Cara Memasang Set Top Box Matrix pada TV LED Berbagai Merek

Cara Memasang Set Top Box Matrix pada TV LED Berbagai Merek

Sudah tahu bagaimana cara memasang set top box Matrix pada TV LED? Akhir-akhir ini, masyarakat memang diminta untuk menggunakan STB TV digital. STB merupakan perangkat untuk mengubah siaran atau channel dialog ke siaran digital.

Perangkat tersebut bekerja seperti halnya converter yang akan mengubah sinyal digital sehingga dapat terbaca TV analog. Karena hal tersebut, mau tidak mau masyarakat harus membeli set top box atau STB. Terdapat beberapa merk STB yang beredar di pasaran dan salah satu merek recommended saat ini adalah Matrix.

Cara Memasang Set Top Box Matrix ke TV LED Polytron

Set Top Box Matrix ke TV LED Polytron
Foto : Shopee

Sebelum mencari daftar frekuensi TV digital pada TV LED Polytron, Anda bisa mengikuti tutorial berikut saat ingin melakukan pemasangan STB pada TV Anda.

  1. Pertama, silakan menyiapkan set top box serta TV LED Polytron
  2. Pastikan bahwa STB dalam kondisi off alias mati meskipun Anda sudah mencolokkannya ke listrik
  3. Ketiga, tarik kabel jack atau antena
  4. Kemudian Anda masukkan kabel tersebut pada port “Ant-In” yang berada di belakang set top box Matrix
  5. Selanjutnya, silakan menghubungkan STB pada TV LED dengan menggunakan kabel RCA. Terdapat tiga pilihan warna pada kabel tersebut yaitu merah, putih, dan kuning
  6. Cara memasang set top box Polytron berikutnya adalah tinggal mencolokkan kabel RCA pada TV sesuai dengan warnanya
  7. Ketika seluruh kabel telah Anda pasang, sekarang Anda bisa menyalakan TV Anda tersebut dengan memakai remot Polytron
  8. Pada tahap ini, Anda perlu berpindah ke mode AV
  9. Lanjutkan dengan menekan tombol Power di STB Matrix
  10. Langkah berikutnya yaitu memilih tombol menu serta pilih Pencarian Saluran
  11. Silakan tekan Pencarian Otomatis
  12. Sekarang set top box akan otomatis mencari channel TV. Anda perlu menunggunya selama beberapa menit sampai pencarian channel tersebut selesai
  13. Jangan lupa untuk menyimpan saluran yang sudah Anda temukan
  14. Selesai dan sekarang Anda bisa langsung menonton semua saluran pada TV Polytron Anda
Baca Juga:  Cara Pasang Bracket TV, Mudah Tepat Aman!

Siapkan Peralatan Ini Sebelum Instalasi Set Top Box

Peralatan Sebelum Instalasi Set Top Box
Foto : urbanjabar.com

Sebelum memulai cara instalasi set top box, Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan berikut. Tujuannya agar STB bisa aktif dan Anda bisa menggunakannya sebagaimana mestinya.

Mempersiapkan peralatan tersebut juga bertujuan menghindarkan Anda dari permasalahan kenapa Netflix tidak bisa dibuka di TV. Adapun beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan antara lain:

  • Kabel RCA
  • Kabel HDMI sebagai alternatif kabel RCA
  • Dongle WiFi bagi yang ingin menggunakan jaringan internet
  • Antena UHF/VHF yang biasa atau bisa juga antena digital

Cara Memasang Set Top Box Matrix Pada TV LED Semua Merek

Berikut langkah-langkah pemasangan STB Matrix untuk semua merek TV LED:

  • Langkah pertama, Anda perlu menyiapkan STB Matrix serta TV LED terlebih dahulu. Anda perlu memastikan bahwa kondisi STB off meskipun telah Anda colokkan ke listrik
  • Langkah kedua, tarik kabel jack atau antena. Lalu Anda masukkan pada port “Ant-In”. Letaknya pada bagian belakang dari STB Matrix
  • Setelah itu, hubungkan STB Matrix pada TV LED. Untuk menghubungkannya, Anda perlu memakai kabel RCA. Umumnya, kabel tersebut mempunyai 3 warna yaitu merah, kuning, dan putih
  • Anda perlu menghubungkan kabel RCA tersebut ke TV sesuai warnanya. Misalnya untuk kabel merah Anda masukkan pada port merah, kabel berwarna kuning pada port kuning, serta kabel berwarna putih pada port putih
  • Ketika semua kabel RCA telah Anda pasang, maka sekarang waktunya untuk menyalakan TV LED tersebut menggunakan remot TV. Sesuaikan remotnya dengan TV LED Anda
  • Langkah berikutnya yaitu alihkan mode ke mode AV. Kemudian Anda harus menekan tombol Power STB Matrix
  • Pada tahap ini, Anda perlu memilih tombol menu serta silakan pilih Pencarian Saluran
  • Berikutnya, Anda tinggal menekan tombol untuk melakukan pencarian otomatis
  • Silakan menunggu hingga seluruh channel TV berhasil muncul. Ini membutuhkan waktu beberapa menit
  • Ketika channel berhasil muncul, Anda harus menyimpan channel TV tersebut sehingga Anda dapat menontonnya setiap saat
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Tungau Kasur: Tips Efektif dan Mudah

Tips Memilih STB Berkualitas

Seperti yang Anda tahu, Google TV adalah layanan untuk memutar flm serta acara TV. Untuk itu, Anda perlu perangkat STB berkualitas agar tampilan televisi atau film pada Google TV tersebut jernih. Agar tak salah memilih STB, Anda perlu melakukan pengecekan terhadap STB tersebut sebelum membelinya.

1. Bersertifikasi Kominfo

Pastikan set top box yang Anda pilih sudah mempunyai sertifikat dari Kominfo. Sebab, STB yang sudah bersertifikasi dari Kominfo tersebut dapat menangkap seluruh channel TV yang sudah diakui pemerintah.

Adanya sertifikasi tersebut juga memberikan jaminan jika STB yang akan Anda beli tersebut mampu berfungsi dengan baik serta aman digunakan. Untuk itu, Anda perlu mengecek sertifikasinya terlebih dahulu sebelum membelinya.

2. Tanda DVB T2

Tanda DVB T2
Foto : jabarekspres.com

Saat Anda akan membeli STB, baik untuk TV LED atau analog, maka silakan mencari STB dengan tulisan DVB T2. Tulisan tersebut akan Anda temukan pada kemasan STB.

Maka dari itu, cek kemasannya terlebih dahulu dan jika terdapat stiker dengan tulisan DVB T2 serta “Siap Digunakan”, menandakan set top box dapat menangkap channel digital secara optimal. Selain itu, tanda DVB T2 juga menandakan bahwa perangkat tersebut aman Anda gunakan, baik untuk TV LED maupun tabung.

3. Baca Ulasan

Tips terakhir untuk memastikan kualitas set top box yang ingin Anda beli adalah melihat ulasannya. Anda dapat mencari informasi tentang ulasan dari orang-orang yang sudah membelinya.

Jika Anda membelinya di marketplace, Anda dapat membaca review barang tersebut. Dengan begitu, Anda bisa yakin apakah STB ini memang recommended atau Anda perlu membeli merek yang lain.

Kenapa Harus Menggunakan STB Matrix?

Seperti penjelasan sebelumnya, ada beberapa merek STB yang bisa Anda beli. Saat ini ada merek STB recommended dan sudah banyak yang menggunakannya. Merek set top box tersebut adalah Matrix. Perlu Anda tahu bahwa STB Matrix mempunyai beberapa kelebihan seperti berikut:

  • STB Matrix mempunyai port khusus yang berfungsi untuk menambahkan dongle
  • Set top box Matrix mempunyai sinyal digital yang kuat
  • Resolusi sudah full HD
  • Pada varian atau tipe tertentu terdapat aplikasi bernama Mirroring Meecast. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menampilkan layar secara wireless
  • Set top box Matrix menawarkan harga yang relatif terjangkau sehingga aman untuk kantong Anda
Baca Juga:  10 Ide Renovasi Rumah Subsidi Bergaya Modern
Set Top Box
Dapatkan set top box berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Beli Set Top Box di Ukur Sekarang!

Untuk melakukan pemasangan STB Matrix cukup mudah. Sebenarnya Anda tak perlu meminta tolong orang lain karena Anda bisa melakukannya sendiri. Kuncinya Anda sudah mempersiapkan semua peralatan yang Anda perlukan.

Setelah itu, mulailah mengikuti tutorial yang sudah dijelaskan. Pastikan Anda mengikuti step by step dengan teliti. Semoga bermanfaat.

Seperti penjelasan bagaimana cara memasang STB Matrix ke TV LED, salah satu perlengkapan yang Anda butuhkan yaitu STB Matrix. Ukur.com menyediakan STB Matrix yang asli dengan harga terjangkau.

Selain STB, Ukur.com juga menyediakan berbagai perlengkapan elektronik lainnya termasuk TV, proyektor, hingga speaker sebagai aksesoris tambahan untuk TV LED Anda. Informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi kontak Ukur.com yang tersedia.