Lantai Parket: Kelebihan, Jenis, dan Cara Pemasangannya

parket adalah

Parket adalah jenis pelapis lantai dari bahan material kayu original maupun kayu olahan dengan dekorasi simpel tapi mewah. Hal tersebut bisa meningkatkan estetika bangunan agar lebih menarik dan minimalis. Mengapa begitu? Karena materialnya terkesan alami, sehingga memberikan efek hangat dan antik.

Pengaplikasian desain lantai parket ini cukup simpel dan bisa Anda gunakan pada berbagai jenis ruangan, seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang kerja, dan lainnya. Sebelum itu, sebaiknya Anda tahu dulu terkait jenis lantai parket, kelebihan, dan cara pemasangannya melalui artikel ini!

Apa itu Lantai Parket?

Lantai parket adalah jenis lantai yang terbuat dari potongan kayu solid maupun olahan yang membentuk pola tertentu melalui proses pengepresan. Adapun profil tiap sisinya saling mengunci dan diperkuat dengan paku tembak. Sehingga membuat dekorasi rumah terlihat minimalis, kekinian, dan antik.

Lantai Parket Kayu
Foto : carpetone.com

Jenis Lantai Parket

Parquet adalah jenis pelapis kayu yang memiliki pola beragam dan diterapkan pada lantai. Jenis lantai rumah ini juga punya kualitas berbeda-beda. Secara umum, parket bisa terbagi menjadi dua jenis, yakni parket solid dan parket engineered. Mari simak ulasan lengkapnya sebagai berikut:

1. Parquet Solid

Parquet solid adalah jenis pelapis lantai yang terbuat dari kayu original utuh dalam pengaplikasiannya. Seringkali parquet solid menggunakan jenis kayu berkualitas tinggi. Seperti kayu jati, merbau, ulin, bangkirai, dan sonokeling. Selain itu, parquet solid juga terbagi atas dua jenis, yakni:

  • Solid FJ, penggunaan kayu utuh tanpa ada sambungan kayu lainnya dan dipasang secara sejajar.
  • Solid FJL, penggunaan potongan kayu dengan sambungan kayu lain menjadi satu kesatuan secara bertahap pada modulnya.
Baca Juga:  Mengenal Jenis Vinyl Lantai Paling Populer di Indonesia

Perbandingan harga jenis parquet ini, yakni 1:2. Tentu saja, keunggulan kualitas materialnya cukup tinggi, kokoh, awet, terkesan natural, dan perawatannya cukup mudah. Jadi, harga parquet ini cukup mahal. Tapi, kalau lantai parquet terkena air dan tak segera Anda tangani bisa menyebabkan pemuaian dan rusak.

2. Parquet Engineered

Lantai parquet engineered adalah gabungan lapisan kayu solid pada bagian atas dengan lapisan kayu kualitas rendah (multipleks atau plywood) di bagian bawahnya. Melalui proses dengan mesin khusus dan bahan perekat kualitas tinggi, sehingga membuat parket engineer sangat kuat dan waterproof.

Parket engineer adalah jenis yang seringkali memakai kayu olahan, seperti kayu jati, white-oak, whole nut, sonokeling. Meskipun menggunakan kayu kualitas rendah, parquet ini tak mudah memuai dan harganya terbilang murah daripada jenis solid. Sayangnya, parket jenis ini tak seawet parquet solid dan rawan lembab.

Kelebihan Lantai Parket

Setelah mengetahui tentang jenis lantai parquet, Anda juga harus tahu berbagai kelebihan parket. Berikut di antaranya:

1. Mudah Dibersihkan

Seperti yang Anda tahu, parket adalah jenis lantai kayu yang perawatannya cukup mudah. Anda cukup menjaga kebersihan lantai dan menyapu secara rutin. Kalau terkena tumpahan air atau kotoran yang membandel, bisa segera bersihkan agar tak merusak kualitas lantai.

Umumnya, jika pakai parquet solid, Anda cukup sapu dan lap dengan kain setengah basah. Sedangkan membersihkan parquet olahan atau engineered cukup dengan menyapu dan mengepel sama halnya seperti lantai biasa.

2. Kokoh dan Tahan Lama

Kualitas lantai parket yang bagus tergolong punya daya tahan material cukup kokoh. Tak jarang pengguna lantai parquet di rumah hunian menunjukan penuaan, hampir bisa bertahan kurang lebih sampai 50 tahun. Tapi, ini bisa saja sedikit berubah tergantung faktor yang memengaruhinya.

Parquet solid mungkin cukup mahal, tapi kualitas materialnya nggak kaleng-kaleng. Tetap kokoh dan tahan lama ketimbang parquet lainnya. Daya tahannya juga bisa dalam jangka waktu lebih lama.

Baca Juga:  5 Bahan Lemari Terbaik untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

3. Bahan Anti Alergi

Salah satu kelebihan parket adalah bahan materialnya anti alergi. Karakteristik lapisan lantai kayu ini tak menyerap pemicu alergi akibat serbuk kayu, debu, bulu binatang. Jadi, penggunaannya aman buat anak-anak, terutama bayi maupun orang yang punya riwayat alergi.

4. Harga Terjangkau

Parket merupakan lapisan lantai kayu yang cukup trendi di kalangan masyarakat. Teknologi canggih bisa menghasilkan parquet yang luar biasa. Terlihat dari pilihan jenis material berkualitas, seperti bahan baku kayu, tekstur, dan finishing yang digemari. Serta pola bervariasi, warna sesuai minat, dan harganya terjangkau.

Namun, Anda harus paham kalau harga parquet solid bisa dua kali lipat ketimbang parquet olahan. Hanya saja, nilai investasinya memang lebih tinggi. Kini lantai parket bisa Anda beli lewat toko offline maupun online. Kalau beli dalam jumlah banyak, kemungkinan Anda bisa dapat diskon pemasangan, lho.

5. Lantai Parket Bervariasi

Pelapis lantai kayu memiliki pola yang bervariasi dengan aspek geometris dan desain kayu yang antik. Sentuhan olahan kayu asli mengandung nuansa alami dan memberi kesan hangat sekaligus mewah. Warna parquet yang netral cenderung mudah dikombinasikan dengan berbagai furniture interior rumah.

Cara Pemasangan Lantai Parket

pemasangan parket kayu
Foto : galleryparquet.com

Parket adalah lapisan lantai kayu dengan pemasangan simple sesuai peletakan tempatnya. Tentunya, supaya rumah terlihat lebih minimalis dan klasik. Lantas, gimana sih cara pemasangannya? Ini dia cara pemasangan pelapis lantai kayu (parquet), sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan bahan dan alat. Seperti pelapis lantai kayu, lem, gergaji, lap, scep, paku,cat, dan lain sebagainya.
  • Lalu, ukur permukaan ketinggian lantai.
  • Pilih jenis parket kayu sesuai konsep rumah.
  • Bersihkan, ratakan, dan cek ulang permukaan lantai yang akan dipasang.
  • Gunakan lem saat menempelkan lapisan lantai agar merekat kuat.
  • Lalu, lakukan pengamplasan pada lapisan lantai kayu yang sudah ditempel dengan lem, agar tekstur kayu lebih halus.
  • Finishing coating, di mana prosesnya melalui 4 tahap. Meliputi base coat, main coat, coloring coat, dan top coat.
Baca Juga:  Mengenal 7 Jenis Galvalum dan Kelebihannya untuk Konstruksi

Adapun cara pemasangan lantai parquet berdasarkan tipe ruangannya, yakni:

  • Interior flooring

Ini adalah penerapan lantai parket dalam ruangan dan seringkali masyarakat gunakan. Cara pemasangannya, yakni parquet bisa Anda susun secara horizontal, mozaik, maupun membentuk pola sirip ikan.

  • Decking

Lantai decking termasuk tipe lantai parket yang penerapannya berada di luar ruangan (eksterior). Pemasangan decking menggunakan alat sekrup dan penerapannya bisa pada teras dan kolam renang. Adapun jenis kayu yang cocok untuk outdoor yakni kayu bangkirai dan ulin.

  • Trap Tangga

Pemasangan lantai kayu pada trap tangga memakai sekrup dan lem secara bertahap. Umumnya, bisa pakai lantai kayu atau parquet jenis FJ dan FJL. Setidaknya ukuran parquet sesuai ketentuan dan bisa Anda custom sesuai konsep tangga yang diinginkan.

Parket Lantai
Temukan Berbagai Pilihan Parket Lantai Terlengkap di UKUR!

Telah Lebih Paham Tentang Lantai Parket?

Parket adalah material rumah pilihan terbaik yang kekinian, minimalis, dan terjangkau. Spesifikasi bahan material dan cara pemasangannya perlu Anda perhatikan agar penggunaan parquet bisa tahan lama.

Anda bisa kunjungi marketplace Ukur.com, supplier bahan bangunan terpercaya dan terlengkap di Indonesia kalau mau beli material ini. Tersedia pula berbagai produk selain lantai parket, meliputi dinding & plafon, fasad & atap, dan masih banyak lagi.

Pilihan materialnya berkualitas, original, dan harganya terjangkau. Pelayanannya pun praktis dan nggak perlu repot cari tukang lagi karena sudah ada tim pemasangan profesional yang siap sedia membantu. Tunggu apalagi? Yuk, buruan order! Pengiriman barang dijamin aman dan cepat sampai tujuan!