Material Gypsum: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya untuk Bangunan

Material Gypsum: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya untuk Bangunan

Saat memilih bahan bangunan, Anda perlu selektif demi mendapatkan material yang cocok, kualitas bagus, dan pastinya harga sesuai budget. Kalau Anda sedang memilih material untuk dinding dan plafon rumah, papan gypsum adalah pilihan yang tepat.

Pasalnya, bahan ini lebih kokoh tapi tetap ringan daripada material lain. Harganya pun sudah pasti lebih terjangkau. Informasi lebih lanjut mengenai material ini, simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Gypsum?

Gypsum atau gipsum adalah salah satu mineral alami yang biasanya untuk bahan bangunan. Material ini terdiri dari kalsium sulfat dihidrat yang biasanya berbentuk padat atau kristal putih jernih atau berwarna.

Bahan ini termasuk mineral yang mengendap karena adanya konsentrasi ion-ion oleh penguapan. Saat kadar garam atau suhunya tinggi, bahan ini bisa berubah menjadi basanit atau anhidrit yang sulit larut dalam air sehingga jarang sekali ditemukan dalam bentuk halus (pasir).

Karena bentuknya memang unik, material ini sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Contoh yang lebih familiar adalah untuk bahan pengobatan tangan patah, obat-obatan, produk kecantikan, dan pupuk tanaman.

Di Indonesia sendiri, produsen gipsum ada di Kalimantan dan Jawa Barat. Mereka mengolah bahan ini menjadi papan gipsum yang bagus untuk material gedung, rumah, atau bangunan lainnya.

Banyak orang menyebut bahan ini sangat cocok untuk pembuatan plafon, sekat partisi, dan dinding bangunan. Selain itu, gipsum juga dinilai punya kualitas kekuatan yang baik dan tahan terhadap api, sehingga tak heran kalau saat ini banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Sifat Material Gypsum

Gipsum memiliki sifat dan karakteristik unik yang membuatnya cocok untuk bahan bangunan. Sifat tersebut seperti:

  • Strukturnya mengandung air kristal dalam jumlah besar
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • Tahan api
  • Kualitas kekakuan baik
  • Bisa mengurangi pantulan suara
  • Bisa mengontrol kelembaban dengan baik
  • Ringan
Baca Juga:  7 Inspirasi Keramik Model Marmer untuk Lantai Rumah Elegan

Jenis Gypsum untuk Bangunan

Jenis Gypsum untuk Bangunan
Source: lamudi/journal

Setelah mengenal sifat dan karakternya, sekarang Anda perlu tahu apa saja jenis-jenisnya. Dari sekian banyak jenis gipsum berdasarkan untuk bahan bangunan, berikut beberapa di antaranya:

1. Perforated

Gipsum jenis ini sangat cocok untuk mempercantik langit-langit ruangan karena memiliki plafon gypsum motif menarik yang bisa menambah nilai sisi dekoratif ruangan. Jadi jika Anda mencari gipsum untuk plafon, Anda bisa jadikan jenis perforated sebagai salah satu pilihan.

2. Reguler

Jenis ini merupakan material gipsum yang dibungkus dalam kertas dan kerap dipakai sebagai plafon bangunan. Salah satu kelebihan dari jenis gipsum ini adalah dapat Anda cat atau pelitur agar lebih cantik dan tahan lama.

Proses pemasangan gipsum reguler pun terbilang mudah. Anda hanya perlu merekatkannya dengan sekrup, paku, atau bahkan lem.

3. Laminasi PVC

Kalau ingin ruangan tampak mewah, pakailah gypsum jenis laminasi PVC. Gipsum ini memiliki berbagai motif yang mampu memberikan keindahan dan kesan mewah pada ruangan. Tak hanya indah, perawatannya tidak sulit dan mudah dibersihkan. Jadi Anda tidak perlu kerepotan.

4. Tahan Air

Jika Anda ingin cari gipsum untuk kamar mandi, pilih jenis produk yang tahan air. Gipsum tahan air umumnya dilengkapi dengan bahan lilin atau silikon yang sifatnya waterproof sehingga sangat cocok sebagai sekat partisi ruangan basah seperti kamar mandi, dapur, dan lainnya.

5. Tahan Api

Salah satu jenis gipsum juga ada yang memiliki sifat tahan api. Jenis ini cocok untuk Anda yang menginginkan ruangan lebih aman untuk orang-orang tersayang.

Gipsum tahan api ini terbentuk dengan cara membenamkan serat kaca saat proses pembuatan. Gunanya supaya gipsum lebih kuat dan tahan terhadap api.

Baca Juga:  Plafon Drop Ceiling: Karakteristik dan Jenisnya

Selain itu, keunggulan gipsum jenis ini bisa menahan suhu panas dari luar ruangan. Ini sangat pas untuk Anda gunakan sebagai dinding dapur, tembok ruangan luar, dekat tungku perapian, dan tungku memasak.

beli produk Gypsum di UKUR

Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Gypsum di UKUR!

6. Peredam Suara

Jika Anda butuh material yang mampu meredam suara, gipsum peredam suara adalah pilihan tepat. Jenis gipsum ini memiliki kemampuan peredam suara supaya suara dalam ruangan tidak terdengar sampai luar serta dapat meredam gaung dan gema.

Kemampuan dari material ini sangat dibutuhkan untuk beberapa ruangan seperti peredam suara kamar tidur supaya privasi Anda lebih terjaga. Selain itu, material ini juga bisa menciptakan kenyamanan bagi penghuni lainnya tanpa terganggu suara bising dari ruangan.

Namun minusnya, gipsum jenis ini tidak cocok diletakkan pada ruangan suhu ekstrim karena bisa merusak kualitas gipsum yang Anda gunakan.

Fungsinya untuk Bangunan

fungsi gypsum
Source: freepik.com

Ada beberapa fungsi gypsum untuk konstruksi bangunan. Di antara fungsi tersebut yaitu:

1. Panel Partisi

Partisi adalah penyekat yang memisahkan ruangan satu dengan ruangan lain. Anda bisa membuat panel partisi dari gypsum yang dicampur dengan bahan lainnya seperti karton dan serat.
Bahan ini kedap suara dan dapat meningkatkan akustik ruangan sehingga bisa lebih menjaga privasi dan keamanan ruangan.

2. Bahan Pengikat

Material ini juga cocok sebagai bahan pengikat untuk pembuatan semen, mortar, dan plester. Gipsum bubuk yang bercampur dengan air dan membentuk pasta bisa mengeras menjadi lapisan plester kuat. Plester inilah yang bisa Anda gunakan untuk meratakan permukaan dinding dan mengisi celah atau retakan pada bangunan.

3. Plafon

Selain itu, gipsum bisa untuk berbagai desain plafon rumah. Bahan ini punya kekuatan baik, mudah pemasangannya, dan ringan sehingga bisa membentuk plafon yang halus dan rata. Ia juga punya kemampuan menyerap suara dan menambah estetika pada ruangan.

Baca Juga:  Ukuran TV 40 Inch Berapa Cm? Ini Jawaban dan Ukuran Lainnya

4. Dinding Kamar Mandi

Untuk dinding kamar mandi, sekarang Anda juga bisa menggunakan bahan gipsum. Sifatnya yang tahan air dan benturan membuat bahan ini sangat cocok untuk kamar mandi.

Bedanya dengan batu bata, material gipsum lebih mudah Anda bentuk. Jadi, gipsum bisa jadi alternatif untuk kamar mandi Anda.

Mengapa Gypsum adalah Material Bagus untuk Bangunan?

Ada beberapa alasan mengapa material ini adalah pilihan tepat untuk Anda. Alasan-alasan tersebut adalah:

  • Perawatan dan perbaikannya mudah
  • Harga lebih murah
  • Desain fleksibel, bisa bentuk bertingkat, bentuk kubah, dan lain-lain
  • Tidak mudah jamuran
  • Bisa membuat plafon tampak mulus dan rata
  • Anti rayap
  • Pemasangan cepat
  • Mudah Anda temukan di pasaran

Kekurangan Gypsum untuk Bangunan

Tidak hanya kelebihan, Anda perlu mempertimbangkan kekurangan dari material ini seperti:

  • Ada jenis gipsum yang tidak tahan air atau kelembaban tinggi, sehingga kalau terkena air dalam jangka waktu lama, kekuatannya bisa menurun dan cepat rusak. Jadi, sebaiknya pilih material yang tahan air untuk ruangan basah.
  • Tidak tahan benturan yang kuat.
  • Kekuatannya terbatas sehingga umumnya untuk bangunan interior dan non-struktural.
  • Bisa menyerap kelembaban udara di lingkungan dengan kelembaban tinggi tapi dampaknya bisa mengurangi kekuatan dari material ini sendiri.

Tertarik Menggunakan Gypsum untuk Bangunan?

Gypsum adalah solusi bahan bangunan berkualitas dengan harga terjangkau. Dapatkan dengan mudah berbagai jenis gypsum board berkualitas di marketplace UKUR.com.

Anda juga bisa memilih kebutuhan hunian lainnya seperti furniture, sanitary, perkakas, barang elektronik, dan lain-lain. Dengan berbelanja di sini, Anda bisa mendapatkan harga terjangkau lengkap dengan pemasangannya.

Tidak hanya itu, UKUR.com juga memberikan garansi dan fasilitas pengiriman cepat untuk Anda sehingga tak perlu khawatir saat berbelanja bahan bangunan. Belanja di UKUR.com, praktis, cepat, dan murah.