Inilah Cara Membersihkan Jok Mobil yang Mudah dan Cepat!

Inilah Cara Membersihkan Jok Mobil yang Mudah dan Cepat!

Bukan hanya bagian luar mobil saja yang perlu mendapat perawatan; jok mobil pun wajib Anda bersihkan secara berkala. Ada beragam cara membersihkan jok mobil yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Apa saja metode dan bahan-bahan yang Anda perlukan? Simak selengkapnya di sini!

Cara Membersihkan Jok Mobil

Setiap jok mobil mempunyai ciri-ciri bahan dan ukuran kursi yang berbeda-beda, jadi metode membersihkannya tak bisa Anda samakan. Cara membersihkannya pun terbagi ke dalam dua kelompok; berdasarkan bahan jok mobil dan jenis nodanya.

Metode Berdasarkan Material Jok

Kurang lebih ada lima metode untuk membersihkan jok mobil berdasarkan materialnya. Kelima material jok mobil ini membutuhkan bentuk perawatan yang khusus dan sangat terperinci agar tak cepat rusak. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Jok Kain

Jok Kain
Foto: carsworld.co.id

Pertama, ada cara membersihkan jok mobil kain yang lumayan gampang. Anda hanya membutuhkan sikat, shampo khusus jok mobil, lap bersih, dan vacuum cleaner. Bagi Anda yang tidak punya shampo tersebut, silakan buat larutan dari sabun cuci piring cair dan air secukupnya.

Bersihkan dulu jok mobil dengan vacuum cleaner, baru Anda semprotkan dengan shampo jok mobil atau larutan sabun cair. Gosoklah bagian yang Anda semprot itu dengan sikat, lalu tambahkan sedikit air hangat ke lap bersih sebelum Anda gunakan sebagai pengering di bagian basahnya.

2. Jok Kulit Sintetis

Jok Kulit Sintetis
Foto: liputan6.com

Jok mobil berbahan kulit sintetis juga terdapat pada kebanyakan jenis mobil. Jadi, untuk cara membersihkan jok mobil kulit sintetis, Anda butuh beberapa alat khusus, contohnya berupa zat krim kondisioner, lap kain chamois, dan air hangat.

Baca Juga:  Berapa Lama Epoxy Kering dan Mengeras? Ini Jawabannya!

Mengapa harus zat kondisioner yang teksturnya mirip krim, dan bukan larutan cair seperti sabun cuci piring atau deterjen? Sebab, material sintetis tergolong sensitif terhadap zat pembersih yang bisa meresap ke dalam pori-pori bahannya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah bersihkan dulu jok dengan sikat, lalu usapkan krim kondisioner itu ke semua bagian jok mobil. Berikutnya, Anda gosok dengan lap chamois yang dicelupkan ke dalam air hangat secara perlahan agar jok tampak bersih dan mulus.

3. Jok Kulit Asli

Jok Kulit Asli
Foto: blackxperience.com

Berbeda dengan kulit sintetis, jok mobil berbahan kulit asli cenderung lebih nyaman, tetapi juga lebih rentan kotor dan bernoda. Oleh karena itu, siapkan alat-alat seperti vacuum cleaner, lap kain chamois, sikat gigi, sabun cair, dan juga kain microfiber.

Silakan Anda bersihkan dulu joknya dengan vacuum cleaner, lalu Anda usap ke seluruh permukaan jok dengan lap chamois (sebaiknya basahkan dulu). Apabila sudah, selanjutnya Anda semprotkan larutan sabun cair ke jok tersebut.

Setelah itu, bersihkan jok mobil Anda dengan sikat gigi halus sampai semua kotoran dan noda di jok hilang. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan jok dengan memakai kain berbahan microfiber dan jangan dikeringkan di bawah sinar matahari.

4. Jok Vinyl

Jok Vinyl
Foto: moladin.com

Cara membersihkan jok mobil berbahan vinyl dinilai lebih sederhana jika Anda bandingkan dengan jok kain atau kulit. Anda boleh memakai cairan pembersih kaca atau larutan air dengan sabun cuci piring cair bersama sikat gigi yang berbulu halus atau spons.

Silakan Anda semprotkan zat pembersih kaca atau larutan sabun cair ke seluruh bagian jok, lalu ratakan dengan memakai spons. Kemudian, gosok jok tersebut dengan sikat berbulu halus, lalu keringkan dengan lap bersih atau handuk.

5. Jok Tenun

Jok mobil dari bahan tenun tergolong mudah untuk Anda bersihkan, sama seperti jok dari kain. Anda hanya perlu membuat larutan dari sabun cuci piring dengan sedikit air. Jika tidak punya sabun cuci piring, maka gantilah dengan campuran boraks dengan parutan sabun batang dan air.

Baca Juga:  5 Cara Pasang Karpet Lantai agar Tidak Menggelembung

Semprotkan larutan sabun cuci piring itu ke bagian yang kotor, kemudian Anda gosok dengan sikat halus dan keringkan dengan lap bersih. Perhatikan juga ukuran jok pada mobil Anda; semakin besar jok tersebut, semakin banyak pula larutan yang Anda perlukan.

Metode Berdasarkan Jenis Noda

Berikutnya, ada cara membersihkan jok mobil yang tergantung dari jenis noda atau kotoran pada jok tersebut. Dalam situasi ini, sebaiknya Anda lebih berhati-hati sebab ada bahan penghilang noda yang bisa merusak warna jok mobil. Berikut cara mengatasi jok yang kotor berdasarkan jenis nodanya:

1. Jok Mobil Berjamur

Jok Mobil Berjamur
Foto: qoala.app

Noda jamur ialah masalah utama yang sering mengganggu semua jenis jok mobil. ketimbang bentuk-bentuk noda lainnya, Untuk cara membersihkan jok mobil yang berjamur, Anda harus menyiapkan segala macam peralatan seperti vacuum cleaner.

Pertama, gunakan vacuum cleaner untuk mengisap debu yang menempel di jok mobil, diikuti dengan sikat halus untuk menggosok sudut-sudutnya. Jika sudah, semprotkan cairan disinfektan ke seluruh jok secara merata.

Selanjutnya, Anda campur sabun cuci piring cair dengan cairan deterjen, lalu gunakan spons untuk menggosok jok tersebut. Terakhir, keringkan jok dengan menggunakan kain berbahan microfiber dan jemur di bawah sinar matahari.

Cara di atas juga bisa Anda terapkan untuk membersihkan kursi-kursi lainnya, termasuk kursi tamu. Semakin besar ukuran kursi tamu yang kotor, semakin besar pula usaha Anda untuk membersihkannya.

2. Tetesan Tinta

Tetesan Tinta
Foto: mbtech.info

Tinta atau cat mungkin saja terpercik secara tak sengaja ke atas jok mobil Anda. Jika sudah begini, segera ambil cairan pengencer yang mengandung alkohol untuk Anda campur bersama air. Silakan Anda ganti dengan cairan hairspray jika tak punya pengencer cat.

Tuangkan campuran pengencer cat dan air, atau semprotkan cairan hairspray, ke bagian jok yang terkena tinta atau cat tersebut. Gunakan kain lembap untuk menyerap zat pembersih itu dari jok; jangan menggosok bagian tersebut agar noda tintanya tidak semakin meluas.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas

3. Noda Sisa Makanan

Noda Sisa Makanan
Foto: mobilmo.com

Ada kalanya Anda dan keluarga sedang menikmati makanan di mobil sewaktu pergi liburan, lalu ada makanan yang berceceran di jok. Supaya nodanya tidak membekas, siapkan zat pengencer cat yang tidak korosif, garam, air secukupnya, dan kain berbahan katun.

Siapkan wadah berisi air, lalu masukkan sedikit pengencer cat dan campurkan. Anda celupkan kain katun ke dalam campuran air dan pengencer cat itu, lalu gosokkan ke bagian jok mobil yang terkena noda makanan. Setelah itu, taburkan garam dan diamkan selama satu malam.

4. Tumpahan Kopi

Tumpahan Kopi
Foto: gridoto.com

Bagi Anda yang suka minum kopi di mobil, berhati-hatilah karena tumpahan kopi sekecil apapun bisa merusak tampilan jok mobil Anda. Cara membersihkan jok mobil dari noda ini melibatkan pemakaian spons atau handuk kertas untuk menyerap tumpahan kopinya.

Apabila nodanya masih ada, silakan gosok tumpahan kopi itu dengan air dan sabun cuci piring cair sebelum dilap dengan handuk kertas. Sebaiknya, Anda keringkan bagian basahnya dengan alat pengering rambut daripada sinar matahari langsung agar material jok tidak rusak.

Tahu Apa Saja Cara Membersihkan Jok Mobil Sendiri?

Setiap jenis jok mobil membutuhkan bentuk perawatan yang berbeda, sehingga Anda harus tahu apa saja metodenya. Makanya, apabila Anda ingin membeli sarana untuk bersih-bersih jok mobil, jangan ragu untuk datang ke marketplace terpercaya.

Nah, jika Anda ingin membeli segala macam peralatan seperti alat safety, alat sanitary, hingga elektronik coba beli di marketplace Ukur.com. Mengapa belanja di toko Ukur.com? Karena harganya pasti terjangkau dan pengirimannya cepat.