3 Cara Setting Remote TV Universal, Bisa untuk Semua Merk!

3 Cara Setting Remote TV Universal, Bisa untuk Semua Merk!

Cara setting remote TV universal sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya hanya dengan menekan kombinasi beberapa tombol pada remote. Walaupun begitu, Anda tetap harus mengetahui kombinasi yang tepat sesuai dengan merek dan tipe TV Anda. Di artikel ini, kita akan membahas semua metodenya secara lengkap.

Apa Itu Remote TV Universal?

Remote TV Universal
Foto : finoo.id

Remote TV universal adalah perangkat untuk menggantikan remote asli dari berbagai jenis TV. Disebut “universal” karena Anda dapat memprogramnya untuk bekerja dengan berbagai merek dan model televisi.

Dengan remote universal, Anda dapat mengendalikan semua jenis televisi dari berbagai merek hanya dengan satu remote, sehingga lebih efisien. Jika remote asli TV Anda rusak, dan Anda kesulitan untuk menemukan pengganti orisinalnya, maka Anda bisa beralih ke remote universal.

Manfaat Kode Remot TV Universal

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan remote universal, maka Anda akan merasakan beberapa manfaat yang signifikan, seperti berikut:

1. Kemudahan Penggunaan

Salah satu manfaat utama dari remote universal adalah kemudahan penggunaan. Karena Anda tidak perlu lagi bingung mencari remote yang sesuai dengan perangkat elektronik tertentu. Dengan remote universal, Anda dapat mengendalikan semua jenis TV hanya dengan satu remote.

Acara menonton TV pun menjadi lebih mudah dan nyaman. Selain itu, remote universal sering dilengkapi dengan tombol-tombol khusus. Cara menggunakan remote universal juga tidak jauh berbeda dari remote biasa. Satu-satunya langkah ekstra yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur (setting) instalasi awalnya.

Baca Juga:  Perbandingan Semen dan Pasir yang Tepat Agar Bangunan Kuat

2. Harga Terjangkau

Selain pengaturannya yang sangat mudah, harga remote universal juga lebih terjangkau dibandingkan dengan remote aslinya. Selain itu, dengan menggunakan remote universal, Anda tidak perlu repot mencari dan membeli remote baru, jika suatu saat remote televisi yang asli rusak atau hilang.

3. Kontrol Lebih Efisien

Dengan menggunakan remote universal, Anda dapat mengontrol berbagai jenis perangkat lain selain televisi, seperti DVD player, home theater, atau receiver. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menggunakan remote yang berbeda-beda untuk setiap perangkat. Selain lebih hemat, ruangan Anda juga tidak berantakan karena remote.

3 Cara Setting Remote TV Universal

Ada beberapa cara untuk mengatur konfigurasi remote universal agar bisa bekerja dengan baik pada televisi Anda, yaitu:

1. Menggunakan Kode Remote TV Universal

Menggunakan kode remote TV universal adalah salah satu metode yang paling umum. Panduan langkah demi langkah untuk melakukannya yaitu:

a. Siapkan Kode Remote

Langkah pertama adalah menemukan kode yang sesuai untuk perangkat elektronik Anda. Biasanya, remote universal memiliki daftar kode untuk berbagai merek dan model perangkat. Anda dapat menemukan daftar ini di buku panduan atau di situs web resminya.

b. Hidupkan Perangkat Elektronik Anda

Setting Remote TV Universal
Foto : nesabamedia.com

Pastikan perangkat elektronik yang ingin Anda kendalikan dalam keadaan hidup. Setting hanya akan bekerja jika perangkat targetnya menyala. Lampu sensor yang menyala merah adalah tanda bahwa televisi Anda dalam mode standby. Sedangkan untuk setting, televisi harus menyala secara penuh (on).

c. Masukkan Kode Remote

Cara setting remote TV universal selanjutnya adalah memasukkan kode. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Set” atau “Code” pada remote, lalu memasukkan kode yang sesuai dengan perangkat Anda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan kode yang tepat sesuai yang ada pada buku panduan.

d. Uji Remote

Setelah memasukkan kode, cobalah gunakan remote untuk memastikan bahwa perangkat Anda meresponnya dengan benar. Anda dapat mencoba mengubah saluran, mengatur volume, atau melakukan fungsi lainnya untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis dan Menghilangkan Noda

2. Menggunakan Auto Code Search

Metode kedua untuk mengatur remote universal adalah dengan menggunakan fitur Auto Code Search. Metode ini biasanya lebih mudah, terutama jika Anda tidak memiliki daftar kode yang cocok dengan televisi Anda. Langkah-langkah untuk melakukannya, yaitu:

a. Hidupkan Televisi Anda

Seperti sebelumnya, pastikan bahwa televisi yang ingin Anda kendalikan dalam keadaan hidup. Fitur Auto Code Search juga tidak akan bekerja pada perangkat dalam keadaan mati (off) atau standby. Televisi harus benar-benar menyala untuk dapat menghasilkan kode secara otomatis.

b. Aktifkan Mode Pencarian Otomatis

Mode Pencarian Otomatis
Foto : sidoarjonews.id

Cara memprogram remote TV universal yang kedua adalah mengaktifkan mode pencarian otomatis. Pada televisi Anda, cari tombol atau opsi untuk mengaktifkan mode pencarian otomatis. Tombol ini biasanya bertuliskan “Auto Code Search”, “Code Search”, atau semacamnya.

c. Tekan dan Tahan Tombol

Setelah Anda menemukannya, tekan dan tahan tombol tersebut hingga lampu indikator pada remote menyala. Lampu ini menandakan bahwa remote berada dalam mode pencarian. Jika lampu tetap tidak menyala, nyalakan ulang televisi Anda, lalu ulangi langkah-langkahnya dari awal.

d. Tunggu Hingga Televisi Merespon

Kemudian, remote Anda akan secara otomatis mencoba berbagai kode untuk mencari yang sesuai dengan perangkat Anda. Anda perlu menunggu hingga televisi Anda merespon dengan benar, yang menandakan bahwa pencocokan kode telah berhasil.

3. Menggunakan Tombol Volume

Cara setting remote TV universal dengan menggunakan tombol volume adalah metode yang sederhana, namun cukup efektif. Langkah-langkah untuk melakukannya, yaitu:

a. Pastikan Televisi dalam Keadaan Hidup

Sebelum Anda memulai pengaturan, pastikan televisi yang ingin Anda kendalikan dalam keadaan hidup. Sama seperti dua metode sebelumnya, metode setting volume ini juga tidak bisa bekerja jika televisi dalam keadaan mati.

b. Mode Pencarian

Sekarang, Anda perlu memasukkan remote TV universal ke dalam mode pencarian. Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol volume sampai lampu indikator pada remote menyala. Lampu ini menunjukkan bahwa remote dalam mode pencarian dan siap untuk mengenali perangkat elektronik Anda.

Baca Juga:  Berapa Lama Semen Kering? Yuk Cari Jawabannya Di Sini!

c. Arahkan Remote ke Televisi

Arahkan Remote
Foto : suaramerdeka.com

Arahkan remote ke televisi TV Anda, dan pastikan bahwa remote berada dalam jarak yang tepat. Sensor remote harus bisa berinteraksi langsung dengan sensor televisi, sehingga proses pencarian dapat berjalan dengan sempurna.

d. Tekan Tombol Volume Secara Bergantian

Dalam mode pencarian, remote akan mencoba berbagai kode untuk mencari yang sesuai dengan perangkat Anda. Untuk melakukan proses setting remote TV universal ini, tekan tombol volume secara bergantian.

Misalnya, tekan tombol “+” (plus) dan kemudian “-” (minus) dalam urutan tertentu, sampai remote menemukan kode yang sesuai.

e. Televisi Merespon

Ketika remote menemukan kode yang sesuai, televisi Anda akan merespon dengan benar. Televisi Anda kini bisa berganti saluran, menaikkan atau menurunkan volume, atau melakukan fungsi lain sesuai dengan tombol yang Anda tekan.

Dapatkan remot tv berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Beli Remote TV Universal Hanya di UKUR!

Cara setting remote TV universal memang mudah, mulai dari menggunakan kode hingga tombol volume. Namun, sebelum menerapkannya, Anda harus memiliki remote yang tepat untuk melakukannya sesuai arahan di atas. Jika Anda sedang mencari remote berkualitas dengan harga terjangkau, Ukur tempatnya!

Selain remote TV universal, Ukur pun menyediakan Google TV. Google TV adalah televisi yang sedang naik daun. Selain itu, tersedia pula merek televisi lainnya, lengkap dengan perangkat pendukung dan aksesorisnya. Lalu, Anda juga bisa mencari informasi seputar dunia elektronik, misalnya ukuran TV 40 inch berapa cm?

Nah, jika televisi di rumah Anda masih menggunakan mode analog, maka Anda bisa menggunakan set box TV digital untuk TV tabung yang tersedia di UKUR. Kualitas dan harga barang Elektronik di UKUR sudah terbukti paling unggul di kelasnya. Bahkan, Anda juga bisa menemukan Furniture, AC, hingga Perkakas.