10 Jenis Kursi Kantor Sesuai dengan Kebutuhan Anda

10 Jenis Kursi Kantor Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Kursi menjadi salah satu benda penting apabila bekerja di sebuah perusahaan atau kantor. Terdapat berbagai jenis kursi kantor yang dapat Anda temui di setiap perusahaan. Setiap kursi tersebut memiliki peranan yang berbeda sesuai dengan tugas dan pekerjaan yang setiap karyawan lakukan.

Mengapa Harus Menggunakan Kursi Kantor?

Memilih kursi kantor sesuai dengan pekerjaan karyawan tentunya merupakan hal yang penting untuk setiap perusahaan ketahui. Penggunaan jenis kursi kantor yang tepat tentu akan memberikan manfaat yang sesuai. Berikut 3 alasan mengapa penggunaan kursi kantor itu penting, yaitu:

1. Menjaga Mobilitas

Bekerja di sebuah kantor tentu akan membuat seorang karyawan harus fokus terhadap pekerjaan yang dilakukan. Menggunakan kursi kantor yang tepat akan membuat karyawan menjadi lebih fokus dalam melakukan pekerjaan.

Selain itu, kursi kantor dengan roda akan membantu karyawan lebih mudah bergerak tanpa harus berpindah tempat.

Pasalnya, tak jarang keterbatasan mobilitas saat bekerja mengakibatkan pekerjaan yang dilakukan tidak optimal. Di samping itu, terlalu banyak berpindah tempat juga tidak efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Seperti yang telah sebelumnya sebutkan, penggunaan kursi kantor yang tepat akan membuat pekerja menjadi lebih nyaman. Kondisi ini tentunya akan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.

Sebagai contoh, memberikan kursi dengan sandaran tangan dan kepala kepada karyawan yang bekerja di depan komputer akan mampu membantu meningkatkan rasa nyaman.
Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah lelah akibat duduk terlalu lama saat kursi yang dipakai kurang nyaman.

Baca Juga:  11 Desain Toko Kecil Depan Rumah yang Cocok Untuk Usaha

3. Fleksibel dan Ringan

Berbagai fitur yang ada pada beberapa jenis kursi kantor akan membuat segala pekerjaan di kantor lebih fleksibel. Fitur-fitur seperti pengaturan ketinggian kursi, sandaran lengan, serta roda pada kursi akan membuat pekerja menjadi lebih fleksibel dalam bergerak dan bekerja.

Jenis Jenis Kursi Kantor

Bekerja menggunakan kursi yang salah akan menimbulkan berbagai ketidaknyamanan. Berikut ini 10 jenis kursi kantor yang bisa Anda jadikan referensi, yaitu:

1. Kursi Besar dan Tinggi

Kursi Besar dan Tinggi
Foto: AliExpress

Kursi kantor yang besar dan tinggi biasanya memiliki berat kurang lebih sekitar 250 lbs. Terbuat dari bahan-bahan yang kuat dan kokoh, kursi ini biasanya ditujukan untuk orang dengan berat badan ekstra.

Selain itu, kursi ini juga dipilih dengan tujuan penggunaan jangka panjang, sehingga lebih awet dan tidak mudah rusak.

Kursi besar dan tinggi juga dapat Anda pilih, apabila pekerjaan yang dilakukan membutuhkan ruang yang lebih banyak serta tugas yang berat.

2. Kursi Komputer

Kursi Komputer
Foto: JakartaNotebook

Seperti namanya, kursi komputer dirancang khusus untuk penggunaan di depan komputer. Bahkan, jenis kursi ini biasanya berpasangan dengan meja komputer.

Kursi komputer memiliki berbagai fitur yang dapat penggunanya atur untuk menyesuaikan kenyamanan.

Pengguna kursi ini juga memiliki mobilitas yang baik, sehingga penggunanya bisa bergerak dengan mudah dan nyaman di lingkungan bekerja.

3. Kursi 24 Jam

Kursi 24 Jam
Foto: Indonesian Alibaba

Kursi jenis ini ini biasanya dipilih untuk pekerjaan yang mengharuskan penggunanya bekerja konstan. Sebagai contoh, pekerjaan call center. Bekerja sebagai call center mengharuskan seseorang tetap bekerja di atas kursi.

Bahan yang dipakai untuk kursi ini cukup tebal dengan punggung berlapis. Hal ini untuk membuat penggunanya merasa lebih nyaman. Bahkan, bahan-bahan pada bingkainya merupakan bahan yang memiliki sifat awet dan tahan lama.

4. Kursi Ergonomis

Kursi Ergonomis
Foto: Gudang Furniture

Kursi ergonomis merupakan kursi dengan penyesuaian dan fitur yang lengkap. Desain kursi ini tercipta untuk membuat penggunanya merasa nyaman.

Baca Juga:  6 Jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

Setiap pengguna bisa menyesuaikan kursi ini sesuai dengan postur dan kenyamanan tempat duduknya masing-masing.

Penggunaan kursi ergonomis menjadi yang paling populer dari macam macam kursi kantor yang ada.

Berbagai fiturnya seperti kedalaman tempat duduk, tinggi kursi, hingga penyangga pinggang membuat setiap pengguna merasa lebih nyaman dan tidak mudah merasa lelah saat bekerja.

5. Kursi Eksekutif

Kursi Eksekutif
Foto: Kursi Eksekutif

Seperti namanya, kursi ini memiliki kesan mewah dan tinggi. Kursi ini dapat Anda temui di ruangan direksi maupun atasan di sebuah perusahaan.

Model dari eksekutif biasanya memiliki punggung yang cukup tinggi dengan bantalan yang lebar. Kursi ini juga memiliki berbagai fungsi ergonomis untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Oleh sebab itu, kursi eksekutif juga memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada jenis kursi kantor lainnya.

6. Kursi Konferensi

Kursi Konferensi
Foto: IKEA Indonesia

Kursi konferensi atau kursi rapat merupakan kursi yang tercipta untuk rapat dan diskusi. Bentuk kursinya lebih condong ke depan, sehingga saat menghadiri rapat setiap penggunanya dapat terlihat.

Berbeda dengan beberapa jenis kursi sebelumnya, kursi ini memiliki penyesuaian yang sangat sedikit bahkan tidak ada. Itu karena penggunaan kursi ini tidak permanen dan hanya dalam waktu singkat saja, yakni saat rapat ataupun konferensi.

7. Kursi Lipat

Kursi Lipat
Foto: Rosy Computer Malang

Kursi lipat juga biasa disebut sebagai kursi acara. Pasalnya penggunaan kursi jenis ini biasanya hanya untuk acara tertentu. Karena seperti namanya, kursi ini sangat mudah untuk berpindah-pindah tempat.

Desainnya yang ringan dan mudah dipindahkan membuat kursi ini menjadi pilihan untuk kursi kantor karena mudah dipasang dan disimpan.

Meski dapat terlipat dan ringan, kursi lipat juga nyaman karena memiliki bantalan pada bagian sandaran dan tempat duduknya.

8. Kursi dengan Sandaran Kaki

Kursi dengan Sandaran Kaki
Foto: blibli.com

Jenis kursi kantor dengan sandaran kaki sepertinya menjadi salah satu yang terbaik dalam kenyamanan. Bagi para pekerja yang lebih banyak bekerja di dalam kantor, kursi ini akan membuat mereka dapat beristirahat dengan nyaman sambil bekerja.

Baca Juga:  Perbedaan Android TV dan Smart TV, Lebih Unggul Mana?

Pasalnya, terlalu lama duduk di kursi juga akan membuat tubuh menjadi cepat lelah, sehingga bekerja menjadi tidak produktif.

Keberadaan kursi ini bisa menjadi salah satu solusinya. Selain itu, bantalan empuk dan fitur ergonomis pada jenis kursi ini tentunya akan lebih baik.

9. Kursi Tamu Stainless Steel

Kursi Tamu Stainless Steel
Foto: daftarharga.biz

Jenis jenis kursi kantor berikutnya adalah kursi tamu stainless steel. Kursi ini dapat Anda temui di berbagai ruang tunggu sebuah perusahaan.

Berbeda dengan kursi kantor lainnya yang dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan saat bekerja, kursi ini tidak dibuat dengan berbagai fitur tersebut.

Berbahan dasar stainless steel, kursi ini cocok untuk penggunaan jangka pendek, seperti pada ruang tunggu. Biasanya, kursi ini berbentuk memanjang dengan banyak area duduk yang saling terhubung.

10. Kursi Petite

Kursi petite biasanya berpasangan dengan meja tinggi atau meja berdiri. Terdapat fitur yang berguna untuk menyesuaikan tinggi pada kursi ini, sehingga penggunanya dapat menyesuaikan ketinggian yang tepat.

jual kursi kantor
Dapatkan kursi kantor berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Tahukan Apa Saja Jenis Kursi Kantor?

Anda dapat memilih jenis kursi kantor sesuai kebutuhan. Misalnya, mempertimbangkan harga, ukuran kursi, bahan, dan fiturnya. Jenis kursi kantor dan harganya tentu berbeda sesuai dengan merk kursi kantor tersebut. Anda dapat mengunjungi Ukur.com untuk menemukan keperluan kantor yang dibutuhkan.

Ukur.com juga menyediakan berbagai keperluan kantor lainnya seperti, Meja, CCTV, dan Rak. Anda juga dapat mencari referensi untuk merk kursi plastik yang bagus di Ukur.com. Di samping berkualitas dan terjangkau, Anda dapat menikmati layanan pengiriman yang cepat. Sehingga, pengalaman belanja online jadi lebih nyaman.