5 Jenis-Jenis Karpet untuk Kamar Tidur dan Cara Memilihnya

5 Jenis-Jenis Karpet untuk Kamar Tidur dan Cara Memilihnya

Untuk memperindah tampilan kamar tidur terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memilih jenis karpet untuk kamar tidur yang tepat. Penggunaan karpet akan memberikan kesan dan nuansa yang berbeda pada kamar Anda.

5 Jenis Karpet untuk Kamar Tidur

Penambahan karpet pada kamar tidur akan menjadikan ruangan menjadi lebih nyaman. Itulah pentingnya memilih karpet yang sesuai untuk kamar tidur Anda. Berikut adalah 5 jenis karpet untuk lantai kamar tidur yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu:

1. Karpet Woll

Karpet Wol
Foto : properti.kompas.com

Karpet woll merupakan karpet dengan material bulu yang sangat cocok untuk kamar tidur. Teksturnya yang tebal, empuk, dan hangat membuat suasana di kamar menjadi lebih nyaman.

Perawatan karpet jenis ini juga cukup mudah, Anda tidak perlu membersihkannya setiap hari. Pasalnya, karpet jenis ini tidak mudah kotor. Teksturnya yang lembut membuat karep woll sangat cocok untuk kamar tidur balita.

Salah satu kekurangan dari karpet ini adalah harganya yang cukup mahal. Namun, perihal keawetan karpet ini cukup tahan banting, karena mampu bertahan dalam waktu yang lama.

2. Karpet Shaggy

Karpet Shaggy kamar tidur
Foto : amazon.co.uk

Karpet shaggy adalah karpet yang terbuat dari serat panjang dan lembut. Serat tersebut merupakan campuran dari serat sintetis dan woll. Penggunaan karpet shaggy di kamar tidur banyak ditemui di hunian mewah.

Kelebihan dari pemilihan karpet shaggy adalah teksturnya yang lembut, sehingga sangat nyaman di kaki.

Selain itu, tersedia berbagai warna yang dapat Anda pilih untuk mempercantik kamar. Bahkan, penggunaan karpet shaggy di dalam kamar tidur akan membantu meredakan suara.

Untuk perawatannya, Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner setiap harinya. Pastikan karpet segera dibersihkan apabila terkena noda basah, sehingga tidak meninggalkan bekas.

Baca Juga:  GRC Board: Pengertian, Ukuran, Kegunaan, Keunggulan, dan Harga

3. Karpet Anyaman Rotan

Karpet Anyaman Rotan
Foto : etsy.com

Karpet anyaman rotan merupakan karpet kamar tidur yang terbuat dari bahan alami dan dibuat secara manual atau handmade. Penggunaan bahan alami pada karpet ini membuat corak yang dihasilkan tidak pernah sama, sehingga meninggalkan kesan unik.

Karpet jenis ini bisa Anda tambahkan di kamar tidur untuk membuat kamar terkesan rustic. Terdapat beberapa pola karpet anyaman rotan yang cukup populer, yakni motif lantai, corak bulat, dan motif geometris.

Setiap motif akan menghasilkan kesan yang berbeda. Misalnya, motif geometris pada karpet anyaman rotan yang akan membuat tampilan kamar menjadi lebih trendy.

Sayangnya dalam perawatannya, karpet anyaman rotan memerlukan perawatan khusus. Karpet jenis ini tidak bisa bertahan lama di tempat yang lembab.

Hal itu akan membuat rotan menjadi mudah berjamur. Anda juga perlu menghindari paparan matahari langsung, karena akan membuat karpet mudah pecah.

4. Karpet Sutra

Karpet Sutra
Foto : behance.net

Terbuat dari bahan sutra, jenis karpet untuk kamar tidur satu ini akan membuat tampilan kamar Anda menjadi lebih mewah. Sutra merupakan salah satu bahan yang cukup eksklusif karena prose pembuatannya yang cukup lama.

Pemilihan sutra sebagai bahan utama karpet juga memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah kemampuannya menyerap sinar ultraviolet yang masuk ke dalam kamar melalui jendela.

Selain itu, bahannya yang lembut juga akan membuat kaki Anda lebih nyaman menyentuhnya.

Karena menggunakan bahan sutra, perawatan karpet ini juga memerlukan perhatian lebih, Anda tidak bisa mencucinya sembarangan. Cara ini perlu dilakukan tentunya untuk menjaga keawetan dan kualitas dari karpet itu sendiri.

5. Karpet Nilon

Karpet Nilon
Foto : realhomes.com

Jenis lantai karpet untuk kamar tidur yang terakhir adalah karpet nilon. Nilon merupakan salah satu bahan yang memiliki daya tahan yang sangat kuat. Penggunaan bahan ini untuk karpet cukup populer karena sangat awet.

Harganya yang murah dan perawatannya yang mudah membuat banyak orang memilih nilon sebagai salah satu jenis karpet lantai. Apabila Anda memiliki dana terbatas untuk membeli karpet, nilon bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Baca Juga:  5 Cara Mencari Siaran TV yang Hilang, Mudah dan Satset!

6 Tips Cara Memilih Karpet untuk Kamar Tidur

Setelah mengetahui jenis karpet, Anda perlu memilih karpet yang sesuai dengan kamar tidur. Terdapat berbagai aspek yang perlu menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis karpet untuk kamar tidur. Adapun 6 tipsnya adalah sebagai berikut, yaitu:

1. Ukuran Ruangan

Poin pertama yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran kamar tidur. Sebelum membeli, pastikan ukuran karpet sesuai dengan ukuran kamar tidur. Dengan begitu, nantinya karpet tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Penggunaan karpet yang terlalu lebat pada kamar yang kecil akan meninggalkan kesan sempit. Karpet yang besar juga cocok untuk kamar anak, sehingga lebih nyaman ketika bermain.

2. Perhatikan Teksturnya

Tekstur karpet juga perlu Anda perhatikan saat membeli karpet untuk kamar tidur. Anda bisa memilih tekstur karpet sesuai fungsi kamar tidur.

Apabila kamar tersebut digunakan oleh anak-anak atau balita, pilihlah karpet dengan tekstur lembut dan tebal. Tidak hanya nyaman, karpet jenis ini juga akan membantu meminimalisir benturan yang terjadi ketika anak sedang bermain.

Anda juga bisa memilih tekstur yang lembut, seperti sutra untuk meninggalkan kesan mewah pada kamar orang dewasa.

3. Sesuaikan dengan Budget

Hal penting selanjutnya dalam menentukan jenis karpet untuk kamar tidur Anda adalah budget. Semakin bagus kualitas bahan dari karpet yang Anda pilih, maka semakin tinggi pula budget yang perlu Anda siapkan.

Sebelum memilih jenis bahan yang diinginkan sisihkan terlebih dahulu budget yang disediakan untuk membeli karpet. Dengan cara ini, tentu akan mempermudah Anda dalam menentukan karpet sesuai kebutuhan.

4. Sesuaikan dengan Interior Kamar

Karpet merupakan interior tambahan di dalam kamar. Tidak hanya menambah kenyamanan, penambahan karpet juga bertujuan untuk memperindah kamar tidur.
Sebelum memilih karpet yang hendak dipakai, pastikan bahan dan jenis karpet untuk lantai kamar tidur sesuai dengan interior lainnya, terutama jenis jenis lantai yang Anda gunakan.

Karpet yang terbuat dari anyaman rotan akan cocok, apabila tema yang Anda usung adalah rustic atau boho. Sementara untuk kamar yang bertema minimalis, pemilihan warna netral, seperti abu-abu, putih, dan cream sangatlah cocok.

Baca Juga:  4 Cara Memperbaiki TV yang Tidak Tampilkan Gambar dan Suara

5. Sesuaikan dengan Motif Lantai

Pada dasarnya, karpet merupakan interior untuk mempercantik tampilan lantai ruangan Anda. Sebelum memutuskan membeli sebuah karpet, pastikan warna dan motif karpet yang Anda pilih sesuai dengan warna atau motif lantai.

Motif dan warna yang tidak sesuai atau selaras akan membuat tampilan kamar menjadi aneh. Oleh karena itu, menyesuaikannya dengan interior lain akan membuat karpet yang Anda pilih selaras dengan motif lantai dan dinding kamar.

Lantai polos akan membuat pemilihan karpet dengan berbagai motif dan warna sangat cocok. Sebaliknya, lantai yang memiliki motif jauh lebih cocok menggunakan karpet dengan corak dan warna netral.

6. Pencahayaan Ruangan

Kondisi pencahayaan dalam ruangan kamar tidur juga penting untuk menentukan jenis karpet untuk kamar tidur Anda.

Hindari memilih bahan alami seperti anyaman rotan, apabila kamar Anda memiliki pencahayaan yang cukup terang karena akan membuat karpet cepat rusak. Sebaiknya, Anda bisa memilih karpet berbahan sutra.

Sementara untuk kamar yang pencahayaannya redup, Anda perlu menghindari pemilihan karpet dengan tone warna yang gelap.

Pasalnya, karpet tone gelap akan membuat kamar Anda menjadi semakin suram dan terasa sempit. Maka dari itu, pilihlah warna cerah dan netral.

karpet bulu
Dapatkan Karpet Bulu dengan kualitas terbaik di UKUR!

Sudah Tahu Apa Saja Jenis-Jenis Karpet untuk Kamar Tidur?

Ada 5 jenis karpet untuk kamar tidur yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pemilihan karpet yang tepat tentunya akan membuat nuansa kamar menjadi lebih nyaman. Anda bisa mengunjungi marketplace Ukur.com untuk memilih berbagai jenis karpet yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Tidak hanya Karpet, Anda juga bisa memilih interior kamar tidur lainnya, seperti Kasur, Lemari, Meja, dan masih banyak lagi. Selain lengkap dan terjangkau, pengalaman belanja juga lebih menyenangkan. Yuk, lengkapi kebutuhan rumah dengan mudah, aman, dan cepat di Ukur.com hari ini!