12 Inspirasi Interior Rumah Kayu Klasik, Sederhana dan Elegan!

interior rumah kayu klasik

Gaya desain rumah kayu yang klasik memadukan unsur-unsur sederhana dengan nuansa elegan, dan menciptakan atmosfer hangat yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Tidak heran jika interior rumah kayu klasik yang sederhana tetap diminati bahkan, di zaman modern ini.

Intip sejumlah inspirasi untuk menghadirkan kesan rumah kayu klasik berikut ini, yuk!

Inspirasi Rumah Kayu Klasik Terbaik

Desain rumah kayu klasik menonjolkan estetika alami kayu, dengan warna dan tekstur yang hangat. Gaya ini juga berkesan timeless dan cocok untuk rumah dengan ukuran besar maupun kecil. Ada 12 inspirasi untuk Anda yang suka suasana rumah yang sederhana dan elegan berikut ini.

1. Menggunakan Sofa Dengan Warna Senada

Inspirasi Rumah Kayu Klasik Menggunakan Sofa Dengan Warna Senada
Foto: ZOETAMI – Traveling & Hiking

Pertama, untuk mencapai nuansa interior rumah sederhana dan elegan, pilihlah sofa dengan warna yang senada atau cocok dengan warna kayu yang dominan dalam interior Anda. Warna-warna seperti coklat tua, beige, atau krem biasanya adalah pilihan warna yang ideal.

Kombinasi ini menciptakan koherensi visual yang menonjol dan menghadirkan tampilan yang hangat dan serasi. Selain itu, Anda dapat menambahkan bantal dengan motif atau warna yang senada untuk memberikan sentuhan tambahan.

2. Menggunakan Cermin Besar

Inspirasi Rumah Kayu Klasik Menggunakan Cermin Besar
Foto: RWHome.web.id

Cermin besar tidak hanya memperluas tampilan ruang, tetapi juga menambahkan nuansa elegan yang khas dalam interior. Memilih cermin besar dengan bingkai kayu sederhana akan memberikan tampilan yang harmonis dengan keseluruhan interior rumah kayu yang klasik.

Baca Juga:  4 Inspirasi Lantai Marmer Mewah dan Elegan untuk Rumah

Selain itu, cermin ini juga dapat memantulkan cahaya alami, menciptakan tampilan yang lebih terang dan cerah.

Gantungkan cermin ini di dinding ruang tamu atau kamar tidur Anda agar ruangan tidak hanya terlihat lebih luas, tetapi juga sentuhan indah yang memikat.

3. Gorden Berwarna Netral

Inspirasi Rumah Kayu Klasik Gorden Berwarna Netral
Foto: Pos Flores

Gorden adalah aksesori yang sering diabaikan. Namun, mereka memiliki peran penting dalam mencapai tampilan yang sederhana tetapi elegan sebagai interior rumah kayu klasik. Tetapi, jangan sembarang memilih warna maupun bentuknya. Lebih baik, pilih gorden dengan warna netral, seperti putih, krem, atau abu-abu.

Warna-warna ini memberikan kesan bersih dan ringan, sekaligus tetap mempertahankan nuansa tradisional yang Anda inginkan. Gorden dengan warna netral dan gaya sederhana juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menambahkan sentuhan antik ke perabotan maupun jendela-jendela Anda.

4. Kombinasi Interior Berbahan Kayu Warna Coklat dan Putih

Inspirasi Rumah Kayu Klasik Kombinasi Interior Berbahan Kayu Warna Coklat dan Putih
Foto: Ruparupa.com

Kombinasi antara kayu dengan elemen putih adalah resep sempurna untuk menciptakan tampilan klasik yang elegan. Nah, jangan ragu untuk menggabungkan warna kayu coklat tua atau coklat muda dengan elemen-elemen furnitur, seperti kursi, lemari, atau dekorasi dinding berwarna putih.

Kontras yang dihasilkan oleh kombinasi ini menciptakan tampilan yang menarik dan segar. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan elemen-elemen lain seperti warna dinding dan lantai untuk menjaga keseimbangan warna dalam ruangan.

5. Menggunakan Konsep Mezzanine

Inspirasi Rumah Kayu Klasik Menggunakan Konsep Mezzanine
Foto: Tirto.ID

Untuk menghadirkan suasana interior khas ala rumah kayu klasik, Anda juga bisa nih mengaplikasikan konsep mezzanine. Konsep ini juga bisa memaksimalkan fungsi ruang di rumah Anda. Mezzanine dapat digunakan sebagai kamar tidur tambahan, ruang kerja, atau bahkan perpustakaan pribadi.

Dalam desain rumah kayu klasik, penggunaan parket atau decking kayu adalah kunci untuk menciptakan konsep mezzanine yang apik. Elemen kayu membuat tampilan mezzanine lebih indah dan nyaman, sangat sesuai dengan gaya klasik.

Pastikan untuk memilih ukuran parket kayu yang sesuai untuk lantai mezzanine Anda sehingga menciptakan tampilan yang seimbang. Pelajari juga cara memasang parket kayu atau decking dengan tepat agar terlihat bagus dan awet, tentunya!

Baca Juga:  10 Kursi Roda Traveling Paling Ringan yang Mudah Dibawa

6. Plafon Tinggi dan Jendela Kaca Besar

interior rumah kayu klasik Plafon Tinggi dan Jendela Kaca Besar
Foto: sejasa.com

Plafon tinggi adalah salah satu elemen yang menciptakan desain interior dalam rumah kayu klasik yang bisa membuat rumah tampak lebih lapang dan lega. Pada bagian plafon tinggi, Anda dapat menambahkan lampu gantung yang indah, lukisan besar, atau elemen dekoratif lainnya yang menonjol supaya tampak lebih mewah.

Selain itu, kombinasikan plafon tinggi dengan jendela kaca besar untuk memaksimalkan cahaya alami sehingga ruangan terlihat lebih cerah dan luas.

7. Melapisi Bawah Sofa dan Meja dengan Karpet Bulu Besar

Sebagai tambahan, untuk mencapai nuansa yang lebih hangat dan nyaman dalam rumah kayu klasik, pilih karpet bulu ukuran besar dengan warna lembut yang cocok dengan palet warna ruangan Anda. Karpet bulu dengan ukuran besar ini memberikan sentuhan berkelas dan kenyamanan visual.

Letakkan karpet ini di bawah sofa atau meja ruang tamu Anda untuk menciptakan area yang menarik dan hangat.

8. Memadukan Kayu dan Batu Alam pada Dinding

Memadukan Kayu dan Batu Alam pada Dinding
Foto: dekoruma.com

Padukan unsur kayu pada interior rumah kayu Anda dengan unsur batu-batu alam untuk menciptakan karakter tekstur dan permaian warna yang alami. Paduan tersebut bisa Anda aplikasikan di bagian fasad rumah, dinding aksen di area ruang tamu maupun dapur.

Pastikan untuk memilih jenis batu alam yang sesuai dengan palet warna dan gaya keseluruhan interior rumah Anda agar terlihat warna dan tekstur yang tercipta lebih enak dipandang.

9. Rak Buku Besar dan Tinggi

interior rumah kayu Rak Buku Besar dan Tinggi
Foto: Momsmoney.com

Lengkapi rumah klasik Anda dengan rak buku sebagai elemen yang sempurna untuk mengekspresikan minat Anda dan menampilkan koleksi buku atau barang berharga. Pilih ukuran dan ketinggian rak buku yang sesuai dengan kondisi ruangan tempat rak buku, serta kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menghadirkan kesan yang tetap sederhana dan elegan, lebih baik cari rak buku berbahan dasar kayu dengan ukiran minimalis atau tidak berukir sama sekali. Agar ada sentuhan yang kontras, gunakan rak buku kayu dengan warna yang lebih gelap atau terang dari nuansa keseluruhan di ruangan.

Baca Juga:  8 Inspirasi Desain Ruang Tamu Klasik

10. Kamar dengan Skylight Window

interior rumah kayu Kamar dengan Skylight Window
Foto: id.pngtree.com

Skylight window bisa menjadi elemen menarik dalam rumah kayu klasik Anda. Pasalnya, rumah kayu identik dengan limpahan cahaya alami. Skylight tidak hanya berfungsi sebagai pintu untuk memasukan cahaya alami ke rumah, tetapi juga menciptakan atmosfer terang dan ceria dalam ruangan.

11. Memiliki Kursi Kayu di Samping Rumah

Kursi kayu dengan desain tradisional sangat cocok sebagai salah satu pelengkap desain interior dalam rumah kayu klasik. Tambahkan meja kayu kecil untuk menempatkan minuman atau bacaan Anda.

Anda bisa meletakkan kedua furnitur tersebut dalam bagian ruang tamu, ruang keluarga, maupun bagian samping rumah dengan akses ke halaman. Kombinasi kayu alami dengan alam luar ruangan menciptakan suasana damai bagi penghuni maupun tamu di rumah Anda.

12. Vas Bunga Minimalis dan Natural

interior rumah kayu Vas Bunga Minimalis dan Natural
Foto: polarumah.com

Terakhir, berikan sentuhan vas bunga dengan desain minimalis dan bunga alami sebagai elemen dekoratif. Pilih vas dengan bentuk sederhana dan warna netral.

Lalu, isi vas ini dengan bunga-bunga alami yang sesuai dengan gaya keseluruhan rumah Anda. Bunga-bunga ini akan menambahkan sentuhan alam dan natural ke dalam ruangan Anda sehingga terlihat lebih segar dan hidup.

jual kursi kayu
Dapatkan kursi kayu berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Tertarik Membawa Nuansa Klasik ke Rumah Anda?

Menciptakan desain interior rumah kayu klasik yang sederhana dengan menerapkan inspirasi di atas bisa menghadirkan kehangatan alami ke dalam ruang Anda. Jangan ragu untuk mengeksplorasi kreativitas Anda dan menggabungkan elemen-elemen tersebut dengan bijak dan sesuai preferensi Anda.

Temukan berbagai kebutuhan mendesain rumah kayu klasik, mulai dari pintu dan jendela, dekorasi furnitur kayu, maupun kebutuhan atap dan fasad kayu secara online di situs web Ukur! Ukur membantu Anda memiliki ruang yang penuh karakter yang sesuai dengan pilihan lengkap, transaksi yang mulus dan harga yang transparan!