Mengenal Lantai Marmer, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Mengenal Lantai Marmer, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Penggunaan lantai marmer untuk kebutuhan sebuah bangunan, akan meningkatkan nilai jual serta keindahan estetikanya. Sayangnya, karena banyak jenisnya, Anda harus memilih yang sesuai dengan preferensi pribadi. Oleh karena itu, untuk memahami kelebihan dan kekurangannya, mari simak artikel berikut ini!

Apa Itu Lantai Marmer?

Sebelum mempelajari cara memilih material terbaik, ada baiknya Anda mulai mengenal marmer lebih dalam. Pada dasarnya, jenis lantai ini memanfaatkan batu alam marmer, yang merupakan metamorfosa dari batuan kapur (limestone).

Terbentuknya batuan ini sebenarnya terjadi karena ada tekanan tinggi dari panas bumi, yang membuat batuan kapur menjadi lebih keras. Bahkan, dalam prosesnya membuat marmer memiliki alur yang sangat menarik.

Selain itu, karena keindahannya juga, marmer sering digunakan untuk lantai ruang tamu maupun lantai masjid.

Uniknya, karena peminatnya makin besar, sedangkan sumber daya makin menipis, sudah mulai banyak batu sintetis yang menarik dan sekilas terlihat sama.

Sehingga, banyaknya kuantitas pembuatan batu buatan ini, sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan para peminatnya. Faktor lainnya, yakni harga marmer per meter yang makin tinggi, juga jadi salah satunya!

Jenis Batuan Marmer

Sebagai batuan alam yang memiliki banyak peminat, Anda harus mempelajari jenis batu marmer, untuk memilih yang terbaik bagi bangunan yang Anda sedang kerjakan. Seperti halya beberapa jenis marmer berikut ini:

1. Marmer Onyx

Foto: aydodeco

Sebagai salah satu jenis marmer terbaik, batu Onyx adalah material alam yang memiliki tampilan transparan dan mulus. Batuan ini terbentuk dari campuran zat-zat organik dan kalsit. Marmer ini sering digunakan untuk membuat dekorasi interior, seperti lantai, meja, dan lampu.

Baca Juga:  Apa Itu WPC: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

2. Marmer Travertine

Travertine
Foto: texastravertine

Corak unik dan alami dari Travertine, sebenarnya terbentuk dari endapan mineral yang terkontaminasi dengan air panas dalam bumi. Kemudian, marmer ini pun terdiri dari berbagai warna netral, seperti putih, krem, dan coklat, dengan lubang-lubang alami.

Jika Anda ingin menggunakannya menjadi lantai marmer, pastikan melapisinya dengan resin!

3. Marmer Statuario

Foto: atlasplan.com

Berikutnya, ada marmer Statuario, yang khas dengan warna putih, dengan corak hitam atau abu-abu kebiruan. Batuan ini umumnya bisa Anda jumpai di daerah batuan kapur bersalju, dan importir terbesar adalah dari Tiongkok.

Keunggulan utamanya, yakni tampilan yang adem dari marmer ini, membuat suasana ruangan jadi lebih sejuk!

4. Marmer Kristalin

Foto: pinterest

Jenis marmer Kristalin memiliki urat berbentuk kristal-kristal yang terlihat jelas, yang membuatnya terlihat menarik dan lebih mewah dari jenis lainnya. Salah satu kelebihan lantai marmer dari jenis kristalin adalah bahan baku utamanya berasal dari Indonesia, yakni dari Lampung dan Poso.

5. Marmer Hitam

marmer hitam
Foto: pinterest

Sebenarnya, untuk jenis marmer hitam, ada dua material terkenal, seperti Levadia Black (Yunani) dan juga Nero Marquina (Spanyol). Keduanya merupakan batuan kelas dunia, yang memiliki harga yang sangat tinggi. Pasalnya, selain corak dan karakteristik yang unik, batuan ini termasuk sulit didapatkan.

6. Marmer Calacatta

Foto: sinterclad.com

Selain marmer hitam, jenis Calacatta juga termasuk langka dan sulit didapatkan. Ciri khasnya, yakni memiliki warna putih dengan corak abu keemasan, yang membuat banyak mata terkagum atas keindahannya.

Namun sayangnya, jika Anda ingin menggunakan jenis ini untuk lantai marmer, pastinya akan memakan budget yang sangat besar.

7. Marmer Buatan

marmer buatan
Foto: pinterest

Barang KW ternyata tak hanya ada pada barang elektronik, namun juga pada jenis batuan marmer. Bedanya, rekayasa marmer ini merupakan jenis plagiat yang dibolehkan atau sengaja. Namun, karena buatan, kebanyakan coraknya akan sama, dan pastinya dengan harga lebih murah daripada marmer asli!

Kelebihan Menggunakan Marmer

kelebihan marmer
Foto: Freepik

Sebenarnya, kelebihan lantai marmer jika Anda bandingkan dengan material lain cukup beragam, seperti halnya:

Baca Juga:  6 Jenis Sofa yang Cocok untuk Mempercantik Ruang Tamu Anda

1. Kekuatan dan Ketahanan Tinggi

Kelebihan pertama sudah pasti menyangkut soal kekuatan dan ketahanannya yang terbaik. Karena, lantai dengan batuan ini dapat bertahan hingga puluhan tahun, tentunya jika Anda rawat dengan baik.

2. Perawatannya Tidak Terlalu Sulit

Lantai marmer termasuk salah satu batuan alam yang cukup mudah dalam hal perawatan. Bahkan, setelah perawatan, butuh waktu yang lama untuk menjadi kusam.

Cara perawatannya pun cukup membersihkan selayaknya lantai biasa, yakni dengan cara menyapu dan mengepel, serta menghindari penggunaan bahan kimia abrasif yang dapat merusak marmer!

3. Cocok untuk Berbagai Jenis Ruangan dan Bangunan

Keunikan lain dari jenis lantai ini adalah kecocokannya untuk semua jenis ruangan dan bangunan. Misal, untuk ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, kantor, dan berbagai jenis lainnya. Tentunya penggunaan batuan marmer, dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan tersebut.

4. Tahan Panas

Lantai dari batuan alam ini memiliki sifat anti panas, bahkan hampir tidak dapat terbakar dengan mudah. Tak heran, negara beriklim tropis seperti Indonesia, lebih sering menggunakan marmer untuk berbagai jenis bangunan.

Selain itu, marmer juga dapat menjaga suhu ruangan tetap sejuk, bahkan saat hari sedang sangat terik.

5. Keindahan dan Keunikan

Marmer memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, karena memiliki berbagai jenis, warna, dan corak urat yang unik serta tak pernah sama 100%. Maka tak heran, bila setiap jenis marmer memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, yang memberikan kesan eksklusif, jika Anda treatment dengan tepat sasaran.

6. Meningkatkan Estetika

Lantai marmer sudah jelas dapat meningkatkan nilai estetika, pada rumah atau bangunan Anda. Nah, karena mampu memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan, tentunya dapat meningkatkan nilai jual rumah atau bangunan Anda.

7. Pengaplikasiannya Cukup Universal

Tak hanya untuk lantai, batuan ini sebenarnya bisa Anda aplikasikan untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk kebutuhan interior maupun eksterior, untuk kebutuhan seni, fungsional, maupun kebutuhan lainnya.

Kekurangan Menggunakan Marmer

Sebenarnya, ada beberapa kelemahan lantai marmer, yang membuat Anda harus berpikir ulang untuk memilihnya. Seperti halnya beberapa masalah berikut ini:

Baca Juga:  Mengenal Ukuran Besi Hollow, Fungsi, Jenis, dan Keunggulannya

1. Cukup Rentan terhadap Larutan Asam

Kelemahan utama dari penggunaan marmer untuk lantai adalah cukup rentan terhadap asam. Sehingga, jika Anda sedang berhubungan dengan larutan asam seperti jus lemon atau cuka, harus lebih hati-hati. Karena kerusakan akibat asam dapat membuat warnanya menjadi kusam, bahkan terabrasi.

2. Harganya Relatif Mahal

Harga batuan marmer relatif mahal, dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Menurut beberapa sumber, harga lantai dari batuan ini berkisar antara Rp65.000,00 hingga Rp2.000.000,00 per meter persegi, tergantung pada jenis dan kualitasnya.

3. Kurang Cocok untuk Daerah Lembab

Kekurangan lantai marmer yang lainnya adalah kurang cocok untuk daerah yang lembab, karena permukaan jenis lantai ini sangat mudah licin. Sehingga, dapat berbahaya untuk beraktivitas dalam keadaan tersebut.

4. Mudah Tergores

Walaupun cukup tahan lama, sayangnya batuan ini cukup mudah tergores, jika terkena benda tajam atau berat. Selain itu, perbaikan untuk batuan ini cukup sulit dan kompleks, setelah perbaikan pun kemungkinan tak seindah sebelumnya. Jadi, perlu ekstra hati-hati saat beraktivitas dengan barang yang membahayakan marmer.

5. Proses Pemasangannya Sulit

Untuk memanfaatkan jenis batuan ini, tak hanya harus paham dengan karakternya. Namun, Anda juga harus menggunakan tenaga ahli, yang memiliki sertifikasi atau pengalaman mendalam terkait pemasangan marmer. Sehingga, biaya jasa pemasangan juga cukup tinggi.

marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Tertarik Menggunakan Lantai Marmer?

Dari penjelasan tersebut, ternyata marmer adalah batuan alam yang unik, dengan ragam warna, jenis, corak, dan uratnya. Ketahanan dan kekuatannya juga jadi nilai tambah untuk para penggunanya. Walaupun harganya cukup mahal, namun akan sangat worth jika Anda membeli material ini untuk kebutuhan pembangunan.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan memilih material pembangunan terbaik, dari penyedia material bangunan terpercaya seperti Ukur. Selain produknya yang terjamin asli, Ukur hanya menjual barang-barang berkualitas tinggi. Mulai dari Material Lantai, Dinding & Plafon, Pintu & Jendela, hingga Perkakas.