Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas

Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas

Cat menjadi bagian penting dalam interior rumah. Sehingga, pengelupasan cat akan sangat mengganggu. Selain tak sedap dipandang mata, warna cat plafon dan dinding rumah yang mengelupas juga akan membuat Anda mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya. Lalu, bagaimana cara mengatasi cat tembok mengelupas?

Jangan khawatir! Ada berbagai solusi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini, sesuai dengan faktor yang menyebabkan terjadinya pengelupasan. Mari cari tahu apa saja penyebab cat dinding mengelupas dan cara mengatasinya di sini!

Penyebab Cat Tembok Mengelupas

cat tembok mengelupas
Foto: Freepik

Cat dinding yang terkelupas adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik rumah. Meskipun cat terpasang dengan baik pada awalnya, tetapi karena berbagai penyebab, beberapa area pada dinding bisa mengalami pengelupasan. Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

1. Rembesan Air

Rembesan Air pada tembok
Foto: ambpi.com

Sebelum mencari tahu cara mengatasi cat tembok mengelupas, perhatikan lebih dulu ada atau tidaknya rembesan air pada dinding. Sebab, air yang merembes dapat menyebabkan kondisi lembap hingga basah yang berlebihan di dalam dinding.

Lalu sebagai akibatnya, tembok yang terkena rembesan air secara berkelanjutan, pada akhirnya akan membuat cat lebih mudah mengelupas dan rusak.

2. Terlalu Lembap

Terlalu Lembap pada tembok
Foto: KlikDokter.com

Kelembapan yang berlebihan dapat mempengaruhi daya rekat cat pada permukaan tembok. Ini terjadi karena kelembapan dapat menyebabkan cat tidak kering dengan sempurna, sehingga lapisan cat tidak melekat dengan baik. Oleh sebab itu, penting untuk mengatasi cat tembok lembap terlebih dahulu, sebelum memperbaiki cat.

Baca Juga:  Cara Pasang Bracket TV, Mudah Tepat Aman!

3. Cat Tidak Sesuai dengan Permukaan

Cat tembok Tidak Sesuai dengan Permukaan
Foto: rukita.co

Penggunaan cat yang tidak sesuai dengan jenis atau kondisi permukaan juga dapat mengakibatkan ketidakcocokan antara cat dan tembok. Sehingga, cat tidak dapat menempel dengan baik dan akan cenderung mengelupas.

Misalnya, karena adanya perbedaan cat interior dan eksterior. Oleh karenanya, Anda tidak bisa menyamakannya. Maka, cara mengatasi cat tembok mengelupas akibat ketidakcocokan dengan permukaan tembok adalah menggantinya menggunakan cat baru yang lebih sesuai.

4. Kondisi Tembok yang Kotor

Kondisi Tembok yang Kotor
Foto: Pinterest.com

Sebelum pengecatan, Anda harus membersihkan tembok dengan baik, agar cat dapat menempel dengan baik. Pasalnya, debu, kotoran, atau lemak yang menempel pada permukaan tembok dapat menghambat perekatan cat, sehingga menyebabkan cat tembok mengelupas.

5. Suhu Tinggi

Pemaparan terus-menerus terhadap suhu tinggi atau perubahan suhu yang ekstrem juga dapat menyebabkan perubahan fisik pada cat dan merusaknya.

Pada suhu yang sangat tinggi, cat cenderung meleleh, sedangkan pada perubahan suhu yang drastis, cat akan mengalami ekspansi dan kontraksi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan cat tembok mengelupas.

6. Permukaan Tembok Terlalu Kering

Terkadang, mengganti cat bukanlah satu-satunya cara mengatasi cat tembok mengelupas. Sebab, bisa saja pengelupasan ini terjadi akibat permukaan dinding Anda yang bermasalah.

Pasalnya, permukaan dinding yang terlalu kering mungkin tidak dapat menahan lapisan cat dengan baik. Sehingga, cat tidak dapat menempel secara efektif dan cenderung mengelupas, karena kurangnya daya rekat.

7. Terkena Zat Korosif

Paparan terhadap zat-zat kimia yang korosif, seperti bahan pembersih berbasis asam, juga dapat merusak lapisan cat tembok. Ketika terpapar secara terus-menerus, zat-zat tersebut dapat merusak daya rekat cat, sehingga menyebabkan cat mengelupas.

8. Kualitas Cat yang Kurang Baik

Cat dengan kualitas rendah cenderung memiliki daya rekat yang buruk, ketahanan terhadap cuaca yang rendah, serta kemampuan perlindungan yang minim terhadap kelembapan dan zat-zat korosif.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password CCTV yang Lupa: Solusi Mudah

Sehingga, cat akan rentan terhadap pengelupasan dan kerusakan. Maka dari itu, cara mengatasi cat yang mengelupas pada tembok adalah dengan menggantinya dengan yang berkualitas baik.

9. Memakai Cat yang Sudah Kedaluwarsa

Menggunakan cat yang sudah melewati masa simpan, dapat menyebabkan kualitas cat menurun. Kualitas cat yang menurun tersebut dapat mengakibatkan ketidakmampuan cat untuk menempel dengan baik pada permukaan tembok, sehingga cat cenderung mengelupas.

10. Cara Pengecatan Kurang Tepat

Proses pengecatan yang kurang tepat, seperti tidak memberikan primer yang cukup, tidak membersihkan permukaan tembok dengan benar sebelum pengecatan, atau tidak mengeringkan permukaan tembok dengan baik. Nyatanya juga dapat menyebabkan cat mudah mengelupas dan tidak menempel dengan baik.

memperbaiki cat tembok
Foto: Freepik

Bagaimana Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas?

Setelah mengetahui apa saja penyebab cat tembok mengelupas, maka Anda bisa mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan ini, di antaranya meliputi:

1. Membersihkan Cat Lama

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan cat lama yang telah mengelupas dari permukaan tembok. Gunakan spatula atau sikat kawat untuk menghapus sisa-sisa cat yang tidak melekat dengan baik.

Pastikan untuk membersihkan area yang terkena cat lama secara menyeluruh, sehingga permukaan tembok menjadi rata dan siap untuk proses pengecatan ulang.

2. Mengamplas Cat Dinding

Mengamplas Cat Dinding
Foto: harga.web.id

Cara mengatasi cat tembok mengelupas berikutnya adalah dengan mengamplasnya. Setelah membersihkan cat lama, amplas permukaan tembok dengan hati-hati menggunakan kertas amplas yang halus.

Tujuannya adalah untuk meratakan permukaan tembok, menghilangkan bagian yang tidak rata, serta meningkatkan daya rekat cat baru. Pastikan untuk membersihkan debu atau partikel halus lainnya, setelah proses pengamplasan selesai, sehingga permukaan menjadi bersih dan siap untuk pengecatan ulang.

3. Menggunakan Paint Remover

Menggunakan Paint Remover
Foto: Shopee

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menghapus cat lama dengan membersihkan atau mengamplas, maka Anda dapat menggunakan bahan penghapus cat (paint remover). Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan yang tertulis pada kemasan dengan benar.

Baca Juga:  10 Cara Membersihkan Kursi Kayu agar Mengkilap seperti Baru

4. Mengecat Ulang Tembok dengan Cat Waterproof

Mengecat Ulang Tembok dengan Cat Waterproof
Foto: Aquaproof

Cara mengatasi cat yang mengelupas pada tembok selanjutnya adalah melakukan pengecatan ulang. Setelah permukaan tembok telah bersih dari cat lama, pastikan untuk memilih cat yang tahan air (waterproof) dan berkualitas baik. Pilihlah cat yang tahan terhadap kelembapan, pertumbuhan jamur, dan perubahan cuaca ekstrem.

Pastikan juga untuk menggunakan cat waterproof secara merata dengan teknik pengecatan yang benar. Gunakan kuas atau rol cat yang sesuai, untuk mencapai hasil yang halus dan rata.

jual cat dasar tembok
Dapatkan aneka merk cat dasar tembok berkualitas dengan harga diskon  di UKUR!

Telah Paham tentang Cara Mengatasi Cat Tembok Mengelupas?

Kesimpulannya, mengatasi cat tembok yang mengelupas bisa menjadi pekerjaan yang memakan waktu, tenaga, dan biaya. Tapi dengan memahami penyebabnya, maka Anda bisa mengatasinya dengan tepat. Misalnya, dengan cara membersihkan cat lama, mengamplas, hingga mengecat ulang menggunakan cat waterproof.

Selain itu, salah satu cara mengatasi cat yang mengelupas pada tembok adalah dengan memilih cat yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan kualitas cat dan mencegah terjadinya pengelupasan di masa mendatang. Ini akan membantu memastikan cat tembok tetap tahan lama dan terlihat menarik selama mungkin.

Anda bisa mendapatkan berbagai produk cat terbaik untuk mempercantik interior rumah di platform online Ukur. Sebagai salah satu toko penyedia bahan bangunan terlengkap, Ukur menawarkan beragam produk, mulai dari material konstruksi, lantai, dinding dan plafon, hingga cat tembok.

Dengan harga yang terjangkau dan kemudahan dalam proses pembelian, serta pengiriman yang cepat dan aman, segera dapatkan cat tembok dan segala kebutuhan interior rumah Anda bersama Ukur sekarang juga!