Ukuran Parket Kayu dan Harganya di Pasaran

Ukuran Parket Kayu dan Harganya di Pasaran

Lantai parket merupakan jenis lantai rumah yang sedang populer di kalangan pemilik rumah. Mereka mempertimbangkan lantai parket dengan tujuan untuk meningkatkan estetika ruang interior rumah mereka. Apakah Anda salah satunya? Masih bingung memilih ukuran parket kayu yang sesuai dengan lantai Anda?

Selain menjelaskan perihal ukuran lantai kayu parket, artikel ini juga akan menampilkan harga pasaran dari parket kayu. Oleh karena itu, mulailah membaca!

Apa itu Parket Kayu?

Sebelum memahami serta mendapatkan wawasan mengenai ukuran parket kayu, ada baiknya mengenal apa itu parket kayu terlebih dahulu. Secara umum, parket kayu merupakan jenis lantai kayu yang dipasang pada lantai untuk meningkatkan estetika, memberikan kesan interior rumah klasik yang mewah dan nyaman.

interior rumah klasik yang nyaman dengan parket
Foto: Freepik

Apakah lantai parket sama dengan lantai kayu? Jawabannya tidak. Lantai parket merupakan jenis lantai dengan desain kepingan kayu yang memiliki profil di setiap sisinya agar saling terkunci satu sama lain saat terpasang di lantai. Selain itu, kepingan kayu ini juga diperkuat lagi menggunakan paku tembak.

Sebaliknya, lantai kayu adalah jenis lantai dengan desain berupa satuan kayu utuh yang terpasang satu sama lain di lantai menggunakan skrup. Jadi, perbedaan mendasar antara lantai parket dan lantai kayu ada pada desainnya serta cara pemasangannya.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa lantai parket terbagi menjadi dua jenis, yaitu lantai parket solid dan parket engineered atau laminated. Apa perbedaan dua jenis lantai ini? Singkatnya, lantai parket solid adalah jenis lantai parket yang menggunakan 100% kayu original, seperti kayu jati, ulin, merbau, bangkirai, dan sonokeling.

Baca Juga:  5 Bahan Lemari Terbaik untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

Sedangkan lantai parket engineered merupakan jenis lantai parket yang terdiri dari dua lapisan. Lapisan atasnya adalah lapisan tipis, yang di bawahnya adalah lapisan multipleks atau plywood yang berfungsi sebagai penguatnya. Parket laminated biasanya terbuat dari kayu jati, sonokeling, whole nut, dan white oak.

Harga Parket Kayu di Pasaran

Apakah Anda tertarik untuk memasang parket kayu di lantai rumah Anda untuk meningkatkan estetika rumah namun tidak memiliki gambaran mengenai harga dari lantai parket? Tidak usah khawatir, karena artikel ini telah merangkum harganya berdasarkan jenis serta ukuran parket kayu. Berikut penjelasannya.

1. Lantai Parket Kayu Solid

Lantai Parket Kayu Solid
Foto: nagainterior.com

Yang pertama adalah parket kayu solid. Ini merupakan jenis lantai parket yang memiliki kelebihan dalam segi estetika karena penampilannya yang menarik dan mewah. Terlebih lagi, jenis parket kayu solid juga menawarkan ornamen dan motif yang indah untuk memberikan kesan estetik pada rumah Anda.

Selain itu, lantai parket kayu solid 100% berasal dari jenis kayu berkualitas tinggi dengan ketahanan yang lebih lama. Jenis kayu yang umumnya digunakan untuk lantai parket solid adalah kayu jati, ulin, merbau, bangkirai, dan sonokeling.

Meski solid, estetik, dan tahan lama, namun jenis lantai parket kayu solid memiliki kelemahan dalam segi harga. Untuk kaum mendang-mending, harga parket kayu solid bisa dibilang tinggi. Itu hal yang wajar karena bahan pembuatan lantai ini adalah kayu yang memiliki kualitas yang tinggi.

Lalu, berapa harganya? Tergantung dari jenis bahan kayu dan ukuran parket kayu solid, maka harganya pun berbeda. Berikut daftar harga berdasarkan ukuran parket yang berukuran 15 x 90 x 190-300 mm.

  • Sonokeling: Rp770.000,00
  • Jati: Rp600.00,00
  • Merbau: Rp420.00,00
  • Sugkai: Rp340.000,00
  • Kruing: Rp190.00,00

Dari poin di atas, bisa disimpulkan bahwa harga dari parket kayu solid berkisar antara Rp190.000,00 sampai Rp800.000,00, tergantung dari ukuran parket yang Anda pilih.

Baca Juga:  Mengenal Marmer Statuario: Kelebihan, Penggunaan, dan Ciri

2. Lantai Parket Kayu Laminated

Lantai Parket Kayu Laminated
Foto: nagainterior.com

Jenis lantai parket selanjutnya adalah parket kayu laminated atau engineered. Ini merupakan jenis lantai parket yang terbuat dari lapisan kayu veneer dan multipleks maupun plywood. Karena tidak terbuat dari 100% kayu berkualitas tinggi, maka harga dari parket kayu laminated ini terbilang murah.

Hanya saja, ada kualitas ada harga, bukankah begitu? Dalam kata lain, karena harganya yang murah, maka kualitas dari parket kayu laminated tidak sebagus parket kayu solid. Umumnya, parket kayu laminated rawan terhadap serangan rayap maupun kelembapan.

Penasaran dengan harganya? Berikut adalah daftar harga serta ukuran parket kayu dari beberapa merk.

  • Kendo Flooring: Rp240.000,00 (Ukuran: 0,8 x 19,5 x 121,5 cm)
  • Golden Crown: Rp210.000,00 (Ukuran: 0,8 x 19,5 x 121,5 cm)
  • Hanciko Vinyl: Rp160.000,00 (Ukuran: 3 x 152.4 x 914.4 mm)
  • Home Deco Vinyl: Rp130.000,00 (Ukuran: 3 x 152.4 x 914.4 mm)

Berbeda dengan parket kayu solid, parket kayu laminated memiliki harga yang jauh lebih murah di kisaran Rp100.000,00 sampai Rp250.000,00. Harga tersebut bisa saja lebih tinggi mengingat ada beberapa ukuran parket kayu. Anda bisa menyiapkan lebih banyak uang untuk membeli produk ini.

3. Lantai Decking Kayu

Lantai Decking Kayu
Foto: Pinterest

Apa Anda ingin mempercantik tampilan dari luar ruangan rumah Anda? Kalau begitu, maka pilihan yang tepat dengan memasang lantai decking kayu. Jika lantai parket kayu cocok untuk meningkatkan estetika ruang interior, maka decking kayu lebih sesuai untuk meningkatkan estetika ruang eksterior Anda.

Apa itu decking kayu? Singkatnya, decking kayu adalah jenis lantai kayu yang memang didesain untuk penggunaan luar ruangan. Oleh karena itu, decking kayu memiliki desain yang lebih tebal daripada lantai di dalam ruangan. Biasanya, decking kayu bisa Anda pasang pada lantai taman maupun lantai kolam renang.

Baca Juga:  Google TV: Kelebihan, Kekurangan, dan Beda dari Android TV

Berapa harga dari decking kayu? Harga dari lantai luar ruangan ini umumnya tergantung dari jenis kayu dan ukuran yang Anda pilih. Berikut daftar harganya jika mengacu dengan ukuran 1,9cm x 9cm x 100-up cm.

  • Ulin: Rp995.000,00
  • Merbau: Rp450.000,00
  • Kruing: Rp390.000,00
  • Bengkirai: Rp390.000,00

Intinya, Anda bisa mempertimbangkan jenis kayu yang diinginkan. Berdasarkan harga di atas, ulin adalah kayu terbaik dan menawarkan harga termahal. Namun jika Anda merasa harga tersebut adalah beban, merbau sudah cukup untuk pelengkap properti Anda.

Jadi, tidak perlu memaksakan diri. Namun sesuaikan dengan budget yang Anda punya, dan beli produk terbaik di kelasnya.

Parket Lantai
Temukan Berbagai Pilihan Parket Lantai Terlengkap di UKUR!

Tertarik Menggunakan Parket Kayu?

Apakah kini Anda sudah paham mengenai parket kayu, mulai dari jenisnya, harga, dan ukuran parquet? Kalau sudah, Anda bisa segera berbelanja parket kayu untuk meningkatkan estetika lantai rumah Anda. Apa Anda sedang mencari tempat terbaik untuk berbelanja parket kayu? Ukur.com jawabannya.

Ukur merupakan marketplace terbaik yang bisa Anda kunjungi untuk mencari produk-produk perabotan rumah berkualitas, salah satunya parket kayu. Di sini, Anda juga bisa menemukan berbagai produk lainnya sesuai dengan kategori yang tersedia, seperti Furniture, AC, Elektronik, dan Pintu & Jendela.

Bagaimanapun, memiliki lantai parket kayu memang dapat mempercantik sekaligus meningkatkan estetika tampilan ruangan di rumah. Lebih baiknya, Anda bisa memasang plint kayu untuk melindungi dinding serta lantai parket kayu Anda agar kualitasnya tetap terjaga. Plus, Anda bisa membeli plint kayu di Ukur.com!