Ragam Warna Marmer dan Nuansa yang Dihadirkan di Rumah

Ragam Warna Marmer dan Nuansa yang Dihadirkan di Rumah

Memilih material bangunan saat membangun rumah memang menjadi hal yang penting. Salah satunya adalah material lantai. Saat ini, banyak orang yang memilih untuk menggunakan marmer sebagai lantai rumah mereka. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya variasi pilihan warna marmer yang tersedia di pasaran sekarang.

Tak hanya itu saja, setiap variasi tersebut juga memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah saat menyesuaikan dengan konsep hunian yang diinginkan. Lantas, apa saja rekomendasi warna untuk lantai marmer yang bagus dan cocok untuk hunian agar tampak lebih estetik?

Apa Itu Warna Marmer?

Sebelum masuk ke rekomendasi, tentunya sangat penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan marmer dan keramik. Sebab, meski sekilas memiliki tampilan yang sama, tetapi keduanya berasal dari material yang berbeda, lho.

Jadi, sebenarnya marmer adalah batuan yang memiliki pola atau corak yang berasal dari hasil metamorfosis batu kapur atau gamping. Proses rekristalisasi inilah yang menyebabkan struktur asalnya lenyap hingga terbentuk struktur baru.

Sifat batuan ini cenderung kokoh, kuat, berat, tidak mudah tergores, dan tahan api, sehingga cocok jika Anda menjadikannya sebagai lantai rumah. Selain itu, salah satu manfaat marmer di negara tropis juga dapat membuat suasana hunian terasa lebih sejuk.

Adapun warna marmer lantai sendiri maksudnya adalah pembagian jenis-jenis atau variasi dari batuan itu sendiri. Sebab, nyatanya batuan ini memiliki beragam warna yang cantik dengan corak tertentu. Oleh karena itulah, pemilihannya harus sesuai dan tidak asal-asalan, agar tetap selaras dengan konsep hunian Anda.

Ragam Warna Marmer Lantai yang Bagus

Berikut ini adalah berbagai ragam warna lantai yang bagus dan bisa menjadi referensi pilihan bagi Anda:

Baca Juga:  Architrave Pintu: Pengertian, Fungsi dan Cara Pemasangannya

1. Hitam

mamer hitam
Foto: gapmarmer.com

Jika hunian Anda mengusung konsep monokrom atau minimalis dengan warna basic, maka variasi hitam bisa menjadi pilihan yang tepat. Umumnya, variasi ini digunakan sebagai pelapis lantai dan aneka furniture.

Namun, bisa juga Anda gunakan sebagai pelapis dinding dengan menambahkan sedikit pencahayaan atau mengkombinasikannya dengan material lain yang berwarna cerah. Biasanya, variasi hitam ini mempunyai garis-garis urat putih di atasnya, tetapi ada juga yang berwarna coklat krem muda.

2. Merah

warna mamer Merah
Foto: Tokopedia

Merah juga dapat menjadi variasi warna marmer yang cocok untuk lantai hunian Anda. Akan tetapi, proses pemasangan variasi merah ini harus tepat. Sebab, pengaplikasian variasi merah ini cenderung lebih cocok untuk menghiasi rumah bergaya mewah.

Salah satu yang menarik dari varian merah adalah adanya bintik-bintik merah terang dan merah tua serta bintik berwarna krem dan coklat muda yang tersebar di seluruh permukaannya.

3. Putih

warna mamer Putih
Foto: stonemart.co.id

Warna marmer yg bagus selanjutnya adalah putih dengan nuansa klasik yang sangat kental. Bahkan, variasi ini menjadi yang paling terkenal di dunia, khususnya di Italia, dengan varietas paling berharga dan eksklusif.

Variasi ini mempunyai dasar putih dengan urat khas yang berwarna emas atau abu-abu. Meski begitu, pola retakannya cenderung bervariasi, sehingga membuat batuan ini tampak unik.

4. Coklat

warna mamer Coklat
Foto: Lazada

Variasi coklat ini cocok diaplikasikan jika Anda ingin memiliki hunian yang terlihat mewah dan klasik. Jenis Dark Emperador dan Light Emperador menjadi yang paling banyak diminati sekarang ini.

Akan tetapi, Anda bisa juga memiliki model French Brown Marble, yang mempunyai urat berwarna hitam pekat, dengan latar belakang berwarna coklat keabu-abuan.

5. Pink

warna mamer Pink
Foto: Paiastone.com

Variasi merah muda ini juga cukup diminati, khususnya bagi para perempuan. Salah satu yang paling populer adalah Rosa Levante, yang berwarna merah muda dengan aksen coklat dan tidak mempunyai banyak urat.

Selain itu, ada juga Rosa Zarci yang cenderung berwarna merah muda dengan garis krem atau putih di seluruh permukaan batu. Namun, yang paling banyak disukai adalah Rosa Portugues, dengan aksen garis abu-abu atau coklat urat yang samar.

Baca Juga:  12 Merk Kursi Kantor Terbaik untuk Menemani Kerja Anda

6. Kuning

warna mamer Kuning
Foto: Produsen Cina, Pemasok & Produk

Kuning juga menjadi variasi warna marmer yang tidak kalah cantik untuk Anda gunakan pada lantai rumah. Jika ingin variasi kuning cerah, maka bisa memilih jenis Amarillo Triana. Sebab, batuan ini mempunyai garis-garis kuning atau abu-abu yang tidak teratur.

Kemudian, ada juga Yellow Siena Marble dengan kombinasi kuning cerah dan coklat keemasan, yang membuat batuan tersebut jadi tampak lebih dinamis. Namun, jika Anda ingin kombinasi kuning dan emas yang cenderung pucat, maka bisa memilih jenis Mykalissos Gold.

7. Hijau

warna mamer Hijau
Foto: Shopee

Variasi hijau yang eksotis juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tak kalah menarik. Apalagi untuk jenis Verde Indio, dengan kombinasi hijau tua dan urat yang tumbuh di sekitar layaknya daun.

Tak hanya itu, ada juga jenis Verde Oasis dari Yunani yang berwarna hijau kebiruan. Motif jenis yang satu ini cenderung menyebar melintasi batu dalam satu arah, sehingga membuatnya tampak seperti gelombang di permukaan laut.

8. Abu-Abu

warna marmer Abu-Abu
Foto: id.hzxgranite.com

Ragam warna marmer yang terakhir adalah abu-abu dan cocok untuk desain yang cenderung minimalis. Pilihannya juga sangat beragam, mulai dari Pieta Grey Marble dengan tekstur halus, Marengo Grey dengan campuran abu-abu muda; abu-abu gelap; dan krem, serta mariah Grey yang berwarna smoky dan abu-abu solid.

Nuansa yang Dihadirkan oleh Setiap Jenis Warna Lantai Marmer

Jika Anda masih bingung dalam menentukan warna manakah yang cocok untuk hunian pribadi, maka sebaiknya ketahui dulu nuansa yang dihadirkan oleh setiap jenis variasi tersebut. Adapun berbagai nuansa yang dihadirkan oleh setiap jenis warna adalah sebagai berikut:

  • Putih adalah warna yang dapat menonjolkan kesan ruangan atau hunian yang klasik, bersih dan tenang.
  • Hitam, dapat menjadi pilihan jika Anda ingin menonjolkan kemewahan dengan tambahan kesan misterius pada ruangan.
  • Merah menjadi variasi warna lantai marmer yang dapat membuat ruangan jadi terasa penuh kekuatan dan energi, karena memiliki aura yang sangat kuat. Oleh karena itulah, pemasangan variasi merah ini harus berada di daerah yang tepat.
  • Coklat adalah variasi yang melambangkan unsur bumi, sehingga dapat menciptakan kesan ruangan yang hangat dan nyaman.
  • Pink bisa Anda pilih untuk memberikan kesan kemewahan dan kelembutan pada hunian pribadi.
  • Kuning memberikan nuansa ruangan yang lebih cerah dan ceria, dengan adanya perpaduan warna lain yang selaras.
  • Hijau adalah pilihan yang tepat, jika Anda ingin mendapatkan kesan ruangan yang eksotis, tetapi tetap menyenangkan. Tak hanya itu, warna marmer ini juga dapat membuat penampilan ruangan jadi lebih segar dan alami.
  • Abu-abu dapat memberikan kesan hunian yang minimalis, karena bisa dipadupadankan dengan beragam furnitur lainnya.
Baca Juga:  12 Jenis Engsel Pintu Terbaik dan Cara Memasangnya
marmer
Lengkapi kebutuhan material bangunan Anda dengan produk Marmer di UKUR!

Apa Warna Marmer yang Ingin Anda Gunakan?

Itu dia ragam warna marmer untuk lantai yang bisa menjadi pilihan Anda. Dalam menentukan variasi batuan yang diinginkan, pastikan Anda memilih variasi yang sesuai dengan konsep rumah ataupun gaya yang ingin ditonjolkan pada hunian tersebut, ya.

Dengan begitu, nanti hasil akhirnya bisa terlihat selaras dan tetap eksotis. Nah, bagi Anda yang sedang mencari toko penjual lantai marmer terpercaya, dengan harga terjangkau, tak perlu khawatir lagi.

Sebab, kini Ukur.com telah menyediakan berbagai kebutuhan material untuk hunian Anda, termasuk lantai marmer. Tak hanya itu saja, ada juga berbagai Furniture, Elektronik, AC, Safety, hingga Pintu & Jendela yang bisa Anda beli di toko online ini. Sangat praktis, bukan?

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan fitur Ukur untuk mendapatkan barang dengan ukuran yang sesuai kebutuhan. Jadi, Anda tidak perlu takut, jika material atau barang yang dibeli, ukurannya tidak sesuai kebutuhan. Ingin belanja material secara online dengan mudah? Ya, di Ukur.com aja!