8 Cara Menghilangkan Noda Putih di Lantai Marmer yang Aman

Cara Menghilangkan Noda Putih di Lantai

Lantai marmer menjadi pilihan tepat untuk menambah sentuhan elegan dan kemewahan pada interior rumah. Namun, keindahannya bisa terganggu oleh munculnya noda putih. Tapi, jangan khawatir! Ada berbagai cara menghilangkan noda putih di lantai yang bisa Anda coba.

Hanya perlu menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, Anda bisa membersihkan noda di lantai marmer dengan mudah dan tentunya aman. Apa saja bahan-bahan tersebut? Simak jawabannya di sini!

Cara Menghilangkan Noda Putih di Lantai Marmer

Menghilangkan noda membandel di lantai bisa menjadi tugas yang menantang. Namun menggunakan bahan-bahan ini, Anda dapat mengembalikan kilau alami lantai marmer tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk layanan profesional. Berikut adalah 8 bahan yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Sabun Cuci Piring

Sabun Cuci Piring
Foto: Kompas.com

Cara menghilangkan noda di lantai marmer yang pertama adalah menggunakan sabun cuci piring. Dengan sifatnya yang mampu memecah lemak dan kotoran, sabun cuci piring dapat mengangkat noda putih tanpa merusak permukaan marmer.

Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat untuk membentuk larutan pembersih. Setelah itu, gunakan kain lembut atau spons untuk mengaplikasikan larutan ini pada noda putih dengan gerakan memutar.

Gosok perlahan, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan permukaan dengan kain untuk mengembalikan kilau lantai marmer Anda.

Selain dapat membersihkan noda di lantai, Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring sebagai cara mengkilapkan marmer yang kusam. Sangat bermanfaat, bukan?

Baca Juga:  4 Cara Memperbaiki TV yang Tidak Tampilkan Gambar dan Suara

2. Amonia

Amonia
Foto: Tokopedia

Cara menghilangkan noda putih pada lantai berikutnya adalah dengan menggunakan amonia. Bahan ini sangat ampuh untuk membersihkan noda yang membandel. Namun, perlu Anda ingat bahwa amonia bersifat korosif, sehingga penggunaannya harus hati-hati.

Campurkan amonia dengan air dalam jumlah tertentu sesuai petunjuk pada kemasan.

Gunakan sarung tangan dan masker untuk melindungi kulit dan pernapasan Anda dari paparan amonia yang berbahaya. Kemudian pakai kain yang dibasahi larutan amonia untuk membersihkan noda putih dengan gerakan melingkar.

Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan keringkan permukaan dengan kain bersih. Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari penumpukan gas amonia yang berbahaya.

3. Cairan Pembersih Lantai dengan Kandungan Lembut

Cairan Pembersih Lantai dengan Kandungan Lembut
Foto: BP Guide

Menggunakan pembersih lantai juga bisa menjadi cara menghilangkan noda putih di lantai marmer. Pastikan untuk memilih produk yang memang dirancang khusus untuk membersihkan lantai marmer tanpa merusak permukaan.

Caranya, gunakan cairan pembersih ini dengan kain lembut atau mop untuk membersihkan noda putih dengan gerakan memutar.

Pastikan untuk menggosok secara perlahan namun menyeluruh, terutama pada area yang terdapat noda putih. Setelah selesai membersihkan, bilas permukaan dengan air bersih dan keringkan.

4. Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian
Foto: LOTTE Mart

Pemutih pakaian juga bisa menjadi pilihan yang efektif sebagai cara menghilangkan noda putih pada lantai. Namun, pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati agar tidak merusak warna atau tekstur lantai marmer.

Anda bisa mencampurkan pemutih pakaian dengan air dalam jumlah yang sesuai, lalu gunakan kain atau spons untuk mengaplikasikan campuran ini pada noda putih.

Gosok perlahan namun pastikan telah merata. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain.
Ingat, pastikan untuk menguji pemutih terlebih dahulu pada area kecil yang tidak terlihat untuk memastikan tidak ada efek negatif pada lantai marmer Anda.

Baca Juga:  Ternyata Begini Cara Mengepel Lantai Granit Sampai Mengkilap

5. Deterjen Cair

Deterjen Cair
Foto: Kompas.com

Cara menghilangkan noda putih di lantai marmer juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan deterjen cair. Tentu Anda tidak asing dengan deterjen cair, bukan?

Namun, pastikan untuk memilih deterjen yang tidak mengandung bahan kimia yang keras dan aman digunakan pada permukaan lantai marmer.

Cara yang harus Anda lakukan, campurkan deterjen cair dengan air hangat untuk membuat larutan pembersih. Lalu gunakan kain untuk mengaplikasikannya pada area marmer yang terkena noda putih.

Kemudian gosok perlahan untuk mengangkat noda. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih agar lantai marmer Anda kinclong kembali.

6. Baking Soda

Baking Soda
Foto: Taste of Home

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan noda putih di lantai marmer.

Bahan dapur yang satu ini rupanya juga bisa menjadi cara menghilangkan noda putih di lantai. Pasalnya, baking soda adalah bahan alami yang efektif dalam membersihkan noda di berbagai permukaan, termasuk lantai.

Campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta yang dapat diaplikasikan langsung pada noda putih.

Biarkan pasta tersebut meresap selama beberapa saat agar dapat mengangkat noda dengan baik, kemudian gosok perlahan dengan sikat lembut atau spons.

Baking soda tidak hanya membersihkan noda putih, tetapi juga meninggalkan lantai dengan aroma segar dan bersih. Sehingga, penggunaan baking soda juga sangat efektif menghilangkan bau tak sedap.

7. Garam dan Jeruk Nipis

Garam dan Jeruk Nipis
Foto: Tribun Jabar – Tribunnews.com

Kombinasi antara garam dan jeruk nipis rupanya memiliki efek pembersihan yang baik untuk noda. Kedua bahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengembalikan kilap lantai marmer seperti baru
Sebab, garam berfungsi sebagai agen abrasif yang membantu mengangkat noda. Sedangkan, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang efektif dalam melarutkan noda.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pencurian: Memahami, Strategi, dan Peran CCTV

Caranya pun cukup mudah. Anda bisa mencampurkan garam dengan perasan jeruk nipis untuk membuat pasta, lalu oleskan pada noda yang ada di lantai. Selain mudah ditemukan, garam dan jeruk nipis harganya cukup terjangkau.

Oleh karena itu, kombinasi kedua bahan ini bisa menjadi cara efektif menghilangkan noda putih di lantai marmer Anda.

Gosok perlahan dengan kain atau spons, kemudian bilas dengan air bersih. Metode ini tidak hanya membersihkan noda putih, tetapi juga memberikan aroma segar dan alami di lingkungan sekitar.

8. Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida
Foto: Tribun Jatim – Tribunnews.com

Cara menghilangkan noda putih di lantai berikutnya adalah menggunakan hidrogen peroksida atau H₂O₂. Bahan ini memiliki wujud cairan bening dengan lebih kental ketimbang air, dengan warna biru pucat.

Sebagai peroksida paling sederhana, hidrogen peroksida umum digunakan untuk bahan oksidator, pemutih, dan antiseptik.

Anda bisa mengoleskan hidrogen peroksida pada noda putih menggunakan kain, dan biarkan beberapa saat agar dapat meresap dengan baik.

Setelah itu, gosok perlahan untuk mengangkat noda putih secara menyeluruh. Metode ini tidak hanya membersihkan noda putih, tetapi juga meninggalkan permukaan marmer dengan kesan segar dan bersih.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Noda Putih di Lantai Marmer yang Aman?

Cara menghilangkan noda putih di lantai marmer bisa Anda lakukan secara mudah menggunakan bahan yang tersedia di sekitar. Bagi Anda yang ingin merenovasi atau mempercantik rumah dengan lantai marmer indah, seperti marmer travertine kunjungi Ukur.com sekarang juga!

Selain marmer, produk unggulan untuk penuhi kebutuhan hunian impian juga tersedia. Mulai furniture, perkakas, elektronik hingga material konstruksi. Anda dapat menikmati pengalaman belanja yang aman, harga terjangkau, serta layanan pengiriman cepat. Lengkapi rumah impian dengan produk berkualitas di Ukur.com!