Tips Memilih Keramik Lantai Dapur Terbaik Anti Licin

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur Terbaik Anti Licin

Keramik lantai dapur yang nggak licin tentunya akan buat aktivitas memasak jadi makin aman dan nyaman. Karena itu, sebagai pemilik rumah Anda harus lebih selektif waktu memilih material keramik. Nah, berikut ini adalah tips memilih keramik lantai dapur yang tepat dan bisa Anda coba terapkan!

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur Anti Licin

Dapur adalah salah satu bagian penting yang segala aspeknya harus Anda perhatikan dengan baik. Terutama bagian lantainya. Jangan sampai kegiatan memasak Anda terganggu hingga menyebabkan beberapa insiden, seperti terpeleset. Nah, Anda bisa coba beberapa tips pilih keramik lantai dapur berikut ini:

1. Pilih Keramik Bertekstur Kesat

Tekstur keramik lantai dapur merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilihnya. Sebab, dapur merupakan salah satu area yang rentan terkena cipratan minyak akibat kegiatan masak-memasak maupun sabun bekas cuci piring.

Anda bisa coba pakai keramik dengan finishing matte ketimbang glossy. Sebab, lantai dengan permukaan ini akan lebih kesat dan tidak licin.

2. Pilih Warna Terang

Tips memilih lantai keramik dapur selanjutnya adalah cari keramik berwarna terang. Alasan utamanya adalah agar setiap kali lantai dapur Anda kotor bisa lebih terlihat, sehingga memudahkan untuk membersihkannya. ini terjadi karena ada banyak sekali aktivitas yang menyebabkan lantai dapur cepat kotor.

Jadi, sangat disarankan untuk memilih warna keramik lantai yang terang. Sebab, jika warna lantai keramiknya gelap akan menutupi lantai yang sebenarnya kotor. Selain itu, keramik lantai yang terang cenderung akan membuat Anda merasa lebih nyaman beraktivitas.

Baca Juga:  5 Model Pintu Geser Minimalis untuk Hunian Estetik
keramik lantai dapur dan desain interior
Source image: unsplash.com

3. Sesuaikan dengan Gaya dan Warna Dapur

Tips memilih keramik lantai dapur selanjutnya adalah sesuaikan dengan gaya dan warna dapur. Kalau dapur mengusung gaya modern, maka Anda bisa pilih keramik dengan pola atau desain abstrak. Selain itu, Anda juga bisa pilih keramik berwarna netral, seperti putih.

Sementara untuk Anda yang memiliki dapur dengan gaya klasik, bisa pilih keramik dengan pola marmer. Tidak hanya itu, untuk menambah kesan klasik, Anda bisa pilih motif batu alam pada lantai keramik.

4. Sesuaikan Ukuran Keramik

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan waktu pilih keramik lantai dapur adalah dengan menyesuaikan ukuran dari keramik. Secara umum, ukuran dari keramik lantai terdiri dari dua macam, yakni besar dan kecil.

Nah, untuk kedua ukuran ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun, memang dampak yang akan Anda dapatkan pun juga berbeda. Sederhanaya, kalau ukuran dapur Anda kecil, maka sebaiknya pakai ukuran keramik yang besar.

Sebab, ukuran keramik yang besar bisa kasih efek ruangan agar jadi lebih luas. Bahkan, keramik dengan ukuran yang besar bisa memberikan ilusi pada ruangan.

Sementara untuk dapur dengan ukuran yang besar, bisa pakai keramik berukuran kecil. Sebab, ukuran keramik yang kecil bisa beri kesan yang rapi dan padat. Hal tersebut bisa Anda pakai kalau ingin menghadirkan efek ruangan dapur yang besar tidak terlihat banyak perabotannya.

5. Pilih Keramik yang Mudah Dibersihkan

Karena menjadi salah satu area dalam rumah yang lebih sering kotor. Anda sebaiknya pilih keramik yang mudah dibersihkan. Dengan begitu, maka Anda pun tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan dapur.

Pilih Motif Terbaik
Source image: freepik.com

6. Pilih Motif Terbaik

Tips memilih keramik lantai dapur selanjutnya adalah dengan memilih motif terbaik sesuai dengan tema atau desain dari dapur Anda. Salah satu contohnya adalah untuk dapur minimalis, Anda bisa menggunakan motif keramik lantai yang tidak terlalu ramai.

Baca Juga:  Cara Membuat Railing Tangga Besi Hollow Sendiri yang Mudah

Motif ini nantinya akan membuat dapur Anda terlihat lebih luas dan rapi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa pilihan motif lantai keramik lain. Seperti motif batu alam, marble putih garis halus, motif bunga, motif kayu, hingga motif black and white.

7. Sesuaikan dengan Kebutuhan, Budget, dan Bergaransi

Tips pilih keramik lantai dapur terakhir adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Misalnya, Anda memilih lantai yang tidak licin dan mudah dibersihkan. Jadi, jangan sampai Anda mengeluarkan uang lebih dari budget dan kebutuhan.

Selain menyesuaikan harga dan kebutuhan, sebaiknya pilih keramik lantai dapur yang sudah bergaransi. Sebab, apabila memang kondisi dari keramik yang Anda beli tidak sesuai dengan harapan (rusak atau kurang), maka Anda bisa mengembalikannya.

Rekomendasi Keramik Lantai Dapur Anti Licin

Jika sampai salah pilih material untuk jenis keramik lantai dapur, maka bisa buat tampilannya jadi tidak menarik. Namun, menjaga keselamatan dan keamanan Anda ketika sedang beraktivitas di dapur juga penting. Nah, biar nggak salah, coba simak beberapa rekomendasi keramik yang cocok untuk lantai dapur berikut ini:

Keramik berjenis Pavers
Source image: tokban.com

1. Terakota atau Batu Bata

Rekomendasi keramik untuk lantai dapur yang tidak licin adalah terakota atau dari batu bata merah. Keramik ini punya lapisan permukaan yang tidak terlalu licin, sehingga aman untuk dapur.
Selain itu, warna merah dari batu bata ini bisa beri kesan hangat pada dapur Anda. Dengan begitu, Anda pun akan lebih bersemangat ketika beraktivitas. Tidak hanya warna merah, terakota memiliki berbagai variasi warna yang bisa Anda kombinasikan untuk menghasilkan kesan gradasi unik.

2. Granit

Tips memilih keramik lantai dapur selanjutnya adalah memilih keramik lantai granit. Granit sendiri punya tekstur yang cukup kasar, sehingga lantai tidak akan mudah licin ketika terkena cipratan air maupun minyak. Membersihkan lantai granit pun tidaklah sulit. Selain itu, motif dari keramik granit ini juga sangat bervariasi. Hal inilah yang buat keramik lantai granit banyak diminati.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Tembok lembab dan Basah di Rumah Anda

3. Motif Kayu

Buat Anda yang ingin menciptakan kesan mewah pada area dapur, maka bisa memilih keramik lantai dapur dengan motif kayu. Motif ini bisa memberikan rasa mewah dan estetik pada dapur. Selain itu, lantai dengan motif kayu juga lebih aman karena tidak licin.

aneka pilihan keramik lantai dapur
Source image: freepik.com

4. Porselen

Tips memilih keramik lantai dapur selanjutnya adalah lantai porselen. Keramik ini punya tampilan yang polos dan tidak bercorak. Namun, meskipun memiliki warna yang sangat menarik, Anda tetap harus memastikan apakah permukaannya licin atau tidak.

Sebab, ada beberapa lantai porselen yang cukup licin. Sehingga tidak akan aman jika Anda aplikasikan pada area dapur.

5. Batu Alam

Keramik lantai dapur dengan motif batu alam akan menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih natural. Unsur estetika ini sangat cocok jika dipadukan dengan beragam perabot dapur.

Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Keramik Lantai Dapur di UKUR!

Keramik Mana yang Mau Anda Beli?

Itu dia penjelasan soal tips memilih keramik lantai dapur yang bisa Anda coba. Intinya, apapun jenis keramik yang Anda pilih, jangan biarkan lantai dapur ada dalam kondisi basah. Selain itu, pilih tempat beli keramik terpercaya untuk menjamin kualitas produk.

Jika tertarik beli berbagai macam keramik, Anda bisa belanja di UKUR.com. Marketplace yang menyediakan berbagai produk bahan bangunan, seperti Material Konstruksi, Pintu & Jendela, Lantai, Elektronik, Safety, MEP, dan masih banyak lagi lainnya.

Anda juga bisa menggunakan layanan pemasangan agar lebih praktis. Hanya di Ukur.com Anda akan dapat produk berkulaitas dengan harga terbaik dan bergaransi. Yuk, belanja sekarang!