11 Desain Toko Kecil Depan Rumah yang Cocok Untuk Usaha

desain toko kecil depan rumah

Tahukah Anda? Desain toko kecil depan rumah adalah hal yang patut Anda pertimbangkan secara matang. Mengingat fungsinya tidak hanya sebagai tempat membuka usaha, melainkan hunian juga. Manfaat membuka usaha di area rumah juga sangat beragam, seperti minim modal dan biaya transportasi.

Maka dari itu, jika toko Anda didesain ala kadarnya tentu kurang menguntungkan bukan? Sebab hal tersebut dapat memengaruhi minat calon pembeli dan mengganggu ketenteraman penghuni rumah. Lantas, desain toko kecil depan rumah seperti apa yang cocok diterapkan? Simak ulasan berikut untuk mengetahui informasinya.

Inspirasi 11 Desain Toko Kecil Depan Rumah

1. Desain Toko Kecil Depan Rumah Ala Industrial

Sumber: arsitag.com

Konsep ini bisa Anda temukan dengan mudah di daerah perkotaan. Sebab kebanyakan peminatnya pengusaha muda yang menyukai desain kekinian dengan biaya hemat.

Ingin menerapkan desain ini untuk bisnis Anda? Tentu saja bisa. Apalagi jika Anda menjual beragam kuliner, pernak-pernik aksesori, kebutuhan fashion, hingga usaha yang bergerak di bidang jasa.

2. Desain Toko Fasad Kaca

dsn
Sumber: id.pinterest.com

Kelebihan desain ini adalah mampu memperlihatkan keadaan toko dari luar, bahkan stok barang yang dijual juga tampak. Sebagian besar desain bangunan ini terbuat dari kaca sehingga menambah kesan lapang dan elegan. Tak heran jika konsep ini bisa diaplikasikan untuk beragam bisnis rumahan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu UPVC, Kelebihan dan Kekurangan untuk Rumah

3. Desain Toko Takeaway

takeaway
Sumber: kurasu.kyoto

Ukuran rumah yang tidak terlalu luas menghalangi Anda untuk membuka usaha? Desain yang satu ini bisa Anda jadikan pilihan utama. Area depan rumah bisa Anda sulap sebagai dapur dan tempat melayani pelanggan dengan menambahkan jendela berukuran besar. Dengan begitu, toko Anda siap menerima pesanan.

4. Desain Toko Klasik

klasik
Sumber: hotellouvremarsollier.com

Dengan mengusung konsep klasik, toko Anda tampak lebih menarik dan bisa dimanfaatkan untuk menjual beraneka ragam barang. Anda juga dapat memisahkan area hunian dan toko dengan memasang pintu di bagian samping.

5. Desain Toko Minimalis

minimalis
Sumber: mitra.tokopedia.com

Selanjutnya, desain toko bergaya minimalis. Konsepnya terlihat sederhana karena tidak dilengkapi dengan dekorasi yang ramai. Dengan begitu, pembangunannya tidak membutuhkan anggaran biaya yang sangat banyak.

Anda juga dapat menambahkan tanaman hias dan jendela berukuran besar. Supaya display barang Anda terlihat jelas sehingga menarik minat pembeli Anda.

6. Desain Toko Pakaian

toko pakaian
Sumber: interiordesign.id

Bagi Anda yang ingin merintis usaha di bidang konveksi atau jual beli pakaian, merancang toko multifungsi bisa Anda coba. Tidak perlu lahan yang begitu luas karena Anda hanya membutuhkan ruangan untuk kegiatan produksi dan menjualnya secara online.

7. Desain Toko Berukuran Sedang

sedang
Sumber: linktown.co.id

Toko ini sangat cocok digunakan untuk menjual beragam kebutuhan rumah tangga, seperti sembako dan bahan pokok lainnya. Ukurannya yang tidak terlalu kecil memudahkan Anda menjamu pelanggan. Apalagi jika ditambah area gudang, maka stok produk yang Anda miliki semakin lengkap.

8. Desain Ruko

ruko
Sumber: lacakharga.com

Pemanfaatan desain ruko atau rumah toko dipercaya lebih efisien dalam menghemat modal usaha. Area utamanya digunakan untuk niaga dan sisanya berperan sebagai tempat tinggal. Menariknya, Anda bisa membuka usaha di bidang kuliner hingga jasa dengan mengaplikasikan konsep toko ini.

9. Desain Toko Beragam Makanan

minimarket
Sumber: rajarak.co.id

Selanjutnya, desain toko yang menjual beraneka ragam masakan. Apabila Anda ingin membuka toko ini, utamakan kenyamanan pengunjung dengan merancangnya. Pastikan menjaga kebersihannya agar kualitas makanan yang Anda jual terjaga.

Baca Juga:  10 Ide Renovasi Rumah Subsidi Bergaya Modern

10. Desain Toko yang Lebih Modern

modern
Sumber: ayoindex.com

Gaya toko ini bisa diterapkan untuk ruangan berukuran 4×8 meter atau 2×3 meter. Supaya lebih cantik, coba berikan dekorasi tambahan dan cat temboknya dengan warna memesona. Pemilihan warna yang tepat juga mampu meningkatkan kenyamanan pembeli lho.

11. Desain Toko dengan Hiasan Tanaman

tanaman
Sumber: journal.sociolla.com

Dengan menanam berbagai jenis tanaman pot, toko Anda tampak lebih segar dan asri. Jika dirasa luas ruangannya terlalu sempit, silakan memperbanyak pemasangan jendela. Dalam hal ini, keberadaan jendela juga berfungsi untuk memberikan akses masuknya cahaya sehingga tanaman Anda bisa berfoto sintetis dengan baik.

Tips Jitu Membuka Toko di Depan Rumah

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika ingin sukses membuka usaha toko di samping menentukan desainnya. Penasaran apa saja? Simak pembahasan berikut untuk mengetahui informasinya.

1. Utamakan Riset Beragam Kebutuhan Pasar

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengetahui apa saja kebutuhan calon pembeli. Alih-alih membicarakan hal remeh atau menggunjing orang lain, Anda bisa mengulik barang-barang apa saja yang dibutuhkan para tetangga.

Dengan begitu, Anda dapat menyediakan barang tersebut dan mendatangkan pembeli. Meraih keuntungan lebih mudah dengan cara ini.

2. Menentukan Modal Awal Usaha

Dalam menentukan modal untuk membuka usaha memang susah-susah gampang. Mengingat ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi besaran dananya. Bila modal Anda tidak terlalu besar, alangkah baiknya menyediakan produk fast moving, seperti sabun dan galon air terlebih dahulu.

3. Letak yang Strategis

Salah satu faktor kesuksesan membuka toko adalah letaknya yang mudah dijangkau. Jika Anda kesulitan menentukan lokasinya, coba perhatikan target pasarnya, ongkos sewa, letak kompetitor, dan masih banyak lagi.

Merintis usaha ini juga dapat dilakukan di area depan rumah lho. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk bayar sewa tempat.

4. Cari Distributor Barang

Mencari distributor barang grosiran tidak boleh asal-asalan. Sebab mempengaruhi kualitas barang dan harganya. Untuk itu, cari tahu distributor mana saja yang mudah diajak berdiskusi, menawarkan harga terjangkau, dan produk berkualitas.

Baca Juga:  Perbedaan Air Purifier dan Humidifier yang Belum Banyak Orang Tahu

5. Jangan Lupa Menyediakan Gudang

Meski terlihat sepele, keberadaan gudang ternyata sangat penting karena berguna untuk menjaga kualitas produk dan menghindari kerusakan. Selain itu, juga berfungsi sebagai tempat penyediaan stok barang agar segala kebutuhan konsumen tersedia di toko Anda.

6. Berikan Pelayanan Terbaik

Pernahkah Anda menyesal membeli barang di suatu toko karena pelayanannya tidak memuaskan? Dalam usaha apapun, pelayanan memang sangat berpengaruh untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Terlebih jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Maka dari itu, jangan lupa memberikan pelayanan maksimal.

Selain menerapkan tips di atas, Anda juga harus memperhatikan penataan tokonya.Lantas, bagaimana caranya? Perhatikan penjelasan berikut ini ya.

7. Atur Layout Toko

Manfaatkan luas area semaksimal mungkin untuk menciptakan suasana toko yang nyaman. Lagi pula, ada beragam cara yang dapat Anda lakukan. Misalnya dengan memasang pencahayaan berkualitas dan ventilasi udara.

8. Pilih Barang Display yang Berkualitas

Hal ini sangat berguna bila Anda ingin membuka usaha fashion yang laris, seperti butik dan toko aksesori. Barang display juga dapat memberikan kesan tersendiri dan menarik pengunjung yang melewati toko Anda.

9. Tentukan Focal Point

Focal point adalah salah satu sisi yang dapat Anda tonjolkan untuk menarik perhatian. Di sini Anda bisa memajang beragam produk unggulan. Tak lupa berikan sedikit ruang kosong untuk meletakkan etalase agar pelanggan mengetahui apa saja barang yang Anda jual.


Dapatkan produk bahan bangunan dari marketplace Ukur.com, Anda bisa memilih dari berbagai macam produk seperti Elektronik, AC, Furniture, Perkakas, Lantai dan masih banyak lagi produk lainnya dari berbagai toko terpercaya, dan Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik untuk bahan bangunan yang Anda butuhkan. Proses pengiriman cepat dan mudah, dan Anda juga bisa mendapatkan garansi untuk semua produk bahan bangunan.

Hanya Ukur.com yang berani memberikan harga terjangkau bersamaan layanan pemasangan. Ukur – Situs Jual Beli Bahan Bangunan Terlengkap.