6 Cara Mengecat Tembok yang Lembab dan Berjamur, Mudah!

6 Cara Mengecat Tembok yang Lembab dan Berjamur, Mudah!

Tembok lembab adalah masalah umum yang dapat mengganggu estetika dan integritas ruangan. Namun, melalui cara mengecat tembok yang lembab dan berjamur dengan tepat dan efektif, Anda bisa kembali mempercantik tampilan ruangan.

Teknik-teknik yang ada pastinya akan cocok untuk Anda yang akan atau sedang tinggal di daerah lembab seperti dekat sungai atau kebun. Namun, karena cara mengecat tembok lembab dan berjamur cukup tricky, Anda butuh tips penanganan khusus. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai untuk tahu langkah-langkahnya!

6 Cara Mengecat Tembok yang Lembab dan Berjamur

Sebenarnya, cara mengecat ulang tembok yang lembab, apalagi berjamur, butuh penanganan khusus. Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan ruangan yang lebih sehat dan menarik, yaitu:

1. Menyiapkan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan berbagai bahan dan kebutuhan pengecatan. Untuk tembok lembab dan berjamur, ada beberapa bahan dengan fungsi terpisah. Misalnya, untuk cara cat tembok berjamur, Anda butuh beberapa bahan seperti:

  • Air hangat.
  • Cuka (jenisnya bisa suling putih, pembersih, maupun cuka dapur atau apel).
  • Baking soda.
  • Boraks.
  • Botol semprotan atau sprayer.
  • Pengeruk dinding atau scrapper.
  • Sikat.
  • Sarung tangan.
  • Amplas kasar dan halus.
  • Semen putih.

Sedangkan untuk kebutuhan cara mengecat ulang tembok yang lembab, ada beberapa bahan dan perlengkapan yang Anda butuhkan, seperti:

  • Cat (sediakan jenis cat pelapis anti bocor dan juga cat finishing sesuai kebutuhan).
  • Kuas (opsional, bisa kuas biasa atau kuas rol atau keduanya).
  • Tempat cat.
  • Cairan hardener (campuran cat agar lebih cepat kering).
Menyemprotkan larutan pembersih jamur
Foto: Freepik

2. Membuat Larutan Pembersih Jamur

Untuk menjalankan cara cat tembok berjamur, pastinya tembok harus Anda kondisikan untuk siap pengecatan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat larutan pembersih jamur untuk mengatasi jamur membandel di tembok.

Baca Juga:  Pahami 8 Penyebab AC Bocor yang Ganggu Kenyamanan!

Sebenarnya ada banyak produk larutan pembersih jamur yang sudah siap pakai, tapi jika Anda ingin membuatnya sendiri, maka caranya adalah:

  • Campur bahan larutan yang sudah Anda siapkan dalam wadah kosong, lalu masukkan air dan cuka dengan perbandingan 5:1 (apabila jamur tidak terlalu banyak) atau 1:1 (apabila jamur relatif banyak). Misalnya, 2 sendok makan baking soda, 2 cangkir air hangat, dan ¼ cangkir cuka.
  • Untuk hasil cara cat tembok berjamur yang lebih maksimal dan menghilangkan aroma, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak pohon (jika ada).
  • Jika sudah tercampur merata, maka masukkan larutan tersebut ke botol sprayer dan larutan siap Anda gunakan.
Membuat Larutan Pembersih Jamur pada cat yang lembab
Foto: Ibupedia

Larutan tersebut terbilang cukup efektif untuk membunuh bahkan menghilangkan jamur sampai ke akarnya, bahkan sama efektifnya dengan produk pembunuh jamur atau pemutih. Gunakan sarung tangan agar terlindung dari kontaminan jamur, kotoran di tembok, dan larutan yang Anda buat.

3. Pengaplikasian

Sebelum Anda mengikuti cara mengecat tembok yang lembab selanjutnya, Anda harus mengatasi jamur terlebih dahulu dengan larutan yang sebelumnya Anda gunakan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan larutan pada area berjamur, lalu sikat tipis hingga jamur sedikit mengelupas.

Tunggu beberapa saat, lalu mulai kerik bagian jamur dengan scraper. Pastikan tidak ada jamur yang tersisa.

Lakukan langkah-langkah di atas secara berulang hingga seluruh tembok terbebas dari jamur yang membandel. Untuk jamur yang sulit Anda hilangkan, Anda bisa tambah baking soda pada larutan pembersih yang sudah Anda buat sebelumnya.

Meratakan Bagian Dinding
Foto: Freepik

4. Meratakan Bagian Dinding

Meratakan Bagian Dinding
Foto: Pengadaan (Eprocurement)

Apabila jamur sudah berhasil Anda atasi, maka cara mengecat tembok lembab berikutnya adalah meratakan bagian dinding yang berlubang atau menonjol. Anda bisa memanfaatkan scraper dan amplas untuk menghilangkan benjolan. Lalu, gunakan larutan semen putih dan air untuk menutup lubang.

Pastikan untuk melapisi seluruh bagian berlubang atau tidak rata, hingga tembok siap Anda cat ulang. Setelah semen mengering, Anda harus memastikan dinding sudah rata, bila perlu Anda bisa menggosok tembok dengan amplas hingga merata sempurna.

Selain dengan semen putih, Anda juga bisa menggunakan teknik plamir tembok. Sebenarnya tekniknya sama, namun plamir biasanya menggunakan bahan yang berbeda, yakni menggunakan larutan campuran dari kalsium, lem (rajawali), dan juga air. Tapi secara konsep sama seperti ketika menggunakan semen putih.

Baca Juga:  Panduan Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet dengan Mudah

Metode ini juga cukup penting dalam tata cara mengecat tembok yang lembab bahkan tembok biasa. Sebab, teknik ini bermanfaat untuk membuat daya ikat tembok pada cat jadi lebih kuat nantinya. Sehingga, cat bisa lebih awet dan merata ke seluruh permukaan saat Anda aplikasikan.

5. Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor
Foto: Dekoruma.com

Jika Anda tinggal di daerah lembab, maka pastinya tembok ruangan atau keseluruhan rumah Anda butuh treatment khusus untuk melakukan pengecatan tembok. Dari berbagai cara mengecat tembok lembab yang ada, membuat lapisan cat anti bocor sebagai dasarnya adalah solusi terbaik.

Apalagi sebelumnya Anda sudah mengatasi masalah jamur, serta sudah menutupi tembok dengan semen putih. Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengaplikasikan cat pelapis anti bocor. Untuk metode ini, Anda bisa mencampurkan cat dengan hardener sesuai kebutuhan.

Pada tahapan cara mengecat ulang tembok yang lembab ini, Anda bisa menggunakan perbandingan 2:1 untuk cat dan hardener. Namun, untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat kering, Anda bisa menaikkan perbandingan menjadi 1:1.

Lakukan pencampuan pada wadah cat yang sudah Anda sediakan. Setelah itu, mulai aplikasikan cat hingga merata ke seluruh tembok yang ingin Anda cat ulang. Pastikan pengaplikasian cat satu arah dan tidak ada gumpalan cat yang menimbulkan benjolan pada dinding.

Tunggu beberapa jam dan cat lapisan pertama akan mengering. Sebagai tips, Anda bisa menerapkan satu atau lebih cara cat tembok berjamur untuk memaksimalkan fungsi lapisan anti bocor. Cat dengan pori-pori kecil saja dapat membuat dinding terembes air dan berpotensi menumbuhkan jamur dari dalam.

Pengecatan Finishing Warna Tembok
Foto: Freepik

6. Pengecatan Finishing

Tahapan terakhir dalam cara mengecat tembok yang lembab adalah melakukan finishing dengan mengaplikasikan cat yang ingin Anda gunakan pada seluruh lapisan tembok yang sudah kering. Pada tahapan ini, Anda bebas menggunakan satu atau lebih lapisan cat untuk mendapatkan warna sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga:  Berapa Lama Epoxy Kering dan Mengeras? Ini Jawabannya!

Pada tahapan cara mengecat ulang tembok yang lembab ini, Anda juga bisa mencampurkan cat dengan hardener. Tujuannya adalah untuk membuat lapisan cat lebih cepat kering, tahan lama, dan tentunya lebih hemat budget.

Untuk pemilihan cat sendiri tergantung kebutuhan dan estetika ruangan yang Anda inginkan. Kombinasi warna cat plafon dan dinding rumah yang estetik, klasik, atau natural bisa Anda ciptakan dengan palet warna yang sesuai.

Misalnya, kombinasi cat rumah warna cream dan orange yang efektif memberikan kesan hangat dan nyaman atau kombinasi warna biru dan putih untuk menghadirkan ketenangan atau berbagai kombinasi lainnya. Kombinasi ini juga harus Anda sesuaikan dengan konsep rumah dan furniture yang Anda pilih.

Jadi, bukan tidak mungkin jika dalam satu ruangan akan memiliki beberapa kombinasi warna, dengan pallete yang sesuai konsep interior dan eksterior. Tips yang menarik, bukan?

cat tembok
Lengkapi material bangunan anda dengan Cat Tembok berkualitas di UKUR

Cara Mengecat Tembok yang Lembab dan Berjamur Itu Mudah, Bukan?

Pada intinya, tembok yang lembab dan berjamur butuh treatment cara mengecat tembok yang lembab secara khusus untuk mendapatkan hasil pengecatan maksimal. Anda harus mengatasi masalah jamur terlebih dahulu, lalu mengaplikasikan cat berlapis.

Mulai dari cat anti bocor, lalu pengecatan finishing dengan kombinasi warna yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Tentunya, produk berkualitas juga akan berpengaruh pada kualitas pengecatan yang Anda butuhkan. Sehingga, penting untuk memilih produk terbaik dari platform penyedia bahan bangunan terbaik.

Misalnya, varian cat tembok, hardener, dan semen berkualitas dari UKUR memiliki berbagai produk unggulan dari brand ternama. Selain kebutuhan material konstruksi, UKUR juga menyediakan berbagai produk lainnya seperti furniture, barang elektronik, hingga perkakas pendukung.

Dengan hanya menjual produk berkualitas dan harga yang bersaing, tak heran jika platform ini jadi penyedia bahan bangunan terbaik yang sudah dipercaya banyak bisnis besar di Indonesia. Cara belinya juga gampang, Anda bisa langsung cari dan transaksi via aplikasi atau website resmi ukur.com.