Apa Itu Multiplek? Kenali Juga Fungsi dan Jenisnya

Apa Itu Multiplek? Kenali Juga Fungsi dan Jenisnya

Multiplek sering menjadi alternatif terbaik papan blockboard dan kayu mdf. Hal ini karena multiplek memiliki karakteristik dan proses instalasi yang mudah digunakan. Inilah mengapa bahan kayu multiplek beragam jenisnya. Lantas, sebenarnya apa itu multiplek?

Apa Itu Multiplek?

Kayu multiplek adalah jenis triplek yang terdiri dari beberapa lembaran kayu. Biasanya multiplek akan disusun dan direkatkan memakai mesin press.

Secara umum, multipleks dipakai sebagai material membuat mebel. Khususnya dalam membuat belakang lemari, kursi, meja, dan lain sebagainya.

Ketebalan ukuran multiplek berbeda-beda, mulai dari 4mm, 6mm, 9mm, 12mm, 15mm, hingga 18mm. Bahan multiplek yang murah membuat harga produk multipleks juga terjangkau.

Jenis kayu ini juga sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Pengaplikasian paling sering pada elemen eksterior dan interior rumah Seperti plafon rumah, dinding, lantai, dan sejenisnya.

Fungsi Multiplek

Apa itu multiplek? Seperti penjelasan di atas, multipleks adalah bahan material yang terbuat dari lembaran kayu tipis. Nantinya lembaran tersebut akan memeluk lem untuk merekatkannya bersamaan.

Berbeda dari material kayu lainnya, multiplek memiliki ketahanan yang lebih kuat dan lama. Akan tetapi, saat proses pemotongannya harus diwaspadai. Hal ini karena saat pemotongan sering terjadi retakan, terutama bagian tengah multipleks.

Banyak yang mengklaim multipleks bisa bertahan sampai 50 tahun. Namun dengan catatan, penempatannya harus pada area kering dan terawat secara baik. Multipleks bisa Anda manfaatkan sebagai bahan desain rumah.

Salah satunya adalah untuk mendukung desain flooring. Flooring adalah produk kayu kecil-kecil yang berguna sebagai pelapis lantai. Anda bisa menggunakan multipleks sebagai bahan olahanya, agar lantai semakin kokoh.

Baca Juga:  Water Heater: Perubahan Energi, Jenis dan Cara Memilihnya

Jenis-Jenis Multiplek

Ada beberapa jenis multiplek atau kayu plywood. Pilihlah jenis kayu multipleks sesuai kebutuhan Anda. Berikut penjelasan 5 jenis multiplek yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Softwood

Softwood
Foto : Pinterest

Softwood atau kayu multipleks lunak sering digunakan dalam pembuatan furniture. Mulai dari kabinet, material lantai, kitchen set, dan lain sebagainya. Jenis ini memiliki sifat fleksibel, sehingga mampu mendukung pembuatan material plafon.

Ketebalan dari softwood sekitar 1,3 cm hingga 2,5 cm. Sesuai namanya, softwood memiliki karakteristik yang lentur, fleksibel, dan berukuran kecil.

Supaya menyusun softwood semakin bagus, maka Anda bisa menggunakan bahan kayu cemara, pinus, sengon, dan sejenisnya.

Perlu Anda ketahui, softwood multipleks banyak tersedia di Jepara. Hal ini berguna sebagai material pembuatan berbagai mebel.

2. Hardwood

Hardwood
Foto : Pinterest

Apa itu multiplek hardwood? Jenis multiplek ini biasa dikenal sebagai kayu multipleks berbahan keras. Hardwood memiliki lapisan kayu yang berasal dari batang kayu dengan bobot besar dan keras.

Dengan ukuran yang lebih berat dan tebal, sehingga menjadikannya sebagai jenis multiplek yang tahan kerusakan.

Jadi, Anda bisa menemuinya dalam pembuatan rumah. Hal ini karena hardwood yang keras mampu mendukung kebutuhan dan kekuatan rumah secara maksimal.

Pada pembuatan mebel, jenis multiplek ini jarang digunakan. Ini karena harganya yang relatif mahal dari jenis kayu lainnya. Selain itu, permintaan konsumen juga jarang membeli multiplek hardwood.

Memiliki bahan dari kayu ukuran besar, menjadikan ukuran hardwood lebih tebal dan berat daripada jenis lain. Salah satunya jenis kayu olahan untuk hardwood adalah kayu meranti. Kayu ini terjamin memiliki ketahanan lebih kuat dan baik.

3. Exterior Plywood

Exterior Plywood
Foto : thedomesticdarling.com

Berdasarkan namanya, exterior plywood biasa digunakan dalam proses pembuatan furniture outdoor atau luar ruangan.

Jenis kayu multiplek ini memiliki ketahanan terhadap cuaca panas dan udara lembab. Oleh sebab itu, banyak yang menggunakannya untuk overhang bangunan dan pintu gerbang.

Baca Juga:  11 Rekomendasi Merk Handle Pintu Rumah yang Bagus dan Awet

Meskipun demikian, jenis kayu ini juga bisa Anda gunakan pada ruangan indoor. Khususnya untuk ruangan dengan kelembaban tinggi, misalnya seperti kamar mandi. Exterior plywood memiliki ketahanan yang baik atas suhu, udara, panas, dan lembab.

Jadi, jenis ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai dekorasi interior ruangan dengan kelembaban tinggi. Dengan ketahanannya, ruangan menjadi lebih terjamin keamanannya.

4. Dekoratif

Dekoratif
Foto : Pinterest

Jenis kayu dekoratif biasanya memiliki tampilan yang menarik, khususnya pada bagian permukaannya. Inilah mengapa banyak orang yang menggunakan sebagai bahan hiasan dan dekorasi.

Adapun beberapa lapisan jenis ini berasal dari kayu jati, kayu mahoni, dan kayu sungkai. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan kayu impor.

Sebagai contoh, misalnya seperti maple tree dan oak tree. Selain itu, kayu dekoratif juga bisa Anda temui di wall paneling.

5. Tropical Plywood

Tropical Plywood
Foto : lituo-plywood.com

Terakhir, tropical plywood yang tersusun dari campuran lapisan kayu. Biasanya material jenis ini terbuat dari spesies pohon yang beragam. Fakta menariknya, bahannya banyak tersedia di Asia.

Selain itu, tropical plywood juga dianggap memiliki ketahanan lebih baik daripada softwood. Jika Anda menggunakan kayu ini, maka Anda bisa menemukannya di area Asia dan Afrika. Karena kedua wilayah tersebut memproduksinya secara masif.

3 Kelebihan Multiplek

Setelah mengetahui apa itu kayu multiplek dan jenisnya, kini Anda perlu memperhatikan kelebihannya. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami kerugian. Berikut 3 kelebihan utama multiplek, yaitu:

1. Memiliki Ketahanan Tinggi

Pada dasarnya, jenis material ini memiliki ketahanan tinggi. Mulai dari ketahan terhadap air, cairan kimia, api, rayap, hingga kelembaban.

Bukan itu saja, kayu ini juga memiliki lapisan eternit atau semen fiber. Sehingga tahannya lebih lama dan tidak mudah kebakaran.

Baca Juga:  8 Jenis Keramik untuk Mempercantik Rumah Anda

Secara umum, kayu ini tidak mudah terkena rayap maupun jamur. Karena lapisan lem bahan kimia yang mendukungnya. Oleh sebab itu, rayap yang memang tidak menembus kandungan kimia membuat struktur kayu tidak mudah rusak.

Komposisi lapisannya membuat material sering digunakan dalam kebutuhan peralatan dapur. Kebanyakan orang awam tidak mengetahui bahwa kayu ini aman untuk dapur. Hal ini karena formulasi lapisannya sudah dibuat untuk tahan terhadap api.

2. Sangat Kokoh

Tidak berbeda dari bahan kayu dengan kualitas tinggi, multipleks juga memiliki lapisan campuran. Dengan demikian, ketahanan multipleks sangat kuat dan kokoh.

Selain itu, multipleks juga memiliki tekanan tarik yang tinggi. Sehingga membuat kondisinya tetap stabil, meskipun menahan beban berat.

Kalaupun ada jenis multipleks yang kekuatannya kurang baik, maka keaslian bahannya patut Anda cari tahu. Sebelum membeli, pastikan Anda menanyakan bahan multipleks terlebih dahulu.

3. Estetika Tinggi

Melihat visualnya, bahan dasar kayu cenderung menyimpan nilai estetika tinggi daripada bahan lain. Ini terlihat dari warna kayu lebih natural, sehingga menarik untuk digunakan sebagai dekorasi rumah.

Bukan itu saja, keunggulannya lainnya juga terletak dari ukiran bentuk lebih mudah. Selain tampilan warna yang bervariasi, motif kayunya juga menarik. Terutama saat dikerjakan secara ukur maupun pahat.

multiplek
Dapatkan multiplek berkualitas dengan harga diskon khusus bulan ini di Ukur!

Sudah Lebih Paham tentang Multiplek?

Setelah mengetahui apa itu multiplek, Anda bisa mendapatkan gambaran bahan kayu terbaik. Agar bisa mendapatkan material terbaik, maka pilihlah tempat pembelian terpercaya seperti Ukur.com.

Ukur.com menawarkan berbagai kebutuhan pembangunan, seperti lantai deckling, material konstruksi, wallpaper dinding, berbagai jenis pintu & jendela serta material bangunan lainnya. Ingin belanja produk bangunan online dengan harga terjangkau tapi berkualitas? Sudah pasti Ukur.com solusinya!