Batako vs Hebel, Mana yang Paling Kuat untuk Membangun Rumah?

batako vs hebel

Keputusan untuk membangun rumah membutuhkan perencanaan yang panjang dan matang. Sebab sebagai perencana, Anda harus juga memperhatikan kualitas setiap material yang akan Anda gunakan. Contohnya saja saat membandingkan batako vs hebel untuk material dinding rumah.

Kelihatannya memutuskan untuk memilih salah satu bukan pilihan yang terlalu sulit. Akan tetapi bagi Anda yang selalu berpikiran panjang ke depan, tentu perbandingan batako dan hebel bisa menjadi keputusan krusial. Sehingga, harapannya Anda akan segera menemukan jawaban terbaik saat membaca artikel ini.

Pengertian Batako dan Hebel

Untuk mengetahui perbandingan batako vs hebel, Anda perlu memahami bahan dasar batako dan hebel dulu. Batako adalah hasil campuran dari pasir kasar dan semen yang dicetak padat. Sedangkan, hebel terbuat melalui proses semen pabrik.

Secara umum, batako memiliki jenis-jenis yang berbeda dan perbedaan tersebut terletak pada berat jenis, kuat tekan, tebal spesi, hingga ketahanan terhadap api. Berikut merupakan spesifikasi yang batako miliki.

  • Berat jenis normal : 1000 kg/m3
  • Berat jenis kering : 950 kg/m3
  • Konduktivitas termal : 0,339 W/mK
  • Kuat tekan : 5,5 N/mm2
  • Ketahanan terhadap api : 4 jam
  • Tebal spesi : 20-30 mm
  • Jumlah batako press per 1m2 : 20 hingga 25 buah

Sementara itu, hebel memiliki karakteristik yang berbeda. Terlihat dari nama lain hebel yaitu bata ringan, sudah pasti bata ini memiliki keunggulan tersendiri. Adapun spesifikasi dari hebel dapat Anda cermati melalui keterangan berikut ini.

  • Berat jenis normal : 650 kg/m3
  • Berat jenis kering : 520 kg/m3
  • Konduktivitas termal : 0,14 W/mK
  • Kuat tekan : >4,0 N/mm2
  • Ketahanan terhadap api : 4 jam
  • Tebal spesi : 3 mm
  • Jumlah batako press per 1 m2 : 8 hingga 9 buah
Baca Juga:  12 Jenis Pintu Rumah beserta Karakteristiknya

Dari karakteristik masing-masing tersebut, mungkin Anda sudah bisa menentukan material mana yang sesuai preferensi. Namun, Anda bisa lebih memperhatikan kelebihan batako vs hebel yang akan dijelaskan rinci berikut ini. Simak baik-baik, ya!

Kelebihan dan Kekurangan Batako
Source: hargamaterialpromo.com

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Berikut ini adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan batako yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu:

1. Kelebihan Batako

Terdapat sembilan kelebihan yang ada pada batako. Kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Proses pembuatan batako lebih mudah. Ukuran saat membuat batako pun dapat disamakan.
  2. Ukuran yang batako miliki cukup besar, sehingga ongkos dan waktu pemasangan pun dapat jauh lebih hemat.
  3. Jenis batako yang berlubang mampu berfungsi sebagai isolasi udara.
  4. Jika pekerjaan dalam membangun rumah cukup rapi, batako tidak perlu diplester.
  5. Batako lebih mudah dipotong untuk kepentingan sambungan tertentu.
  6. Penggunaan batako tidak perlu didahului dengan perendaman dalam air.
  7. Batako kedap air, sehingga Anda tidak perlu cemas akan terjadinya rembesan air.
  8. Pemasangan batako cukup cepat.
  9. Pemakaian rangka pengaku beton lebih luas, sekitar 9 meter persegi hingga 12 meter persegi.

2. Kekurangan Batako

Batako memang sering menjadi pilihan baik untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan biaya yang terjangkau. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan batako sebagai berikut.

1. Memiliki Efek Panas

Pertama, batako sangat mudah menyerap panas. Kekurangan ini disebabkan oleh bahan batako yang berasal dari semen. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, semen merupakan bahan yang dinilai buruk karena sifatnya yang menyerap hawa panas.

Dengan demikian, penggunaan batako untuk material dinding rumah bisa menjadi pilihan yang buruk apabila Anda tidak tahan dengan udara panas.

2. Lebih Mudah Retak

Kelebihan batako yang menunjukkan bahwa material ini cukup ringan ternyata bisa mengakibatkan kelemahan juga, loh. Memang, bobot ringan pada batako bisa mempercepat pembangunan rumah, namun kelebihan ini dapat membuat dinding rumah Anda mudah retak.

beli batako di ukur

Temukan produk batako terlengkap di Ukur, belanja hemat pengiriman cepat!

3. Bagian Tengah Batako Mudah Pecah

Hampir sama dengan kelemahan sebelumnya, batako juga cukup mengkhawatirkan karena bagian tengahnya mudah pecah. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian ekstra saat pemasangan batako. Karena batako memiliki rongga pada bagian tengah, jadi wajar apabila batako memang rentan pecah.

Baca Juga:  Jangan Salah Pilih! Kenali 7 Perbedaan Marmer dan Keramik

4. Sulit Meredam Suara

Selain tidak mampu menahan panas, batako juga tidak kuat meredam suara. Sehingga apabila rumah tetangga Anda sedang memaku tembok, atau bahkan ketika hanya mengeluarkan suara, maka akan terdengar hingga rumah Anda.

Kelemahan ini merupakan akibat dari bobot batako yang cukup ringan. Sehingga, apabila Anda tidak tahan dengan adanya suara-suara dari rumah tetangga, Anda bisa memikirkan pilihan material lain untuk pembangunan rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Hebel
Source: batahebel.com

Kelebihan dan Kekurangan Hebel

Perbedaan batako dan hebel berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing material cukup banyak dan signifikan. Akan tetapi, dengan memperhatikan masing-masing material ini tentu dapat membantu Anda. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan hebel, yaitu:

1. Kelebihan Hebel

Hebel memiliki kelebihan tersendiri sebagai bahan bangunan rumah. Berikut adalah 9 kelebihannya, yaitu:

  1. Berbeda dengan batako, hebel mempunyai ukuran serta kualitas yang seragam. Hasil akhir dinding pun dapat lebih rapi.
  2. Tidak membutuhkan siar tebal, sehingga Anda bisa menghemat penggunaan perekat.
  3. Hebel juga memiliki bobot yang lebih ringan. Sehingga beban struktur dapat Anda perkecil.
  4. Karena lebih ringan, mengangkut hebel pun jadi lebih mudah.
  5. Plesteran untuk hebel cukup yang tipis, biasanya cukup 2,5 cm saja.
  6. Material ini kedap air, sehingga terjadinya rembesan air pun amat kecil kemungkinannya.
  7. Memiliki kekedapan suara yang bagus.
  8. Tingginya kuat tekan.
  9. Memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap gempa bumi.

2. Kekurangan Hebel

Apabila Anda melihat dari jumlah kekurangan, maka hasil dari batako vs hebel sudah bisa Anda temukan jawabannya. Sebab berbeda dari batako, hebel memiliki lebih banyak kekurangan.

Kekurangan itu akan Anda ketahui secara rinci berikut ini.

1. Biaya Lebih Mahal

Pertama, hebel membutuhkan teknologi canggih dalam proses pembuatannya. Artinya, pemesanan hebel membutuhkan lebih banyak biaya. Pastikan Anda sudah menyesuaikan dengan anggaran pembangunan rumah dan mengetahui bagaimana menghitung kebutuhan hebel itu sendiri, apabila Anda memang ingin memilih hebel sebagai material.

Baca Juga:  Prediksi Perkiraan Biaya Pasang CCTV Berbagai Paket

2. Perlu Mencari Tukang Khusus

Perbedaan batako dan hebel juga berpengaruh pada pemilihan tukang. Anda akan membutuhkan tukang khusus, atau yang lebih berpengalaman dalam pemasangan hebel. Sebab, pemasangan hebel umumnya memakai roskan yang bergigi, dan tak semua tukang mampu melakukannya.

3. Proses Pengeringan Lama

Ketiga, yang menjadikan batako lebih unggul adalah karena hebel membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama. Apabila pembangunan rumah Anda bertepatan dengan musim hujan, tentu aktivitas ini dapat menjadi tantangan tersendiri.

Sementara itu, apabila tukang memaksakan penggunaan plester aci sebelum kering karena terdesak waktu, maka pada hebel akan timbul bercak kuning.

beli hebel di ukur

Temukan produk hebel terlengkap di Ukur, belanja hemat pengiriman cepat!

4. Perlu Perekat Khusus

Berikutnya, hebel juga umumnya membutuhkan perekat khusus. Hebel hanya dapat direkatkan dengan perekat semen mortar. Apabila Anda memaksakan perekatan hebel menggunakan perekat biasa, bangunan rumah Anda akan cepat rapuh dan mudah retak.

5. Sisa Bahan Terlalu Banyak

Terakhir, hebel dapat Anda katakan boros karena menyisakan banyak bahan. Mungkin sisa bahan ini akan dapat berguna apabila Anda dapat menggunakannya kembali. Sayangnya, sisa-sisa hebel biasanya hanya berupa potongan yang tidak seragam, sehingga akan aneh apabila Anda memaksa menggunakannya.

Batako vs Hebel, Mana yang Anda Pilih?

Berdasarkan artikel mengenai batako vs hebel di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa memilih batako untuk pemasangan lebih cepat dan hemat. Sebaliknya, apabila Anda menginginkan bangunan rumah yang aman dari rembesan air dan suara bising, Anda dapat memilih hebel sebagai material.

Apapun pilihannya, pastikan Anda mempercayakan Ukur untuk dapatkan material bangunan terbaik. Ukur tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan bangunan Anda, tapi juga menawarkan kebutuhan Elektronik, Furniture, hingga Sanitary. Pasti terlengkap, terjangkau, dan bergaransi!