8 Cara Menghilangkan Karat pada Besi yang Ampuh dan Efektif

cara menghilangkan karat pada besi

Perbedaan besi dan baja yang paling nyata adalah ketahanannya terhadap karat. Maka dari itu, permasalahan utama yang sering terjadi di benda berbahan besi adalah karat. Kondisi ini tentu bisa merusak perabotan maupun peralatan yang Anda miliki. Jadi, Anda perlu memahami cara menghilangkan karat pada besi.

Jangan khawatir, ada beberapa bahan sederhana yang bisa Anda gunakan di rumah untuk membersihkan besi yang berkarat. Misalnya, cuka, air perasan lemon, hingga saos tomat. Penasaran bagaimana penerapan cara mengatasi karat pada besi? Simak ulasan di bawah ini sampai selesai!

8 Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Ada banyak bahan yang bisa Anda gunakan untuk cara menghilangkan karat di besi, baik itu bahan alami maupun bahan kimia, seperti berikut:

1. Baking Soda

Baking Soda
Foto: Sajian Sedap – Grid.ID

Salah satu bahan makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat pada besi adalah baking soda. Caranya, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air secukupnya. Pastikan baking soda mengental seperti pasta gigi dan tidak terlalu encer.

Oleskan pasta baking soda ini pada permukaan benda yang berkarat secara merata. Diamkan selama beberapa jam, lalu sikat karat tersebut secara perlahan dengan sikat gigi bekas. Apabila permukaan sudah bersih dari karat, bilas dengan air dan keringkan dengan kain.

2. Aluminium Foil

Aluminium Foil
Foto: Tokopedia

Cara hilangkan karat pada besi juga bisa Anda lakukan menggunakan aluminium foil. Bagaimana cara menggunakannya? Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain memotong sedikit aluminium foil dan mencelupkannya ke dalam air atau cuka. Selanjutnya, gosokkan aluminium foil pada bagian besi yang berkarat.

Baca Juga:  Begini Cara Cleaning Printer (Epson, Canon, HP, Brother)

3. Kombinasi Lemon dan Garam

Kombinasi Lemon dan Garam
Foto: Garam Industri – PT Sumatraco Langgeng Abadi

Kandungan asam pada lemon bisa menjadi cara menghilangkan karat pada besi yang efektif. Dalam hal ini, Anda perlu mengkombinasikan dengan garam. Cara melakukannya adalah dengan menaburkan sedikit garam pada permukaan benda yang berkarat.

Setelah itu, Anda perlu meneteskan air perasan lemon. Biarkan lemon dan garam ini saling bereaksi di permukaan karat selama kurang lebih 2 jam. Selanjutnya, Anda bisa menggosok permukaan benda dengan sikat atau kawat besi sampai karat menghilang.

4. Air Cuka

Air Cuka
Foto: Tribun Shopping – Tribunnews.com

Bahan alami selanjutnya adalah memanfaatkan berbagai jenis cuka, seperti cuka dapur dan cuka apel. Cara untuk menggunakan cuka adalah merendam bagian karatnya ke dalam tempat yang berisi air cuka. Lakukan perendaman ini selama 24 jam atau satu malam.

Setelah itu, Anda perlu mengeluarkan benda berkarat dari rendaman cuka dan menggosok permukaannya dengan sikat kawat atau sikat gigi bekas. Apabila masih ada karat yang tersisa di permukaan, Anda bisa merendam kembali dalam waktu yang lebih lama.

Setelah semua karat menghilang, cuci benda tersebut menggunakan sabun dan air sampai bersih. Kemudian, keringkan. Menariknya, cuka sangat ampuh membersihkan karat secara permanen.

5. Oli Bekas

Oli Bekas
Foto: ARAH Environmental Indonesia

Anda punya oli bekas di rumah? Jangan dibuang! Oli bekas bisa Anda manfaatkan kembali untuk menghilangkan karat pada besi. Karena tekstur oli bekas yang licin mampu meluruhkan bercak hitam, noda, dan karat pada besi secara efektif.

Untuk mengaplikasikannya, Anda juga perlu menggunakan sarung tangan, agar tidak kotor. Lalu, oleskan oli secara merata dan gosok perlahan selama proses penghilangan karat menggunakan oli bekas.

Baca Juga:  Berapa Tinggi Ideal Plafon Rumah? Mari Cari Tahu!

6. Rust Remover

Rust Remover
Foto: Tokopedia

Apabila menggunakan bahan alami masih belum bisa menghilangkan karat sepenuhnya, Anda bisa mencoba menggunakan bahan kimia seperti rust remover. Rust remover merupakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan karat pada besi.

Caranya penggunaannya, rendam besi yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam dengan rust remover. Lama waktu yang diperlukan untuk membersihkan karat tergantung pada usia atau banyak tidaknya karat yang ada. Selanjutnya, sikat permukaan besi sampai semua karat terangkat.

7. Saos Tomat

Saos Tomat
Foto: Blibli.com

Siapa sangka jika saos tomat ternyata cukup ampuh untuk mengatasi besi berkarat. Karena kandungan asam asetat pada saos tomat berperan penting untuk mengatasi karat pada besi, tembaga, kuningan, maupun stainless steel.

Kemudian, cara menghilangkan karat pada besi menggunakan saos tomat yaitu hanya dengan mengoleskannya di permukaan yang berkarat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, gosok permukaan tersebut menggunakan sikat besi sampai karat menghilang. Anda juga perlu membilas dengan air dan mengeringkannya setelah itu.

8. Sabun Cuci Piring

Fungsi lain dari sabun cuci piring adalah untuk membantu membersihkan benda berkarat. Cara penggunaannya pun mudah. Anda bisa meneteskan atau mengoleskan sabun cuci piring secara merata di permukaan benda berkarat. Selanjutnya, masukkan air secukupnya dan gosok permukaan karat sampai bersih.

Penyebab Besi Berkarat

Anda kini sudah mengetahui bagaimana cara menghilangkan karat pada besi dengan berbagai bahan. Lantas, sebenarnya apa yang membuat besi lebih mudah berkarat atau mengalami kerusakan? Berikut ini beberapa penyebab yang paling umum:

1. Kelembaban Udara

Penyebab terjadinya karat atau korosi pada besi adalah kelembaban udara yang tinggi. Semakin tinggi tingkat kelembapan udara, akan menyebabkan besi lebih cepat mengalami korosi. Ini karena partikel pada energi kinetik yang semakin besar, sehingga memicu munculnya karat.

Baca Juga:  Ternyata Begini Cara Mengepel Lantai Granit Sampai Mengkilap

2. Suhu

Selain kelembapan udara, suhu juga bisa mempercepat proses korosi pada besi. Adanya molekul air dan oksigen yang meningkat pada suhu yang lebih tinggi, akan lebih mudah menembus permukaan logam dan bereaksi dengan besi. Reaksi inilah yang menimbulkan adanya karat.

3. Zat Kimia

Karat pada besi juga dapat terjadi akibat adanya paparan bahan kimia tertentu. Misalnya, zat kimia garam. Zat ini mampu menyebabkan pagar besi yang berada di area dekat laut lebih mudah mengalami pengaratan. Ada pula elektrolit atau zat asam yang mudah berikatan dengan oksigen di udara dan menimbulkan karat.

Sebagai alternatif, apabila Anda tidak ingin bermasalahan dengan karat atau korosi, galvalum adalah bahan bangunan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk keperluan atap, dinding, dan rangka struktur rumah.

jual besi
Dapatkan aneka jenis besi berkualitas dengan harga diskon di UKUR!

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Karat pada Besi?

Berdasarkan ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada banyak bahan alami dan bahan kimia yang efektif untuk membersihkan karat pada besi. Beberapa bahan tersebut, antara lain baking soda, aluminium foil, kombinasi air lemon dan garam, air cuka, oli bekas, rust remover, saos tomat, dan sabun cuci piring.

Sementara penyebab terjadinya korosi, antara lain suhu dan kelembaban udara yang tinggi serta paparan zat kimia tertentu. Meski demikian, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan bahan bangunan terbaik dan bersifat anti karat dari toko online Ukur.

Ukur adalah supplier bahan bangunan yang menawarkan berbagai material, mulai dari besi, beton, stainless steel, dan sejenisnya. Tersedia pula berbagai ukuran besi hollow atau jenis besi lainnya sesuai kebutuhan Anda. Cari tahu lebih lanjut ketersediaan bahan bangunannya dengan berkunjung ke website Ukur sekarang!