9 Perbedaan TV LED dan LCD yang Perlu Diketahui Sebelum Beli

9 Perbedaan TV LED dan LCD yang Perlu Diketahui Sebelum Beli

Ketika hendak membeli televisi, kita akan mendapat pilihan antara TV LED dan TV LCD. Namun, apakah Anda benar-benar memahami perbedaan kedua jenis TV ini? Pemahaman yang baik tentang perbedaan TV LED dan LCD akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik ketika memilih TV yang sesuai kebutuhan.

Yuk, intip pembahasan apa itu TV LED dan TV LCD, serta delapan perbedaan penting di antara keduanya. Mari kita mulai.

Apa itu TV LED?

Apa itu TV LED?
Foto: Blibli.com

Apa kepanjangan dari LED? LED adalah light emitting diode, yaitu semikonduktor yang menghasilkan cahaya ketika arus listrik melewatinya. Sebagai televisi berbasis LED, TV ini menggunakan teknologi LED untuk menghasilkan cahaya latar belakang pada layar.

Jadi, TV LED memanfaatkan LED untuk memberikan cahaya latar belakang pada layar, yang kemudian menghasilkan gambar.

Apa itu TV LCD?

Apa itu TV LCD?
Foto: BukaReview

Sementara itu, apa kepanjangan dari LCD? LCD adalah kepanjangan dari liquid crystal display. Oleh karena itu, televisi berbasis LCD menggunakan teknologi lapisan cairan kristal yang berada di antara dua panel kaca.

Ketika memberikan arus listrik pada lapisan cairan kristal, mereka akan memungkinkan atau memblokir cahaya yang lewat, menciptakan gambar.

Selain itu, TV LCD sering memerlukan lampu latar belakang (backlight) untuk memberikan cahaya pada layar, yang berupa lampu fluorescent atau cold cathode fluorescent lighting (CCFL).

8 Perbedaan TV LED dan LCD

Perbedaan TV LED dan LCD
Foto: YouTube

Penasaran apa beda TV LED dan LCD? Untuk mengetahui perbedaan apa saja dari televisi LED dan LCD, simak penjelasan di bawah ini.

1. Teknologi Pencahayaan Belakang

Pertama, sesuai namanya, TV LED menggunakan light-emitting diode (LED) sebagai sumber pencahayaan. LED ini dapat berada di sepanjang pinggir layar (edge-lit) atau langsung di belakang layar (full-array).

Baca Juga:  6 Jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

Keunggulan model edge-lit adalah ia lebih tipis tetapi sering terdapat masalah yang berkaitan dengan kecerahan. Sementara model full-array dengan local dimming menawarkan kontrol yang lebih baik atas kecerahan dan kontras.

Sedangkan TV LCD menggunakan cold cathode fluorescent lighting (CCFL) untuk pencahayaan. CCFL berukuran lebih besar dan kurang efisien secara energi dari pada LED sehinga membuat TV LCD lebih tebal.

Selain itu, cahaya LED memiliki beberapa keunggulan lainnya dibandingkan CCFL. Pertama, LED lebih efisien dalam menghasilkan cahaya, lebih tahan lama, dan lebih dapat dikendalikan. Tak hanya itu, LED mampu menghasilkan warna yang lebih akurat dan hidup sehingga menciptakan gambar yang lebih realistis.

2. Resolusi dan Kualitas Visual

Kedua, perbedaan penting antara TV LED dan TV LCD adalah resolusi dan kualitas visual yang dihasilkan. TV LED cenderung memiliki resolusi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jelas.

Selain itu, TV LED dengan resolusi tinggi ini juga memungkinkan Anda untuk menikmati detail gambar yang lebih halus dan lebih akurat. Jika Anda mencari kualitas visual yang superior, TV LED menjadi pilihan yang lebih baik.

Ditambah lagi, TV LED juga unggul dalam hal reproduksi warna. Pasalnya, LED mampu menghasilkan warna yang lebih akurat dan hidup, sehingga menciptakan gambar yang lebih realistis. Bahkan, TV LED full-array dengan local dimming dapat memberikan hitam yang lebih dalam dan rasio kontras yang lebih baik.

Maka dari itu, pilihan yang ideal untuk menonton film, bermain game, maupun Anda tambahkan fitur TV box Android terbaik atau Google TV adalah TV LED karena kualitas visualnya lebih baik.

3. Ketebalan, Desain, dan Area Tampilan

TV LED biasanya lebih tipis dan memiliki desain yang lebih ramping karena teknologi pencahayaan LED lebih kompak. Desain yang kompak tersebut juga menghasilkan TV yang lebih ringan.

Oleh karena itu, LED lebih mudah pemasangannya di dinding dengan cara pasang bracket TV yang mudah atau Anda letakkan di ruangan yang lebih kecil. Selain itu, TV LED juga tersedia dalam berbagai ukuran yang lebih besar, sehingga Anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan ruang dan preferensi Anda.

Baca Juga:  Mengenal Ukuran Besi Hollow, Fungsi, Jenis, dan Keunggulannya

Sedangkan CCFL pada LCD memiliki ukuran lampu yang lebih besar sehingga pencahayaan CCFL cenderung membuat TV LCD lebih tebal. TV LCD dengan CCFL lebih berat karena ukuran tabungnya. Namun, beberapa TV LCD modern memiliki desain yang lebih tipis dengan menggunakan pencahayaan LED edge-lit.

4. Efisiensi Energi, Besar Daya Listrik dan Umur Pakai

Perbedaan TV LED dan LCD ke-4 adalah dari efisiensinya. TV LED lebih efisien secara energi dari pada TV LCD dengan pencahayaan CCFL. Pasalnya, LED menggunakan daya yang lebih rendah dan menghasilkan lebih sedikit panas, sehingga mengurangi tagihan energi.

LED sebagai sumber cahaya latar belakang juga memiliki umur pakai yang lebih panjang dari pada lampu latar belakang tradisional pada TV LCD. Jadi, dengan TV LED, Anda dapat menikmati TV dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa perlu mengganti lampu latar belakang.

tv led
Dapatkan TV LED berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

5. Tingkat Kekontrasan

TV LED memiliki tingkat kekontrasan yang lebih tinggi dari TV LCD berkat kontrol yang tepat atas zona LED individual. Artinya, perbedaan antara warna hitam dan putih pada layar juga akan lebih jelas. Kontras yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih mendalam.

6. Lama Waktu Pengalihan

Perbedaan TV LED dan LCD berikutnya adalah dari lamanya waktu pengalingan. Waktu pengalihan adalah waktu yang diperlukan oleh layar untuk merespon perubahan gambar. TV LED memiliki waktu pengalihan yang lebih cepat daripada TV LCD karena memerlukan daya yang lebih sedikit.

Karena waktu pengalihan yang lebih cepat, maka TV LED mampu menampilkan gambar bergerak dengan lebih mulus dan tidak banyak efek kabur. Jika Anda membeli TV untuk menonton olahraga atau bermain game, maka TV LED lebih cocok.

7. Komponen Penyusun

Ketika membandingkan TV LED dan TV LCD, perlu mempertimbangkan juga bahan-bahan dan komponen penyusun dalam konstruksi keduanya. TV LED menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan dalam pembuatannya. Selain itu, TV LED cenderung menghasilkan lebih sedikit panas saat digunakan.

Baca Juga:  Serupa Namun Tak Sama! Ketahuilah 8 Perbedaan Granit dan Marmer

Sebaliknya, TV LCD, terutama model lama, cenderung menggunakan bahan-bahan yang lebih berat dan memerlukan pendinginan tambahan. Inilah yang membuat TV LCD lebih tebal dan berat dari pada TV LED.

TV LED merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda peduli dengan dampak lingkungan dan ingin mengurangi jejak karbon berkat bahannya yang lebih ramah lingkungan.

8. Sudut Pandang

Perbedaan TV LED dan LCD selanjutnya, TV LED memiliki sudut pandang yang lebih baik berkat teknologi yang lebih canggih dan kemampuan mengontrol pencahayaan dengan lebih tepat.

Sementara itu, TV LCD memiliki sudut pandang yang lebih sempit, yang artinya kualitas gambarnya dapat memburuk jika Anda menonton dari sudut yang ekstrim.

9. Harga

Terakhir, salah satu pembanding yang wajib Anda pertimbangkan adalah faktor harga. Pasalnya, bagaimanapun juga, barang yang kita pilih haruslah sesuai dengan budget yag kita miliki. Nah, TV LED umumnya lebih mahal daripada TV LCD tradisional karena kualitas gambar yang lebih baik dan efisiensi energinya.

TV LCD
Dapatkan TV LCD berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Beli TV LED atau LCD di Ukur Yuk!

Saat Anda mempertimbangkan untuk membeli TV baru, pastikan untuk memahami perbedaan TV LED dan LCD. Secara ringkas, TV LED umumnya dianggap lebih unggul dibandingkan dengan TV LCD tradisional.

Pasalnya, TV LED menawarkan kualitas gambar yang lebih baik, efisiensi energi yang lebih tinggi, dan desain yang lebih ramping. Namun, ada variasi dalam TV LED itu sendiri, dengan model full-array dengan local dimming, yang lebih unggul dalam hal kualitas gambar dibandingkan dengan model edge-lit.

Pilihannya tentu tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan Anda. Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran juga ya!

Jika Anda sedang mencari TV LCD maupu LED, maka Anda bisa mengandalkan marketplace Ukur.com. Selain itu, temukan berbagai peralatan elektronik lainnya, mulai dari speaker, air purifier, hingga CCTV yang tersedia di Ukur. Dapatkan juga penawaran khusus dan manfaatkan berbagai fitur yang tersedia di Ukur!