sekarang banyak dicari. GRC atau GlassFiber Reinforced Concrete merupakan sejenis beton yang memiliki tambahan serat dan berfungsi sebagai penguat.

GRC juga menjadi bahan yang berkualitas dan berasal dari zat fiber. Untuk bentuk fisiknya memang hampir sama seperti triplek, tetapi mempunyai durability yang lebih kuat. Lalu bagaimana cara memasang bahan tersebut?

Begini Cara Memasang GRC untuk Dinding

Meskipun bentuknya seperti triplek, daya tahan GRC terkenal sangat kuat. Kemudian, permukaannya juga sangat halus sehingga tak sedikit orang mulai tertarik untuk menggunakan bahan tersebut.

Harga yang relatif lebih tinggi bahkan bukan lagi menjadi halangan untuk memilih bahan GRC board ini. Lalu seperti apa cara pemasangan GRC board untuk dinding yang benar?

1. Siapkan Semua Bahan yang Anda Butuhkan

Sebagai langkah pertama, Anda harus mempersiapkan semua bahan serta alat yang Anda perlukan. Tentunya, Anda harus menyiapkan papan GRC dulu yang ukurannya juga Anda sesuaikan dengan dinding hunian.

Bagi yang bingung, Anda bisa memakai ukuran standar yang panjangnya 2.440 mm serta lebar 1.220 mm. Lalu, untuk ketebalannya silakan memilih sesuai kebutuhan, mulai 4 mm sampai 10 mm.

Tak kalah penting, ketika Anda melakukan pemesanan GRC board, pastikan Anda membelinya di toko bangunan terpercaya. Bisa juga dengan meminta tolong orang berpengalaman untuk melakukan pembelian GRC board. Lalu persiapkan juga alat-alat seperti palu, paku khusus, cat khusus, plamir, dempul, kuas, air, dan sebagainya.

2. Bersihkan GRC

Sebelum memulai cara pasang GRC dinding, Anda perlu membersihkan permukaan GRC board. Bersihkan secara perlahan dan merata hingga tak ada debu maupun partikel yang masih menempel. Adanya debu maupun partikel lain berpotensi mempengaruhi hasil pemasangan nantinya.

Baca Juga:  10 Cara Pasang Bondek dan Tipsnya Agar Hasilnya Bagus

Bagaimana cara membersihkannya? Anda cukup mengelapnya memakai kain basah. Setelah itu, Anda tinggal membiarkannya sampai kering.

3. Proses Pemasangan

Sekarang masuk ke cara memasang GRC untuk dinding. Di sini, Anda harus melakukan pengukuran terhadap luasan GRC sesuai kebutuhan. Pastikan bahwa setiap lembarnya sudah menutupi tembok bangunan secara pas.

Anda bisa memakai paku yang berukuran sedang untuk menempelkan GRC. Selanjutnya, pastikan juga bahwa jarak antar GRC board masih sesuai jarak yang disarankan serta tidak renggang. Untuk jaraknya yakni sekitar 5 sampai 7 cm sehingga GRC tak mudah retak.

Proses tersebut Anda lakukan secara berulang pada dinding yang memang memerlukan GRC. Pada akhirnya, GRC board pun sudah menutupi semua bagian dinding secara rapi.

4. Penambahan

Ketika pemasangan GRC, umumnya Anda akan menemukan bagian dinding yang masih belum tertutup. Sebenarnya ini wajar dan bisa terjadi pada siapa saja. Terutama untuk tembok yang memang tidak presisi dengan potongan-potongan GRC.

Pada kasus ini, Anda tak perlu khawatir. Jika Anda mengalaminya, maka Anda cukup melakukan penambahan saja. Caranya yaitu dengan memotong GRC board lalu menyesuaikannya dengan bagian atau dinding yang ingin Anda tambal.

5. Proses Pendempulan

Proses instalasi GRC board dapat Anda selesaikan dengan pendempulan. Sebuah proses yang bertujuan untuk memperhalus sambungan-sambungan GRC board yang sebelumnya telah terpasang.

Adapun proses pendempulan ini bisa Anda lakukan dengan mencampurkan dempul dengan air. Campurkan pada wadah lalu aduk secara merata. Selanjutnya, gunakan skrap saat proses pengaplikasiannya ke bagian-bagian sambungan sampai rapi.

6. Proses Mengaplikasikan Plamir

Cara memasang GRC untuk dinding yang keenam adalah proses mengaplikasikan plamir. Pada tahap ini, Anda perlu mencampurkan air dengan plamir secukupnya. Silakan ikuti penjelasan yang terdapat pada kemasan plamir sehingga takarannya sesuai.

Baca Juga:  7 Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow Mudah untuk Pemula

Selanjutnya, Anda aplikasikan plamir ke semua permukaan papan GRC. Pastikan Anda melakukannya secara merata dan rapi. Lalu, diamkan selama beberapa saat sampai tembok mengering secara sempurna.

7. Tahap Pengecatan

Ketika Anda sudah memastikan bahwa plamir sudah kering, sekarang Anda dapat menerapkan cat ke dinding. Silakan mengecatnya sesuai warna yang Anda inginkan. Untuk cat yang Anda pakai dapat berupa cat khusus yang memang diperuntukkan untuk papan fiber semen.

Namun, Anda juga bisa menggunakan cat tembok biasa. Silakan memilihnya sesuai selera dan buat tampilan dinding secantik mungkin dengan pemilihan warna cat yang tepat.

Cara Memasang GRC untuk Dinding
Source: freepik.com

Kenapa Memilih GRC Board Sebagai Pengganti Plesteran?

Ada banyak alasan mengapa banyak yang memilih produk GRC sebagai pengganti plesteran. Berikut beberapa keunggulan dari bahan tersebut.

  1. Bobotnya ringan: salah satu alasan pertama yaitu karena bobotnya ringan. Bahan GRC ini bisa Anda pindahkan dengan mudah sehingga tak perlu mengeluarkan banyak tenaga.
  2. Tahan air dan api: meskipun ringan, namun tentang durability-nya tak perlu diragukan. Produk yang satu ini sudah terbukti dan teruji tahan terhadap guyuran hujan serta tak mudah terbakar.
  3. Harga terjangkau: terkait harga memang sifatnya relatif. Ada yang mengatakan harganya cukup mahal namun tak sedikit yang berpendapat bahwa harga GRC board masih lumayan terjangkau.
  4. Bisa indoor dan outdoor: produk ini bisa Anda pilih apakah ingin Anda pasang di dalam atau luar ruangan. Namun, umumnya memang untuk pemakaian indoor.
  5. Pengerjaan praktis: karena bobotnya yang ringan, proses pengerjaan menggunakan bahan GRC cenderung lebih praktis. Tak memerlukan waktu lama dan pemasangan pun bisa selesai dalam waktu singkat.

Bisakah GRC untuk Outdoor?

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa Anda bisa memasang GRC board untuk kebutuhan outdoor. Akan tetapi, pada prosesnya Anda perlu memperhatikan dimensi GRC dengan ukuran dinding.

Secara umum, bahan tersebut memiliki ukuran standar. Jika Anda membelinya di pasaran, maka ukuran panjang standar yang Anda dapatkan yaitu 2.440 mm serta lebarnya 1.220 mm.

Baca Juga:  Mudah! Begini 3 Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

emudian, untuk ketebalannya mulai 4 mm, 5 mm, 6 mm, 8 mm, hingga 10 mm.

Sekadar informasi, sebaiknya Anda melakukan pemesanan secara inden. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan GRC board dengan ukuran yang sesuai kebutuhan dinding rumah Anda.

beli produk partisi grc di ukur

Beli partisi grc berkualitas di Ukur, Nikmati cicilan 0% dan proses pengiriman cepat!

Berapa Harga GRC Board?

Informasi selanjutnya yaitu seputar berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli papan GRC. Adapun terkait harganya sendiri cenderung berbeda karena menyesuaikan ketebalannya.

Namun berikut informasi seputar harga perkiraannya. Jadi, Anda bisa memperkirakan berapa dana yang mesti Anda siapkan:

GRC dengan ketebalan 4 mm, harganya sekitar Rp50.000,00 per lembarnya

Kemudian untuk GRC dengan ketebalan 12 mm, maka harganya sekitar Rp120.000,00 per lembar

Bagi yang ingin melakukan pembelian GRC board, silakan memastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda. Ukurlah secara tepat sehingga ketika ingin membeli GRC board, Anda bisa menyiapkan anggaran yang pas.

Berapa Lama Ketahanan GRC?

Plafon ini bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama. GRC board mempunyai ketahanan sampai 25 tahun. Ketahanannya pun bahkan lebih baik daripada plafon gypsum.

Gampang Bukan Cara Memasang GRC untuk Dinding?

Sekian pembahasan seputar bagaimana cara memasang GRC untuk dinding. Jika Anda sedang mencari tempat terpercaya untuk mendapatkan GRC board dan bahan-bahan kebutuhan rumah lainnya, Anda bisa membelinya di Ukur.com.

Selain itu, Ukur merupakan marketplace yang menyediakan berbagai produk mulai dari perkakas, dinding & plafon, hingga peralatan safety yang berkualitas. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, produk di UKUR.com cukup terjangkau sehingga aman untuk kantong Anda.