6 Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai yang Benar untuk Pemula

cara-epoxy-lantai

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik rumah atau gedung Anda. Salah satunya adalah dengan cara mengaplikasikan atau mengecat permukaan lantai dengan epoxy.
Walaupun biasanya prosedur ini harus dilakukan oleh tenaga profesional, tapi ternyata aplikasinya cukup mudah untuk pemula seperti Anda, lho! Supaya Anda tahu bagaimana cara epoxy lantai, baca artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Epoxy Lantai?

Epoxy lantai adalah cat khusus yang terbuat dari bahan resin epoxy, filler, pigment, solvent, dan adiktif. Komponen tersebut berfungsi untuk memberi ketahanan pada lantai terhadap bahan kimia lain seperti alkohol, oli, dan minyak.

Kandungan resin untuk cat epoxy ini dihasilkan dari proses polimerisasi serta epoksida, sehingga memiliki ketahanan dan perekat yang baik. Beberapa fitur tersebut, memungkinkan epoxy digunakan pada gedung tinggi atau industri seperti rumah sakit, mall, dan studio.

Selain memiliki ketahanan yang baik, epoxy lantai bersifat mengkilap, tidak mudah kotor, dan mudah dibersihkan. Jika Anda membutuhkan ruangan untuk penyimpanan yang bersih dan tidak mudah terkontaminasi, maka mulailah terapkan epoxy lantai.

Cara mengaplikasikan epoxy lantai pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cat ke seluruh lantai saat beton sudah kering. Biasanya, pelapis epoxy digunakan di atas lantai beton.

6 Cara Mengecat Lantai dengan Epoxy

Selain dinilai dari fungsinya, epoxy lantai terbilang cukup bagus ditinjau dari segi estetikanya. Untuk memenuhi keindahan dan fungsi yang baik, coba ikuti panduan lengkap di bawah ini:

1. Persiapan Area lantai

Salah satu tahap yang paling penting dalam melakukan pengecatan adalah dengan mempersiapkan area lantai. Tahap ini berfungsi untuk menentukan adanya adhesi permukaan dengan lapisan baru.

Baca Juga:  Begini Cara Pasang Marmer Lantai yang Benar dan Tipsnya
Persiapan area epoxy lantai
Source image: freepik.com

Anda perlu melakukan pemeriksaan dan pembersihan barang-barang yang tidak terpakai pada seluruh area lantai. Permukaan yang baik untuk pelapisan epoxy adalah permukaan yang memiliki tekstur cenderung kasar. Tekstur tersebut menyebabkan adanya interaksi mekanik antara epoxy dengan permukaan beton.

Cara epoxy lantai ini dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari menggunakan mesin grinder, teknik pengamplasan, peledakan tembakan, atau penggilingan. Namun, metode yang sering digunakan adalah mesin grinder.

Adapun metode tersebut tetap disesuaikan dengan kebutuhan permukaan beton. Jika permukaan butuh sedikit amplasan, maka gunakanlah amplas, dan sebagainya.

2. Membersihkan Kotoran pada Lantai

Langkah kedua yaitu membersihkan area ruangan yang akan dilapisi epoxy. Anda bisa menggunakan vakum industri untuk menyesap debu, residu, atau kotoran minyak pada permukaan sebelum mengaplikasikan cat primer.

Jika tidak bersih, maka beraneka macam partikel akan terperangkap pada mantel, sehingga menyebabkan adhesi pada permukaan melemah. Semakin sedikit partikel yang ada di permukaan, maka semakin sedikit cat primer yang Anda gunakan.

membersihkan lantai untuk epoxy
Source image: freepik.com

3. Mulai dengan Cat Primer

Tahap yang ketiga adalah pengecatan. Cara pertama yang dilakukan untuk mengecat lantai adalah dengan menggunakan epoxy primer. Tujuannya adalah untuk memberikan dasar pada permukaan beton agar lebih merekat dan memiliki daya tahan yang kuat.

Selain itu, fungsi cat primer adalah mengurangi adanya gelembung dan gas pada lapisan epoxy yang paling bawah. Jika lapisan pertama masih kurang, maka jangan ragu untuk melakukan pengecatan epoxy primer dua kali.

Pada umumnya, pengecatan epoxy primer menggunakan raskam atau roll. Namun, media yang paling mudah digunakan adalah dengan roll. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing permukaan.

4. Tambahkan Cat Plamir

Selanjutnya yaitu memberikan cat epoxy plamir. Anda perlu mencampurkan dua bahan, yaitu hardener dan resin epoxy menggunakan mixer listrik selama 2 menit.

Cara mengaplikasikan epoxy plamir lantai adalah menggunakan kain atau spons, tapi tunggu cat primer kering terlebih dahulu, ya. Biasanya, proses pengeringan cat primer kurang lebih selama 1 sampai 3 jam. Walaupun terkesan lama, namun cat ini plamir akan menambah daya tahan dan estetika pada permukaan lantai.

Pengaplikasian Cat Epoxy dengan Roller
Source image: freepik.com

5. Pengaplikasian Cat Epoxy dengan Roller

Langkah berikutnya adalah mengaplikasikan cat epoxy menggunakan roller. Usahakan gunakan roller dengan kualitas yang baik karena jika Anda menggunakan roller dengan kualitas buruk, maka akan membuat cat mudah luntur.

Baca Juga:  8 Cara Menghilangkan Karat pada Besi yang Ampuh dan Efektif

Tapi ingat, jika Anda akan menemukan beberapa lubang atau permasalahan lain pada permukaan setelah 24 jam, maka jangan khawatir. Lakukan pelapisan cat epoxy kedua untuk menambal lubang dan pengamplasan untuk bagian yang tidak rata. Pastikan pelapisan kedua hanya dilakukan jika permukaan sudah kering.

6. Lapisan Terakhir, Tahap Finishing!

Akhir dari proses ini adalah pengecekan keseluruhan permukaan. Pastikan sudah tidak ada lagi lubang atau bagian yang tidak rata karena akan mempengaruhi hasil akhir pengecatan.

Tahap akhir ini bisa Anda lakukan dengan mengulang pengecatan sesuai dengan ketebalan yang dibutuhkan. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel atau lubang yang belum tertutup pada lapisan epoxy.

Itulah enam cara mengaplikasikan epoxy lantai yang mudah dan sudah sesuai dengan standar penggunaan. Meskipun memiliki harga yang relatif tinggi, tapi sebenarnya Anda bisa menerapkan epoxy lantai di rumah, lho! Seperti pada bagian garasi, halaman, atau area bawah tanah.

Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai

Sebelum Anda menerapkan cara epoxy lantai di atas pada rumah Anda, sebaiknya perhatikan kelebihan dan kekurangan penggunaan epoxy sebagai pengganti keramik ini. Berikut ini daftar kelebihan dan kekurangannya:

KelebihanKekurangan
Daya tahan kuat terhadap gesekan atau benda berat.Permukaan lantai keras dan mudah licin jika terkena air.
Lantai terlihat bersih, mengkilap, dan memiliki tampilan estetika yang indah.Terdapat gelembung dan permukaan tidak rata apabila pada proses pengaplikasian tidak sempurna.
Epoxy lantai memiliki durasi pemakaian yang lebih lama daripada lantai biasa.Proses pelepasan atau penggantian agak rumit, butuh tenaga ahli yang melakukannya.

Bagaimana Cara Merawat Epoxy pada Lantai?

Setelah memahami serangkaian cara mengecat lantai dengan epoxy, Anda juga harus memahami bahwa lantai tersebut membutuhkan perawatan pada lapisannya. Perawatan tersebut bertujuan untuk menjaga lantai agar tetap awet dan tidak kusam. Simak empat macam cara pembersihan dan perawatannya di bawah ini:

Merawat Epoxy pada Lantai
Source image: freepik.com

1. Bersihkan Debu dan Kotoran Secara Rutin

Anda bisa menyapu puing-puing kotoran yang berserakan di lantai. Cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan vakum untuk menyedot debu di ruangan Anda.

2. Gunakan Pel Pembersih

Selain menyapu, Anda juga harus membersihkan lantai menggunakan pel kain yang lembut. Sebaiknya lantai epoxy dipel sebanyak dua kali sehari. Untuk obat pel, Anda bisa menggunakan cairan khusus epoxy, yaitu yang tidak mengandung deterjen.

Baca Juga:  Cara Pasang Bracket TV, Mudah Tepat Aman!

3. Segera Bersihkan Jika Terkena Noda!

Meskipun lapisan epoxy memiliki sifat yang mudah dibersihkan, namun jangan menunda membersihkan makanan atau minuman yang tumpah. Apalagi tinta bolpoin atau pewarna yang tumpah mengenai lantai. Jika sudah menempel, maka akan susah menghilangkannya, satu-satunya cara adalah dengan cairan ammonia.

4. Sediakan Alas Keset atau Kain

Keset berfungsi untuk membersihkan alas kaki sebelum memasuki ruangan. Dengan adanya alas kain ini, Anda dapat membantu menjaga lantai dari debu atau kotoran pada kaki sehingga tidak menempel pada lantai.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Pemasangan Epoxy Lantai?

Sebenarnya, selain cara mengaplikasikan yang sangat mudah, epoxy lantai memiliki standar pemasangan di waktu tertentu. Demi ketahanan dan hasil yang maksimal, waktu yang baik untuk pemasangan adalah saat musim kemarau.

Sebab, proses pelapisan epoxy butuh pengeringan yang maksimal. Jika Anda memasangnya saat musim hujan, maka pengeringan akan lama dan lembab. Karena memang salah satu faktor yang harus Anda perhatikan dalam pemasangan epoxy adalah suhu.

Namun, apabila ruangan atau halaman yang akan Anda pasangi epoxy terlalu panas juga tidak baik. Jadi, sediakanlah ventilasi yang normal.

Sudah Siap untuk Mengikuti Cara Epoxy Lantai di Atas?

Pada intinya, mengecat lantai dengan epoxy adalah proyek yang membutuhkan waktu dan perhatian pada detail, tetapi hasil akhirnya akan membuat Anda bangga. Harapannya dengan panduan ini, Anda siap untuk mentransformasi lantai menjadi permukaan yang indah dan tahan lama.

Nah, untuk menunjang kebutuhan ventilasi maupun lantai, UKUR.com menyediakan semua kebutuhan konstruksi bangunan. Anda bisa menambahkan ventilasi dan aksesoris lantai lainnya seperti vinyl, parket, dan karpet. Tentunya produk ini dibuat dengan kualitas tinggi untuk kebutuhan jangka panjang.

Selain itu, di sana juga tersedia alat dan bahan untuk epoxy lantai seperti hardener, beton precast, dan waterproofing. Produk tersebut telah dirancang memberikan nilai yang baik di pasar. Jangan khawatir masalah harga, Anda bisa menikmati garansi tak terbatas di setiap pembelian.