AC Split: Pengertian, Komponen, Cara Kerja, & Keuntungannya

AC Split: Pengertian, Komponen, Cara Kerja, & Keuntungannya

Pemanasan global dan perubahan iklim telah membuat suhu udara semakin tidak terduga. Dalam situasi seperti ini, memiliki sistem pendingin yang efisien dan dapat diandalkan adalah suatu keharusan. AC split adalah salah satu inovasi terkini dalam dunia pendingin ruangan. Yuk, pahami pengertian hingga keutungannya di sini!

Apa itu AC Split?

AC Split adalah sistem pendinginan udara yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit dalam dan unit luar. Sesuai namanya, unit dalam biasanya terpasang di dalam ruangan. Sedangkan unit luar ditempatkan di luar bangunan. Kedua unit ini terhubung oleh pipa refrigeran yang mengalirkan udara dingin dari luar ke dalam ruangan.

Apa Saja Komponen AC Split?

Jenis air conditioner ini adalah sistem pendinginan yang terdiri dari beberapa komponen. Di mana setiap kompinen akan bekerja sama untuk menghasilkan sirkulasi udara yang membuat suhu dalam ruangan jadi sejuk atau dingin. Komponen-komponen utama dalam AC Split mencakup:

1. Evaporator

Evaporator
Source: indiamart.com

Evaporator pada AC ini terbuat dari pipa tembaga yang dirancang dengan panjang dan diameter tertentu. Desain berlekuk-lekuk pada evaporator memiliki tujuan untuk menghemat ruang dan meningkatkan efisiensi dalam menyerap panas dari udara ruangan.

2. Motor Blower

Motor Blower
Source: klinikac.co.id

Motor blower bertugas untuk mengatur sirkulasi udara sehingga udara yang telah melewati evaporator dapat mencapai seluruh ruangan dengan baik. Komponen ini juga bertanggung jawab atas pengaturan suhu udara sesuai dengan preferensi pengguna. Pengguna dapat mengontrol suhu ruangan ini melalui remote control yang tersedia.

Baca Juga:  Tips Memilih Keramik Lantai Dapur Terbaik Anti Licin

3. Filter Udara

Filter Udara
Source: bhinneka.com

Udara yang telah melewati evaporator akan melalui filter udara. Filter udara di AC Split adalah komponen sangat penting, karena berfungsi buat saring partikel-partikel polutan dan virus berbahaya. Sehingga dapat menjadikan udara yang disirkulasikan lebih bersih dan sehat.

4. Kondensor

kondensor
Source: slawbatsur.blogspot.com

Kondensor pada AC ini juga terbuat dari pipa tembaga. Tugas utamanya untuk melepaskan panas yang diambil oleh refrigeran (freon) dari dalam ruangan. Panas tersebut dilepaskan ke lingkungan luar sehingga udara dalam ruangan bisa lebih dingin.

5. Sensor Suhu dan Control Panel Electric

sensor suhu
Source: tptumetro.com

Sensor suhu dan control panel electric merupakan inti dari sistem pengaturan AC Split. Mereka punya peran penting dalam mengontrol berbagai fungsi komponen lain. Seperti mengatur kecepatan blower, pengaturan kipas, dan bahkan pengaturan waktu (timer).

Bagaimana Cara Kerja AC Split?

Cara kerja AC Split melibatkan berbagai komponen yang bekerja bersama untuk menghasilkan udara dingin. Prosesnya dimulai dengan kompresor yang ada di unit luar. Kompresor ini bertugas memampatkan refrigeran yang kemudian mengalir ke unit dalam melalui pipa.

Di unit dalam, refrigeran melewati evaporator yang mengubahnya menjadi udara dingin. Udara dingin ini kemudian ditiupkan ke dalam ruangan untuk menurunkan suhu udara. Motor blower akan mengatur sirkulasi udara sehingga udara dingin dapat mencapai seluruh ruangan.

Sementara itu, control panel electric dan sensor suhu mengontrol berbagai fungsi komponen-komponen lainnya. Akhirnya, kondensor melepaskan panas yang telah diambil dari dalam ruangan ke lingkungan luar, menjadikan udara di dalam ruangan jadi lebih sejuk dan nyaman.

Penting untuk diingat bahwa AC ini tidak cuma menghasilkan udara dingin, tapi juga menghilangkan kelembaban dari udara. Ini akan buat lingkungan di dalam ruangan lebih nyaman, terutama pada musim panas yang lembab.

ac split

Ciptakan ruangan lebih segar dengan AC Split, tersedia pilihan terlengkap disini!

Jenis-Jenis AC Split

Ternyata AC ini terdiri dari beberapa jenis. Apa saja sih? Berikut adalah beberapa jenis AC Split yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga:  10 Rekomendasi Smart TV 50 Inch Terbaik, Pas untuk Keluarga!

1. AC Standar (Non-Inverter)

AC Standar juga biasa dikenal sebagai AC Non-Inverter. Ini adalah salah satu jenis AC ini yang mampu menurunkan suhu ruangan dengan cepat. Namun, kekurangannya adalah konsumsi daya listrik yang relatif tinggi, serta dapat mengakibatkan peningkatan tagihan listrik.

2. AC Inverter

Tipe inverter adalah pilihan AC Split yang lebih efisien dari segi penggunaan daya listrik. Teknologi inverter memungkinkan AC buat beroperasi dengan efisiensi tinggi, bahkan saat capai suhu yang diinginkan.

Artinya, AC Inverter dapat mendinginkan ruangan dengan cepat seperti AC Standar, tetapi dengan konsumsi daya lebih rendah. Namun, perlu diingat bahwa AC Inverter umumnya memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang dengan AC Standar.

3. AC Low Watt

AC Split tipe Low Watt dirancang khusus untuk menghemat konsumsi listrik di rumah. Kelebihan utama AC Low Watt adalah efisiensinya dalam hal penggunaan daya listrik yang rendah.

Namun, ada kelemahan yang perlu diperhatikan, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Kemungkinan agak lebih lama ketimbang dengan AC tipe lainnya.

Keuntungan AC Split

Beberapa keuntungan menggunakan AC Split adalah sebagai berikut:

1. Efisiensi Energi

AC Split biasanya lebih efisien secara energi ketimbang dengan unit AC jendela atau sistem sentral. Mereka mampu menghasilkan lebih banyak udara dingin dengan konsumsi daya lebih rendah.

2. Kenyamanan Zonasi

AC ini memungkinkan pengendalian suhu yang lebih baik di berbagai area dalam ruangan. Anda dapat mengatur suhu yang berbeda untuk setiap unit dalam, di mana ini tidak mungkin dilakukan dengan AC jendela biasa.

3. Desain Menarik

Unit dalam AC ini seringkali memiliki desain yang menarik dan estetis. Umumnya, AC jenis ini akan terlihat lebih modern, simpel, dan ramping jika Anda bandingkan dengan unit AC jendela.

Baca Juga:  6 Jenis Sofa yang Cocok untuk Mempercantik Ruang Tamu Anda

Cara Memilih AC Split yang Tepat

Pastikan Anda memilih AC yang sesuai dan berkualitas tinggi agar Anda tidak merugi. Nah, beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli AC Split adalah sebagai berikut:

1. Kapasitas AC

Pastikan Anda memilih AC split dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan. AC yang terlalu kecil akan bekerja keras dan kurang efisien, sementara yang terlalu besar akan menghasilkan udara dingin berlebihan.

2. Merek Terpercaya

Pilihlah produk dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan layanan purna jual. Pertimbangkan juga tipe dan lama garansi purna jual dari setiap merek.

ac gree

AC Gree terlengkap tersedia di UKUR, dapatkan harga promonya sekarang!

3. Efisiensi Energi dan Fitur Tambahan

Perhatikan peringkat efisiensi energi AC ini. Semakin tinggi peringkatnya, semakin efisien AC tersebut dalam penggunaan energi.

Selain itu, beberapa AC tipe ini dilengkapi dengan fitur tambahan. Seperti pembersihan udara dan pengendalian suhu yang lebih canggih. Pertimbangkan fitur-fitur tersebut agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sudah Pahamkah Anda tentang Apa Itu AC Split?

AC split adalah solusi modern yang efisien dan nyaman. Namun, Anda harus memahami bahwa pemakaian daya AC ini saat awal pakai cukup besar. Jadi, Anda sebaiknya pakai secara maksimal dan tidak menghidup matikan dengan sembarangan. Nah, jika tertarik beli AC baru, Anda bisa kunjungi marketplace UKUR.

Anda juga bisa menemukan berbagai produk lain, seperti material konstruksi, perabotan rumah tangga, pintu & jendela, dan elektronik lainnya. Harga produk di UKUR sangat kompetitif. Jika kerepotan memasang, Anda juga bisa pakai layanan pemasangan yang tersedia.

Soal pengiriman, Anda pun nggak perlu khawatir. Karena sudah terjamin aman dan cepat. Tunggu apa lagi? Ayo, kunjungi situsnya dan pesan produk sekarang. Ukur.com akan segera kirim dan Anda cuma tinggal tunggu beres!