2 Cara Merubah TV LED ke TV Digital, Mudah Dilakukan!

2 Cara Merubah TV LED ke TV Digital, Mudah Dilakukan!

Cara merubah TV LED ke TV Digital saat ini banyak dibicarakan. Hal tersebut karena adanya kebijakan baru yang menghapus sinyal analog untuk televisi. Anda harus mengikuti perubahan ini supaya tidak ketinggalan zaman. Dalam ulasan berikut ini, Anda akan diajak melakukan langkah-langkah pengaturan TV digital.

2 Cara Merubah TV LED ke TV Digital

2 Cara Merubah TV LED ke TV Digital
Foto : pricebook.co.id

Pada dasarnya, terdapat 2 cara menjadikan TV LED ke TV Digital, yaitu menggunakan STB (Set Top Box) dan tanpa STB. Keduanya mudah Anda lakukan dengan mengikuti tutorial berikut ini.

1. Cara Setting TV Digital tanpa STB

Sebelum mengubah TV LED Anda ke TV digital, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Pertama, Anda harus tahu apakah di wilayah rumah Anda sudah terjangkau siaran digital atau belum.

Selanjutnya Anda bisa memasang antena UHF indoor dan outdoor seperti biasa. Pastikan arah antena dan ketinggiannya sudah sesuai dengan lokasi pemancar. Apa itu antena UHF? Singkatnya, antena tersebut berfungsi untuk menangkap sinyal digital.

Anda juga perlu memastikan apakah TV sudah memiliki kemampuan untuk menerima siaran digital DVB-T2 atau belum.

Pastikan kabel TV dan antena telah tersambung dengan posisi yang benar.

Anda bisa memilih menu pengaturan untuk proses selanjutnya. Untuk pencarian sinyal TV digital, Anda bisa memilih DTV. Sementara siaran ATV adalah pilihan untuk mencari siaran analog.
Selanjutnya Anda bisa melakukan auto scan sampai menemukan kanal TV digital yang Anda inginkan.

2. Menggunakan STB (Set Top Box)

STB (Set Top Box)
Foto : analisadaily.com

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah membeli STB. Anda membutuhkan STB DVBT2 untuk menjalankan TV digital. STB merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi suara dan gambar yang dapat tampil pada layar TV analog biasa.

Pemasangan STB tidak sulit, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda hanya perlu memasukkan kabel konektor untuk video dan audio yang ada pada pesawat televisi. Apabila TV anda sudah menggunakan LED atau LCD, Anda hanya perlu memasang kabel pada lubang yang ada di bagian samping atau belakang televisi.

Baca Juga:  Cara Instalasi Water Heater Listrik Secara Tepat, dan Aman

Anda bisa menuju menu AV untuk mulai menonton siaran digital seperti pada televisi analog. Siaran digital juga harus Anda cari terlebih dahulu seperti pada siaran analog.

Apabila telah memiliki STB, Anda tidak perlu mengganti televisi yang sudah ada. Jadi, Anda akan lebih hemat daripada membeli televisi baru. STB hanya berfungsi mengubah sinyal, penangkapan sinyal masih dilakukan oleh antena digital.

Nah, selain membeli STB, Anda juga harus membeli antena untuk menangkap sinyal. Antena bisa Anda beli secara online maupun offline tergantung preferensi masing-masing. Harga antena TV digital indoor terbaik ada bermacam-macam tergantung merknya.

Apa Itu LED TV dan TV Digital?

Setelah mengetahui cara merubah TV LED ke TV digital, mungkin Anda masih bingung dengan perbedaan antara keduanya. Berikut ini adalah penjelasan yang akan membantu Anda memahami perbedaan antara TV LED dan digital.

LED TV

LED TV
Foto : amazon

Mungkin Anda masih bingung apa itu TV analog dan digital. Melalui penjelasan ini Anda akan memahaminya secara perlahan. LED merupakan singkatan light-emitting diode. Televisi LED memiliki cara kerja yang mirip dengan panel LCD.

Bedanya, TV LED mengandalkan lampu diode sebagai sumber cahayanya. Lampu diode sendiri adalah penghantar arus listrik yang memancarkan cahaya. Apabila Anda memiliki TV LED, maka panel yang TV Anda gunakan adalah LCD yang memanfaatkan pencahayaan dari LED.

LCD memiliki pencahayaan dari neon yang ada pada bagian belakang layar, sedangkan LED menggunakan cahaya dari diode yang ada pada bagian-bagian tepi televisi. Hal tersebut menyebabkan layar TV LED lebih tipis daripada layar TV LCD.

Beberapa kelebihan TV LED yang bisa Anda rasakan antara lain gambar yang lebih jelas dan dan energi yang lebih hemat daripada TV LCD.

TV Digital

TV Digital
Foto : eraspace.com

Selain TV LED dan TV LCD, saat ini ada juga yang namanya TV digital. TV digital adalah jenis televisi yang siarannya sudah menggunakan sinyal digital dengan sistem kompresi. Karena menggunakan teknologi yang lebih maju, maka tak heran bahwa TV digital memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada TV analog.

Baca Juga:  4 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari, Rapi dan Anti Kusut!

Saat ini, perubahan siaran dari analog ke digital mulai digalakan. Jadi, pastikan Anda telah mengetahui perubahan tersebut dan segera menyesuaikan dengan kebijakan yang ada. Anda harus tahu bagaimana cara merubah TV LED ke TV digital.

Bentuk TV digital dan tabung memiliki perbedaan yang signifikan. TV tabung atau analog memiliki bentuk tebal dan mengembang, sedangkan TV digital bentuknya lebih tipis dan ramping.

Ketebalan tersebut berpengaruh pada berat televisi. TV digital memiliki berat yang cukup ringan sehingga memudahkan pemasangannya. Hal yang membuat TV analog berat adalah tabung di dalamnya.

Biasanya, terdapat alat tambahan seperti bracket TV pada jenis digital. Pemasangan alat tambahan tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah namun tidak sembarangan. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara pasang bracket TV.

Siaran TV digital biasa disebut dengan DTV. Perbedaan siaran ini yang menjadi pembeda utama antara TV digital dan analog. Untuk merasakan fitur tersebut, Anda perlu memiliki alat bernama STB atau set top box. Alat tersebut akan melakukan konversi sinyal sehingga Anda bisa menikmati sinyal digital pada TV lama Anda.

Jika Anda ingin membeli TV digital baru pun tak masalah. Biasanya TV digital hadir dengan fitur digital video broadcasting terrestrial second generation. Teknologi ini yang bertugas menerima sinyal digital yang selanjutnya diubah menjadi tayangan televisi. Apabila TV Anda memiliki fitur ini, Anda tidak perlu membeli STB dan antena digital.

4 Cara Menyeting TV Digital

Anda masih bingung bagaimana cara setting TV digital? Ikuti langkah-langkahnya dalam ulasan berikut.

1. Pastikan TV Mendukung Saluran Digital

Sebelum Anda mencari cara merubah TV LED ke TV digital, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa TV Anda mendukung fitur tersebut. Hal ini perlu Anda pastikan terlebih dahulu karena TV analog tidak bisa menangkap sinyal digital tanpa bantuan STB.

Anda bisa melakukan pengaturan saluran digital tanpa STB dengan catatan TV Anda memiliki spesifikasi yang sesuai untuk melakukannya.

2. Cari Jangkauan TV Digital

Terdapat langkah-langkah untuk mencari jangkauan TV digital dalam cara mengaktifkan TV digital, antara lain:

  1. Pertama, Anda bisa melakukan pencarian saluran menggunakan aplikasi (SinyalTVDigital)
  2. Setelah aplikasi terunduh, nyalakan fitur lokasi pada perangkat Anda.
  3. Buka aplikasi SinyalTVDigital kemudian klik ikon Sinyal.
  4. Pilihlah salah satu stasiun TV kemudian tekan See Mux Detail.
  5. Di dalam ikon Galeri yang terletak pada kanan bawah layar, terdapat informasi mengenai jenis layanan, sinyal, kanal/frekuensi, dan lain sebagainya.
Baca Juga:  6 Cara Mengecat Tembok yang Lembab dan Berjamur, Mudah!

3. Cari Saluran dalam Setting Digital

Adapun cara mencari saluran dalam setting digital antara lain sebagai berikut:

  • Selanjutnya Anda bisa masuk ke menu pengaturan pada TV.
  • Tekan opsi Pengaturan kemudian tekan opsi Program
  • Selanjutnya pilih menu Auto Tuning untuk proses pencarian siaran TV digital.
  • Pilih antara 2 opsi, yaitu dengan antena atau DB2.
  • Pilih opsi menggunakan Antena atau DB2.
  • Tekan Start untuk memulai pencarian.

4. Pastikan TV Menangkap Saluran Digital

Hal paling penting dalam cara mengubah TV LED ke TV digital yang perlu Anda ingat adalah memastikan TV bisa menangkap sinyal digital. Setelah semua proses Anda lakukan, tunggu sejenak sampai siaran digital terbaca oleh layar.

Anda bisa melihat informasi sinyal apa saja yang tersimpan pada televisi. Jika Anda melihat simbol DTV, maka Anda bisa melihat informasi jumlah program yang tertangkap TV. Tunggu hingga semua proses selesai dan Anda bisa menikmati menonton program favorit.

Salah satu siaran paling ramai adalah Google TV. Sebab, Google TV adalah siaran TV yang siarannya real time dan Anda bisa mengakses konten favorit, seperti Youtube atau Disney Plus.

Set Top Box
Dapatkan set top box berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Beli STB Resmi Kominfo di Ukur.com

Cara mengubah TV LED ke dalam bentuk digital cukup mudah. Apabila Anda mengikuti langkah-langkah dengan seksama, pasti kini Anda sudah menikmati siaran program favorit Anda. Jika masih kurang jelas, mintalah bantuan kepada orang yang lebih paham, misalnya para penjual STB.

Anda masih bingung di mana harus membeli STB? Tak perlu khawatir! Ukur.com menyediakan banyak tipe dan seri STB yang sesuai dengan spesifikasi TV Anda. Langsung menuju Ukur.com untuk memilih STB terbaik dan melakukan pembelian.

Marketplace Ukur.com menyediakan banyak produk STB dan alat elektronik lainnya dari toko terpercaya dan berkualitas tinggi. Misalnya televisi atau TV, speaker, hingga proyektor. Menariknya lagi, hanya Ukur.com yang menjual barang dengan harga terjangkau sekaligus layanan pemasangannya.