Macam-Macam Busa Sofa dan Daftar Merk Busa Sofa Terbaik

type foam sofa

Banyaknya bahan-bahan untuk membuat sofa membuat Anda sebagai konsumen pasti bertanya-tanya mana yang benar-benar berkualitas dan mana yang tidak. Sebab, bahan-bahan yang ada akan menjamin apakah sofa bisa awet atau sebaliknya. Untuk itu, ayo kita bahas tentang busa sofa terbaik sepanjang masa.

Busa atau foam merupakan salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat sofa. Maka dari itu, sofa yang kerap kali ada di ruang tamu bisa terasa empuk dan nyaman ketika kita duduki. Akan tetapi, busa ini juga memiliki jenis yang beragam dan tentunya kualitasnya beda.

Macam-Macam Busa Sofa Berdasarkan Ketebalan

Sekilas busa memang hanya terdiri dari satu jenis saja. Akan tetapi, dalam dunia properti dan bahan-bahannya terdapat macam macam busa sofa yang bisa Anda lihat melalui menjelasan berikut ini.

1. Busa 1 Cm

busa ukuran 1 cm
Busa ukuran 1 cm (Foto: Shopee/A.W FOAM)

Jenis busa sofa terbaik 1 cm menjadi yang paling tipis. Bahkan, pemakaiannya cenderung tidak banyak. Cukup satu lembar saja untuk satu set sofa. Meski demikian, jangan salah paham terlebih dahulu.

Busa dengan ketebalan ini juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk melapisi busa yang lain agar tidak mudah rusak. Tentunya, juga menjaga ketahanan busa utamanya.

Untuk kegunaannya, kerap berada di tangan sofa. Sebab bagian inilah yang rentan untuk bergesekan dengan kain dan rangka.

2. Busa 2 Cm

busa ukuran 2cm
Busa ukuran 2cm (Foto: Shopee/Pusat_karpet)

Kemudian ada busa 2 cm. Bahan yang kedua ini mirip dengan yang pertama karena sangat tipis. Namun tingkat kepadatannya lebih baik, sehingga daya tahannya pun lebih kuat.

Baca Juga:  5 Jenis Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik dan Tahan Lama

Berkat adanya serat inilah yang membuat busa tidak mudah robek dan koyak. Secara umum, fungsi bahan dengan ketebalan 2 cm ini hanya menempati titik antara pembatas utama rangka dan kain di tangan sofa.

Selain itu, ada satu manfaat lain yakni menjadi busa pelapis pada bagian sandaran serta dudukan sofa. Dengan begitu, kualitas busa yang tebal dapat lebih terjaga.

3. Busa 4 Cm

busa ukuran 4cm
Busa ukuran 4 cm (Foto: Shopee/bilqishouse)

Busa 4 cm ini merupakan jenis yang masuk ke kategori ukuran sedang. Sebab fungsinya tidak hanya pada bagian tangan saja melainkan juga pada bagian dudukan dengan ukuran kecil. Tujuannya tidak menjaga kualitasnya saja namun juga bentuknya.

Memiliki ketebalan sedang membuat busa sofa terbaik ini juga kerap ditempatkan pada bagian sandaran sofa yang ukurannya lebih besar. Sehingga ketika orang bersandar maka mereka akan merasa nyaman.

4. Busa 8 Cm

busa 8cm
Busa ukuran 8cm (Foto: Tokopedia/omkarpet)

Terakhir adalah busa dengan ukuran ketebalan 8 cm. Jenis yang terakhir ini memang digunakan sebagai bahan utama untuk dudukan. Sebab, bagian yang ini adalah inti karena nantinya akan menampung beban berat.

Jenis busa yang satu ini memiliki bahan serat yang lebih padat, sehingga ketika kita sentuh teksturnya lebih keras dan tidak mudah kempes. Sedangkan, untuk masa pemakaiannya sendiri bisa dari kurun waktu 4 sampai 5 tahun lamanya.

Kurun waktu tersebut termasuk pemakaian wajar. Dalam beberapa kasus, ada yang lebih lama namun ada pula yang kurang dari waktu tersebut.

Merk Busa Sofa Terbaik

Setelah kita tahu beragam jenis bahan busa untuk sofa, Anda juga wajib mengenal tentang merk bahan sofa yang bagus dan paling banyak peminatnya. Berikut adalah 4 diantaranya, yaitu:

1. INOAC (INOAC Foam)

Merk busa sofa terbaik yang pertama adalah INOAC (INOAC Foam). Jika ingin membelinya, Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko. Sebab, mereknya sudah cukup terkenal.

Baca Juga:  Kenali Apa itu Bahan Partikel Board, Karakteristik, Hingga Jenisnya

Jenis busa ini merupakan hasil produksi dari PT Inoac Polytechno Indonesia. Meski satu pabrik namun kualitasnya berbeda-beda. Dengan begitu pastikan Anda harus mengetahui perbedaan dari setiap tipe produk agar tidak salah pilih.

Untuk menilai kualitas busa sofa terbaik, Anda bisa mengetahui dari kepadatan busanya. Ini disebut dengan istilah density. Singkatnya, semakin berat dan padat suatu busa maka semakin bagus pula kualitasnya.

Khusus INOAC Foam ada beberapa jenis kepadatan, yakni sebagai berikut:

  • 16 D : Ketahanan hingga 1 tahun
  • 18 D : Memiliki ketahanan hingga 2 tahun.
  • 20 D : Kepadatan ini perkiraan bisa bertahan sampai 3 tahun pemakaian.
  • 23 D : Mempunyai daya tahan sampai 10 tahun lamanya.
  • 32 D : Untuk kepadatan ini kualitasnya sangat bagus yakni mampu mencapai umur 15 tahun.

2. Royal (Royal Foam)

Merk busa sofa terbaik yang kedua adalah Royal Foam. Kalau dilihat dari fisiknya jenis busa ini sangat mirip dengan INOAC. Maka dari itu, kualitasnya pun tidak perlu Anda pertanyakan lagi.

Contoh merk sofa terbaik yang menggunakan bahan ini adalah Narve, Frederick, dan lain sebagainya.

Selain itu, Royal Foam juga terkenal dengan brand yang mempunyai lisensi resmi bebas jamur, bakteri dan tungau. Sertifikat berasal dari seorang ahli mikroba dari Swiss.

Jadi, tak mengherankan kalau sofa dengan busa Royal Foam mampu bertahan hingga 20 tahun lamanya. Sementara untuk harganya, cukup beragam. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan budget.

Busa Royal Foam juga sering kali menjadi bahan utama pembuatan sofa kulit. Contohnya, seperti Sofa L lenus, Gotham, Recliner 2 Seater, Xena, Lyle Sofa, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang berminat dengan sofa jenis ini harap untuk memperhatikan cara membersihkan sofa kulit.

Sebab, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Terutama cairan pembersihnya. Jadi jangan sembarang pakai karena itu bisa merusak kualitasnya.

Baca Juga:  13 Rekomendasi Merk CCTV Terbaik dengan Harga Terjangkau

3. Olympic (Olympic Foam)

Nama Olympic sebagai salah satu bagian busa sofa terbaik rasanya sudah tidak asing lagi untuk semua orang yang paham dengan furniture. Selain berfungsi sebagai bahan untuk sofa, jenis busa yang satu ini juga dimanfaatkan untuk kasur.

Oleh karena itulah, kenapa Anda tidak perlu lagi meragukan kualitasnya. Busa sofa Olympic Foam hadir dengan berbagai macam ukuran dan merk. Jika berminat membelinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

4. BIG Foam

Ada satu lagi merk busa sofa yang bagus yang kami rekomendasikan untuk Anda. Sebutannya adalah Big Foam yang memiliki ciri khas yakni bertekstur kasar. Hal tersebut dikarenakan density atau ketebalannya memang cukup rendah.

Meski demikian, jangan ragu untuk memilikinya karena sofa yang menggunakan bahan ini sangat nyaman ketika Anda gunakan. Menariknya lagi, harganya pun beragam dan kualitas ketahannya cukup oke.

Namun daripada merk-merk di atas tadi, Big Foam memiliki harga yang paling murah. Bisa dong menjadi pertimbangan, apabila Anda sedang ingin menghemat uang terlebih dahulu.

Meski tidak cukup terkenal, Anda bisa membelinya di toko terdekat atau e-commerce online. Mudah dan simpel, bukan?

jual sofa ruang tamu
Beli sofa ruang tamu berkualitas dengan harga terbaik, ya hanya di UKUR

Sudah Lebih Tau Busa Sofa Terbaik?

Sudah tahu kan, mana busa sofa terbaik yang bisa Anda gunakna? Memilih sofa beserta bahan-bahannya, terutama busa, memang tidak mudah. Butuh ketelitian dan tempat yang tepat agar menemukan produk-produk berkualitas.

Mau membeli sofa dengan harga terbaik dan kualitas terjamin? Anda bisa membelinya di Ukur.com. Anda bisa dengan bebas memilih sofa, tanpa harus khawatir tidak mendapatkan produk yang bagus. Selain itu, Anda dapat membeli produk lain seperti perkakas, MEP, safety, lantai, AC, hingga material konstruksi.